Trimester 1

27 April 2021

Kenali 3 Jenis Vitamin Prenatal untuk Moms yang Sedang Hamil

Alternatif lain untuk Moms yang kesulitan konsumsi vitamin prenatal dalam bentuk pil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Adeline Wahyu

Mengonsumsi vitamin prenatal merupakan cara terbaik untuk mendukung asupan vitamin dan gizi ibu hamil.

Vitamin akan memaksimalkan peran nutrisi dalam makanan yang Moms konsumsi selama hamil. Selain itu, vitamin prenatal membantu mendukung kehamilan yang sehat.

Ia juga membantu mengisi kembali cadangan vitamin yang terkuras saat masa menyusui tiba.

Jenis Vitamin Prenatal

Dikutip dari Reviews in Obstetrics and Gynecology, wanita hamil membutuhkan lebih banyak asam folat dan zat besi daripada wanita yang tidak hamil.

Sehingga mengonsumsi suplemen vitamin prenatal, yang mengandung ini dan nutrisi lainnya, dapat membantu memastikan wanita hamil mendapatkan jumlah ekstra ini.

Ada beberapa jenis vitamin pretanal yang penting untuk Moms ketahui. Berikut ini Orami sudah merangkumnya untuk Moms dilansir dari laman American Pregnancy.

Baca Juga: Ini Manfaat Tersembunyi Ibu Hamil Mengkonsumsi Vitamin E

1. Gummy Prenatal Vitamin

01 GUMMY VITAMIN - sumber americanpregnancy.jpg

Foto: americanpregnancy.com

Vitamin prenatal yang lembut dan dapat dikunyah ini berfungsi sebagai suguhan lezat yang dapat membantu menyediakan banyak nutrisi selama kehamilan. Terutama selama trimester pertama.

Vitamin prenatal jenis ini juga dapat membantu Moms mengatasi mual dan sembelit.

Namun, sebagian besar gummy vitamin kekurangan dua nutrisi penting, yaitu zat besi dan kalsium.

Maka dari itulah, Moms direkomendasikan konsumsi sumber vitamin zat besi dan kalsium tambahan.

Hal ini untuk memastikan Moms tidak kekurangan dua nutrisi tersebut. American Pregnancy menyarankan untuk konsumsi suplemen dua kali sehari, pagi dan malam.

Baca Juga: Vitamin-Vitamin Ini Larut dalam Lemak. Ketahui Ragam Manfaatnya

2. Protein Shake

02 PROTEIN SHAKE - sumber firstcry parenting.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Vitamin prenatal dalam bentuk protein shake merupakan cara yang mudah untuk Moms yang tidak suka bentuk pil.

Selain rasanya enak, vitamin jenis ini sekaligus mendukung asupan protein Moms. The American Pregnancy Association merekomendasikan wanita hamil untuk mengonsumsi protein minimum 71 gram per hari.

Moms yang vegetarian dapat mengambil manfaat besar dari suplemen vitamin prenatal dalam bentuk protein shake.

Tetapi selalu perhatikan kebutuhan protein harian Moms, karena setiap orang berbeda-beda. Konsultasilah dengan dokter mengenai hal ini.

3. Serbuk Minuman

03 MINUMAN BERVITAMIN - sumber thelist.jpg

Foto: thelist.com

Salah satu bentuk suplementasi vitamin prenatal yang paling mudah adalah ketika dikonsumsi sebagai minuman.

Sangat berguna untuk wanita hamil dengan refleks muntah sensitif dan mual trimester pertama. Vitamin prenatal ini biasanya datang dalam bentuk bubuk yang larut dengan cepat dalam air atau minuman pilihan.

Biasanya vitamin prenatal jenis ini tersedia dalam paket satu porsi. Vitamin prenatal ini dapat menjadi pengganti yang bagus untuk Moms yang tidak suka pil dan mudah dikonsumsi saat bepergian.

Untuk sebagian wanita hamil, vitamin dalam bentuk pil cenderung sulit ditelan. Bahkan sering kali, vitamin prenatal dalam bentuk pil menyebabkan sakit perut. Terutama ketika ada beberapa pil dalam satu kali minum.

Itulah 3 jenis vitamin prenatal selain pil yang bisa Moms pilih sesuai kebutuhan dan selera.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengonsumsi Multivitamin Anak?

Kandungan Vitamin Prenatal

Setelah mengetahui jenis vitamin prenatal di atas, Moms juga harus pastikan kandungan vitamin prenatal yang kelak akan dikonsumsi sebagai pertimbangan yaitu:

Asam folat (vitamin B9): 400-600 mcg

Kandungan asam folat untuk vitamin prenatal

Foto: Orami Photo Stock

Karena tabung saraf bayi terbentuk di bulan pertama kehamilan. Sebelum kebanyakan wanita tahu bahwa mereka hamil maka sebaiknya mulai mengonsumsi vitamin prenatal sebelum memulai mencoba untuk hamil. Selain makan banyak makanan kaya folat, pilihlah vitamin dengan setidaknya 400 mcg asam folat (alias vitamin B9) dan idealnya dapatkan 600 mcg dari semua sumber selama kehamilan Moms karena manfaat asam folat adalah untuk mencegah cacat tabung saraf.

Untuk wanita yang riwayat keluarganya menunjukkan risiko tinggi cacat tabung saraf, pedoman merekomendasikan untuk membidik 10 kali lipat jumlah itu (atau 4 mg) dari suplemen asam folat . Tetapi selalu bicarakan dengan dokter sebelum mengambil suplemen tambahan.

Besi : 30mg

Ilustrasi pentingnya kandungan zat besi pada vitamin prenatal

Foto: Orami Photo Stock

Besi merupakan mineral bahan penyusun sel bayi dan kebutuhan tubuh lebih dari sebelumnya selama kehamilan. Jika, seperti banyak wanita, Moms bisa mengalami anemia saat hamil, dokter kandungan mungkin menyarankan agar Moms meminum lebih banyak.

Yodium: 150 mcg

Yodium saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Yodium membantu perkembangan tiroid dan otak calon bayi dan penelitian telah menunjukkan bahwa banyak wanita hamil tidak mendapatkan cukup mineral penting ini. Itulah mengapa American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan wanita hamil untuk mengonsumsi suplemen harian yang mengandung 150 mcg yodium. Tidak semua vitamin prenatal mengandung yodium atau jumlah ini, jadi jika suplemen yang Moms pertimbangkan tidak, bicarakan dengan dokter kandungan tentang mengambil suplemen yodium terpisah.

Vitamin B6: 2 mg

Manfaat vitamin B saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin B ini membantu mengurangi potensi mual di pagi hari saat hamil pada kenyataannya, resep obat mual di pagi hari adalah kombinasi piridoksin (vitamin B6) dan doksilamin (antihistamin).

DHA

Kandungan vitamin prenatal yang tak kalah penting yaitu DHA

Foto: Orami Photo Stock

Bicaralah dengan dokter kandungan. Vitamin prenatal biasa tidak mengandung DHA - asam lemak omega-3 yang ditemukan pada banyak jenis ikan. DHA telah terbukti membantu perkembangan otak bayi, baik sebelum maupun setelah lahir. Jika Moms tidak bisa mendapatkan dua hingga tiga porsi yang disarankan (8 hingga 12 ons) ikan berlemak yang aman untuk kehamilan per minggu, tanyakan kepada dokter apakah harus mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3. Umumnya, Ibu hamil membutuhkan 200-300 mg DHA sehari.

Selain itu, Moms juga harus mendapatkan beberapa nutrisi lain yang harus diperhatikan:

Kalsium

Ilustrasi kekurangan kalsium

Foto: Orami Photo Stock

Nutrisi penting lainnya bagi wanita, kalsium sangat penting saat Moms menumbuhkan tulang lain atau Si Kecil dalam kandungan. Semua wanita usia 19 hingga 50 tahun, termasuk wanita hamil, membutuhkan 1.000 mg per hari. Selain mendapatkan banyak kalsium dalam makanan dari susu, yogurt, atau makanan kaya kalsium lainnya, Moms bisa mendapatkan tambahan dari vitamin prenatal. Jangan mengonsumsi lebih dari 250 mg kalsium bersamaan dengan zat besi tambahan, karena kalsium mengganggu penyerapan zat besi. Jika dokter khawatir Moms tidak mendapatkan cukup, dia mungkin merekomendasikan untuk mengambil suplemen tambahan.

Baca Juga: 17 Sumber Makanan Berkalsium Tinggi untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Vitamin A: Tidak lebih dari 4.000 IU atau 800 mcg

Vitamin A dalam vitamin prenatal

Foto: Orami Photo Stock

Jumlah lebih dari 10.000 IU bisa menjadi racun. Banyak produsen telah mengurangi jumlah vitamin A dalam suplemen vitamin mereka atau menggantinya dengan beta-karoten, sumber vitamin A. yang jauh lebih aman.

Vitamin D: Setidaknya 400 IU

Kebutuhan vitamin d dalam kandungan vitamin prenatal

Foto: Orami Photo Stock

Tubuh membutuhkan vitamin D, yang dikombinasikan dengan kalsium, untuk menumbuhkan tulang bayi dan menjaga kekuatan Anda. Kebanyakan vitamin prenatal mengandung 400 IU vitamin D, tetapi American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan 600. Moms dapat membuat perbedaan melalui makanan seperti susu yang diperkaya vitamin D, salmon dan kuning telur.

Jika dokter kandungan mencurigai Moms mungkin tidak mendapatkan cukup vitamin D (masalah yang relatif umum di antara wanita), dia mungkin menyaring level Anda pada pemeriksaan prenatal pertama Anda. Jika Moms kekurangan, dia mungkin akan menyarankan untuk mengambil suplemen tambahan.

Zinc: 11-15 mg dan tidak lebih dari 40 mg

Manfaat zinc bagi ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat zinc saat hamil yaitu mineral ini mendukung sistem kekebalan dan pembelahan sel yang sehat.

Tembaga: 2 mg

Seng dalam kandungan vitamin prenatal

Foto: Orami Photo Stock

Tubuh Moms menggunakan elemen jejak ini untuk membentuk sel darah serta menjaga kesehatan saraf, tulang, dan sistem kekebalan.

Vitamin C: 50-85 mg

Manfaat Konsumsi Suplemen Vitamin C.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Anda bisa mendapatkan banyak vitamin ini, yang membantu tubuh Anda menyerap zat besi dan mendukung sistem kekebalan Anda, dalam makanan prenatal Anda. Lebih dari 2.000 mg dapat berbahaya bagi bayi Anda - jadi seperti biasa, jangan mengonsumsi suplemen selain vitamin prenatal kecuali jika disarankan oleh dokter Anda.

Vitamin dan Mineral Lainnya

Vitamin dan mineral lain yang harus diperhatikan adalah asupan referensi makanan (DRI) untuk vitamin E (15 mg), thiamin (1,4 mg), riboflavin (1,4 mg), niasin (18 mg) dan vitamin B12 (2,6) mc g). Kebanyakan suplemen prenatal mengandung DRI dua sampai tiga kali lipat, dan tidak ada efek berbahaya yang diketahui dari dosis tersebut. Beberapa sediaan juga mengandung magnesium, selenium, fluorida, biotin, kolin, fosfor, asam pantotenat, ekstra B6 (untuk mengatasi mual) dan / atau jahe (ditto).

Meski vitamin prenatal bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, Moms tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena tidak semua wanita cocok untuk mengonsumsi vitamin prenatal jenis tertentu.

Baca Juga: Ini Gejala Kekurangan Vitamin B3 pada Balita yang Perlu Moms Waspadai

Beberapa vitamin prenatal dapat menimbulkan rasa mual. Jika hal itu terjadi, hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan vitamin prenatal yang sesuai dengan kondisi kesehatan Moms, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait