Program Hamil

PROGRAM HAMIL
3 Agustus 2015

5 Tips Untuk Ibu Hamil yang Ingin Melakukan Traveling

Anda ingin berlibur sebelum melahirkan? Beberapa tips ini dapat mewujudkan impian berlibur Anda meskipun sedang hamil besar.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ninda)
Disunting oleh (ninda)
foto artikel pregnancy travel

Meskipun kehamilan adalah sebuah hadiah istimewa bagi wanita, namun kadang godaan untuk menghabiskan waktu di pantai ataupun luar negeri tak dapat dielakkan. Anda ingin berlibur sebelum melahirkan? Beberapa tips ini dapat mewujudkan impian berlibur Anda meskipun sedang hamil besar.

divider morning person

Pilih tujuan dengan bijaksana. Penerbangan dengan waktu lama dapat membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Untuk itu, pilihlah tujuan wisata yang tidak memakan waktu lama seperti Bali atau Lombok. Begitu pula untuk tujuan intenasional, pilihlan negara tujuan dengan waktu terbang yang tidak terlalu lama, seperti Malaysia atau Singapura. Hindari pula bepergian ke daerah yang memerlukan vaksinasi selama kehamilan.

Buat rencana kegiatan. Untuk menghindari kelelahan pada ibu hamil selama masa berlibur, buatlah rencana kegiatan selama berlibur nanti. Tentukan waktu, tempat, dan kegiatan apa yang akan dilakukan sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan waktu istirahat Anda.

Bawalah barang seperlunya. Kenyamanan adalah prioritas bagi ibu hamil. Untuk itu, saat bepergian, kenakanlah pakaian, alas kaki, dan aksesoris yang nyaman serta bawalah perlengkapan seperlunya. Jika perlu, Anda bisa menyusun daftar perlengkapan yang akan dibawa.

Nikmati perjalanan Anda. Apa pun jenis transportasi yang Anda gunakan, nikmatilah selama perjalanan. Jika dalam perjalanan mulai merasa lelah, cobalah untuk melakukan beberapa peregangan sederhana setiap jam atau lebih untuk membantu meminimalkan pembengkakan, nyeri ulu hati dan kram kaki. Selain itu, Anda juga bisa mengenakan stoking kompresi (kaus kaki penerbangan) untuk membantu menjaga sirkulasi Anda bergerak di perjalanan panjang atau bantal di punggung ketika Anda duduk.

Hargai makanan. Berlibur adalah kesempatan besar untuk mencoba masakan yang berbeda. Namun, jangan lupakan buah-buahan dan sayuran selama dalam perjalanan mau pun saat berlibur. Jika Anda tidak yakin tentang kebersihan air di lokasi Anda menginap, hindari mengonsumsi sayuran mentah atau buah yang langsung dimakan dengan kulitnya.

Artikel Terkait