Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Apr 28, 2018

8 Obat Sakit Kepala dari Bahan Alami

Bagikan


Banyak hal yang bisa menyebabkan sakit kepala, di antaranya tekanan darah rendah, stres, kurang istirahat, atau bahkan pengaruh hormon. Saat sakit kepala, biasanya cara tercepat untuk menghilangkannya adalah dengan minum obat. Namun, obat pereda sakit kepala yang banyak beredar bukan tidak mungkin akan memperburuk kondisi tubuh Moms karena kandungan kimia yang tinggi.

Mengapa tidak mencoba obat alami? Berikut beberapa bahan alami yang bisa menjadi alternatif obat pereda sakit kepala.

1. Makanan Mengandung Magnesium

Kandungan magnesium dipercaya menyembuhkan sakit kepala lebih ampuh daripada obat yang mengandung bahan kimia lainnya. Rutin mengkonsumsi 200-600 mg magnesium per hari akan mencegah Moms dari berbagai jenis sakit kepala. Beberapa contoh makanan yang mengandung magnesium adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau seperti brokoli. Olahan susu, daging, dan coklat juga termasuk di antaranya.

2. Air Putih

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh atau sering disebut dehidrasi akan memicu gangguan kesehatan, salah satunya sakit kepala. Untuk itu, jika Moms ingin terhindar dari migrain, ada baiknya Moms memastikan minum paling sedikit dua liter per hari.

Baca juga: Air Es Bikin Gemuk? Ini Mitos dan Fakta Seputar Air Es

3. Kopi

Sebagaimana diketahui, kopi mengandung kafein. Dalam jumlah wajar, efek kafein pada tubuh akan menenangkan sistem saraf ketika Moms terserang sakit kepala. Minumlah kopi paling banyak dua gelas sehari sebagai obat alami pereda sakit kepala.

Baca juga: Mengenal Manfaat Kopi

4. Es Batu

Pada saat Moms terserang sakit kepala, rendamlah tangan Moms di air yang berisi es batu. Karena di tangan terdapat saraf yang langsung terhubung dengan pusat sakit kepala Moms, es batu bisa meregangkan saraf yang tegang yang mengakibatkan sakit kepala. Tidak percaya? Yuk, coba di rumah!

Baca juga: Alasan Mengapa Anda Harus Mandi dengan Air Dingin

5. Jahe

Rempah-rempah memang memiliki segudang khasiat, termasuk jahe yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Kandungan gingerol dalam jahe bisa membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Sirkulasi peredaran darah yang baik menuju otak akan mengurangi risiko terserang sakit kepala.

Baca juga: Minuman Jahe Hangat Pengusir Masuk Angin

 

6. Kentang

Kandungan kalium dalam kentang juga bermanfaat sebagai penangkal sakit kepala. Namun, perhatikan cara penyajian kentang. Biasakan kurangi makanan yang digoreng. Sebaiknya, konsumsilah kentang yang direbus atau dipanggang.

Baca juga: Resep Baked Potato, Kentang Panggang yang Hangat Gurih

7. Aroma Mint dan Lavender

Jika sakit kepala Moms tergolong ringan seperti sakit kepala akibat jam tidur yang tidak teratur, cobalah menggunakan aromaterapi untuk relaksasi. Kondisi tubuh yang rileks akan meregangkan saraf-saraf yang tegang dan bisa mengurangi nyeri sakit kepala. Pilihlah essential oil yang mengandung aroma lavender dan mint. Minyak esensial juga bisa juga untuk memijit bagian kepala yang sakit.

Baca juga: Minyak Esensial, Aman untuk Kulit Bayi

8. Jam Tidur yang Teratur

Jika bahan-bahan alami tidak membantu Moms meredakan sakit kepala, cobalah perhatikan durasi dan kualitas tidur Moms. Jika terserang sakit kepala seusai pulang kantor, tidurlah segera. Jika perlu, tambah sedikit durasi tidur Moms, paling tidak 7 sampai 8 jam.

Baca juga: Susah Tidur? Ikuti Tips-tips Ini!

Biasanya apa penyebab sakit kepala yang sering Moms alami?

(LMF)

Foto: Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.