05 Oktober 2023

Kehamilan Serotinus, Kondisi Kehamilan Lebih dari 42 Minggu

Hamil lebih dari 42 minggu bisa berisiko bagi Moms dan Si Kecil
Kehamilan Serotinus, Kondisi Kehamilan Lebih dari 42 Minggu

Moms, kehamilan post-term pregnancy atau kehamilan serotinus bisa memengaruhi perkembangan janin seperti kematian janin, berat badan meningkat terus hingga meninggal dalam kandungan karena kekurangan zat makanan dan oksigen.

Apa itu Kehamilan Serotinus?

Kehamilan Serotinus
Foto: Kehamilan Serotinus (www.parents.com)

Kehamilan serotinus atau juga disebut postterm merupakan kehamilan lewat waktu dengan umur kehamilan selama 294 hari (42 minggu).

The American College of Obstetricians and Gynecology juga menjelaskan biasanya panjang rata-rata kehamilan atau 280 hari atau 40 minggu. Bila lebih maka masuk ke kehamilan serotinus.

Dalam kebanyakan kasus, keadaan kehamilan serotinus tidak dipahami dengan baik. Faktor risiko yang diketahui untuk kehamilan serotinus adalah kehamilan postterm sebelumnya, nulipara, usia ibu lebih dari 30 tahun, dan obesitas.

Baca Juga: Kenali Macam-Macam USG Kehamilan, Dari Manfaat Hingga Harganya!

Penyebab Kehamilan Serotinus

Penyebab Kehamilan Serotinus
Foto: Penyebab Kehamilan Serotinus (healthline.com)

Mengapa seseorang memiliki kehamilan yang terlalu lama? Sebenarnya apa penyebab kehamilan serotinus?

1. Tanggal Konsepsi Salah Hitung

Dilansir dari birthinjuryguide.org, salah satu penyebab kehamilan serotinsu adalah karena tanggal konsepsi yang dihitung secara tidak benar.

Menurut Dr Asmita Mahajan, konsultan neonatologi dan dokter anak, Rumah Sakit SL Raheja, salah satu hal pertama yang harus dilakukan ketika Moms menduga bahwa kehamilan telah melewati hari perkiraan lahir di luar usia kehamilan 40 minggu adalah kembali memeriksa tanggal menstruasi terakhir Moms.

Meskipun tidak pernah ada jaminan tanggal lahir bayi, USG dini akan memberikan gambaran yang lebih baik tentang kapan orang tua dapat mengharapkan kedatangan Si Kecil.

2. Faktor Medis

Selain itu, ada juga penyebab kehamilan serotinus yang berasal dari factor medis. Faktor medis tersebut diantaranya:

  • Obesitas ibu
  • Kelainan pada sistem saraf pusat ibu
  • Kehamilan sebelumnya yang mengalami post-term
  • Defisiensi enzim sulfatase di plasenta
  • Anencephaly (kelainan bentuk tengkorak bayi)

Baca Juga: Kekurangan Zat Besi: Gejala, Penyebab, Komplikasi, dan Cara Mengatasi

3. Insufisiensi Plasenta

Penyebab kehamilan serotinus terakhir adalah insufiensi plasenta. insufisiensi plasenta, dapat menjadi faktor penyebab kehamilan yang terlalu lama, tetapi juga merupakan salah satu risiko utama.

Ini karena pada saat seorang wanita telah mencapai 37 minggu kehamilan, plasenta tidak dapat tumbuh lebih jauh, dan benar-benar berhenti bekerja secara efektif.

Hal ini dapat menyebabkan bayi mulai mengalami kekurangan oksigen dan nutrisi semakin lama mereka berada di dalam rahim.

Risiko Kehamilan Serotinus

Risiko Kehamilan Serotinus (Orami Photo Stock)
Foto: Risiko Kehamilan Serotinus (Orami Photo Stock)

Menurut American Academy of Family Physicians (AAFP), ada banyak risiko dari kehamilan serotinus dan hal itu berbahaya, termasuk:

1. Makrosomia Janin

Makrosomia janin mengacu pada bayi dengan berat lebih dari 8 pon, 13 ons saat lahir. Ini berarti bayinya luar biasa besar untuk usia kehamilannya.

Bayi yang luar biasa besar dapat menyebabkan masalah selama persalinan dan melahirkan. Ini juga dapat menyebabkan diabetes, obesitas, dan sindrom metabolik pada masa kanak-kanak.

Ibu juga berisiko saat melahirkan bayi besar. Mereka mungkin mengalami ruptur uteri, laserasi genital, dan pendarahan berlebihan setelah melahirkan.

Penting bagi dokter untuk memilih opsi persalinan dan persalinan terbaik untuk makrosomia janin.

Jika persalinan berlangsung lama atau bayi terjebak di jalan lahir, mereka berisiko mengalami cedera lahir yang serius seperti cedera pleksus brakialis, kekurangan oksigen, kerusakan saraf, dan kerusakan otak.

Kehamilan lewat waktu dapat membuat risiko bayi besar lebih besar karena bayi terus tumbuh di dalam rahim setelah hari perkiraan lahir.

2. Aspirasi Mekonium

Aspirasi mekonium ditandai dengan bayi menghirup cairan ketuban dan mekonium (kotoran bayi baru lahir) selama persalinan dan pelahiran.

Umumnya, bayi mengeluarkan mekonium (buang air besar pertama mereka) dalam beberapa hari pertama setelah lahir.

Namun, bayi yang lahir lewat waktu lebih cenderung buang air besar saat masih dalam kandungan. Inilah yang menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai sindrom aspirasi mekonium. Anda mungkin juga mendengar istilah cairan ketuban bernoda mekonium.

Aspirasi mekonium sangat berbahaya. Mekonium kental dan lengket, dan dapat menyumbat saluran udara bayi. Ini juga dapat menyebabkan kekurangan oksigen, radang paru-paru dan infeksi paru-paru.

Meskipun jarang, hal itu juga dapat menyebabkan hipertensi pulmonal persisten pada bayi baru lahir (PPHN) dan kerusakan otak permanen.

Baca Juga: Waspada! Ketahui 8 Ciri-Ciri Janin Tidak Berkembang

3. Risiko untuk Ibu

Ibu juga berisiko mengalami masalah medis yang berbahaya jika kehamilan mereka berlanjut melewati 40 minggu.

Ibu berisiko mengalami komplikasi selama persalinan dan melahirkan, serta komplikasi yang dapat mempengaruhi kesehatannya setelah melahirkan.

Risiko paling umum bagi ibu termasuk pendarahan pascapersalinan, infeksi bakteri, cedera perineum dan kemungkinan memerlukan operasi caesar (operasi caesar).

Dokter serta rumah sakit akan melakukan serangkaian test sebagai cara mengatasi kehamilan...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb