2-3 tahun

2-3 TAHUN
26 Desember 2020

Bonding Time Seru bersama si Kecil Saat Liburan di Rumah untuk Asah Potensi Prestasinya

Ada ragam kegiatan seru yang tentunya tidak membosankan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sebagai seorang Bunda, tentunya banyak peran dan tanggung jawab yang dimiliki untuk keluarga, khususnya untuk si Kecil.

Mulai dari mengurus kebutuhan keluarga, memastikan kebutuhan nutrisi si Kecil, merawat si Kecil, dan sekarang Bunda pun harus menjadi guru untuk si Kecil yang harus bersekolah dari rumah, menjadi suster atau bahkan dokter di rumah karena harus membatasi kunjungan ke rumah sakit.

Lalu selama masa liburan ini, Bunda juga harus memberikan berbagai aktivitas seru dan menarik untuk si Kecil agar ia tidak bosan di rumah saja dan agar potensi prestasinya tetap terasah.

Bunda tentunya dapat melakukan ragam kegiatan menarik selama masa liburan di rumah, sekaligus memperat bonding dengan si Kecil.

Tidak hanya itu, kegiatan di rumah selama masa liburan ini bisa jadi stimulasi tumbuh kembang anak jadi lebih optimal

Karena itu, manfaatkan waktu yang ada untuk produktif atau melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama si Kecil, yang juga dapat menstimulasi tumbuh kembangnya.

Meskipun berada di rumah saja, bukan berarti Bunda dan si Kecil terbatas dalam melakukan ragam aktivitas menarik. Yuk, coba beberapa aktivitas seru untuk meningkatkan bonding dengan anak berikut ini.

Baca Juga: 5 Cara Menjalin Bonding dengan Bayi Sejak Dalam Kandungan

Ide Bonding Time Bersama si Kecil yang Bisa Dicoba

Beberapa kegiatan bonding time di rumah ini tentunya menyenangkan, dan juga tidak membutuhkan banyak properti atau perlengkapan yang rumit.

1. Berkebun Bersama Anak

kegiatan akhir pekan di rumah-6.jpg

Foto: pbs.org

Saat ini, kegiatan berkebun memang tengah diminati masyarakat. Nah, coba ajak anak menanam ragam tanaman bersama sebagai kegiatan bonding time di rumah.

Aktivitas ini tidak hanya seru, tetapi juga mengajarkan si Kecil untuk mencintai lingkungan sejak dini. Bunda juga dapat memberikan tugas sederhana untuk si Kecil saat berkebun untuk melatih potensi prestasi mandirinya.

Untuk mengajak si Kecil berkebun tidak harus membutuhkan taman yang luas, lho. Bunda dapat menggunakan properti yang sederhana seperti pot kecil, dan pilih tanaman yang mudah dirawat.

Agar si Kecil turut merawat tanaman, ajak ia untuk memilih tanaman apa yang hendak ia tanam dan rawat. Bunda juga dapat menggunakan kegiatan berkebun ini untuk melatih potensi prestasi berpikir kreatifnya.sgm

Misalnya seperti mengenalkannya dengan berbagai nama tanaman, hewan-hewan yang ada di taman seperti kupu-kupu, ulat, atau mengenalkannya dengan berbagai warna melalui bunga-bunga yang di tanam.

2. Memasak Kue Favorit si Kecil

kegiatan di rumah-masak bersama anak

Foto: Orami Photo Stock

Memasak bersama si Kecil juga merupakan kegiatan selama liburan di rumah yang tidak kalah menyenangkan. Bunda bisa mengajak si Kecil membuat hidangan kue dan makanan favoritnya

Selain itu, memasak bersama anak juga memiliki ragam manfaat.

Mengutip Healthy Children, Dr. Nimali Fernando yang merupakan dokter spesialis anak dan founder Doctor Yum (LSM yang bergerak di bidang nutrisi anak), menjelaskan saat anak memasak bersama Bunda, ia akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Hal ini karena memasak dapat menghilangkan kecemasan untuk mencoba makanan baru bagi mereka. Memasak juga dapat membangun potensi prestasi percaya diri bagi si Kecil dan menumbuhkan fungsi-fungsi indera mereka, lho.

Selain itu, tidak hanya menambah kemampuan baru, tetapi si Kecil juga dapat melatih kreativitasnya dengan mencoba meracik makanan menjadi hidangan lezat atau menghias kue yang dibuat, sehingga potensi prestasi berpikir kreatifnya juga terasah.

Jika anak masih terlalu muda, Bunda bisa mengajaknya memasak resep sederhana tanpa melibatkan proses memasak yang rumit.

Baca Juga: Bebas Khawatir, Ini 6 Tips Aman Bermain Masak-masakan dengan Anak

3. Melakukan Yoga Bersama di Rumah

manfaat yoga untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Melakukan yoga bersama anak memiliki ragam manfaat lho! Dengan melalukan gerakan-gerakan yoga mudah, potensi prestasi bantu tumbuh kembang si Kecil bisa terasah dan tidak hanya itu ternyata yoga juga baik untuk kesehatan mental si Kecil.

American Psychological Association bahkan menjadikan yoga sebagai salah satu alat bantu penting dalam psikoterapi.

Beberapa manfaat lain dari yoga untuk anak seperti mengutip dari Arizona Early Childhood yaitu membantu mengelola kecemasan anak, meningkatkan pengaturan emosi, meningkatkan kesadaran dan perhatian tubuh, serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat si Kecil.

Nah, sekarang Bunda sudah tahu bahwa aktivitas ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga menyehatkan Bunda dan si Kecil ketika melakukan bersama-sama, dan dapat menstimulasi potensi prestasi bantu tumbuh kembangnya

4. Bermain Drama Bersama si Kecil

bermain drama di rumah.jpg

Foto: lifehacker.com.au

Aktivitas seru selanjutnya yang bisa dilakukan bersama si Kecil yaitu bermain drama yang nanti bisa dipentaskan di depan keluarga.

Kegiatan ini bermanfaat membuat si Kecil cenderung meningkatkan perkembangan kognitif, motorik, dan sosial. Selain itu, dapat melatih potensi prestasi percaya diri dan supelnya.

Ajak si Kecil terlibat dengan meminta pendapatnya tentang drama apa yang ia ingin lakukan. Bunda juga bisa mengasah potensi prestasi berpikir kreatif si Kecil dengan mengajaknya membuat dan mempersiapkan properti untuk mendukung suasana saat pentas di rumah nanti.

Selain itu, Dads juga dapat ikut serta, atau menjadi penonton yang memeriahkan drama pentas nanti. Wah, saat dibayangkan saja sudah tampak seru ya, Bunda!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mainan Puzzle yang Cocok untuk Balita

5. Seru-seruan Camping di Rumah

kegiatan bonding time.jpg

Foto: countryliving.com

Harus berada di dalam rumah bukan berarti membatasi Bunda dan si Kecil untuk melakukan kegiatan seru selama liburan, ya. Sebagai inspirasi, Bunda bisa mengajak si Kecil kemping di rumah, atau indoor camping.

Mengutip My Backyard Life, indoor camping adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan kepada Ssii Kecil tentang konsep berkemah.

Bunda dapat menyiapkan peralatan untuk berkemping di rumah, seperti tenda, matras, dan dekorasi yang memberikan suasana kemping seru.

Selain itu, Bunda juga bisa menstimulasi potensi prestasi bantu tumbuh kembang dan berpikir kreatifnya dengan mengajaknya bermain treasure hunt berkiling rumah. Selain itu, Bunda juga dapat mengajaknya membangun dan menghias tenda untuk mengasah potensi prestasi mandirinya.

Nah berbagai kegiatan bonding time tersebut selain menyenangkan, juga dapat menstimulasi potensi prestasi Si Kecil. Selain memberikan stimulasi lewat kegiatan di atas, Bunda jangan lupa memastikan nutrisi anak lengkap.

Bunda dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil dengan SGM Eksplor Complinutri yang mengandung Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, Zinc, Vitamin C, Serat Pangan Inulin, Kalsium, Vitamin D dan nutrisi penting lainnya.

Berikan juga stimulasi yang tepat seperti melalui kegiatan seru saat liburan, untuk dukung 5 potensi prestasi si Kecil agar ia jadi Anak Generasi Maju.

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait