Parenting Islami

26 Agustus 2021

Simak 7 Cara Agar Doa Cepat Terkabul dalam Islam, Yuk Amalkan!

Ingin doa Moms segera dikabulkan oleh Allah SWT? Begini caranya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Berdoa merupakan bentuk tanda syukur kepada Allah SWT serta sebagai cara memanjatkan pengampunan dan harapan. Moms pasti menginginkan doa segera jadi kenyataan, bukan? Jika iya, simak yuk cara agar doa cepat terkabul berikut.

Meski sebenarnya belum tentu semua doa yang kita panjatkan dapat terwujud, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara agar doa cepat terkabul.

Selain dengan berdoa, umat Islam juga hendaknya berusaha sendiri dalam mewujudkan apa yang dicita-citakannya. Teruslah berusaha dan optimis untuk menjadikan keinginan atau harapan menjadi kenyataan.

Baca Juga: Cara dan Doa Meminta Rezeki dalam Islam, Yuk Panjatkan Moms!

Cara Agar Doa Cepat Terkabul dalam Islam

Lalu, bagaimana ya cara agar doa cepat terkabul? Apabila Moms penasaran dan ingin mempraktikkannya, berikut cara agar doa cepat terkabul dalam Islam mengutip dari berbagai sumber.

1. Bersuci Terlebih Dahulu

cara agar doa cepat terkabul - bersuci

Foto: Orami Photo Stock

Cara agar doa cepat terkabul yang bisa Moms lakukan adalah memerhatikan tata cara berdoa yang baik. Salah satunya dengan bersuci terlebih dahulu sebelum memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Meskipun berdoa dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, tetapi hendaknya umat Islam mengambil wudhu agar terhindar dari segala kotoran atau najis.

Ketika sudah dalam keadaan bersih dan suci, berdoa pun dapat dilakukan lebih nyaman di hadapan Allah SWT.

Baca Juga: 7 Cara Memberi Nama Anak Menurut Islam, Wajib Tahu!

2. Dimulai dengan Memuji Allah SWT dan Diakhiri Sholawat

Cara agar doa cepat terkabul yang berikutnya, yakni mulai berdoa dengan memuji Allah SWT melalui membaca dzikir dengan ikhlas.

Hal ini karena Allah SWT adalah Tuhan tempat kita meminta, Dia-lah yang Maha Pemberi, serta Pencipta segala sesuatunya. Jadi, memuji dan memintalah hanya kepada Allah SWT.

Lalu sebelum mengakhiri doa, hendaknya membaca sholawat Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW merupakan nabi terakhir yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan satu-satunya nabi yang dapat memberi pertolongan (syafaat) bagi umat Islam ketika di akhirat, maka kita harus mencintai Nabi Muhammad SAW.

Salah satu bukti cintanya ialah dengan membacakan sholawat. Lakukanlah dengan ikhlas dan semata-mata hanya karena Allah SWT.

Baca Juga: Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam, Yuk Lakukan agar Tempat Tinggal Moms Jadi Berkah

3. Menghadap Kiblat dengan Mengangkat Dua Tangan

cara agar doa cepat terkabul - menghadap kiblat dan mengangkat tangan

Foto: Orami Photo Stock

Cara agar doa cepat terkabul lainnya ialah dengan menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya Allah SWT Maha Pemalu lagi Maha Pemurah terhadap seorang hamba yang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa, kemudian kedua tangannya kembali dengan kosong dan kehampaan (tidak dikabulkan).”

Baca Juga: Inilah Ketentuan CV Taaruf yang Sesuai dengan Agama Islam

4. Memelankan Suara dan Tidak Terburu-buru

Jika Moms ingin doa yang dipanjatkan menjadi kenyataan, hendaklah memelankan suara dengan lembut ketika meminta ampunan dan harapan.

Selain itu, sebaiknya jangan berdoa dengan terburu-buru, lakukanlah dengan khusyu'. Allah SWT berfirman dalam Alquran yang artinya:

“Sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) segala kebaikan, dan mereka berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami.” (Q.S . Al-Anbiya’ : 90).

Dalam hadist oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda yang artinya;

“Akan diijabahi doa kalian, jika tidak berdoa dengan tergesa-gesa. Sungguh kamu telah berdoa, maka atau kenapa tidak diijabahi?” (H. R. Imam Bukhari).

Baca Juga: 10 Adab Membaca Alquran yang Baik Menurut Islam

5. Berdoa Penuh Harapan

cara agar doa cepat terkabul - penuh harapan

Foto: Orami Photo Stock

Cara agar doa cepat terkabul selanjutnya, yaitu berdoalah dengan sepenuh hati dan pengharapan kepada Allah SWT.

Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Berdoalah kepada Allah dengan harapan akan dikabulkan. Karena Allah tidak akan menerima doa dari hati yang lalai dan kosong dari harapan.” (H.R. At-Tirmidzi)

Abdullah bin Umar r.a. berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya hati itu bagaikan bejana. Sebagiannya lebih luas dari sebagian yang lain. Jika kalian meminta kepada Allah, maka mintalah dengan penuh harap bahwa doa itu akan dikabulkan. Karena Allah tidak akan mengabulkan doa seseorang dari hatinya yang lalai.” (H.R. Ahmad)

Baca Juga: 7+ Pintu Rezeki yang Tertulis dalam Alquran, Yuk Buka dan Raih Berkahnya!

6. Berdoa Penuh Keyakinan

Selain dengan penuh harapan, cara agar doa cepat terkabul berikutnya adalah berdoalah secara yakin kepada Allah SWT. Dalam hal ini berarti Moms harus yakin dan tidak ragu ketika memanjatkan doa.

Keyakinan harus ditunjukkan baik secara lisan maupun dalam hati.

Rasulullah SAW melarang seorang berdoa dengan mengucapkan, “Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau berkenan. Ya Allah, rahmatilah aku jika Engkau berkenan. Akan tetapi, dalam berdoa, harus dengan perasaan yakin karena Allah SWT akan berbuat apa saja tanpa ada yang memaksa.” (H.R. Muslim)

Baca Juga: 7+ Cara dan Doa Agar Suami Setia Menurut Islam, Sudah Moms Amalkan?

7. Berdoa dengan Sungguh-sungguh

cara agar doa cepat terkabul - sungguh-sungguh

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya penuh harapan dan keyakinan, umat Islam yang berdoa juga hendaknya bersungguh-sungguh jika keinginannya diwujudkan oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman, “Dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Al-A’raf: 56)

Perlu Moms ketahui bahwasanya Allah SWT sangat senang mendengar hambanya meminta penuh kesungguhan. Ketika seorang umat Muslim mendekatkan diri dengan berdoa, Allah SWT pasti akan mengabulkannya.

Bahkan seorang sahabat r.a. menyebutkan bahwa jika seorang hamba berdoa kepada Tuhannya, dan Allah menyukainya, Allah SWT berfirman, “Hai Jibril, jangan terburu-buru mengabulkan doa hamba-Ku ini. Aku masih senang mendengar suaranya.”

Baca Juga: Tata Cara dan Doa Menyembelih Ayam sesuai Syariat Islam

Waktu Mustajab untuk Berdoa

waktu mustajab untuk berdoa

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms telah menerapkan cara agar doa cepat terkabul yang telah disebutkan di atas, perhatikan juga waktu-waktu tertentu untuk berdoa. Hal ini karena ada beberapa waktu mustajab bagi umat Islam sehingga doa yang dipanjatkan bisa segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Kapan saja kah waktu yang dapat segera mengabulkan doa seorang Muslim? Berikut di antaranya:

  • Ketika sahur atau pada sepertiga malam
  • Saat sedang berpuasa
  • Pada malam lailatul qadar
  • Ketika mendengar adzan
  • Waktu di antara adzan dan iqamah
  • Saat sedang sujud dalam sholat
  • Sebelum salam pada saat sholat wajib (fardhu)
  • Pada hari Jumat
  • Saat turun hujan
  • Waktu antara dzuhur dan ashar pada hari Rabu
  • Pada hari Arafah (9 Dzulhijjah)
  • Saat perang tengah berkecamuk
  • Ketika meminum air zam-zam

Baca Juga: 10 Aplikasi Islam, Bantu Menjalankan Ibadah Sehari-hari

Apabila Moms sudah melakukan cara agar doa cepat terkabul, tetapi apa yang dicita-citakan belum juga diwujudkan oleh Allah SWT, janganlah berkecil hati.

Teruslah berusaha dan berdoa, sebagaimana yang disebutkan dalam hadist. Anas r.a. berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jangan lelah untuk berdoa, karena tidak ada orang yang mati karena berdoa.” (H.R. Al-Hakim).

Semoga membantu ya, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait