Parenting Islami

21 Oktober 2021

Tata Cara dan Doa Wudhu, Yuk Amalkan dengan Benar!

Ajarkan juga pada Si Kecil yuk Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Wudhu merupakan salah satu syarat sah sholat, oleh karena itu seseorang harus menghafalkan doa wudhu baik sebelum ataupun sesudahnya.

Ini juga bisa dikenalkan kepada anak saat mempelajari tentang sholat. Sebab, melengkapi amalan dengan mengucapkan doa sebelum dan setalahnya bisa menambah catatan pahala.

Meskipun tidak termasuk dalam rukun wudhu, membaca doa wudhu adalah ibadah yang memiliki beberapa keutamaan sehingga masuk dalam amalan yang disunnahkan.

Baca Juga: 3 Doa Masuk Surga Agar Dihindarkan dari Api Neraka, Yuk Panjatkan!

Mengenal Wudhu dan Manfaatnya

Doa Wudhu -1.jpg

Foto: Quranhost.com

Sholat adalah ibadah yang paling utama untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sebelum mengerjakan sholat, umat Islam diperintahkan untuk terbebas dari hadast kecil maupun besar.

Untuk membersihkan diri dari hadast besar, dianjurkan untuk mandi junub atau mandi besar. Sedangkan untuk mensucikan diri dari hadast kecil dapat dilakukan dengan berwudhu.

Setelah wudhu, dianjurkan untuk membaca doa wudhu baik sebelum dannya agar ibadah yang dilakukan lebih sempurna.

Wudhu adalah mensucikan anggota-anggota tubuh untuk menghilangkan hadast kecil. Secara bahasa, wudhu berarti bersih atau indah.

Oleh karena itu, wudhu menjadi ibadah yang sangat penting bagi orang Islam. Selain mendapatkan manfaat dan keutamaan berwudhu, membuat hati kita menjadi tenang dan wajah berseri-seri.

Bukan hanya itu, selain menjaga kebersihan sebelum melaksanakan sholat, ternyata wudhu juga memiliki efek bagi kesehatan.

Seperti penelitian dalam Journal An-Nafs yang menemukan bahwa terapi wudu efektif dalam meningkatkan kualitas tidur pada remaja putri.

Manfaat lain dari berwudhu dengan tertib adalah:

  • Membuat otot rileks. Saat berwudhu sebelum tidur, itu akan membuat otot-otot rileks setelah seharian bekerja keras, serta membuat badan kita kembali segar meski sedang kekurangan cairan.
  • Bagus untuk jantung. Saat anggota tubuh tersentuh air wudu yang sejuk, maka jantung akan langsung memompa darah dengan kuat yang merupakan reaksi alami untuk menormalkan kembali suhu tubuh yang dingin karena guyuran air wudhu..
  • Dapat membersihkan hidung. Saat berwudhu, kotoran yang menempel dihidung bisa ikiu terbuang, sehingga hidung akan tetap sehat, bersih, dan bebas dari kotoran.
  • Wajah lebih cerah. Dengan berwudu noda yang membandel di kulit wajah akan hilang perlahan. Kotoran yang menempel pada kulit wajah pun akan hilang dan menjaganya tetap cerah dan bersih.
  • Cegah sakit gigi dan gusi. Air wudhu bisa membuat mulut selalu bersih dan terbebas dari kuman, serta menghindari serangan penyakit gigi dan gusi saat berkumur-kumur. Ini membuat proses pembersihan sisa-sisa kuman dalam mulut akan lebih sempurna.
  • Mencerahkan mata. Mencuci wajah saat berwudu dan terkena mata, ini akan membuat mata jadi lebih rileks dan segar, sehingga warnanya kembali cerah setelah lelah bekerja seharian.
  • Terhindar dari penyakit kulit. Proses saat berwudhu terdiri dari mencuci sebagian besar anggota tubuh seperti wajah, tangan dan kaki, serta sela-sela kuping. Berbagai penyaki kulit seperti panu, kadas, atau pun kurap, akan dapat dicegah dengan senantiasa menjaga kebersihan kulit salah satunya dengan sering berwudhu.

Baca Juga: 5+ Doa untuk Anak yang Susah Diatur Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Dalil dan Tata Cara Wudhu

Doa Wudhu -2.jpg

Foto: Newmuslim.net

Sebagai salah satu syarat sah sholat, Allah telah menjelaskan tentang dalil wajibnya wudhu dalam Alquran, yakni:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

Artinya: “Wahai orang yang beriman, bila kalian hendak sholat, basuhlah wajah kalian, tangan kalian hingga siku, usaplah kepala kalian, dan (basuhlah) kaki kalian hingga mata kaki,” (QS Al-Maidah: 6).

Berikut ini adalah tata cara berwudu berdasarkan wajib wudu:

  • Membaca doa sebelum wudu
  • Membasuh telapak tangan 3 kali
  • Berkumur 3 kali
  • Membersihkan lubang hidung 3 kali
  • Membasuh wajah menggunakan kedua telapak tangan
  • Membasuh kedua tangan sampai siku
  • Mengusap sebagian kepala dan rambut
  • Membasuh kedua kaki hingga mata kaki
  • Tertib
  • Membaca doa setelah wudhu

Apabila tidak melakukan urutan rukun wudhu dengan benar, maka bisa dikatakan wudhu tersebut tidak sah yang bakal mengakibatkan sholatnya pun tidak sah juga.

Baca Juga: 3 Doa Minum Air Zam Zam, Bisa Mengabulkan Keinginan, Masya Allah!

Doa Wudhu

Doa Wudhu -3.jpg

Foto: Muslimhowto.com

Hukum wudhu dalam Islam adalah wajib. Oleh karena itu, mengetahui doa wudhu baik sebelum atau sesudahnya merupakan bagian dari kewajiban tersebut.

Wudhu bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit, sekaligus menggugurkan dosa pada anggota tubuh. Adapun tata cara berwudu, seperti melakukan doa sebelum dan setelah wudu.

Inilah doa wudhu sebelum dan setelahnya beserta tulisan arab, latin dan juga artinya.

1. Doa sebelum Wudhu

Sebelum melakukan wudhu, dianjurkan untuk memulainya dengan membaca basmallah. Hal ini seuai dengan sabda Rasulullah SAW:

لاَ وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ

Artinya: “Tidak ada wudhu bagi yang tidak menyebut nama Allah,” (HR Ahmad dan Abu Dawud).

2. Doa setelah Wudhu

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ، وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ، وَأَتُوبُ إلَيْكَ

(Asyhadu an lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lahū, wa asyhadu anna Muhammadan abduhū wa rasūluhū. Allāhummaj’alnī minat tawwābīna, waj’alnī minal mutathahhirīna. Subhānakallāhumma wa bi hamdika asyhadu an lā ilāha illā anta, astaghfiruka, wa atūbu Ilayka)

Artinya: “Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci,"

Itulah penjelasan mengenai doa wudhu beserta tata cara dan juga manfaatnya yang dapat menjadi petunjuk untuk melakukannya dengan benar sesuai tuntunan dari Nabi Muhammad SAW.

  • https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1042
  • https://katadata.co.id/intan/berita/614af28399c62/bacaan-doa-setelah-wudhu-latin-beserta-artinya
  • https://saintif.com/doa-sebelum-wudhu/
  • https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-air-wudhu/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait