Trimester 1

TRIMESTER 1
5 Januari 2021

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Begini Penjelasannya

Bahayakah durian untuk ibu hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Kehamilan merupakan masa yang sangat penting bagi kehidupan ibu dan bayi. Status gizi ibu yang rendah selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan tumbuh kembang anak yang kurang optimal.

Berdasarkan Journal of Ethnic Foods, disebutkan bahwa selama kehamilan, kebutuhan nutrisi ibu hamil meningkat; terutama, mereka membutuhkan energi tambahan, protein, vitamin A, folat, kalsium, zat besi, dan yodium.

Nutrisi ini ditemukan terutama dalam makanan hewani, kacang-kacangan, dan sayuran.

Oleh karena itu, ibu hamil diharapkan selalu berhati-hati dengan asupan makanannya. Kadang-kadang para ibu sering merasa mual, sedangkan di lain waktu, mereka orang yang banyak mengidam makanan.

Durian adalah salah satu buah yang diidam-idamkan untuk dimakan oleh banyak ibu hamil. Apakah Moms juga suka durian? Apakah Moms tidak yakin makan durian aman selama kehamilan atau tidak? Lalu, bolehkah ibu hamil makan durian?

Hamil tentunya tidak menjadi alasan bagi Moms untuk pantang makan durian, bukan? Bahkan ada mitos mengatakan bahwa durian, Rajanya Buah adalah makanan super yang sangat kaya nutrisi.

Jika ini pertanyaan Moms, simaklah penjelasan di bawah ini tentang durian dan risiko dan manfaat buah durian selama hamil.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Bisa Berbahaya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian

Foto: Orami Photo Stock

Karena durian adalah buah yang bergizi tinggi, selalu ada banyak spekulasi tentang bolehkah ibu hamil makan durian.

Di beberapa negara Asia, durian merupakan pantangan bagi wanita hamil karena dipercaya dapat menimbulkan panas dalam tubuh dan, oleh karena itu, dapat berdampak buruk pada janin.

Namun belum ada penelitian yang membuktikan efek negatif dari ibu hamil makan durian. Demikian pula, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa ibu hamil makan durian itu tidak masalah.

Lantas, bisakah ibu hamil makan durian? Iya! Durian dapat bermanfaat bagi ibu hamil karena mengandung vitamin dan mineral serta organo-sulfur dan triptofan yang memiliki efek anti oksidan.

Sifat anti bakteri, anti jamur dan anti mikroba membuatnya menjadi taruhan yang aman bagi wanita selama kehamilan.

Namun, Moms harus berhati-hati karena mengonsumsi durian secara berlebihan dapat memiliki efek berbahaya juga.

Sebelum mengidam ingin makan durian, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang dapat menyarankan yang terbaik, tergantung pada kondisi kesehatan Moms.

Meskipun ibu hamil makan durian tidak dilarang, namun tetap penting membatasi asupan durian saat sedang hamil, sekalipun dianggap aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Durian sangat kaya akan gula dan karbohidrat. Makanan ini juga memiliki indeks glikemik tinggi, yang dapat menyebabkan naiknya gula darah.

Artinya, jika Moms telah didiagnosis dengan gestasional diabetes, sebaiknya hindari makan durian saat hamil, karena sangat berisiko semakin naiknya kadar gula.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Serat Si Kecil dengan Jenis Buah-buahan Ini

Manfaat Ibu Hamil Makan Durian

manfaat durian untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Buah durian memiliki banyak nutrisi yang penting untuk tubuh kita. Ia memiliki sifat antimikroba, antibakteri dan antijamur dan, karenanya, terbukti bermanfaat bagi wanita hamil.

Durian mengandung kadar gula yang tinggi, seperti fruktosa dan sukrosa yang akan menambah energi. Berikut ini daftar manfaat durian bagi kesehatan selama kehamilan.

1. Kaya akan Serat

Beberapa ibu hamil melewati kehamilan tanpa masalah. Namun ada banyak pula ibu hamil yang sering mengalami sembelit akibat perubahan hormonal dalam tubuhnya.

Mengonsumsi serat adalah bantuan yang baik untuk mengatasi masalah itu, selain minum banyak air putih atau cairan lain.

Buah durian ini juga bertindak sebagai pencahar alami dan membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya dari usus. Itu juga menjaga selaput lendir terlindungi karena kandungan serat mengurangi waktu paparan racun.

Serat juga berfungsi untuk menjaga agar perut kita tetap kenyang. Kelaparan bisa menjadi hal yang konstan pada beberapa kehamilan.

Kita bisa mengatasinya dengan makanan utuh, termasuk biji-bijian, yoghurt, kacang-kacangan, dan tentu saja buah-buahan.

Daging durian yang lembut, mengenyangkan dan memuaskan, mungkin cukup untuk mengatasi rasa lapar kita.

2. Sumber Folat yang Baik

Durian kaya akan asam folat dan dapat membantu mencegah cacat lahir pada bayi baru lahir. Moms bisa mendapatkan 9% kebutuhan harian untuk asam folat dari 100g durian.

3. Kaya Vitamin B

Durian kaya akan vitamin seperti riboflavin, niasin dan tiamin. Makanya, ibu hamil makan durian bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

4. Kaya Antioksidan

Durian mengandung zinc, triptofan dan organo-sulfur yang memiliki efek antioksidan. Mereka melindungi ibu dan janin dari serangan polutan dan radikal bebas.

5. Kaya Vitamin C

Vitamin C tidak hanya membantu sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu ibu hamil dan janin yang belum lahir dalam penyerapan kalsium dan zat besi.

Baca Juga: 3 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Ibu Hamil

6. Kaya akan Triptofan

Durian mengandung triptofan yang merupakan asam amino.

Triptofan dibutuhkan untuk meningkatkan kadar serotonin dan melatonin, yang merupakan hormon dalam tubuh. Ini menjadi manfaat lain ibu hamil makan durian.

Senyawa ini sangat membantu siklus tidur kita menjadi lebih baik. Seperti yang kita ketahui, tidur sangat penting untuk kesehatan yang baik. Terlebih lagi dengan bayi yang sedang dalam kandungan Moms.

7. Kaya Akan Kalsium dan Kalium

Jika zat besi adalah bahan penyusun darah, kalsium dan kalium sangat dibutuhkan untuk menyusun tulang.

Sementara tulang kita sebagian besar terdiri dari kalsium, kalium adalah pemain kunci dalam distribusinya. Hal ini juga membuat kalsium terkunci erat di tulang kita, di antara banyak manfaatnya.

8. Dikemas dengan Mineral

Durian kaya akan mineral seperti zat besi, tembaga, mangan dan magnesium yang membuatnya sangat bermanfaat bagi wanita hamil yang membutuhkan peningkatan suplai darah untuk pertumbuhan janin.

9. Bebas Lemak Jenuh

Buah durian tidak memiliki kolesterol atau lemak jenuh. Kandungan garam yang rendah, pada gilirannya, membantu mengatur tekanan darah selama kehamilan.

Ini menjadi manfaat lain dari ibu hamil makan durian.

10. Mencegah Keasaman

Mencegah keasaman juga menjadi manfaat lain ibu hamil makan durian. Buah durian dapat membantu mencegah keasaman karena memiliki tindakan antasid.

Baca Juga: Depresi Yang Tidak Diobati Sebabkan Sulit Hamil?

11. Melawan Depresi

Jenis buah satu ini juga dapat membantu dalam memerangi depresi selama kehamilan dan juga setelah melahirkan.

12. Membantu Janin Meningkatkan Berat Badan

Karena durian merupakan buah yang berkalori tinggi, mengonsumsi durian dapat membantu bayi Moms yang belum lahir dalam menambah berat badan jika masih sangat kecil karena kenaikan berat badan ibu yang kurang, dan bukan karena masalah plasenta atau tali pusat, tambah.

Selain meningkatkan asupan karbohidrat, penting untuk memasukkan makanan kaya protein, seperti telur dan daging, ke dalam diet makanan kita.

Namun sebelumnya, jika ibu hamil makan durian bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan mengenai hal ini ya. Ingatlah Moms, bahwa makan untuk dua orang selama kehamilan adalah pemikiran yang salah.

"Pertambahan berat badan yang direkomendasikan selama kehamilan adalah 12 kg hingga 16 kg," jelas Dr Tan Wei Ching, konsultan senior di Departemen Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit Umum Singapura (SGH).

Dr. Ng mengatakan bahwa, rata-rata, sebagian besar wanita menambah sebagian besar berat badan pada trimester kedua kehamilan. Dalam 20 minggu pertama, kenaikannya hanya 2 kg sampai 3 kg.

13. Meningkatkan Hormon Estrogen

Ibu hamil makan durian juga bagus untuk meningkatkan kesuburan.

Durian mengandung hormon estrogen, yang secara alami ditemukan dalam tubuh manusia tetapi beberapa wanita mungkin memiliki kandungan hormon estrogen yang lebih rendah, sehingga menyebabkan kemandulan.

Makanya, durian dengan tingkat estrogen yang tinggi bisa membantu Moms hamil secara alami.

Bahkan pasangan yang memiliki masalah ketidaksuburan, bisa makan buah durian yang akan meningkatkan peluang kehamilan mereka pasca perawatan IVF.

14. Membantu dalam Menjaga Berat Badan

Durian menurunkan risiko berat badan yang tidak diinginkan saat hamil. Kandungan serat yang kaya dan kandungan air serta mineral yang lengkap akan membantu kita memiliki berat badan yang sehat.

Ini menjadi manfaat ibu hamil makan durian yang selanjutnya.

15. Mencegah Anemia

Anemia dapat memengaruhi peluang Moms untuk hamil dengan mengurangi jumlah sel darah merah. Durian adalah sumber alami asam folat, tembaga, dan zat besi, yang mendorong pembentukan sel darah merah.

Oleh karena itu, gejala anemia hilang begitu jumlah sel darah merah menjadi normal.

Tidak ada waktu atau hari tertentu untuk makan buah durian tetapi mengonsumsinya secara berlebihan akan memberikan efek negatif. Moms bisa makan dua atau tiga buah durian dalam seminggu.

Buah durian dapat disebut sebagai “makanan super untuk kesuburan” karena merupakan sumber nutrisi yang akan membantu tubuh kita mencapai kesehatan reproduksi yang optimal.

Meskipun banyak manfaat ibu hamil makan durian, efek durian pada kehamilan belum diketahui. Karena itu, pastikan untuk tetap membatasi konsumsi durian dan selalu berkonsultasi dengan dokter.

Untuk ibu hamil makan durian, disarankan setelah makan durian agar segera minum air putih, air kelapa, air garam, atau minuman herbal lainnya yang bersifat mendinginkan yang membantu menangkal “sifat panas” dari durian.

Mengidam durian tapi tidak ingin makan durian saat hamil? Cobalah hidangan, minuman, atau kudapan bercita rasa durian sebagai selingan.

Walaupun durian sarat dengan nutrisi, durian juga merupakan makanan tinggi glisemik yang mengandung banyak gula dan karbohidrat.

Dua biji buah durian berukuran sedang bisa memberi kita total 60 kalori. Jadi, makan durian secara berlebihan dapat menyebabkan lonjakan glukosa darah secara tiba-tiba dan juga dapat meningkatkan berat janin.

Ini akan terbukti menjadi penghalang untuk melahirkan secara alami. Ini juga bisa menjadi penyebab utama obesitas pada masa kanak-kanak.

Baca Juga: Anemia pada Ibu Hamil, Ini Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Cara Mencegah

Kondisi Ibu Hamil yang Tidak Boleh Makan Durian

diabetes gestasional pada ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi dalam durian terbukti berbahaya bagi beberapa ibu hamil. Buah durian sebaiknya dihindari jika Moms yang sedang hamil mengalami beberapa kondisi di bawah ini:

  • Ibu hamil yang menderita diabetes gestasional.
  • Ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes gestasional sebelumnya.
  • Ibu hamil dengan riwayat keluarga diabetes.
  • Ibu hamil yang mengalami obesitas.
  • Ibu hamil yang telah sangat disarankan untuk tidak melakukan penambahan berat badan tambahan selain yang telah direkomendasikan.
  • Ibu hamil yang sudah memasuki usia kandungan trimester ketiga.

Nah, jika Moms bertanya-tanya bagaimana cara makan buah durian selama kehamilan, maka tidak berlebihan adalah kunci mengonsumsi buah durian selama kehamilan yang sehat dan memiliki persalinan yang lancar ke depannya.

Juga, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan Moms terlebih dahulu sebelum ibu hamil makan durian.

Kesimpulannya, buah durian aman untuk ibu hamil dan membantu pertumbuhan dan kesehatan secara keseluruhan selama kehamilan.

Moms bisa memuaskan keinginan diri sendiri untuk makan durian tetapi tetap perhatikan asupannya. Selalu konsultasikan dan ikuti nasihat dokter kita untuk menghindari komplikasi yang tidak perlu.

Pernahkah Moms mencicipi buah durian atau bertanya kepada dokter tentang manfaat buah durian selama kehamilan? Apakah saran dokter?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait