Kesehatan

29 April 2021

Cara Membakar Kalori yang Mudah Dilakukan, Moms Bisa Langsung Mencobanya

Cara membakar kalori dapat dilakukan di mana saja, hanya 5 menit pun tak masalah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms termasuk orang yang sangat memerhatikan kesehatan dan penampilan? Jika iya, mungkin saja Moms sedang mencari cara membakar kalori yang mudah dilakukan.

Seperti yang Moms ketahui, kalori adalah jumlah energi yang dihasilkan oleh makanan atau minuman.

Menurut National Health Service, apabila Moms terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman dengan kalori tinggi, tetapi energi yang dikeluarkan tubuh sedikit, maka kalori yang tersisa akan menumpuk menjadi lemak.

Hal ini lah yang bisa menyebabkan tubuh menjadi terlalu gemuk.

Baca Juga: 14 Makanan Rendah Kalori dan Lemak Tanpa Takut Gemuk

Cara Membakar Kalori

Cara membakar kalori

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti ingin memiliki badan yang ideal bukan? untuk itu, Moms perlu mengetahui cara membakar kalori yang tepat.

Selain itu, pembakaran kalori yang sempurna dalam tubuh akan banyak membantu kesehatan Moms.

Sayangnya, banyak yang merasa tak memiliki waktu untuk melakukan upaya pembakaran kalori. Padahal sebenarnya, membakar kalori dapat dilakukan dalam waktu 5 menit dan di mana saja.

Tak sedikit pula orang yang mengandalkan produk makanan atau minuman tertentu untuk membakar kalori, tetapi ternyata cara ini belum teruji secara pasti.

Memilih makanan dan minuman rendah kalori memang akan membantu tubuh untuk menghindari lemak berlebih. Namun, tidak bisa langsung membakar kalori pada tubuh.

Menurut WebMD, banyak para ahli yang berpendapat bahwa cara tersebut tidaklah salah, tetapi juga tak sepenuhnya benar. Salah satu cara membakar kalori yang efektif adalah dengan terus bergerak.

"Pada dasarnya, kita tahu tidak ada cara untuk membakar lebih banyak kalori atau meningkatkan metabolisme kita selain bergerak lebih banyak," kata Barry M. Popkin, PhD, direktur Program Obesitas Interdisipliner di University of North Carolina, Chapel Hill.

Untuk itu, beberapa gerakan cara membakar kalori berikut ini mungkin dapat Moms coba. Yuk, simak.

Baca Juga: Mengetahui Jumlah Kalori Nasi Putih, Apakah Benar Bisa Menambah Berat Badan?

1. High Knee Running

cara membakar kalori-hig knee running

Foto: popsugar.com

Cara membakar kalori yang pertama ialah dengan melakukan gerakan high knee running atau lari di tempat dengan mengangkat lutut hingga setinggi pinggul secara cepat.

Cara membakar kalori ini akan meningkatkan detak jantung sambil memperkuat tubuh bagian bawah Anda. Apabila Moms latihan dengan intensitas tinggi, high knee running dapat bermanfaat untuk membakar kalori dalam waktu singkat.

Adapun jumlah kalori yang terbakar jika melakukan high knee running dalam 30 menit, yaitu sebanyak 240 hingga 355.5.

2. Butt Kicks

buttkicks

Foto: classpass.com

Butt kicks merupakan gerakan berikutnya yang dapat Moms lakukan untuk membakar kalori. Cara membakar kalori ini dilakukan dengan mengangkat kaki ke bagian belakang setinggi bokong, layaknya sedang menendang.

Lakukanlah gerakan secara berulang dengan menggunakan kaki kanan dan kiri secara bergantian.

Moms dapat melakukan gerakan ini secara perlahan dan kemudian meningkatkan kecepatan dan berlarilah di tempat. Jangan lupa untuk menggerakkan kedua lengan tangan seperti sedang berlari.

Sama seperti gerakan high knee running, latihan butt kicks ini dapat membakar kalori cukup banyak. Moms bisa menghilangkan kalori sebanyak 240 hingga 355.5 selama 30 menit jika melakukan latihan butt kicks dengan intensitas tinggi.

Baca: 9 Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan di Rumah

3. Mountain Climber

mountain-climb-exercise-.jpg

Foto: verywellfit.com

Sama seperti namanya, mountain climber ini merupakan cara membakar kalori yang dilakukan dengan gerakan seperti mendaki gunung.

Mulailah dengan membuat posisi setengah tengkurap dengan tubuh ditopang kedua tangan, kemudian angkat kaki kanan setinggi dada dan turunkan, ulangi lagi dengan kaki kiri dengan gerakan yang sama.

Ulangi gerakan ini dengan tempo yang semakin cepat hingga beberapa saat. Moms bisa membakar 198 hingga 294 kalori dalam waktu latihan 30 menit.

4. Berenang

Cara membakar kalori-berenang

Foto: Orami Photo Stock

Berenang merupakan olahraga yang tidak membutuhkan energi terlalu banyak sehingga dapat menjadi cara membakar kalori yang mudah untuk Moms lakukan.

Dengan berenang santai selama 30 menit, Moms akan dapat membakar kalori yang setara dengan jogging selama 30 menit juga.

Selain itu, berenang dapat meningkatkan kekuatan otot, aliran darah, serta kapasitas paru-paru dan jantung. Berenang juga minim risiko cedera, jadi mungkin berenang adalah pilihan yang tepat jika Moms memiliki masalah persendian atau mobilitas terbatas.

Sebuah tips lain yang dapat Moms coba untuk meningkatkan pembakaran kalori saat berenang, yaitu lakukanlah putaran atau aerobik air.

Baca Juga: 5 Posisi Seks untuk Membakar Kalori, Bikin Tubuh Makin Fit!

5. Sepeda Statis

cara membakar kalori-sepeda statis

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin sudah tak asing lagi dengan olahraga ini. Ya, sepeda statis dapat Moms gunakan sebagai cara membakar kalori dengan mudah.

Apabila Moms memiliki akses untuk menggunakan bersepeda statis, cobalah untuk menggunakan interval tinggi.

Mulailah dengan pemanasan lima menit dan bergantian antara kecepatan satu menit dan interval pemulihan dua menit. Pada skala dari 0 hingga 10, interval kecepatan yang disarankan, yaitu 7 hingga 9. Sementara interval pemulihannya berkisar antara 5 hingga 6.

Kalori yang terbakar dalam 30 menit jika Moms bersepeda statis, ialah sebanyak 210 hingga 311 kalori.

6. Sprint

cara membakar kalori-sprint

Foto: Orami Photo Stock

Cara membakar kalori berikutnya yang dapat Moms coba adalah dengan sprint atau lari cepat. Lari cepat yang ditempuh dengan jarak dekat, cepat, dan kekuatan penuh ini dapat membakar kalori cukup banyak, lho. Hal ini karena secara umum, lari adalah olahraga yang paling baik untuk membakar kalori.

Kalori yang terbakar dengan sprint selama 30 menit, ialah 240 hingga 355.5 kalori. Namun jangan lupa, Moms harus melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mengurangi risiko cedera, ya.

Baca Juga: 7 Manfaat Jogging dan Tipsnya Agar Tidak Cedera

7. Squat

cara membakar kalori-squat

Foto: Orami Photo Stock

Squat mungkin salah satu gerakan paling efektif yang bisa dilakukan sebagai cara membakar kalori yang mudah dilakukan. Olahraga ringan ini menciptakan dasar yang sangat kuat untuk Moms yang ingin mulai berolahraga.

Tak perlu berlebihan, lakukan saja gerakan squat secara perlahan. Terlebih sesudah banyak menelan kalori, gerakan ini dapat membantu.

Moms dapat melakukannya dengan cara mengambil posisi setengah jongkok atau 90 derajat dengan kedua kaki sebagai tumpuan. Sebagai awalan, Moms dapat meletakkan boks atau bangku kecil sebagai tumpuan ketika squat. Pastikan punggung tegak saat melakukan squat ya, Moms.

Apabila Moms melakukan squat sebagai piihan cara membakar kalori, Moms dapat membakar kalori sebanyak 175 kalori!

8. Jumping Jacks

jumping-jack.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jumping jacks dapat menjadi cara membakar kalori yang mudah untuk Moms lakukan.

Moms hanya perlu berdiri tegak dan merapatkan kedua kaki, lalu melompatlah hingga kaki terbuka lebar sekaligus mengangkat kedua tangan layaknya sedang bertepuk tangan. Lakukan gerakan ini berulang selama beberapa waktu.

Kalori yang terbakar saat Moms melakukan gerakan jumping jacks selama 30 menit, yaitu sekitar 280 kalori. Selain membakar kalori, melakukan jumping jacks akan membuat darah Moms mengalir dengan lancar. Denyut jantung yang meningkat akan membuat metabolisme meningkat dan memaksa tubuh untuk mulai bekerja.

Baca Juga: Meski Sehat, Pahami Dulu Manfaat dan Bahaya Olahraga Malam Berikut!

Cara Membakar Kalori dalam Waktu Singkat

Cara membakar kalori dalam waktu singkat

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms termasuk orang yang sangat sibuk sehingga cukup sulit meluangkan waktu untuk olahraga, tetapi ingin tetap membakar kalori. Moms dapat melakukan gerakan-gerakan di atas dengan waktu yang singkat saja.

Kuncinya adalah fokus dalam latihan dengan intensitas tinggi dan kecepatan penuh. Dengan begitu, Moms dapat membakar banyak kalori dalam waktu kurang dari 30 menit.

Apabila Moms juga tak sanggup melakukannya, mungkin dapat mencoba cara membakar kalori lainnya, yaitu dengan berjalan. Jalan kaki adalah cara paling sederhana untuk membakar kalori.

Cara ini pun efektif digunakan bagi Moms yang mungkin sedang menjalani masa pemulihan akibat cedera.

Moms dapat melakukannya di sekitar rumah atau di halaman belakang, jadi akan sangat nyaman. Ketika Moms melakukan pekerjaan rumah sambil berjalan-jalan di sekitar rumah pun, Moms dapat membakar lebih banyak kalori per menit.

Selain itu, perlu Moms ketahui bahwa seberapa banyak kalori yang terbakar ini tergantung pada durasi latihan, kecepatan, dan intensitas.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait