Kesehatan

29 September 2021

10 Cara Menurunkan Berat Badan Akibat KB Suntik, Bisa Dicoba!

Terbiasa menggunakan piring kecil saat makan juga membantu turunkan berat badan, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Salah satu efek samping penggunaan suntik KB adalah membuat berat badan naik. Tak heran banyak para Moms yang mencari cara menurunkan berat badan akibat KB suntik.

KB suntik adalah salah satu alat kontrasepsi berguna bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan. Jenis kontrasepsi ini disebutt memiliki efektivitas mencegah kehamilan hingga 99 persen.

Di samping itu, KB suntik dinilai lebih praktis karena hanya disuntikkan secara berkala setiap satu hingga tiga bulan sekali. Biasanya KB suntik akan disuntikan pada bagian tertentu di tubuh seperti paha, pundak, bagian bawah perut, atau lengan atas.

Meski demikian, KB suntik juga memberikan efek samping salah satunya perubahan mood, sakit kepala, hingga peningkatan berat badan.

Ada banyak cara menurunkan berat badan akibat KB suntik yang bisa Moms lakukan. Yuk simak deretannya di bawah ini.

Baca Juga: 25 Rekomendasi Drama Korea Terbaik dari Berbagai Genre, Wajib Tonton Banget!

Penyebab Berat Badan Naik Akibat KB Suntik

berat badan naik kb suntik

Foto: Orami Photo Stock

Secara umum KB atau metode kontrasepsi dapat terbagi menjadi 2 macam, yaitu yang tidak mengandung hormon dan yang mengandung hormon.

Suntik KB (baik 1 bulan maupun 3 bulan) termasuk ke dalam kelompok KB hormonal yang mana KB jenis ini memang memiliki efek samping berupa peningkatan berat badan pada beberapa orang.

Sebuah penelitian University of Texas Medical Branch at Galveston menemukan bahwa, wanita yang melakukan suntik KB rata-rata mengalami peningkatan berat badan sebesar 3,4 persen selama tiga tahun.

Penambahan berat badan yang disebabkan oleh kontrasepsi ini terjadi karena peningkatan massa jaringan lemak. Namun, ini hanya bersifat sementara.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Anyang-Anyangan setelah Berhubungan

Cara Menurunkan Berat Badan Akibat KB Suntik

Sayuran

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun kenaikan berat badan bersifat sementara, tetapi bagi para Moms dapat memengaruhi rasa percaya diri.

Nah untuk mengatasinya, berikut ini cara menurunkan berat badan akibat KB suntik:

1. Kurangi Konsumsi Kalori

Cara menurunkan berat badan akibat KB suntik yang pertama adalah memperhatikan jumlah kalori harian.

Agar lebih efektif, Moms bisa mengurangi konsumsi kalori harin dengan mengonsumsi makanan nabati, buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Selain itu, bisa juga mengonsumsi susu khusus diet sebagai asupan pengganti makanan.

Melansir The American Journal of Clinical Nutrition, selain rendah kalori, susu khusus diet juga sudah dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral sehingga merupakan pilihan yang lebih baik daripada tidak makan sama sekali.

Susu diet juga dianggap lebih praktis untuk mengganti asupan sarapan dan makan malam di dalam menjalani program diet.

2. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Mengonsumsi makanan yang kaya serat telah terbukti menjadi salah satu cara menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Sebagai contoh, satu penelitian terhadap 1.114 orang dewasa menemukan bahwa setiap 10 gram serat larut yang dimakan orang per hari menyumbang 3,7% pengurangan lemak perut selama periode lima tahun.

Serat juga dapat membantu Moms merasa kenyang lebih lama dengan memperlambat pencernaan dan mengurangi kadar hormon kelaparan.

Baca Juga: 12 Manfaat Kulit Sapi untuk Kesehatan, Mengobati Sakit Maag Hingga Menurunkan Berat Badan

3. Konsumsi Banyak Cairan

Cara menurunkan berat badan akibat KB suntik selanjutnya adalah konsumsi banyak cairan.

Sebab, saat perut merasakan bahwa sudah kenyang, ia akan mengirimkan sinyal ke otak untuk berhenti makan. Air putih dapat membantu mengisi perut, menyebabkan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Melansir Journal of Natural Science, Biology and Medicine memaparkan, 50 wanita yang kelebihan berat badan, dengan minum 500 mililiter (mL) air 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam, berhasil dalam cara menurunkan berat badan, lho!

4. Menggunakan Piring Kecil

Mungkin cara menurunkan berat badan akibat KB suntik satu ini terlihat tidak mempan, tapi banyak orang mencobanya, lho!

Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu makan dalam porsi yang lebih kecil atau sedikit.

Dengan menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, Moms mungkin bisa secara bertahap terbiasa makan dalam porsi yang lebih kecil tanpa merasa lapar.

Baca Juga: 10 Jenis Sepatu Wanita, Nyaman dan Tetap Gaya!

5. Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau dianggap sebagai cara menurunkan berat badan akibat KB suntik karena tingkat epigallocatechin gallate (EGCG) yang tinggi. Ini merupakan suatu senyawa yang dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan.

Dalam International Journal of Obesity, disebutkan bahwa kombinasi kafein yang rendah dan EGCG pada teh hijau mungkin memiliki "efek positif kecil" dalam hal menurunkan atau mempertahankan berat badan.

6. Olahraga Rutin

Moms bisa saja menurunkan berat badan tanpa melakukan olahraga, namun hasilnya akan menjadi lebih maksimal jika diseimbangkan dengan olahraga.

Olahraga berperan membakar kelebihan kalori di dalam tubuh. Banyaknya kalori yang terbakar pun bergantung kepada frekuensi, durasi, dan intensitas olahraga yang dilakukan.

Untuk mengawalinya, cobalah untuk jogging atau berlari santai selama 20-30 menit per hari.

Baca Juga: 10 Mitos Telinga Caplang yang Masih Banyak Dipercaya

7. Kurangi Karbohidrat Olahan

Salah satu cara menurunkan berat badan akibat KB suntik dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat. Ini bisa dengan rencana makan rendah karbohidrat atau dengan mengurangi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan biji-bijian.

Ketika Moms mengurangi karbohidrat olahan, maka tingkat rasa lapar akan turun dan cenderung makan lebih sedikit kalori.

8. Banyak Gerak

Salah satu penyebab berat badan naik adalah malas bergerak dan selalu tiduran di atas kasur maupun tempat duduk. Jika Moms malas berolahraga, sebaiknya pilihlah olahraga ringan seperti jalan kaki.

Momsbisa menargetkan untuk berjalan kaki selama 25 menit setiap harinya. Sebuah penelitian menemukan bahwa, berjalan kaki dengan durasi ini mampu membakar setidaknya 167 kalori tubuh.

Semakin sering melakukannya, Moms akan semakin terbiasa. Jika sudah menjadi kebiasaan, bisa meningkatkan lama waktu berjalan kaki agar lebih banyak kalori yang terbuang.

9. Komitmen

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, usaha, dan komitmen dalam jangka panjang. Pastikan kepada diri sendiri bahwa kita siap membuat perubahan secara permanen menuju gaya hidup yang lebih sehat.

10. Ganti Alat Kontrasepsi

Jika Moms sudah mengikuti cara menurunkan berat badan akibat KB suntik, tetapi berat badan semakin naik sebaiknya ganti alat kontrasepsi.

Ada banyak alat kontrasepsi yang bisa Moms pilih, seperti pil KB, implan, IUD, kondom wanita, dan lain-lain. Namun, sebelum menggantinya, diskusikan dengan dokter dulu ya.

Baca Juga: Paracetamol untuk Ibu Menyusui, Ketahui Dosis dan Efek Sampingnya

Nah, itu dia Moms cara menurunkan berat badan akibat KB suntik. Semoga membantu ya!

  • https://www.sciencedaily.com/releases/2009/03/090304182111.htm
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3441106/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4121911/
  • https://www.nature.com/articles/ijo2009135
  • https://www.healthline.com/health/how-to-lose-weight-on-birth-control#other-birth-control-side-effects
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait