Program Hamil

PROGRAM HAMIL
13 Desember 2020

Informasi Biaya Operasi Caesar Mulai dari yang Paling Mahal hingga Gratis

Ini adalah informasi biaya operasi caesar pada setiap kelas perawatan dan fasilitasnya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ketika Moms mengetahui bahwa Moms sedang hamil, maka Moms tentu tidak dapat menahan diri dari rasa khawatir yang berlebihan. Mulai dari morning sickness, keperluan cuti bekerja, berat badan yang bertambah, hingga membayangkan biaya yang harus dipersiapkan untuk kehamilan tersebut.

Ada pemeriksaan rutin, USG yang dilakukan serta vitamin yang diberikan setiap kunjungan atau setiap bulan hingga minggu terakhir menjelang hari prediksi lahiran. Belum lagi berbagai tes untuk hal-hal seperti diabetes gestasional, TORCH dan tes kelainan genetik dimana ini penting jika Moms berusia di atas 35 tahun.

Baca Juga: Perkiraan Biaya Melahirkan Normal dan Caesar di Rumah Sakit Jabodetabek

Semua hal ini akan bertambah dan Moms bahkan belum sampai pada persalinan yang sebenarnya, di mana setiap hal kecil yang diberikan kepada Moms di rumah sakit adalah biaya tambahan. Misalnya proses induksi atau bahkan operasi caesar darurat yang benar-benar harus membuat Moms merogoh dompet lebih dalam.

Sudah menjadi rahasia umum bila kita berbicara tentang biaya persalinan, maka biaya operasi caesar akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya persalinan secara normal. Belum lagi bila terjadi komplikasi dan itu artinya Moms harus menjalani perawatan di rumah sakit lebih lama dari seharusnya ketika persalinan normal.

Lamanya Moms menginap di rumah sakit karena operasi caesar akan berhubungan juga dengan pilihan ruang inap yang Moms akan tempati. Inilah mengapa operasi caesar selalu menjadi pilihan kedua setelah persalinan normal bagi para Moms yang sedang hamil atau akan melahirkan dalam waktu dekat.

Biaya operasi caesar yang diberikan rumah sakit kebanyakan sudah dihitung secara paket dengan aneka fasilitas medis standar lainnya. Misalnya sudah memasukan biaya penunjang lainnya seperti fasilitas, test laboratorium, obat, makan, visit doctor, dan obat-obatan atau vaksin pertama untuk bayi.

Namun, terdapat pula rumah sakit yang memberikan biaya operasi caesar dan biaya lainnya secara terpisah. Pastikan Moms memilih fasilitas-fasilitas ini dengan teliti dan bijak.

Membicarakan biaya operasi caesar tidak akan sederhana seperti halnya biaya operasi caesar itu sendiri yang tidak sedikit. Berikut ini adalah kisaran biaya operasi caesar dengan berbagai pilihan kelas rawat inap dan kondisi tertentu yang dihimpun dari berbagai sumber.

Biaya Operasi Caesar Kelas VIP

jangan bawa anak masuk ruang rawat inap rumah sakit hero

Foto: Orami Photo Stock

Biaya operasi caesar kelas VIP secara umum berkisar Rp 30 juta - Rp 70 juta. Tentu saja ini tergantung dengan paket dan fasilitas yang diberikan oleh masing-masing rumah sakit.

Salah satu rumah sakit swasta di Jakarta atau biasa kita kenal dengan RS Pondok Indah (RSPI) menawarkan 4 pilihan kamar super nyaman bagi Moms yang akan melahirkan yaitu VIP, VVIP B, VVIP A, dan Suite.

Baca Juga: 3 Persiapan Mental yang Wajib Moms Siapkan Sebelum Proses Persalinan

Ruangan VIP dan Suite ini menjadi bagian yang dirancang sedemikian rupa, sehingga bisa menjadi ruangan khusus Woman's & Materinity Ward. Fasilitas yang akan diberikan tidak hanya untuk memanjakan Moms dan bayi, tetapi juga keluarga dan orang-orang terdekat yang dapat mendampingi Moms selama proses persalinan dan pasca persalinan untuk menyambut kelahiran bayi.

1. Kamar VIP

Biaya operasi caesar kelas VIP mulai dari Rp 46.87 juta. Mulai kelas VIP ke atas, kapasitas kamar hanya dibatasi untuk 1 pasien sehingga Moms pasti akan sangat nyaman istirahat di ruangan tersebut.

Pada kelas VIP, kamar yang besar, sofabed untuk yang menunggu, kamar mandi, televisi dan kulkas adalah fasilitas standar yang diberikan. Untuk kelas VIP ke atas ini, Moms juga akan mendapatkan seperangkat alat mandi, termasuk sabun, shampoo, sampai sendal kamar.

2. Kamar VVIP B

Dengan biaya operasi caesar sekitar Rp 52,22 juta, Moms akan mendapatkan fasilitas yang hampir mirip dengan kelas VIP. Hanya saja ruangan yang ditawarkan lebih luas dan terdapat meja makan di dekat jendela kamar Moms. Tentu ini cukup membantu apabila keluarga datang menjenguk dan berkumpul bukan?

3. Kamar VVIP A

Fasilitas yang ditawarkan VVIP A tentu lebih wow dibandingkan kamar VVIP B dan VIP biasa. VVIP A menawarkan kitchen set di mana Moms bisa lebih leluasa menyimpan perbekalan makanan selama menginap di sana.

Itu artinya, VVIP A di RSPI menawarkan fasilitas dan luas kamar yang terbilang cukup jauh dari kamar sebelumnya. Biaya operasi caesar ditambah dengan menginap di kamar ini adalah dalam kisaran Rp 54.62 juta.

Baca Juga: 8 Perabot yang Perlu Ada di Kamar Tidur Bayi

4. Suite

VIP terakhir dari Woman's & Materinity Ward yang super mewah di RSPI ini adalah ruangan suite. Dari pilihan namanya saja Moms bisa membayangkan bahwa fasilitas yang diberikan pastinya mirip dengan fasilitas hotel bintang.

Dengan biaya operasi caesar berkisar Rp 67,12 juta, sudah jelas Moms akan mendapatkan fasilitas yang jauh lebih mewah. Kamar suite RSPI dilengkapi ruangan untuk tamu yang terpisah dan terdiri dari kitchen set, meja makan, sofa, kursi, meja tamu, televisi, serta kamar mandi untuk tamu.

Nah sementara untuk kamar tidur pasien, juga dilengkapi fasilitas standar kamar VIP RSPI seperti sebelumnya. Mengingat besaran harga yang diberikan, tentu saja tidak heran bukan dengan fasilitas tersebut?

Untuk perkiraan biaya di atas, Moms sudah mendapatkan perawatan selama 4 hari 3 malam dengan fasilitas:

  • Jasa dokter obgyn beserta visit
  • Jasa pendampingan dokter anak saat operasi beserta visit
  • Jasa dokter anestesi
  • Penggunaan kamar operasi
  • Persiapan operasi di kamar bersalin
  • Kamar perawatan ibu
  • Kamar perawatan bayi
  • Pemeriksaan laboratorium standar
  • Obat dan alat kesehatan standar untuk ibu dan bayi
  • Screening neonatus dan otoacoustic emission (OAE)
  • Pemeriksaan cardiotopograph (CTG)
  • dan Surat keterangan lahir

Perlu Moms ketahui juga bahwa perkiraan biaya di atas, belum termasuk dengan:

  • Biaya administrasi, maksimum 7% dari total biaya dan dikenakan dua kali karena adiministrasi Moms dan bayi akan dipisah
  • Konsultasi dengan dokter dari bidang lain apabila diperlukan. Misalnya, ketika bayi Moms yang baru saja lahir kondisinya membutuhkan bantuan dokter paru-paru
  • Obat, alat kesehatan serta pemeriksaan laboratorium yang diluar standar

Bawca Juga: Mengenal Imunisasi untuk Orang Dewasa dan Perkiraan Biayanya

Biaya Operasi Caesar Kelas I

biaya operasi caesar

Foto: mentalfloss.com

Biaya operasi caesar kelas I di rumah sakit, ada pada kisaran harga Rp 25 juta - Rp 50 juta. Angka ini masih terbilang mahal ya Moms, meskipun pada kamar kelas I ini Moms biasanya akan tidur atau ditempatkan dalam satu ruangan yang berisi dua orang. Itu artinya, beberapa fasilitas lainnya pun akan Moms gunakan bersama.

Salah satunya adalah Rumah Sakit Hermina Jatinegara yang biaya operasi caesar untuk kelas I berkisar Rp 30 juta untuk 5 hari perawatan. Moms juga tidak perlu khawatir karena biaya ini sudah termasuk biaya visit dokter, obat, dan fasilitas standar lainnya. Karena Rumah Sakit Hermina adalah rumah sakit yang pro-ASI, maka Moms juga mendapat fasilitas room-ing dengan bayi Moms.

Jika Moms membandingkan dengan Rumah Sakit Hermina lainnya seperti Hermina Depok, biaya operasi caesar kelas I di rumah sakit tersebut terbilang tidak jauh berbeda dengan Hermina Jatinegara yaitu sekitar Rp 30 juta-an.

Namun, ada beberapa rumah sakit yang kamar kelas I hanya ditempati satu orang saja, salah satunya adalah RSIA Limijati Bandung. Untuk perawatan selama tiga hari dengan persalinan operasi caesar dan ditempatkan di kelas I, Moms membutuhkan biaya sekitar Rp34 juta - Rp 37 juta.

Biaya persalinan di atas mencakup biaya perawatan Moms dan bayi dalam keadaan sehat atau standar selama di RS. Akan tetapi, ini tidak termasuk biaya non-medis (foto bayi, foto dokumentasi caesar, makan pendamping, dll), biaya skrining bayi, obat-obatan, pemeriksaan laboratorium dan tindakan tambahan lainnya.

Baca Juga: Mengikuti Program Hamil Anak Perempuan, Ini Tips dan Rincian Biayanya

Biaya Operasi Caesar Kelas II

biaya operasi caesar

Foto: Orami Photo Stock

Secara umum, operasi caesar kelas II membutuhkan biaya sekitar Rp 15 juta - Rp 38 juta dan tentu saja dengan ruangan rawat inap yang dihuni dua hingga tiga orang.

Salah satunya adalah RS Awal Bros Bekasi Utara, yang menawarkan paket melahirkan melalui operasi caesar kelas II dengan biaya sebesar sekitar Rp 16.5 juta dan sudah termasuk pemeriksaan penunjang laboratorium. Namun, harga tersebut belum termasuk biaya administrasi dan biaya tindakan medis lainnya yang dibutuhkan, serta biaya rawat inap di malam selanjutnya.

Untuk Moms ketahui bahwa biaya rawat inap kelas II di Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Utara sekitar Rp525k / hari dengan fasilitas kamar untuk 3 orang, tv, kamar mandi dalam, dan kursi untuk penunggu.

Sementara itu, sumber lain menyebutkan biaya operasi caesar kelas II di Rumah Sakit Awal Bros cabang lainnya pada tahun 2019, berkisar Rp 25 juta secara keseluruhan atau untuk sekitar 4 hari perawatan.

Biaya Operasi Caesar Kelas 3

Untuk biaya operasi caesar kelas III di salah satu rumah sakit pemerintah Jakarta tipe D dan C pada 2019. tercatat sekitar Rp 4 juta. Ini jelas belum termasuk dengan biaya kamar, obat dan tindakan medis lain selain operasi caesar.

Sementara untuk biaya operasi caesar kelas III di rumah sakit pemerintah Jakarta tipe A dan B, biayanya sekitar Rp 5 juta- Rp10 juta dan juga belum termasuk biaya fasilitas penunjang lainnya.

Namun, Moms harus ingat bahwa ini adalah rumah sakit pemerintah di mana mereka juga menerima rujukan dari BPJS, sehingga tentu memiliki daftar antrian yang lumayan panjang. Jika ingin memilih RS pemerintah, pastikan Moms mempersiapkannya sedari dini.

Baca Juga: Manfaat, Prosedur, dan Biaya Laser Vagina untuk Mengencangkan Otot Organ Intim Usai Melahirkan Normal

Biaya Operasi Caesar dengan BPJS Kesehatan

iuran BPJS Kesehatan naik-1.jpg

Foto: cnnindonesia.com

Ketika Moms dalam indikasi medis yang memenuhi prosedur operasi caesar oleh BPJS Kesehatan, maka biayanya juga akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun, perlu Moms perhatikan bahwa biaya persalinan di rumah sakit berbeda tergantung pada regional rumah sakit, kelas rumah sakit, berat dan ringannya kasus, serta kelas dan fasilitas penunjang perawatan.

Dikutip dari PanduanBPJS, adapun nominal biaya yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan untuk operasi caesar pada tahun 2016, yaitu:

Operasi Caesar Ringan

  • Kelas 3 (Rp5.257.900)
  • Kelas 2 (Rp6.285.500)
  • Kelas 1 (Rp7.333.000)

Operasi Caesar Sedang

  • Kelas 3 (Rp5.780.000)
  • Kelas 2 (Rp6.936.000)
  • Kelas 1 (Rp8.092.000)

Operasi Caesar Berat

  • Kelas 3 (Rp7.915.300)
  • Kelas 2 (Rp9.498.300)
  • Kelas 1 (Rp11.081.400)

Lantas bagaimana bila tarif sebenarnya melebihi standar tarif yang ditetapkan BPJS Kesehatan? Dilansir dari BPJS-KIs, peraturan menetapkan bahwa pasien tidak boleh ditarik selisih biaya jika sudah sesuai prosedur dan tidak naik kelas perawatan.

Baca Juga: 5 Barang Ini Ternyata Wajib Ada di Kamar Setelah Bayi Dilahirkan

Biaya Operasi Caesar Tanpa BPJS

biaya operasi caesar

Foto: pinterest.com

Metode melahirkan dengan operasi caesar memang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Biaya operasi sesar tanpa BPJS di Jakarta beragam, tergantung pada jenis rumah sakit tempat bersalin. Berikut daftar perkiraan biaya operasi sesar tanpa BPJS di Jakarta.

1. Rumah Sakit Pemerintah Tipe D dan C

Biaya operasi sesar di Rumah Sakit Umum Daerah pemerintah tipe D dan C di Jakarta berkisar Rp4 juta hingga Rp4,5 juta. Biaya ini belum termasuk dokter, tindakan lain, dan biaya kamar selama proses persalinan sesar. Jika ditotal, proses persalinan operasi sesar di rumah sakit pemerintah tipe D di Jakarta dapat mencapai Rp7 juta.

Namun, rumah sakit ini menerima pasien BPJS Kesehatan dengan rujukan dari fasilitas kesehatan pertama seperti rumah sakit. Dengan menggunakan BPJS, biaya operasi bersalin ini gratis.

2. Rumah Sakit Pemerintah Tipe B

Biaya operasi sesar di rumah sakit pemerintah tipe B berkisar Rp4 juta hingga Rp16 juta. Sebuah rumah sakit pemerintah tipe B di Jakarta memiliki biaya operasi sesar sebesar Rp9 juta untuk kelas 3 hingga Rp16 juta untuk kelas 1.

Biaya ini belum termasuk tindakan darurat yang dibutuhkan tergantung kondisi ibu dan bayi saat melahirkan.

Baca Juga: Pengalaman Melahirkan Caesar dari 3 Moms, Bisa Jadi Pelajaran Berharga

3. Rumah Sakit Pemerintah Tipe A

Rumah sakit pemerintah tipe A di Jakarta memiliki kisaran biaya operasi sesar Rp4 juta untuk kelas 3 hingga Rp8,5 juta untuk VIP. Biaya ini belum termasuk biaya kamar, obat, dan tindakan lain selain sesar. Jika di total, untuk kelas 3 dapat mencapai Rp7 juta dan untuk VIP dapat mencapai Rp15 juta.

4. Rumah Sakit Swasta

Biaya operasi sesar di rumah sakit swasta sangat beragam, tergantung pada fasilitas yang diberikan. Namun umumnya, biaya di rumah sakit swasta jauh lebih mahal ketimbang rumah sakit pemerintah.

Ada rumah sakit ibu dan anak di Jakarta mematok paket operasi sesar Rp32 juta untuk kelas 3 atau lima orang dalam satu kamar, selama empat hari tiga malam. Untuk kamar single (satu pasien) berkisar dari Rp42,5 juta hingga Rp52,5 juta. Rumah sakit lain memasang harga Rp36,2 juta untuk kelas 2 hingga Rp48,5 juta untuk kelas VIP.

Rumah sakit swasta di Jakarta Pusat mematok harga operasi sesar berkisar Rp19,5 juta hingga 36,5 juta. Ada pula RS yang memasang harga Rp35 juta untuk kelas 3 hingga Rp68 juta untuk kelas VVIP.

Nah itulah kisaran biaya operasi caesar di beberapa rumah sakit untuk setiap kelas perawatan yang ditawarkan. Moms harus ingat bahwa setiap rumah sakit baik swasta ataupun pemerintah, memiliki grade yang berbeda sehingga fasilitas yang ditawarkan juga berbeda dan ini berpengaruh terhadap harga yang diberikan. Belum lagi, setiap kota atau kabupaten atau daerah memiliki standar biaya pelayanan rumah sakit yang berbeda, mengikuti regional masing-masing.

Baca Juga: Khawatir Masalah Biaya, Dapat Menurunkan Kesuksesan IVF

Selain itu, rumah sakit pemerintah tentu saja menawarkan biaya operasi caesar yang jauh lebih murah dibandingkan rumah sakit swasta. Namun, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang juga patut Moms pertimbangkan dalam kondisi darurat ketika membutuhkan operasi caesar segera.

Artikel Terkait