Kesehatan

19 Mei 2021

11 Manfaat Jamu Manjakani untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

Salah satu manfaat jamu manjakani adalah mengobati malaria.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Karla Farhana

Daftar isi artikel

Jamu manjakani, diracik dari tanaman spesies pohon oak, telah digunakan secara tradisional selama berabad-abad di Asia sebagai obat herbal.

Seperti jamu herbal lainnya, jamu manjakani juga memiliki ragam manfaat untuk kesehatan dan khususnya bagi perempuan. Banyak orang menjualnya dalam bentuk bubuk yang diolah dari buahnya.

Salah satu manfaat buah manjakani disebut berkhasiat untuk menjaga kesehatan organ reproduksi perempuan.

Namun, sebenarnya manfaat jamu manjakani ada banyak. Mari simak apa saja manfaat jamu manjakani untuk kesehatan.

Manfaat Jamu Manjakani

jamu manjakani dan manfaatnya.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Manjakani (Quercus infectoria) umumnya banyak ditemukan di daerah Mediterania, Asia, dan Timur Tengah. Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman ini adalah tonjolan di bagian batang manjakani. Tonjolan tersebut berbentuk bulat sehingga sering dikira sebagai buah manjakani, padahal itu bagian batang dari tanaman itu.

Moms, salah satu manfaat jamu manjakani yang paling terkenal adalah sebagai pembersih organ reproduksi wanita. Tanaman ini juga dipercaya dapat menyehatkan organ intim wanit, lho.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya jamu manjakani untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Organ Intim

Manjakani memiliki banyak manfaat seperti yang diketahui sebelumnya. Kandungan pada jamu manjakani bermanfaat bagi organ kewanitaan, mengutip dari Pharmacological Sciences.

Kegunaannya untuk organ kewanitaan antara lain, membunuh bakteri dan jamur penyebab keputihan, membuatnya lebih kencang, dan meningkatkan elastisitas area otot vagina.

Dulu, biasanya jamu manjakani ditumbuk hingga halus. Setelah itu jika sudah halus akan diaplikasikan pada area kewanitaan. Ada sebagian yang menjadikan ramuan sebagai jamu alami.

2. Mengencangkan Miss V

jamu-manjakani-untuk-vagina.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Jamu manjakani kaya akan zat yang disebut Tannin. Untuk organ seksual, tannin merupakan zat yang dipercaya dapat mengencangkan selaput dan dinding vagina. Dalam dunia medis, efek yang dihasilkan dinamai efek Astringent.

Tanin diperoleh saat daun manjakani terpapar reaksi dari perkembangbiakan pada daun manjakani.

Khasiat daun manjakani sebenarnya sudah diuji dan dipublikasikan di jurnal Farmakologi.

Jurnal ini mencatat bahwa ekstrak manjakani mengandung nutrisi dan senyawa seperti vitamin A & C, Karbohidrat, Zat Besi, Kalsium, Antioksidan, Piperonylic, Gallic acid, Ellagic acid, protein dan serat yang memiliki sifat anti inflamasi, anti diabetes, anti mikroba, dan Astringent.

Baca Juga: Manfaat Minum Jamu Kunyit Asam saat Menstruasi

3. Mencegah Kekeringan pada Miss V

Menurut pakar ahli Prof.Dr.Hembing Wijayakusuma, selain mengatasi keputihan, dan meningkatkan otot organ kewanitaan, jamu manjakani juga bisa mengatasi Miss V yang kering.

Namun untuk penggunaannya tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi jamu manjakani. Dibutuhkan beberapa cara dan pencampuran dengan tumbuhan tertentu yang cocok untuk keperluan pengobatan herbal.

4. Alat Kontrasepsi

Konsumsi Jamu Manjakani, Akankah Pengaruhi Produksi ASI? 4

Foto: Orami Photo Stocks

Di Aceh, biasanya jamu manjakani digunakan sebagai alat kontrasepsi untuk keluarga berencana.

Meski juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka, terkadang juga diproses dan dibuat untuk menunda kehamilan.

Meski begitu masih dibutukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat jamu manjakani satu ini.

5. Mengecilkan Kista

Salah satu manfaat jamu manjakani dalam hal penyembuhan penyakit adalah mengatasi penyakit kista.

Biasanya, jamu manjakani dicampur dengan bahan alami lainnya, seperti kayu putih, rempah-rempah seperti kunyit jahe, dan sirih. Salah satu resep masakan yang dipakai ini sebagai jamu manjakani Aceh.

Baca Juga: 13 Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa jadi Menu Diet Sehat!

6. Menjaga Kesehatan Tulang

manfaat jamu manjakani untuk tulang

Foto: Orami Photo Stocks

Studi yang diterbitkan dalam Research Gate, antioksidan dalam jamu manjakani berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Ia mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi, di mana zat ini berperan penting dalam proses pertumbuhan tulang.

Zat-zat tersebut juga diketahui dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan pada tulang, seperti osteoporosis.

Sehingga ini sangat cocok dikonsumsi untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang dan membuat tulang menjadi lebih kuat.

7. Pengobatan Malaria

Tak hanya dapat membasmi bakteri dan jamur, beberapa riset juga menunjukkan bahwa jamu manjakani dapat membunuh parasit Plasmodium falciparum penyebab penyakit malaria.

Mengutip Centers for Disease Control and Prevention, penyakit malaria adalah penyakit serius yang disebabkan oleh parasit yang biasanya menginfeksi jenis nyamuk tertentu yang menggigit manusia.

Orang yang terkena malaria biasanya timbul gejala sakit dengan demam tinggi, menggigil, dan penyakit mirip flu.

Di beberapa daerah, tanaman jamu manjakani bahkan telah digunakan secara tradisional untuk mengobati penyakit tersebut.

8. Melawan sel kanker

Mengenal Jamu Manjakani Wanita.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Tahukah Moms, jamu manjakani juga dipakai untuk pengobatan kanker, lho. Meski belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah, tanaman herbal ini memiliki ragam manfaat untuk penderita kanker.

Ekstrak tumbuhan jamu manjakani diketahui mengandung senyawa yang memiliki efek antioksidan, antiradang, dan antikanker.

Beberapa studi juga telah menemukan bahwa ekstrak manjakani bermanfaat dalam melawan sel kanker dan menghambat pertumbuhannya.

Selain beberapa manfaat di atas, masih ada banyak manfaat manjakani lain yang juga baik untuk kesehatan, di antaranya mengontrol gula darah, mengatasi peradangan, serta memelihara kesehatan dan fungsi hati.

Baca Juga: 15 Manfaat Buah Semangka untuk Tubuh, Bisa Mencegah Asma!

9. Menghentikan Mimisan

Mimisan adalah kondisi yang cukup umum yang dapat dikontrol dengan mudah. Sebenarnya ada dua jenis mimisan yaitu mimisan anterior atau depan dan posterior atau belakang.

Mimisan depan cukup umum dan dapat dikontrol menggunakan pengobatan rumahan.

Salah satunya yakni manfaat jamu manjakani yang berperan dalam pembekuan darah dan karenanya dapat digunakan untuk mengobati atau menghentikan mimisan.

Konsultasikan dengan dokter jika terjadi mimisan belakang karena ini bukan kondisi yang umum.

10. Mengatasi Bau Mulut

Waspada,-Bau-Mulut-pada-Anak-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Masalah gigi atau bau mulut yang parah dapat dengan mudah dicegah dan diobati dengan manfaat dari jamu manjakani.

Banyak perusahaan pasta gigi menggunakan ekstrak tanaman oak sebagai bahan alami untuk memperkuat gigi, meredakan masalah gusi dan mengobati infeksi mulut.

Selain itu, ini juga bermanfaat untuk mengobati bau mulut, gigi berlubang dan gusi berdarah.

Ramuannya bisa digunakan sebagai obat kumur untuk menghilangkan sakit tenggorokan, infeksi tenggorokan, gusi kendur, tonsilitis, dan banyak masalah mulut lainnya.

Rebus bubuk manjakani dengan air selama beberapa menit. Saring dan gunakan sebagai obat kumur. Simpan larutan yang tersisa di kulkas selama dua atau tiga hari.

Selain itu, jamu manjani juga bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan.

11. Mengatasi Masalah Kulit

Tak hanya itu, manfaat jamu manjakani juga berperan dalam mengatasi berbagai masalah kulit seperti infeksi kulit, luka sayat, luka, jerawat, pori-pori besar, eksim, impetigo, kurap, kulit kendor dan lain sebagainya.

Karena efek astringent-nya yang luar biasa, bahan ini sangat membantu dalam mengatasi pori-pori terbuka dan kulit kendur.

Oleskan rebusan tanaman manjakani pada kulit untuk mengecilkan ukuran pori-pori secara alami. Perawatan ini juga akan membantu Moms mendapatkan kulit yang kencang dan halus.

Ia juga dikatakan efektif dalam mencegah jerawat dan infeksi. Gunakan larutan ini untuk mencuci muka setiap hari untuk mendapatkan kulit yang bersih dan cerah.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 5 Penyebab Penuaan Dini yang Harus Dihindari

Anti-oksidan yang ada dalam tanaman manjakani sangat membantu dalam mengatasi penuaan dini. Rebusannya juga bisa digunakan untuk mencegah kulit berminyak dan kering.

Demikian beberapa hal mengenai kegunaan dan khasiat jamu manjakani untuk kesehatan, menyembuhkan penyakit dan beberapa kegunaannya untuk organ kewanitaan.

Ternyata manjakani merupakan salah satu jenis ramuan herbal yang memiliki banyak khasiat. Coba yuk!

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3353141/

https://www.cdc.gov/malaria/about/faqs.html#:~:text=Malaria%20is%20a%20serious%20and,humans%3A%20Plasmodium%20falciparum%2C%20P.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3353141/

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait