15 Juli 2023

Kepribadian Melankolis: Kelebihan dan Kekurangannya

Ketahui juga apa saja pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ini
Kepribadian Melankolis: Kelebihan dan Kekurangannya

Melankolis merupakan salah satu tipe kepribadian atau karakter manusia. Setiap manusia dilahirkan dengan karakter yang berbeda-beda dan unik.

Nah, tahukah Moms jika karakter manusia ini bisa dipelajari? Ya, karakter kepribadian manusia bisa diketahui melalui teori proto-psikologis.

Menurut, buku berjudul Man on the Threshold (1985) dijelaskan bahwa karakter kepribadian manusia terdiri dari 4 jenis yakni sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis.

Tabib Yunani Hippocrates (c. 460 - c. 370 SM) memasukkan 4 karakter ini ke dalam teori medisnya sebagai bagian dari konsep medis kuno humorisme, bahwa 4 cairan tubuh memengaruhi sifat dan perilaku kepribadian manusia.

Dalam buku berjudul The Golden Age of the Moor (1992), pembelajaran mengenai 4 karakter manusia ini berasal dari era Mesir kuno atau Mesopotamia yang kemudian dikembangkan oleh Hippocrates menjadi salah satu teori medis.

Hippocrates percaya bahwa suasana hati, emosi dan perilaku manusia tertentu disebabkan oleh kelebihan atau kekurangan cairan tubuh (disebut "humor"): darah, empedu kuning, empedu hitam, dan dahak.

Mereka yang memiliki tipe kepribadian ini umumnya didominasi oleh para introvert.

Meskipun dalam teorinya karakter dibagi menjadi empat, namun banyak orang memiliki dua kepribadian sekaligus dalam dirinya.

Hal ini wajar terjadi karena sebagai manusia, tentu pengaruh lingkungan dan tantangan kehidupan tak jarang membuat seseorang berubah secara fisik maupun kepribadian.

Nah, kepribadian inilah yang akan berpengaruh pada perilakunya sehari-hari.

Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai karakter melankolis, kelebihan dan kekurangan karakter ini, hingga pekerjaan yang cocok untuk karakter tersebut. Yuk, simak penjelasannya!

Baca Juga: 6 Karakter Suami dengan Zodiak Scorpio yang Wajib Moms Tahu

Pengertian Karakter Melankolis

Perempuan di Tepi Laut
Foto: Perempuan di Tepi Laut (Freepik.com/tawatchai07)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh W.Helm Jr dijelaskan bahwa karakter ini ditandai dengan sifat gelisah, emosional, kreatif, penuh hati-hati, perfeksionis, moody, dan sensitif.

Sementaara itu, dalam buku berjudul The Biological Basis of Personality (2006) menyebut bahwa karakter melankolis secara tradisional dikaitkan dengan elemen bumi.

Orang dengan karakter ini mungkin tampak serius, tertutup, berhati-hati atau bahkan penuh curiga.

Mereka bisa menjadi terlalu sibuk dengan tragedi dan kekejaman di dunia sehingga rentan terhadap depresi dan kemurungan.

Orang dengan kepribadian melankolis juga cenderung fokus dan teliti. Mereka lebih suka melakukan segala sesuatunya sendiri.

Entah itu untuk memenuhi standar diri sendiri atau sebagai cara untuk menghindari banyak orang karena mereka tidak mudah bergaul dengan orang lain.

Selain itu, orang dengan karakter melankolis memiliki simpati yang tinggi terhadap orang lain.

Baca Juga: 6 Karakter Suami dengan Zodiak Scorpio yang Wajib Moms Tahu

Karakter Kepribadian Melankolis

Melankolis memiliki sejumlah karakter spesifik yang berbeda dari jenis karakter kepribadian lainnya.

Melansir dari BetterHelp, berikut ini ciri dan karakter kepribadian melankolis yang perlu Moms ketahui.

1. Menunjukkan Cinta dengan Kata-kata

Mereka yang berkarakter melankolis akan mengekspresikan dirinya melalui kata-kata.

Hal ini karena orang dengan kepribadian ini cenderung suka berlindung sehingga mengungkapkan bahasa cinta secara verbal atau emosional membuatnya tidak nyaman.

Sebaliknya, mereka menunjukkan cinta dan kasih sayang dengan kepercayaan dan melakukan hal-hal yang bijaksana serta dapat diandalkan untuk orang yang mereka sayangi.

2. Analitis

Melansir dari SocioEconomic Challenges Journal dijelaskan bahwa orang melankolis cenderung analitis dan intelektual.

Misalnya ketika ingin pergi liburan, si melankolis cenderung menjadi perencana yang ulung bahkan jauh hari sebelum keberangkatan berlibur.

Selain itu, tipe ini juga mampu melihat permasalahan dari semua sisi dan melihat kemungkinan hasil yang akan dicapai. Hal ini membuat mereka menjadi sosok yang efektif sebagai pencari solusi, perencana, dan terorganisir.

Baca Juga: 10+ Posisi Bercinta Menggambarkan Kepribadian, Simak yuk!

3. Suasana Hati Kerap Berubah-ubah

Perempuan Kecewa
Foto: Perempuan Kecewa (Freepik.com/benzoix)

Meskipun orang-orang dengan karakter ini cenderung mampu menyimpan dan menjaga emosinya, tapi mereka tetaplah individu yang suasana hatinya bisa berubah-ubah.

Faktanya, mereka adalah sosok yang paling emosional dari semua karakter kepribadian.

Emosi yang tinggi dan selalu berubah dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang cepat.

Misalnya, ketika mereka sedang gembira lalu perasaan itu berubah menjadi kemurungan karena suatu hal negatif atau kejadian tak menyenangkan dialami olehnya.

Karena orang dengan karakter melankolis biasanya introvert atau tertutup, mereka terlalu...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb