Kesehatan

11 April 2021

Ketahui Kalori Telur Rebus, dan Manfaatnya untuk Kesehatan!

Moms, simak berapa kalori telur rebus berikut ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms pecinta telur? Telur sendiri merupakan sumber protein yang bisa diolah dengan berbagai cara, salah satunya direbus. Lalu, berapa kalori telur rebus?

Rasanya Moms pasti setuju kalau telur adalah makanan yang sehat, terjangkau, bernutrisi, dan banyak disukai oleh orang.

Telur juga bisa diolah dengan berbagai jenis masakan yang menggugah selera. Telur juga sering dijadikan pelengkap makanan, seperti nasi goreng atau roti panggang.

Namun, bagi Moms yang saat ini sedang berencana menurunkan berat badan, telur rebus bisa menjadi pilihan yang sehat dan berkalori rendah.

Telur rebus juga mampu menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh. Kalori telur rebus lebih rendah dibandingkan dengan telur yang sudah digoreng. Berikut ini pembahasannya, ya!

Baca Juga: Resep Sandwich Telur Lipat Ala Korea, Enak dan Mengenyangkan!

Kalori Telur Rebus

kalori telur rebus.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Penasaran berapa sih kalori telur rebus? Nah, dilansir dari laman Fat Secret Indonesia, berikut ini kalori telur rebus yang perlu diketahui:

  • 1 iris telur rebus mengandung 8 kalori.
  • 1 ukuran kecil telur rebus mengandung 57 kalori.
  • 1 butir telur rebus atau sekitar 50 gram mengandung 77 kalori.
  • 1 butir telur setengah matang mengandung sekitar 78 kalori.
  • 100 gram telur rebus mengandung 154 kalori.
  • 1 mangkuk telur rebus mengandung 209 kalori.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa kalori telur rebus yang matang dan setengah matang tidak jauh berbeda.

Keduanya masih memiliki kalori yang cukup rendah. Namun, kalori telur rebus akan berbeda dibandingkan dengan telur goreng.

Kalori telur goreng sekitar 89 kalori untuk 1 butirnya dan 264 kalori untuk ukuran 1 mangkuk telur goreng. Hal ini karena adanya tambahan minyak untuk menggoreng telur sehingga kalorinya bertambah.

Baca Juga: 7 Resep Telur untuk Sarapan yang Lezat dan Mengenyangkan

Tips Makan Telur Rebus dengan Sehat

Tips Makan Telur Rebus dengan Sehat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui berapa kalori telur rebus.

Telur rebus adalah sumber protein yang sangat baik. Telur rebus akan membuat Moms kenyang tanpa memasukkan terlalu banyak kalori. Hal ini nantinya akan berguna jika Moms ingin menurunkan berat badan.

Namun, apakah Moms merasa makan telur rebus terasa hambar? Nah, jangan menyiksa diri sendiri, ya!

Cobalah beberapa tips makan telur rebus dengan sehat dan tetap nikmat, yaitu:

  • Tambahkan sejumput garam pada telur rebus yang sudah matang. Garam tidak mengandung kalori, namun tetap perlu diperhatikan takarannya per hari.
  • Menjadikan telur rebus sebagai sandwich untuk sarapan sehat keluarga. Telur rebus bisa disajikan dengan roti gandum, peterseli, tomat cherry, dan avokad sebagai pelengkapnya. Bahan pelengkap bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Salah satu masalah yang sering terjadi saat membuat telur rebus adalah susah dikupas. Nah, berikut ini tips membuat telur rebus agar lebih mudah dikupas:

  1. Taruh telur ke dalam panci, tambahkan air secukupnya sampai menutupi telur.
  2. Rebus telur dengan api yang sedang.
  3. Matikan api dan tutup pancinya.
  4. Diamkan selama 10-12 menit apabila ingin telurnya lembut.
  5. Tiriskan telur dan pindahkan telur ke dalam mangkuk air es sekitar 5 menit.

Itulah tips makan telur sehat lebih nikmat dan cara tepat untuk merebus telur agar mudah dikupas.

Tidak hanya mengetahui kalori telur rebus. Berbagai nutrisi bisa didapatkan dalam sebutir telur rebus. Moms juga bisa mengonsumsinya sebagai menu sehari-hari untuk membantu menurunkan berat badan

Selain itu, perlu diketahui banyak nutrisi yang terdapat dalam telur rebus. Apa saja? Simak ulasan selanjutnya, ya!

Baca Juga: Bolehkah Anak Makan Telur Setengah Matang?

Manfaat Mengonsumsi Telur Rebus

Moms, kalori telur rebus satu butir mengandung 77 kalori dengan rincian nutrisi yaitu 64% lemak, 3% karbohidrat, dan 33% protein.

Telur rebus menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh dan bisa dikatakan lebih sehat dibandingkan olahan telur lainnya.

Dilansir dari laman WebMD, protein dalam telur rebus juga bekerja bersama vitamin D untuk mendorong perkembangan prenatal.

Jadi, bisa dikatakan telur rebus menjadi makanan yang baik dikonsumsi bagi Moms yang sedang menjalani program hamil dan selama masa kehamilan.

Nah, berikut ini manfaat mengonsumsi telur rebus yang perlu Moms ketahui:

1. Baik untuk Menjaga Kesuburan

Baik untuk Menjaga Kesuburan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Apakah Moms dan Dads kesulitan untuk mendapatkan keturunan? Mulai hari ini, coba perhatikan kembali pola makan yang dijalani. Sebab, meningkatkan kesuburan juga sangat berpengaruh pada pola makan sehari-hari.

Nah, Moms dan Dads bisa mengonsumsi telur rebus karena terbukti mampu menjaga kesuburan dengan baik. Telur kaya vitamin B yang penting untuk kesuburan.

Tidak hanya memiliki kalori telur rebus. Telur juga mengandung asam lemak omega-3 yang juga penting untuk meningkatkan kesuburan, baik pada pria atau wanita.

“Makan telur mampu meningkatkan kesehatan telur Anda sendiri. Telur adalah pilihan makanan yang penting bagi wanita yang tengah berusaha hamil,” kata ahli diet terdaftar, Lily Nichols, dikutip dari Health US News.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pernahkah Moms menyadari bahwa sarapan dengan telur rebus mampu meningkatkan kesehatan penglihatan? Hal ini diungkapkan dalam laman Keck Medicine dari University of Southern California.

Para ahli di sana mengungkapkan, telur bisa menjadi menu sarapan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Seiring bertambahnya usia, setiap orang perlu merawat kesehatan mata agar tetap terjaga dengan baik.

Nah, kuning telur mengandung banyak lutein dan zeaxanthin, antioksidan bermanfaat yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula pada mata.

Tidak hanya mengetahui kalori telur rebus, telur juga tinggi vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Jadi, mulai dari sekarang cobalah untuk memasukkan telur rebus sebagai sarapan sehat keluarga.

Baca Juga: 4 Mitos Kesehatan Mata yang Ternyata Tidak Terbukti Kebenarannya

3. Mengurangi Kolesterol

mengurangi kolesterol.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Putih telur rebus lebih sehat daripada beberapa bentuk lainnya. Setelah mendidih, keluarkan kuning telurnya untuk dinikmati sebagai camilan rendah kolesterol.

Diungkapkan dalam Mayo Clinic, kebanyakan orang sehat bisa makan hingga tujuh telur seminggu tanpa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsumsi telur ini mampu membantu mencegah jenis stroke tertentu.

Namun, bagi Moms yang mengidap diabetes, sebaiknya perlu menjaga asupan telur setiap harinya.

Memang hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun tidak ada salahnya untuk mencoba berkonsultasi langsung dengan dokter.

4. Meningkatkan Energi

meningkatkan energi

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa telur rebus juga baik untuk kesehatan mental? Kombinasi elemen sehat seperti protein dan kolin dalam telur rebus membantu otak Moms untuk bekerja lebih baik, terutama setelah sarapan.

Perlu dipahami juga, telur mengandung kolin, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi asetilkolin, neurotransmitter yang memengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati dan mengurangi stres.

Bisa dikatakan, telur memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mental seseorang.

Baca Juga: Resep Tumis Buncis Telur

5. Menjaga Kesehatan Tulang Janin

Menjaga Kesehatan Tulang Janin.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika saat ini Moms tengah mengandung, ada baiknya mengonsumsi telur rebus yang sudah benar-benar matang, ya. Mengonsumsi telur setengah matang bisa berpotensi membuat ibu hamil keracunan makanan.

Nah, lalu apa manfaat terbaik telur rebus yang bisa ibu hamil dapatkan?

Protein dalam telur rebus juga bekerja bersama vitamin D untuk mendorong perkembangan prenatal. Unsur-unsur ini mendukung gigi bayi, tulang, dan pertumbuhan umum selama kehamilan.

Baca Juga: 10 Manfaat Telur Rebus untuk Ibu Hamil, Pilih Telur yang Sehat Yuk, Moms!

Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Kalori Telur Rebus

dampak kalori telur rebus

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui besaran kalori telur rebus dan juga manfaat dari mengonsumsi telur rebus. Namun, seperti apa dampaknya jika Moms mengonsumsi terlalu banyak telur?

1. Kolesterol dan Lemak Jenuh

Dulu ada kehebohan tentang dampak dari makan telur setiap hari karena kandungan kolesterol yang dimiliki, yaitu 186 miligram dalam satu telur besar.

Pedoman Diet untuk orang Amerika biasanya merekomendasikan asupan kolesterol tidak lebih dari 300mg, tergantung pada asupan kalori. Jika Moms makan dua butir telur untuk sarapan setiap pagi, maka takaran kolestrol harian sudah tercukupi, atau bahkan berlebihan.

Namun, sekarang diketahui bahwa sebagian besar kolesterol dalam darah dibuat di hati, bukan dikonsumsi melalui makanan.

Mengutip Healthy Eating SF Gate, sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengamati efek kolesterol dan telur dalam makanan lebih dari 1.000 pria berusia 42 hingga 60 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa makan satu telur per hari tidak berpengaruh pada penanda penyakit jantung.

Di sisi lain, lemak jenuh memang meningkatkan kadar jenis kolesterol jahat yang disebut lipoprotein densitas rendah, atau LDL. Untuk alasan ini, pedoman diet merekomendasikan untuk mendapatkan maksimal 10 persen kalori dari lemak jenuh.

Untungnya, telur tidak mengandung banyak lemak jenuh. Hanya 1,6 gram per telur berukuran besar.

2. Diabetes dan Telur

Banyak penelitian telah melihat kemungkinan hubungan antara kolesterol makanan dan diabetes.

Beberapa penelitian, seperti studi 2013 di American Journal of Clinical Nutrition, menyebutkan ada hubungan antara konsumsi telur dan peningkatan insiden diabetes tipe 2.

Di beberapa penelitian lain, seperti studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal yang sama, menemukan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah di antara pria paruh baya dan lebih tua yang rutin mengonsumsi telur.

Karena hasil penelitian yang variatif, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan sebelum ada kesimpulan pasti tentang hubungan antara konsumsi telur dan diabetes.

Jadi, meskipun belum ada keputusan pasti tentang bahaya konsumsi kalori telur rebus setiap hari untuk tubuh, Moms bisa memilih sumber protein lain sebagai variasi dari telur.

Itulah penjelasan tentang kalori telur rebus serta manfaat-manfaat yang bisa Moms dapatkan untuk kesehatan tubuh. Jadi, tertarik untuk menjadikan telur rebus sebagai menu makanan pilihan keluarga?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait