Jalan-jalan

16 Juli 2021

19 Makanan Khas Madiun, Dari yang Manis Hingga Pedas

Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Madiun berikut ini ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Madiun merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Timur. Wilayah ini sangat terkenal dengan potensi wisata dan kuliner yang sangat menarik lho Moms. Apa saja sih makanan khas Madiun yang enak untuk dicoba? Simak artikel berikut yuk Moms.

Baca juga: 10 Makanan Khas Jawa Timur yang Populer dan Enak

Makanan Khas Madiun

Banyak sekali makanan khas Madiun yang bisa Moms coba saat berkunjung ke wilayah tersebut. Mulai dari makanan utama hingga cemilan, semua wajib dicoba lho Moms. Simak yuk daftarnya berikut ini yuk.

1. Lontong Tahu Telur

makanan khas madiun lontong tahu telur

Foto: budayaindonesia.org

Saat Moms berkunjung Madiun, jangan lupa untuk mencoba lontong tahu telur. Jika dilihat sekilah, makanan khas Madiun ini mirip dengan ketoprak asal Jakarta. Karena kuliner ini terdiri dari tahu, telur dan lontong kemudian disiram dengan bumbu kacang.

Di daerah asalnya, makanan khas Madiun ini juga dikenal dengan tahu panggung. Biasanya, makanan ini disajikan dengan taburan daun bawang dan bawang goreng di atasnya.

Karena orang Jawa Timur dikenal sangat menyukai pedas, sehingga banyak penjual lontong tahu telur menyediakan sambal di atas meja. Hal ini dianggap membuat kuliner Madiun ini semakin lezat saat dinikmati

2. Nasi Pecel

Nasi pecel Makanan khas Madiun

Foto: Orami Photo Stock

Makanan khas Madiun lain yang perlu Moms coba saat berkunjung adalah nasi pecel. Walaupun kuliner ini bisa Moms temui di daerah lain, tapi nasi pecel khas Madiun tetap memiliki perbedaan tersendiri lho Moms.

Nasi pecel Madiun disajikan dengan wadah yang diberi alas daun pisang. Kemudian disajikan dengan kembang turi serta kerupuk nasi atau intip. Selain itu Moms juga bisa menikmati nasi pecel dengan lauk lain, seperti ayam, tahu, tempe, telur puyuh, hingga rempeyek.

3. Nasi Jotos

makanan khas madiun nasi jotos

Foto: blogspot.com

Saat Moms berkunjung ke Madiun, jangan lupa untuk mencoba Nasi Jotos ya. Selain namanya yang unik, kemasan kuliner ini juga berbeda dari yang lain lho.

Nama Nasi Jotos digunakan untuk makanan khas Madiun ini karena bentuk bungkusnya yang menyerupai bentuk kepalan tangan orang dewasa.

Sekilas, porsi menu ini memang terlihat sedikit dibandingkan nasi bungkus biasa. Namun, cukup mengenyangkan lho Moms karena nasi yang ada sudah dibungkus dengan lauk sederhana seperti tempe, tahu, mie, telur, dan sambal yang rasanya khas dan lezat.

4. Rujak Petis

makanan khas madiun rujak petis

Foto: pinterest.com

Rujak petis merupakan salah satu makanan khas Madiun yang tidak boleh Moms lewatkan untuk dicoba. Seperti yang diketahui, petis merupaka bumbu khas dari Jawa Timur, sehingga Moms wajib untuk mencoba di daerah asalnya langsung.

Menu ini biasanya berisi lontong, tempe goreng yang setengah kering atau mendoan, tahu, kangkung dan tauge rebus, serta mentimun. Walaupun berasal dari Madiun, tetapi menu ini juga sudah banyak dijual di seluruh Indonesia lho Moms.

5. Soto Madiun

makanan khas madiun soto

Foto: madiunpos.com

Kuliner asli Indonesia memang tidak bisa jauh dari soto, sama seperti di Madiun. Salah satu makanan khas Madiun yang wajib Moms coba adalah soto Madiun.

Kuah soto yang gurih dapat dinikmati dengan nasi hangat serta berbagai lauk tambahan, seperti sate kulit, sate ampela dan tempe goreng. Belum lengkap jika Moms berkunjung ke Madiun tanpa mencoba sajian yang satu ini.

Baca juga: 5 Kreasi Resep Tahu Telur Khas Jawa Timur, Enak dan Mudah Dibuat!

6. Soto Kutilang

makanan khas madiun soto kutilang

Foto: blogspot.com

Makanan berkuah lain dari Madiun yang bisa Moms coba adalah soto kutilang. Salah satu warung soto kutilang legendaris yang wajib Moms kunjungi saat ke Madiun adlaah warung soto kampung Bu Topo.

Para pelancong memberi nama soto kutilang karena dijual di Jalan Kutilang. Selain itu, soto ini juga memiliki ciri khas daging yang melimpah saat disajikan.

7. Soto Ayam Kondang

makanan khas madiun soto kondang

Foto: tripadvisor.com

Madiun dapat dikatakan kota yang memiliki banyak menu soto yang perlu Moms coba. Salah satunya adalah Soto Ayam Kondang. Keunikan kuliner ini adalah cara penyajiannya.

Soto Kondang kondang disajikan dalam satu porsi kemudian disiram kuah bening. Kemudian, diberi tambahan ayam kampung serta telur rebus. Moms juga bisa menambah lauk lain, seperti jeroan ayam hingga brutu.

8. Ayam Panggang Madiun

makanan khas madiun ABM

Foto: cookpad.com

Kota Madiun juga memiliki sajian ayam panggang lho Moms. Eits, tapi menu ini berbeda dari kota-kota lain.

Ayam Panggang Madiun banyak dijual di Desa Gandu dan memiliki cita rasa tersendiri. Makanan khas Madiun ini sangat kuat dengan aroma ketumbar dan juga cita rasa pedas. Perpaduan ini yang dapat membuat Moms semakin lahap saat menyantapnya.

9. Pentol Corah

makanan khas madiun pentol

Foto: cookpad.com

Moms mungkin tidak asing dengan sajian pentol ya. Nah, di Madiun juga ada lho. Makanan khas madiun ini diberinama Pentol Corah yang terbuat dari tepung kanji kemudian dicampur dengan tepung terigu.

Kemudian diolah dengan berbagai bumbu dan dimasukkan ke dalam tahu, sedangkan sisanya dibentuk menjadi bulatan kecil. Pentol Corah sangat enak disajikan dengan saus.

10. Brem

makanan khas madiun brem

Foto: wikipedia.com

Brem merupakan salah satu makanan khas Madiun yang perlu dicoba saat berkunjung. Panganan satu ini merupakan salah satu makanan yang populer menjadi oleh-oleh khas Madiun.

Menu satu ini terbuat dari sari ketan yang difermentasi. Rasanya juga terbilang cukup unik lho Moms, karena perpaduan asam manis dengan sensasi segar dan dingin saat disantap.

Baca juga: Ini 10+ Makanan Khas Palembang Selain Pempek yang Harus Dicoba

11. Kue Manco

makanan khas madiun kue manco

Foto: blogspot.com

Kudapan lain yang bisa Moms coba saat berkunjung ke Madiun adalah Kue Manco. Jajanan tradisional ini diklaim menjadi warisan nenek moyang karena sudah terkenal sejal zaman dahulu.

Makanan khas Madiun ini terbuat dari ketan, sehingga saat digigit akan terlihat rongga seperti layaknya seperti bika ambon.

12. Kue Semprong

makanan khas madiun kue semprong

Foto: pinterest.com

Makanan yang terbuat dari campuran tepung tapioka, gula merah dan kelapa ini merupakan jajanan wajib yang perlu Moms coba. Cita rasa makanan khas Madiun ini sangat enak, karena mirip dengan eggroll.

Jika dikemas dengan benar, makanan khas madiun ini dapat tahan selama 8 bulan dalam penyimpanan. Jajanan ini juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke Madiun lho Moms.

13. Lento Madiun

makanan khas madiun lento

Foto: pinterest.com

Lento Madiun merupakan salah satu makanan khas Madiun yang perlu Moms coba. Menu ini terbuat dari singkong yang diserut kasar kemudian dicampur dengan tempe basi dan berbagai bumbu dasar lainnya.

Karena bahannya yang unik, rasa jajanan ini juga berbeda dari biasanya lho Moms. Jadi, jangan lupa untuk mencoba.

14. Sate Ayam Ngepos

makanan khas madiun sate ayam ngepos

Foto: pinterest.com

Makanan Indonesia memang tidak bisa dipisahkan dari sate ya Moms. Di Madiun juga ada punya sate khas lho Moms, namanya Sate Ayam Ngepos.

Kuliner khas Madiun ini terbilang cukup mudah untuk ditemui saat Moms berkunjung ke sana. Karena hampir di setiap sudut kota Madiun terdapat penjual sate ini.

Sate Ngepos memang tidak jauh berbeda dengan yang bisa Moms temui. Hanya saja bahan dasarnya berbeda-beda, mulai dari daging, kulit hingga jeroan ayam semua diolah menjadi sate.

Makanan khas Madiun ini akan semakin nikmat jika disantap dengan bumbu kacang dan lontong. Jangan sampai kelewatan untuk dicoba.

15. Sambel Pecel Madiun

makanan khas madiun sambel pecel

Foto: pinterest.com

Madiun terkenal dengan menu pecel yang khas dengan tambahan petis pada bumbunya. Tak heran, kalau banyak orang yang sangat ingin membawa sambal pecel madiun untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Yups, makanan khas Madiun yang cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh adalah sambal pecel madiun. Banyak orang percaya, bumbu sambal Madiun yang dibawa langsung dari kota aslinya sangat berbeda dengan yang banyak dijual di tempat lain.

Wajar saja, karena setiap produsen bumbu pecel Madiun memang memiliki resep rahasia tersendiri sehingga memiliki ciri khas masing-masing.

Baca juga: 13+ Makanan Khas Jawa yang Paling Terkenal Enaknya

16. Kerupuk Puli

makanan khas madiun kerupuk puli

Foto: pinterest.com

Kerupuk Puli merupakan makanan khas Madiun yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung. Makanan satu ini terbuat dari nasi kemudian digepengkan dan sering disebut lempeng puli.

17. Madumongso

madumongso makanan khas Madiun

Foto: Orami Photo Stock

Madumongso merupakan salah satu jajanan khas yang sangat populer dan banyak digemari berbagai kalangan. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ketan hitam yang diolah hingga menjadi tape dengan melalui proses fermentasi. Selanjutnya, dimasak dicampur dengan gula dan santan sampai menyerupai dodol. Pengemasannya pun unik, biasanya dibungkus dengan kertas warna warni.

18. Keripik Tempe

Resep masakan keripik tempe madiun

Foto: Orami Photo Stock

Olahan lain yang menjadi makanan khas dari kota gadis ini adalah kripik tempe. Berbahan dasar tempe, makanan ini telah dibuat sejak turun temurun mulai dari puluhan tahun yang lalu. Kripik tempe di sini memiliki berbagai macam rasa yang dapat Anda cicipi. Jajanan ini dapat dijadikan salah satu alternatif buah tangan untuk Anda yang sedang berkunjung dan bermain ke Kota Madiun

19. Bluder Cokro

makanan khas madiun bluder cokro

Foto: blogspot.com

Bluder cokro merupakan makanan yang sangat populer dan sering dijadikan sebagai buah tangan ketika usai berlibur di Madiun. Roti satu ini didirikan oleh Nyonya Susana sejak 19 Agustus 1889. Awalnya beliau hanya mendapat resep ini dari orang Belanda dan dibuat hanya untuk kerabat kerabatnya saja. Hingga pada akhirnya, roti ini dapat berkembang sampai sekarang dan menjadi oleh oleh wajib.

Baca juga: 20 Makanan Khas Nusantara dengan Filosofi Unik dan Kekinian

Minuman Khas Madiun

Selain makanan khas, Madiun juga memiliki banyak minuman yang perlu Moms coba. Mulai dari minuman dingin, hingga panas, berikut rekomendasi minuman khas Madiun yang bisa Moms coba.

1. Mimosa Lemon

minuman khas madiun

Foto: blogspot.com

Mimosa Lemon merupakan minuman khas Madiun yang bisa Moms coba saat berkunjung ke kota tersebut. Sesuai dengan namanya, minuman ini memiliki aroma segar khas Lemon yang khas.

Selain itu, minuman satu ini juga sangat terkenal sejak lama dan sering dijadikan oleh-oleh wajib setelah melancong ke kota yang ada di Jawa Timur ini.

Harga satu botol Mimosa Lemon sangat ramah di kantong para wisatawan. Tak heran, kalau pelancong yang datang ke Madiun akan memborong minuman satu ini.

2. Dawet Suronatan

dawet sutonatan

Foto: Orami Photo Stock

Dawet Suronatan merupakan minuman khas Madiun yang wajib untuk Moms coba. Sajian ini terdiri dari cendol, bubur ketan hitam, bubur sumsum, dan tapai sebagai campuran.

Biasanya, warga Madiun menyantap minuman satu ini saat cuaca sedang panas. Menu yang disajikan dalam mangkok kecil ini juga memiliki sensasi yang berbeda saat dinikmati lho Moms.

Baca juga: 9+ Makanan Khas Banten Paling Nikmat, Wajib Coba!

3. Wedang Cemue

minuman khas madiun

Foto: cookpad.com

Madiun juga memiliki sajian wedang yang perlu Moms coba, yaitu Wedang Camoe. Minuman ini terdiri dari santan kelapa, kacang tanah, dan beberapa potongan roti tawar.

Rasanya menampilkan perpaduan yang manis dan hangat. Wedang cemoe ini sangat cocok disantap ketika malam hari yang dingin. Karena disajikan dalam keadaan hangat tentu akan nikmat sembari ditemani angin yang dingin

Baca juga: 15 Makanan Khas Lombok yang Sulit Dilupakan, Bikin Kangen Liburan!

Demikian rekomendasi makanan khas Madiun yang bisa Moms coba saat berkunjung ke kota tersebut. Semoga bisa jadi referensi dan bermanfaat saat Moms sedang melancong ya.

  • https://www.javatravel.net/minuman-makanan-khas-madiun
  • https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-madiun/
  • https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/17-makanan-khas-madiun-yang-paling-diburu-wisatawan/
  • https://tempatwisataindonesia.id/makanan-khas-madiun/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait