08 September 2023

17 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Yuk Simak!

Bisa meningkatkan kesehatan seksual juga, lho Moms!
17 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Yuk Simak!

Semangka bukan hanya punya rasa yang enak dan menyegarkan, ternyata banyak juga, lho manfaat buah semangka!

Semangka adalah buah yang lezat dan paling nikmat untuk dikonsumsi saat musim panas. Untungnya, buah ini juga sangat baik dan bermanfaat bagi setiap orang.

Banyak cara untuk menikmati semangka, dijadikan makanan pencuci mulut dengan konsumsi langsung, dijadikan jus atau dapat juga dijadikan camilan bagi Moms sekeluarga termasuk Si Kecil.

Satu cangkir semangka hanya mengandung 46 kalori, tetapi kandungannya tinggi vitamin C, vitamin A dan banyak senyawa tanaman yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga: 20 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil yang Jarang Disadari

Manfaat Buah Semangka

Buah Semangka
Foto: Buah Semangka (Freepik.com/xb100)

Jadi, apa saja manfaat buah semangka ini bagi kesehatan secara umum, kulit, dan juga rambut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Membantu Tetap Terhidrasi

Manfaat buah semangka yang pertama adalah membantu tetap terhidrasi. Minum air putih adalah cara penting untuk menjaga tubuh seseorang agar tetap terhidrasi.

Namun, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi juga bisa membantu.

Menariknya, berdasarkan penelitian dari Experimental and Clinical Sciences disebutkan semangka mengandung 92% air.

Terlebih lagi, kandungan air yang tinggi adalah salah satu alasan mengapa buah dan sayuran membantu seseorang merasa kenyang.

Dengan kombinasi air dan serat pada semangka, buah segar ini membuat Moms seolah-seolah mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tanpa banyak kalori.

2. Mengandung Nutrisi dan Senyawa Tanaman yang Bermanfaat

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah mengandung nutrisi dan senyawa yang bermanfaat.

Dibandingkan buah-buahan yang lain, semangka adalah salah satu yang kalorinya paling rendah yaitu hanya 46 kalori per cangkir (154 gram). Itu lebih rendah daripada buah-buahan rendah gula seperti beri.

Satu cangkir (154 gram) semangka juga memiliki banyak nutrisi lain, termasuk vitamin dan mineral berikut:

  • Vitamin C: 21% dari Reference Daily Intake (RDI)
  • Vitamin A: 18% dari RDI
  • Kalium: 5% dari RDI
  • Magnesium: 4% dari RDI
  • Vitamin B1, B5 dan B6: 3% dari RDI

Semangka juga tinggi karotenoid, termasuk beta-karoten dan likopen.

Tidak hanya itu, semangka juga memiliki citrulline atau asam amino penting. Berikut adalah rangkuman antioksidan terpenting semangka:

  • Vitamin C: Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.
  • Karotenoid: Karotenoid adalah kelas senyawa tanaman yang mencakup alfa-karoten dan beta-karoten, yang diubah tubuh seseorang menjadi vitamin A.
  • Likopen: Likopen adalah sejenis karotenoid yang tidak berubah menjadi vitamin A. Antioksidan kuat ini memberi warna merah pada makanan nabati seperti tomat dan semangka dan dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.
  • Cucurbitacin E: Cucurbitacin E adalah senyawa tanaman dengan efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Baca Juga: 11+ Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Membantu Pencernaan

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah membantu pencernaan.

Seperti yang Moms lihat, semangka adalah buah yang mengandung banyak air dan karenanya dapat membantu sistem pencernaan.

Semangka juga mengandung serat, sehingga meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

4. Baik untuk Wanita Hamil

Ibu Hamil Makan Semangka
Foto: Ibu Hamil Makan Semangka (Freepik.com/freepik)

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah baik untuk ibu hamil. Semangka meredakan mulas, sebuah kondisi umum selama kehamilan.

Bahkan semangka juga membantu meringankan mual di pagi hari.

Selain itu, mineral pada buah ini juga dapat membantu mencegah kram otot yang pastinya bermanfaat bagi Moms yang hamil trimester ketiga.

Baca Juga: 17 Manfaat Buah Kelengkeng, Bisa Tingkatkan Stamina Ibu Hamil!

5. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah membantu mencegah kanker.

Dalam jurnal Experimental and Clinical Sciences, likopen, antioksidan dalam semangka dapat membantu pencegahan kanker, penyakit kardiovaskular, hingga diabetes.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia.

Faktor gaya hidup, termasuk pola makan, dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

Beberapa nutrisi dalam semangka memiliki manfaat khusus untuk kesehatan jantung.

Likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Likopen juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif pada kolesterol.

Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar nitrat oksida dalam tubuh.

Nitrat oksida membantu pembuluh darah seseorang berkembang, sehingga menurunkan tekanan darah.

Vitamin dan mineral lain dalam semangka juga baik untuk jantung Moms dan keluarga, misalnya vitamin A, B6, C, magnesium dan kalium.

Baca Juga: Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Cara Penyajiannya

7. Dapat Menurunkan Peradangan atau Inflamasi dan Stres Oksidatif

Potongan Buah Semangka
Foto: Potongan Buah Semangka (Freepik.com/rawpixel-com)

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah menurunkan peradangan dan stres oksidatif. Peradangan adalah pendorong utama banyak penyakit kronis.

Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan stres oksidatif, karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi likopen dan vitamin.

Sebagai antioksidan, likopen juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Misalnya, ini dapat membantu menunda timbulnya penyakit Alzheimer.

8. Membantu Meredakan Nyeri Otot

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah membantu meredakan nyeri otot. Sitrulin, asam amino dalam semangka, dapat mengurangi nyeri otot.

Biasanya, citruline juga tersedia dalam bentuk suplemen. Menariknya, jus semangka ternyata meningkatkan penyerapan citrulline.

Penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mencoba memberikan atlet jus semangka polos, jus semangka dicampur dengan citrulline dan minuman citrulline itu sendiri.

Kedua minuman semangka menyebabkan lebih sedikit nyeri otot dan pemulihan detak jantung yang lebih cepat, dibandingkan dengan citrulline sendiri.

Para peneliti juga melakukan percobaan tabung reaksi, menyelidiki penyerapan citrulline.

Temuan mereka menunjukkan bahwa penyerapan citrulin paling efektif bila dikonsumsi sebagai komponen jus semangka.

Penelitian lain juga melihat potensi citrulline untuk meningkatkan daya tahan dan kinerja olahraga.

Baca Juga: Penyebab Nyeri Otot Setelah Olahraga

9. Mencegah Asma

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah mencegah asma.

Likopen ternyata memang sangat berkhasiat karena salah satunya menjadi antioksidan utama yang membantu reaksi tubuh terhadap flu.

Hal yang lebih menarik adalah antioksidan ini juga dianggap dapat mengurangi serangan asma pada anak-anak.

Semangka juga memungkinkan orang yang menderita asma untuk bernapas dengan baik, tanpa harus mengambil napas dalam keadaan panik.

10. Menjaga Tekanan Darah

Semangka
Foto: Semangka (Freepik.com/rawpixel-com)

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah menjaga tekanan darah. Semangka adalah sumber alami yang paling kaya akan citrulline.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Florida State University, citrulline terkait erat dengan arginine, yang merupakan asam amino esensial untuk menjaga tekanan darah yang sehat.

Semangka juga merupakan sumber potasium yang baik, nutrisi yang dikenal untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Kalium juga merupakan elektrolit yang mengatur tekanan darah selama berolahraga.

Baca Juga: Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Cara Penyajiannya

11. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Semangka adalah sumber vitamin C yang baik, nutrisi yang penting untuk sintesis kolagen.  Kolagen membuat kulit Moms kenyal dan memperkuat akar rambut.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Molecular Nutrition & Food, likopen dan beta-karoten dapat melindungi kulit dari sengatan matahari.

Beta-karoten juga dikenal untuk mencegah kondisi kulit tertentu seperti psoriasis dan vitiligo.

Vitamin A dalam semangka adalah nutrisi penting lainnya yang berkontribusi pada kesehatan kulit dengan membantu memperbaiki dan menciptakan sel-sel kulit baru.

Tanpa nutrisi, kulit Moms akan tampak kusam dan bersisik.

12. Dapat Meningkatkan Kesehatan Seksual

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan seksual.

Asam amino citrulline dalam semangka melemaskan dan melebarkan pembuluh darah dan dapat membantu dalam pengobatan disfungsi ereksi.

Sitrulin diubah menjadi arginin, yang merupakan prekursor nitrat oksida yang membantu pelebaran pembuluh darah.

Menurut sebuah penelitian di jurnal Urology suplementasi citrulline oral dapat meningkatkan kekerasan ereksi pada pria yang menderita disfungsi ereksi ringan.

Tidak hanya itu, semangka juga dapat bertindak sebagai viagra alami. Kandungan dalam semangka, terutama fitonutrien, bereaksi dengan tubuh manusia dan memicu reaksi tersebut.

Baca Juga: Ini 6 Buah yang Dilarang untuk Dikonsumsi Ibu Hamil (Berikut 6 Alternatifnya!)


13. Meningkatkan Kesehatan Gusi

Makan Semangka
Foto: Makan Semangka (Freepik.com/freepik)

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan gusi. Vitamin C dalam semangka menjaga kesehatan kapiler dan gusi.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah dan gingivitis (radang gusi), dan bersyukurlah karena semangka dapat mencegah kondisi ini.

Vitamin C dalam semangka juga dapat membunuh bakteri di mulut yang mungkin menyebabkan penyakit gusi dan infeksi gusi lainnya.

14. Meningkatkan Energi

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah meningkatkan energi.

Semangka adalah sumber vitamin B yang baik dan bertanggung jawab untuk produksi energi dalam tubuh seseorang. 

Buah ini rendah kalori dan tinggi energi, sehingga dapat membantu Moms dan keluarga tetap aktif sepanjang hari.

Alasan lain mengapa mengala Moms harus mengkonsumsi semangka adalah manfaatnya karena kandungan kalium

Kalium adalah elektrolit yang membuat seseorang tidak merasa lelah setelah hari yang melelahkan.

Baca Juga: 23+ Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Umum dan Ibu Hamil

15. Baik untuk Penderita Penyakit Ginjal

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah baik untuk penderita penyakit ginjal.

Meskipun semangka bisa menjadi sumber potasium yang baik, tetapi persentasenya lebih rendah dibandingkan dengan kebanyakan makanan lain. 

Inilah sebabnya mengapa semangka baik untuk orang yang menderita penyakit ginjal kronis, karena harus tetap berpegang pada pilihan buah rendah kalium.

Pada beberapa individu yang menderita penyakit ginjal kronis, ginjalnya mungkin tidak dapat mengeluarkan kelebihan kalium dari darah.

Ini dapat meningkatkan kadar kalium dalam darah dan menyebabkan komplikasi.

16. Mencegah Impoten

Impotensi, yang juga dikenal sebagai disfungsi ereksi, adalah kondisi di mana seorang pria mengalami kesulitan atau ketidakmampuan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi yang cukup keras untuk melakukan hubungan seksual yang memuaskan.

Kandungan likopen pada semangka dapat meningkatkan aliran darah ke area genital. Likopen adalah antioksidan yang juga ditemukan dalam semangka dan telah dikaitkan dengan kesehatan seksual.

17. Melancarkan Urin

Semangka mengandung banyak air, sekitar 90-92% beratnya adalah air, sehingga konsumsi semangka dalam jumlah yang cukup dapat memiliki efek diuretik ringan. Diuretik adalah zat atau makanan yang dapat meningkatkan produksi urin dan membantu menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh.

Oleh karena itu, konsumsi semangka secara moderat dapat membantu meningkatkan produksi urin dan membantu dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Obat Gerd di Apotek dan Bahan Alami, Coba Konsumsi Semangka dan Pisang, Moms!

Efek Samping Buah Semangka Jika Konsumsi Berlebihan

Jus Semangka
Foto: Jus Semangka (Freepik.com/azerbaijan-stockers)

Meskipun memiliki rasa yang enak dan menyegarkan serta ragam manfaat buah semangka, tentunya konsumsi berlebihan menyebabkan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tetapi jangan khawatir Moms, karena efek samping tertentu dari konsumsi berlebihan ini sangat jarang. Berikut ini beberapanya.

1. Gangguan Usus

Seperti yang telah diketahui, sebagian besar manfaat semangka dikaitkan dengan kandungan likopen.

Senyawa yang sama juga bisa menimbulkan efek samping jika buah dikonsumsi secara berlebihan.

Overdosis likopen dapat menyebabkan mual, muntah, gangguan pencernaan, dan diare.

Baca Juga: 24 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Termasuk Sayur, Buah, Daging, Ikan dan Susu

2. Hiperkalemia

Konsumsi semangka yang berlebihan dapat menyebabkan hiperkalemia, suatu kondisi medis di mana kadar kalium di atas normal.

Ini dapat menyebabkan masalah kardiovaskular seperti detak jantung tidak teratur dan denyut nadi lemah.

3. Reaksi Alergi

Orang-orang tertentu mungkin mengembangkan reaksi alergi terhadap semangka. Ini bisa termasuk ruam ringan hingga parah dan pembengkakan wajah.

4. Gangguan Elektrolit

Meskipun semangka mengandung banyak air, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan hilangnya elektrolit penting seperti natrium dan kalium, terutama jika semangka menjadi satu-satunya sumber cairan Moms.

5. Kenaikan Gula Darah

Meskipun semangka mengandung gula alami, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam darah, terutama jika Moms memiliki masalah gula darah.

Baca Juga: Ketahui 9 Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan

Nah, itulah beberapa manfaat buah semangka yang perlu Moms ketahui. Luar biasa banyak kan manfaat buah semangka untuk tubuh kita.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21953695/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4464475/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23862566/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3850026/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21195829/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.