Kesehatan

29 Maret 2021

7+ Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Bisa mencegah penyakit jantung sebagai penyebab kematian tertinggi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Amelia Puteri

Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Yuk, simak manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari Trees for Life Journal, selama berabad-abad, daun kelor juga digunakan sebagai obat karena memiliki sifat antijamur, antivirus, antidepresan dan anti-inflamasi.

Pohon asli India ini banyak tumbuh di Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Daun kelor mengandung berbagai protein, vitamin dan mineral.

Lantas apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan? Benarkah dapat dipakai untuk pengobatan kanker? Yuk simak!

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Daun kelor juga memiliki sedikit efek samping. Tetapi, orang yang sedang mengonsumsi obat harus berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengambil ekstrak daun kelor.

Tanaman ini termasuk memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung vitamin A, B1, B2, B3, asam folat, kalsium, kalium, zat besi, magnesium dan seng.

Manfaat daun kelor juga rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol berbahaya. Sejauh ini, para ilmuwan hanya menyelidiki sebagian kecil manfaat kesehatan dari daun kelor.

Tetapi, berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan yang sudah didukung oleh penelitian ilmiah.

1. Kaya Antioksidan

Inilah 5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Coba Sekarang! 01.jpg

Foto: pexels.com

Antioksidan adalah senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh. Kadar radikal bebas tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Dalam studi yang diterbitkan National Library of Medicine, beberapa senyawa antioksidan telah ditemukan dalam manfaat daun kelor, termasuk quercetin dan asam klorogenik.

Selain itu, manfaat daun kelor juga mengandung vitamin C dan beta-karoten.

Satu studi pada wanita menemukan bahwa 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan darah.

Manfaat daun kelor lainnya adalah, ia juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Karena daun ini meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi.

Baca Juga: Tidak Cuma Dari Dedaunan, 5 Teh Bunga Ini Juga Lezat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Inilah 5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Coba Sekarang! 02.jpeg

Foto: pexels.com

Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung dan diabetes. Karena itu, penting untuk menjaga gula darah dalam batas yang normal.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun kelor untuk menurunkan kadar gula darah besar adanya. Namun, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian pada hewan.

Satu studi terhadap 30 wanita menunjukkan bahwa 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mengurangi kadar gula darah sebesar 13,5 persen.

Studi kecil lainnya pada enam orang dengan diabetes menemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21 persen.

Para ilmuwan percaya efek ini disebabkan oleh senyawa tanaman dalam manfaat daun kelor seperti isothiocyanate.

3. Mengurangi Peradangan

Inilah 5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Coba Sekarang! 03.jpg

Foto: pixabay.com

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Kondisi ini dapat menjadi masalah kesehatan utama jika terus berlanjut dalam jangka waktu lama.

Faktanya, peradangan berkelanjutan berkaitan dengan banyaknya masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Diyakini manfaat daun kelor ini dapat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh, misalnya nyeri akibat rheumatoid arthritis.

Sebagian besar buah-buahan, sayuran dan rempah-rempah memiliki sifat anti-inflamasi. Namun, sejauh mana makanan itu dapat mengatasi peradangan tergantung pada jenis dan jumlah kandungan senyawa anti-inflamasi.

Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa anti-inflamasi utama dalam manfaat daun kelor, polong dan biji-bijian. Namun sejauh ini, penelitian telah terbatas pada penelitian dan hewan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan

4. Menurunkan Kolesterol

Inilah 5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Coba Sekarang! 04.jpeg

Foto: pexels.com

Kadar kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Untungnya, banyak makanan nabati yang membantu menurunkan kadar kolesterol secara efektif, makanan ini termasuk biji rami, gandum dan almond.

Baik penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa manfaat daun kelor lainnya adalah menurunkan kolesterol sebagai penyebab penyakit jantung, lho.

5. Melindungi dari Keracunan Arsen

Inilah 5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Coba Sekarang! 05.jpeg

Foto: pexels.com

Kontaminasi arsenik pada makanan dan air merupakan masalah paling banyak di dunia. Jenis beras tertentu dianggap mengandung kadar arsenik yang sangat tinggi.

Paparan arsenik yang tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan seiring berjalannya waktu. Misalnya, penelitian telah mengaitkan paparan jangka panjang dengan peningkatan risiko kanker dan penyakit jantung.

Beberapa penelitian pada hewan tikus juga telah menunjukkan bahwa daun dan biji-bijian dari manfaat daun kelor dapat melindungi dari beberapa efek keracunan arsenik.

6. Mencegah Sel Kanker

Manfaat Daun Kelor untuk Pengobatan Kanker.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Studi Asian Pacific Journal of Cancer Prevention membuktikan bahwa manfaat daun kelor berpotensi untuk digunakan sebagai sumber alami senyawa anti kanker.

Dari tes laboratorium, ekstrak manfaat daun kelor memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan membantu pengobatan kanker lainnya.

Studi lain menunjukkan bahwa daun, kulit kayu, dan akar kelor juga memiliki efek anti kanker yang dapat digunakan sebagai proses pemulihan.

Kadar vitamin C dan A yang merupakan antioksidan membantu melindungi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh bahan kimia dalam tubuh, yang dikenal sebagai radikal bebas, yang dapat berperan dalam perkembangan kanker.

Manfaat daun kelor juga mengandung asam amino yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ini dapat membantu penyintas yang menjalani perawatan seperti kemoterapi, tetapi belum ada penelitian yang dilakukan lebih lanjut terkait ini.

Baca Juga: Yuk Moms, Cari Tahu Serba-serbi Tentang Kanker Payudara Berikut Ini

7. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun kelor untuk mata dan kesehatan.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat daun kelor ternyata juga untuk melihat menjadi menjadi lebih jelas, lho!

Daun kelor jauh lebih baik untuk mata daripada sayuran wortel ternyata, Moms.

Manfaat daun kelor utuk mata juga dapat mengobati beberapa gangguan mata, yang terdiri dari delapan belas asam amino penting yang merupakan penyusun protein.

Daun kelor mengandung khasiat untuk meningkatkan penglihatan berkat tingkat antioksidannya yang tinggi.

Manfaat daun kelor untuk mata dapat menghentikan pelebaran pembuluh retina, mencegah katarak, penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.

8. Melancarkan Pencernaan

Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Bukti menunjukkan bahwa manfaat daun kelor efektif dalam mengurangi dan mengontrol penambahan berat badan pada tikus.

Kandungan vitamin B-nya yang tinggi membantu pencernaan yang lancar dan efisien serta dapat membantu tubuh saat mengubah makanan menjadi energi, bukan menyimpannya sebagai lemak.

Manfaat daun kelor dalam menurunkan berat badan ini bisa dicoba untuk Moms yang sedang diet.

Baca Juga: 5 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Coba Sekarang!

Cara Mengolah Daun Kelor

Ini Manfaat Teh Daun Kelor yang Disarankan untuk Dikonsumsi Rutin

Foto: Orami Photo Stocks

Penelitian menunjukkan bahwa secara umum aman untuk memakan daun kelor untuk tubuh.

Tapi bisa berbahaya memakan kulit kayu atau daging buah daun kelor, terutama bagi wanita hamil. Bahan kimia di kulit kayu bisa membuat rahim berkontraksi dan menyebabkan keguguran.

Untuk Moms yang ingin mencoba manfaat daun kelor, cara mengolahnya cukup mudah.

Daun kelor dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti melalui kapsul, bubuk, secara utuh dan mentah. Satu cangkir daun kelor memiliki banyak vitamin dan mineral.

Selain itu, cara mengolahnya juga bisa dihancurkan sebagai bubuk kering selama beberapa bulan tanpa kehilangan nilai gizinya.Bubuk daun kelor kering dapat ditambahkan ke resep makanan.

Menariknya lagi, manfaat daun kelor juga bisa diperoleh dari olahan smoothies, lho!

Menurut Food Drug and Administration, tidak ada dosis standar yang harus diambil untuk mendapat manfaat daun kelor.

Namun Moms bisa mengonsumsinya 1/2 - 1 sdt untuk setiap hari. Mengonsumsi terlalu banyak bubuk daun kelor dapat menyebabkan perut kembung, sakit perut, atau gangguan pencernaan. Jadi mulailah perlahan dan kemudian tingkatkan secara bertahap.

Jangan mengonsumsi daun kelor jika sedang hamil atau menyusui. Bicaralah dengan dokter sebelum mengonsumsi daun kelor atau suplemen apa pun, terutama jika sedang minum obat lainnya.

Baca Juga: Perbedaan Peterseli, Seledri, dan Daun Ketumbar, Jangan Salah Lagi ya!

Nah, itulah aneka manfaat daun kelor untuk mata dan kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya ya, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait