Kesehatan

23 April 2021

Manfaat Daun Stevia, Pemanis Alami yang Rendah Kalori dan Aman Dikonsumsi

Daun Stevia merupakan pemanis alami rendah kalori sehingga lebih aman dikonsumsi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms pernah mendengar tentang daun stevia?

Perlu Moms ketahui bahwa asupan gula bagi tubuh sebaiknya dibatasi jangan sampai berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, asupan gula yang dianjurkan ialah maksimal 50 gram atau takaran 4 sendok makan perhari. Meski penggunaan gula dibatasi, tetapi dalam penggunaan gula sebagai bumbu masih diperbolehkan asalkan tidak berlebihan.

Namun, rasanya cukup sulit untuk mengurangi asupan gula, ya. Apalagi jika Moms, Dads, atau bahkan Si Kecil termasuk pecinta rasa manis sehingga cenderung mengonsumsi gula setiap hari.

Dalam mengatasinya, Moms mungkin dapat mencoba mengurangi asupan gula dengan cara mengganti gula pasir menggunakan gula lain yang rendah kalori, misalnya gula alami yang berasal dari daun stevia.

Stevia merupakan pemanis alami rendah kalori yang berasal dari sebuah tanaman dan bahan untuk memasak masyarakat Paraguay dan Brasil. Bentuk daun stevia yang cukup mirip dengan daun mint ini memang mengandung rasa manis alami dan sudah banyak dipakai di negara Amerika, Jepang, Eropa dan berbagai negara maju sebagai pengganti gula pasir putih.

Meski rasa manisnya alami, tetapi pemanis dari daun stevia ini cukup kuat. Namun, rasa manis yang dihasilkan tidak berlebihan sehingga membuat kepala terasa pening.

Daun stevia juga rendah kalori. Jadi, sangat aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak juga penderita diabetes. Selain itu, terdapat banyak manfaat daun stevia yang bisa Moms peroleh.

Yuk, simak penjelasan seputar pemanis alami yang rendah kalori dan manfaat daun stevia bagi kesehatan di bawah ini, Moms.

Baca Juga: 6 Jenis Gula dan Kegunaannya, Jangan Hanya Pakai Gula Pasir!

Daun Stevia, Pemanis Alami Rendah Kalori

Daun Stevia, Pemanis Alami Rendah Kalori

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum membahas manfaat daun stevia untuk kesehatan, Moms perlu menyimak apa itu daun stevia secara keseluruhan. Menurut salah satu jurnal dari US National Library of Medicine National Institutes of Health, daun stevia adalah pemanis alami yang berasal dari daun stevia.

Komponen stevia yang rasanya manis disebut dengan steviol glycosides, zat ini sudah secara alami ada di dalam daun stevia.

Ekstrak daun stevia yang dimurnikan dapat mengandung satu steviol glikosida atau beberapa glikosida berbeda, yang bisa mencapai 250 hingga 300 kali lebih manis daripada sukrosa, nama lain dari gula pasir yang biasa Moms gunakan.

Hal tersebut membuat stevia menjadi pemanis alami yang cukup tajam. Meski rasanya lebih manis dari gula pasir, tetapi stevia rendah kalori sehingga banyak dijadikan pemanis alternatif dalam beberapa makanan atau minuman.

Moms mungkin dapat mencoba pemanis stevia sebagai pengganti gula pasir karena kadar kalorinya yang lebih rendah. Jadi, cenderung lebih aman untuk dikonsumsi sehari-hari bahkan bagi anak-anak atau penderita diabetes sekali pun.

Baca Juga: 12 Makanan Penurun Gula Darah dan Paling Ampuh Cegah Diabetes

Manfaat Daun Stevia

Manfaat Daun Stevia

Foto: Orami Photo Stock

Daun stevia sudah banyak digunakan sebagai pemanis pengganti gula pasir. Terutama bagi para penderita diabetes karena mereka lebih berhati-hati dalam mengonsumsi gula yang bisa menjadi penyebab kenaikan kadar gula dalam darah.

Bagi Moms yang ingin memanfaatkan stevia sebagai alternatif gula pasir juga sangat boleh, lho. Terlebih, pemanis alami dari stevia rendah kalori sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Bisa juga menjadi pilihan pemanis saat menjalani program diet.

Adapun manfaat daun stevia bagi kesehatan, seperti yang dikutip dari Medical News Today antara lain:

1. Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemanis alami dari daun stevia ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa pemanis stevia tidak menyumbangkan kalori atau karbohidrat dalam tubuh.

Manfaat daun stevia ini dibuktikan dengan tidak adanya efek pada glukosa darah atau respons insulin. Hal ini memungkinkan penderita diabetes untuk makan lebih banyak jenis makanan dan mematuhi rencana makan yang sehat.

Ulasan lain dari lima uji coba terkontrol secara acak membandingkan efek stevia pada hasil metabolisme dengan efek plasebo. Studi tersebut menyimpulkan bahwa stevia menunjukkan efek minimal atau tidak ada efek pada glukosa darah, kadar insulin, tekanan darah, dan berat badan.

Dalam salah satu penelitian ini, subjek dengan diabetes tipe 2 melaporkan bahwa stevia memicu penurunan yang signifikan dalam glukosa darah dan respons glukagon setelah makan, hormon yang mengatur kadar glukosa dalam darah.

2. Bagus untuk Mengontrol Berat Badan (Diet)

Ada banyak penyebab kegemukan dan obesitas, seperti kurangnya aktivitas fisik dan peningkatan asupan makanan padat energi yang tinggi lemak dan tambahan gula.

Asupan gula tambahan telah terbukti memberikan kontribusi rata-rata 16 persen dari total kalori dalam makanan Amerika. Kondisi ini telah dikaitkan dengan penambahan berat badan dan penurunan kontrol kadar glukosa darah.

Dalam mengatasinya, stevia mungkin dapat menjadi solusi karena bisa menjadi pemanis alami pengganti gula. Hal ini karena salah satu manfaat daun stevia, yaitu dapat membantu dalam mengatur asupan gula ke dalam tubuh.

Stevia juga tidak mengandung kalori sehingga bisa menjadi bagian dari diet seimbang untuk membantu mengurangi asupan kalori atau energi berlebih tanpa mengorbankan rasa.

Baca Juga: Mengenal Diet Defisit Kalori, Turunkan Berat Badan dengan Cepat!

3. Stevia Aman dan Baik Dikonsumsi Anak-Anak

Moms dan Dads pasti menginginkan segala hal yang terbaik bagi anak-anak. Apalagi mengenai asupan nutrisinya, orangtua akan lebih berhati-hati. Terutama dalam memerhatikan asupan gula pada anak.

Hal ini bertujuan untuk mencegah anak dari risiko obesitas, diabetes, atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Moms bisa memilih stevia sebagai pemanis alami bagi Si Kecil. Makanan dan minuman yang mengandung stevia ini dapat berperan penting dalam menurunkan kalori dari pemanis yang tidak diinginkan dalam makanan anak-anak.

Moms pun dapat membertimbangkan manfaat daun stevia yang sangat baik ini untuk buah hati.

Tak perlu khawatir lagi, saat ini telah ada ribuan produk di pasaran yang mengandung stevia dari bahan alami, mulai dari salad dressing hingga snack bar. Ketersediaan ini memungkinkan anak-anak Moms dalam mengonsumsi makanan dan minuman manis tanpa kalori tambahan.

4. Stevia Membantu Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat daun stevia yang lainnya adalah dapat membantu dalam menjaga kesehatan gigi. Stevia tidak merusak gigi karena rendahnya kandungan kalori. Jadi, pemanis Stevia tidak menyisakan banyak makanan untuk bakteri yang ada di gigi sehingga mengurangi risiko karies gigi.

Pemanis alami dari stevia ini pun aman digunakan oleh siapa pun. Baik oleh anak-anak, lansia, penderita diabetes, ibu hamil, hingga ibu menyusui.

Baca Juga: Belum Perlu Ke Dokter, Ini 5 Obat Sakit Gigi Alami agar Cepat Sembuh

Pemanis Tanpa Efek Samping

efek samping daun stevia.jpg

Foto: britannica.com

Bagi Moms yang mungkin masih merasa khawatir dan bertanya apakah stevia aman dikonsumsi, mungkin sebaiknya membuang jauh-jauh pikiran tersebut. Hal ini karena stevia telah terbukti tanpa efek samping.

Kandungan glikosida steviol yang dimurnikan dan biasa ditambahkan ke makanan dan minuman umumnya diakui telah teruji aman (GRAS) oleh Food and Drug Administration.

Namun, beberapa produk stevia juga mengandung alkohol gula. Orang dengan sensitivitas terhadap alkohol gula mungkin akan mengalami kembung, kram perut, mual, dan diare.

Baca Juga: Apa Itu Diet Plant Based? Ini Penjelasan dan Daftar Menu Sehatnya

Selama stevia sangat dimurnikan dan digunakan dalam jumlah sedang, hal tersebut tidak akan menimbulkan efek samping dan dapat dikonsumsi tanpa rasa khawatir.

Itulah informasi seputar manfaat daun stevia bagi kesehatan. Semoga dapat bermanfaat bagi Moms. Yuk, mulai ubah kebiasaan konsumsi gula berlebih dan menggantinya dengan pemanis alami, seperti stevia.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait