Kesehatan

4 Mei 2021

6 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya, Yuk Simak!

Sangat penting untuk mengidentifikasi berdasarkan gejala apa saja yang muncul
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Intan Aprilia

Pernahkah Moms merasakan nyeri dada sebelah kiri yang rasanya seperti teriris atau terbakar? Pernahkah nyeri dada tersebut juga membuat punggung dan kepala terasa sakit? Kira-kira, apa ya penyebabnya Moms?

Jika iya, tepat sekali Moms perlu mencari tahu penyebab, gejala dan cara mengatasi nyeri dada sebelah kiri. Tidak boleh disepelekan ya karena ada kaitannya dengan kesehatan jantung, lho!

Baca Juga: Moms, Ketahui 5 Penyebab Nyeri Dada Pada Anak

Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

nyeri dada sebelah kiri

Foto: Orami Photo Stock

Keluhan nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai kondisi sehingga sangat penting untuk mengidentifikasi berdasarkan gejala apa saja yang muncul sehingga dapat ditentukan apa sebenarnya penyebab nyeri dada sebelah kiri yang dialami.

Apakah itu ringan atau perlu penanganan medis secepatnya atau tidak?

Berikut ini beberapa gangguan yang dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri.

1. Serangan Jantung

Jika nyeri dada sebelah kiri karena serangan jantung, biasanya Moms akan merasa dada ditekan, diremas, dan muncul rasa berat dalam rongga dada. Tidak jarang diiringi dengan rasa seperti terbakar.

Jika merasakan gejala seperti ini segera ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Nyeri dada sebelah kiri karena serangan jantung, setiap detik akan sangat berarti. Semakin lama otot jantung kekurangan oksigen, semakin besar kemungkinan kerusakan permanen.

2. Angina

penyakit yang menyebabkan nyeri dada sebelah kiri - 1 Maag.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut American Heart Association, nyeri dada sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh angina. Angina bukanlah penyakit, melainkan gejala dari yang disebabkan penyakit jantung koroner.

Gejala angina yang dirasakan adalah dada terasa sesak atau rasa sakit tajam seperti kram otot pada dada sebelah kiri. Biasanya terjadi setelah aktivitas fisik yang membuat jantung bekerja lebih keras.

Selain nyeri dada sebelah kiri, Moms mungkin juga mengalami ketidaknyamanan di lengan, bahu, leher, punggung, atau rahang.

Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, harus dilakukan rangkaian prosedur kesehatan, seperti:

  • tes darah
  • rontgen dada
  • elektrokardiogram (EKG)
  • tes stres

Perawatan nyeri dada sebelah kiri akan tergantung pada penyebabnya, dan mungkin termasuk pengobatan, perubahan gaya hidup, dan pembedahan jika diperlukan.

3. Masalah pada Organ Pencernaan

Saat banyak gas yang terbentuk di usus dan tubuh belum mengeluarkan semuanya, gas menjadi menumpuk dan mendorong usus sehingga dapat timbul nyeri dada sebelah kiri.

Kondisi ini biasanya disertai oleh gejala perut terasa kembung dan sering bersendawa.

Gangguan saluran pencernaan lain adalah GERD (gastro-esophageal reflux disease), yang mana terdapat aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan.

Gangguan asam lambung dapat merusak kerongkongan dan menyebabkan nyeri ulu hati.

Baca Juga: Ini Macam-Macam Nyeri Dada dan Gejalanya yang Harus DIketahui

4. Masalah pada Paru-paru

Ketahui Penyebab dan Bahaya Nyeri Dada Sebelah Kiri

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab nyeri dada sebelah kiri lainnya karena masalah pernapasan. Mengutip Mayo Clinic, salah satu gejala yang dapat terjadi adalah nyeri dada di sebelah kiri yang makin terasa saat bernapas dan diiringi dengan batuk atau napas yang terengah-engah.

Infeksi paru dapat menyebabkan peradangan paru (pneumonia) dan selaput di sekitar paru (pleuritis).

Gejala pneumonia biasanya dirasakan selama beberapa hari. Gejala awalnya mirip dengan gejala influenza, yakni demam, batuk kering, sakit kepala, nyeri otot, dan lemas.

Dalam satu atau dua hari, gejalanya biasanya memburuk, dengan batuk meningkat, nyeri dada sebelah kiri dan nyeri otot. Mungkin juga disertai demam tinggi.

5. Stres

Tidak hanya gangguan fisik, stres juga dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan rasa sesak, segera cari tahu cara mengatasi stres.

Kondisi ini dapat diperparah dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, obesitas, atau diabetes.

6. Cedera Tulang

penyakit yang menyebabkan nyeri dada sebelah kiri - 5 Costochondritis.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cedera fisik pada dada, seperti otot yang meregang atau saraf yang tertekan dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Rasa sakit akibat saraf yang tertekan juga dapat menyebabkan mati rasa pada lengan yang sering kali disalahartikan sebagai serangan jantung.

Penyebab nyeri dada sebelah kiri karena cedera tulang lainnya meliputi:

  • Masalah tulang rusuk. Nyeri dari tulang rusuk yang patah bisa memburuk dengan menarik napas dalam-dalam atau batuk. Ini sering terjadi pada satu area dan mungkin terasa sakit saat menekannya. Area tempat tulang rusuk bergabung dengan tulang dada juga bisa menjadi meradang.
  • Ketegangan otot. Bahkan batuk yang sangat keras dapat melukai atau mengobarkan otot dan tendon di antara tulang rusuk dan menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Rasa sakit cenderung lama dan memburuk karena aktivitas.
  • Herpes zoster. Disebabkan oleh virus varicella zoster, herpes zoster dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri sebelum tanda ruam muncul beberapa hari kemudian.

Baca Juga: Selain Nyeri Dada, Ini 5 Gejala Lain Serangan Jantung

Cara Mengatasi Nyeri Dada Sebelah Kiri

Seperti. kita tahu cara mengatasi nyeri dada sebelah kiri harus tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Namun ada beberapa cara rumahan yang bisa dicoba untuk meredakan nyeri dada sebelah kiri dan sebagai penanganan awal. Apa sajakah? Yuk cari tahu.

1. Susu Almond

Kenali Manfaat Kacang Almond untuk Nyeri Dada Sebelah Kiri-4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ketika refluks asam menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri, makan beberapa kacang almond atau minum secangkir susu almond dapat membantu, lho.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi almond dapat membantu pencegahan nyeri dada sebelah kiri.

Meskipun mengonsumsi almond mungkin tidak langsung menghentikan rasa sakit, namun almond dapat berdampak positif pada kesehatan jantung secara keseluruhan.

Jadi jika ada persediaan almond di rumah, coba langkah ini ya Moms untuk mengatasi nyeri dada sebelah kiri.

2. Es Batu

Penyebab umum nyeri dada sebelah kiri adalah ketegangan otot. Dalam kasus ini, seseorang dapat mengalami nyeri di dada karena ketegangan akibat olahraga, aktivitas lain, atau trauma tumpul.

Jika ini terjadi, mengompres area dengan kompres dingin atau es batu adalah penanganan tepat untuk mengatasi dan mengurangi pembengkakan dan menghentikan nyeri dada sebelah kiri.

Baca Juga: Ternyata Mudah, Begini Cara Membuat Minyak Kelapa Murni di Rumah!

3. Bawang Putih

bawang putih dapat menjadi makanan program hamil untuk suami.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bawang putih diklaim sebagai cara mengatasi nyeri dada sebelah kiri, lho.

Journal of Cardiovascular Disease Research memaparkan, bahwa bawang putih dapat membantu mengatasi penyakit jantung dan mengurangi penumpukan plak di arteri.

Moms bisa mencampurkan satu atau dua siung bawang putih cincang dengan segelas susu hangat. Alih-alih meminum bawang putih, Moms bisa mengunyahnya langsung untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Nah, itulah beberapa penyebab nyeri dada sebelah kiri dan cara mengatasinya. Nyeri dada kiri pada usia muda, jarang disebabkan oleh masalah pada jantung.

Namun dengan banyaknya kemungkinan penyebab nyeri dada sebelah kiri, sebaiknya Moms melakukan pemeriksaan bila keluhan nyeri tidak tertahankan, terus berulang, atau berlangsung lama.

  • https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/angina-chest-pain
  • https://www.mayoclinic.org/symptoms/shortness-of-breath/basics/definition/sym-20050890
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3425023/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait