07 Februari 2022

4 Manfaat Flaxseed Bagi Kesehatan, Kurangi Risiko Penyakit Jantung dan Kolesterol!

Kaya manfaat, berikut khasiat flaxseed bagi kesehatan

Flaxseed merupakan sejenis biji-bijian yang berasal dari tanaman rami yang banyak tumbuh di kawasan Asia. Meskipun belum familiar di Indonesia, ternyata flaxseed sudah lama dimanfaatkan sebagai obat dan bahan makanan.

Sekilas, flaxseed memiliki bentuk menyerupai biji bunga matahari berwarna kecoklatan. Flaxseed bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya ke dalam yoghurt, sereal, oatmeal, adonan kue, dan biskuit.

Flaxseed memiliki berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan, salah satunya adalah kaya serat. Manfaat serat bagi kesehatan diantaranya adalah menurunkan berat badan dan mengatasi diabetes.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Jus Kentang Mentah untuk Diabetes

Kandungan Nutrisi Flaxseed

kandungan flaxseeds
Foto: kandungan flaxseeds (healthline.com)

Foto: healthline.com

Menurut Web MD, flaxseed mengandung 3 nutrisi utama yang baik bagi kesehatan, yaitu asam lemak esensial omega 3, lignan, dan serat.

Omega 3 merupakan lemak baik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko kanker. Sementara itu, lignan merupakan zat yang berasal dari tumbuhan dan memiliki fungsi sebagai antioksidan.

Dilansir dari Healthline, setiap 100 gr flaxseed mengandung 534 kalori dan terdiri atas 42% lemak, 29% karbohidrat, dan 18% protein.

Selain itu, sumber makanan kaya serat ini juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga metabolisme, menjaga fungsi saraf, dan menjaga kesehatan tulang.

Beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam flaxseed yaitu vitamin B1, tembaga, magnesium, dan fosfor.

Pada intinya, flaxseed merupakan sumber serat dan protein yang baik bagi kesehatan. Flaxseed mengandung omega 3, vitamin, dan mineral yang berfungsi membantu menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Flaxseed untuk Kesehatan Tubuh

Flaxseed memiliki berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan dan bisa dikonsumsi sebagai campuran bahan makanan lain.

Sebagai sumber makanan yang kaya serat, flaxseed bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga cocok untuk diet.

Dalam sebuah penelitian di Indian Journal of Applied Research, flaxseed bisa dijadikan sebagai sumber nutrisi bagi yang sedang menjalani diet karena diklaim memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Seperti menurunkan kolesterol dan membantu mencegah penyakit jantung.

Mengonsumsi nutrisi alami dari tumbuhan untuk diet tentunya memiliki dampak yang lebih baik bagi kesehatan dibanding mengonsumsi pil atau suplemen.

Kandungan nutrisi dari bahan makanan alami umumnya tidak memiliki dampak buruk bagi kesehatan selama tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Selain cocok untuk diet, flaxseed juga mempunyai berbagai manfaat lain bagi kesehatan. Simak penjelasannya berikut ini ya!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

henti jantung
Foto: henti jantung (medicalnewstoday.com)

Foto: Orami Photo Stock

Jantung merupakan salah satu organ penting yang berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Menjaga kesehatan jantung merupakan hal penting yang harus dibiasakan sejak dini. Penyakit jantung menempati peringkat pertama sebagai penyakit paling mematikan yang bisa menyerang siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Menurut data World Health Organization (WHO) pada tahun 2016, tercatat sebanyak 1.863.000 kasus kematian akibat penyakit jantung di Indonesia.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung seperti berolahraga secara teratur, menjaga berat badan ideal, dan menghindari merokok.

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat yang kaya omega 3 seperti flaxseed juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Kandungan omega 3 dalam flaxseed yang disebut juga sebagai asam alfa-linolenat (ALA) merupakan lemak baik yang berfungsi membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

Baca Juga: Bikin Sehat, Ini 6 Jenis Olahraga Air yang Bisa Moms Lakukan!

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

cek kolesterol.jpg
Foto: cek kolesterol.jpg (iStock.com)

Foto: Orami Photo Stock

Kolesterol merupakan lemak baik dalam tubuh. Secara alami, kolesterol diproduksi oleh organ hati. Meskipun berguna bagi tubuh, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa mendatangkan dampak negatif. Oleh karena itu, menjaga kadar kolesterol merupakan kebiasaan baik yang perlu dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi flaxseed.

Berdasarkan hasil penelitian dalam jurnal Nutrition and Metabolism, mengonsumsi 5 gr serat dari flaxseed setiap hari selama satu minggu mampu meningkatkan ekskresi lemak pada feses. Hal tersebut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Dikutip dari EatingWell, mengonsumsi flaxseed memang tidak dapat menggantikan obat penurun kolesterol. Namun, mengonsumsi flaxseed secara rutin mampu membantu mengikat kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Mencegah Diabetes (hindustantimes.com).jpg
Foto: Mencegah Diabetes (hindustantimes.com).jpg (Hindustantimes.com)

Foto: Orami Photo Stock

Flaxseed mengandung tiga nutrisi utama yang baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah zat lignan yang berasal dari tumbuhan.

Dikutip dari Health, kandungan lignan dalam flaxseed mampu meningkatkan kadar HA1C. Dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa mengonsumsi flaxseed secara rutin terbukti mampu menurunkan kadar gula darah.

Mengonsumsi flaxseed juga aman bagi penderita diabetes. Alasannya, flaxseed memiliki kandungan karbohidrat yang rendah sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

4. Mengurangi Inflamasi Kulit

Handbody-untuk-Kulit-Kering-(pexels.com-Karolina-Grabowska).jpeg
Foto: Handbody-untuk-Kulit-Kering-(pexels.com-Karolina-Grabowska).jpeg (pexels.com/Karolina Grabowska)

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat lain dari mengonsumsi flaxseed adalah mengurangi inflamasi atau peradangan pada kulit. Selain dikonsumsi sebagai campuran makanan, flaxseed juga bisa diolah menjadi minyak yang dapat dioleskan ke kulit.

Menurut Real Simple, biji rami atau flaxseed yang kaya akan omega 3 anti-inflamasi terbukti mampu mengurangi peradangan kulit.

Mengoleskan minyak flaxseed secara teratur juga bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit, meningkatkan hidrasi kulit, dan membuat kulit menjadi terihat lebih cerah.

Penggunaan bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit tentunya lebih baik dibandingkan menggunakan produk kecantikan ilegal yang tidak teruji secara klinis.

Selain itu, penggunaan bahan-bahan alami untuk kesehatan dan kecantikan juga lebih minim efek samping.

Baca Juga: 10 Tanaman Perdu yang Cocok untuk Hiasan Taman Rumah

Itulah beberapa manfaat biji tanaman rami yang baik bagi kesehatan. Saat ini, flaxseed sudah banyak dijual secara online dan bisa diperoleh dengan mudah.

Flaxseed bisa dijadikan sebagai bahan campuran untuk berbagai jenis makanan dan minuman maupun diolah menjadi minyak. Tingginya kandungan nutrisi yang dimiliki tentunya menjadikan flaxseed memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

  • https://www.researchgate.net/publication/305280851_Health_Benefits_and_Nutritional_Value_of_Flaxseed-a_Review
  • https://nutritionandmetabolism.biomedcentral.com/articles/10.1186/1743-7075-9-8
  • https://www.webmd.com/diet/features/benefits-of-flaxseed
  • https://www.healthline.com/nutrition/foods/flaxseeds#nutrition
  • https://www.eatingwell.com/article/2058788/health-benefits-of-flaxseeds/
  • https://www.health.com/nutrition/flaxseed-benefits
  • https://www.realsimple.com/health/nutrition-diet/flaxseeds-benefits

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb