01 Februari 2022

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Jus Kentang Mentah untuk Diabetes

Tetap harus memperhatikan porsinya agar tetap sehat

Sayuran yang diolah maupun dikonsumsi langsung memiliki nutrisi yang memberikan manfaat kesehatan. Salah satunya manfaat jus kentang mentah untuk diabetes.

Kentang adalah jenis umbi-umbian yang paling banyak digunakan oleh masyarakat sebagai pengganti nasi.

Kentang juga menjadi salah satu sumber karbohidrat yang mudah didapatkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Selain murah, kentang juga kaya akan nutrisi.

Di dalam 100 gram kentang, terdapat berbagai kandungan nutrisi ini:

  • Kalori: 87
  • Air: 77%
  • Protein: 1,9 gram
  • Karbohidrat: 20,1 gram
  • Gula: 0,9 gram
  • Serat: 1,8 gram
  • Lemak: 0,1 gram

Biasanya kentang diolah dengan cara digoreng atau direbus.

Namun, tak jarang juga ada yang mengolahnya menjadi jus.

Faktanya, jus kentang mentah bermanfaat untuk berbagai macam penyakit.

Salah satunya manfaat jus kentang mentah untuk diabetes.

Yuk, ketahui lebih lanjut penjelasan mengenai manfaat jus kentang mentah untuk diabetes di bawah ini!

Baca Juga: 5 Resep Kentang Balado, Cocok untuk Semua Acara Keluarga!

Manfaat Jus Kentang Mentah untuk Diabetes

Menjaga pola makan merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap penderita diabetes.

Hal ini karena peningkatan kadar gula darah pada penderita penyakit ini dapat berisiko menimbulkan masalah kesehatan.

Seperti kelelahan, rentan terkena infeksi dan luka, bahkan kehilangan kesadaran atau koma.

Selain dengan obat-obatan, diabetes perlu ditangani dengan mengikuti pola makan khusus yang disebut terapi nutrisi medis.

Melalui terapi ini, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Kentang menjadi salah satu makanan yang sering digunakan sebagai pengganti nasi.

Sebab, nasi putih sendiri termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Setelah mengonsumsinya, kadar gula darah bisa saja melonjak naik.

Tak jarang penderita diabetes mengolahnya menjadi jus kentang karena memiliki banyak manfaat.

Nah, berikut ini manfaat jus kentang mentah untuk diabetes:

1. Mengontrol Gula Darah

gula darah rendah.jpg
Foto: gula darah rendah.jpg (prescriptionhope.com)

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat jus kentang mentah untuk diabetes adalah dapat mengontrol gula darah.

Kentang mengandung pati resisten yang berfungsi sebagai sumber nutrisi bagi bakteri baik yang terdapat di dalam usus.

Pati resisten ini membantu kerja insulin dalam memecah gluten di dalam darah.

Sehingga, kadar gula darah menjadi lebih stabil.

Melansir Diabetes Care, meneliti orang dengan penyakit diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa mengonsumsi kentang membantu menghilangkan kelebihan gula darah setelah makan.

Karena itu, jus kentang baik bagi penderita diabetes.

Jus kentang dapat dikonsumsi setiap hari untuk mengontrol kadar gula darah secara efektif.

2. Bebas Gluten

Kentang dikenal sebagai makanan bebas gluten.

Kentang dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk menggantikan nasi sebagai makanan pokok.

Hal ini karena kandungan karbohidrat di dalamnya tidak memiliki kadar gluten yang tinggi.

Manfaat jus kentang mentah untuk diabetes ini cocok dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

Baca Juga: Apakah Gluten di Makanan Berbahaya? Begini Penjelasannya!

3. Mengandung Antioksidan

manfaat jus kentang mentah untuk diabetes
Foto: manfaat jus kentang mentah untuk diabetes

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat jus kentang mentah untuk diabetes selanjutnya adalah mengandung antioksidan.

Sebuah penelitian American Journal of Potato Research, menunjukkan bahwa kandungan antioksidan di dalam kentang di antaranya adalah asam fenolik, karotenoid, dan flavonoid.

Ketiga senyawa antioksidan tersebut dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Menjaga kadar gula dalam darah saja ternyata tidak cukup untuk mencegah komplikasi diabetes melitus.

Hal ini harus diikuti juga oleh penurunan jumlah radikal bebas di dalam tubuh yang berlebihan (oxidative stress).

Sebenarnya, tubuh memiliki sistem perlawanan terhadap oxidative stress dengan menghasilkan enzim-enzim antioksidan.

Namun, penderita diabetes melitus memiliki kadar antioksidan yang lebih rendah dibandingkan orang normal.

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko komplikasi.

Oleh karena itu, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi antioksidan dalam jumlah yang cukup, seperti jus kentang mentah.

4. Mengandung Zinc

Manfaat jus kentang mentah untuk diabetes selanjutnya adalah menurunkan insulin dalam tubuh.

Hal ini karena kandungan zinc dalam kentang.

Satu buah kentang mengandung 1 miligram zinc.

Mineral zinc atau seng membantu produksi dan pengeluaran insulin.

Pada penderita diabetes, kadarnya menjadi rendah karena zinc ikut dikeluarkan melalui urine ketika kadar gula darah tinggi.

Baca Juga: Diabetes Insipidus, Kondisi Ketidakseimbangan Cairan dalam Tubuh

Cara Aman Konsumsi Kentang untuk Penderita Diabetes

jus kentang.jpg
Foto: jus kentang.jpg (organicfacts.net)

Foto: organicfacts.net

Tahukah Moms bahwa masih ada pro kontra tentang mengonsumsi kentang bagi penderita diabetes?

Ya, kentang dianggap memberikan efek buruk bagi diabetes.

Hal ini karena mengandung karbohidrat tinggi. 

Makanan yang kaya karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah.

Setengah cangkir (75-80 gram) kentang mentah mengandung 11,8 gram karbohidrat.

Sedangkan kentang yang direbus jumlah karbohidratnya meningkatkan menjadi 15,7 gram. 

Meskipun begitu, kentang juga memiliki vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Pasien diabetes boleh mengonsumsi kentang, asalkan dengan catatan porsinya terukur.

Baca Juga: Sering Mengalami Nyeri Otot? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara terbaik mengolah kentang adalah dengan merebus atau mengukusnya.

Kentang rebus atau kukus kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Melansir Wellthy, Manoj Kutteri, wellness director di Atmantan Wellness Centre mengungkapkan saran untuk para diabetes saat makan kentang:

  • Masak kentang dengan cara direbus, panggang, atau saute (tumis). Hindari menyantap mashed atau deep fried.
  • Cara paling sehat untuk makan kentang adalah memasaknya bersama dengan rempah alami. Misalnya ketumbar, oregano, paprika, sage, thyme, rosemary, basil, garam.
  • Dapat mengolah kentang bersama dengan sayuran yang kaya serat.
  • Makan kentang bersama kulitnya karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa melawan penyakit.
  • Sebagai alternatif, Moms juga bisa menyantap ubi jalar sebagai pengganti kentang yang lebih sehat dan kaya serat.

Sebaiknya konsumsilah kentang saat tidak dalam keadaan perut kosong dan tanpa disertai dengan makanan pendamping lainnya seperti sayur dan protein.

Selain itu, tidak mengonsumsi kentang ukuran sedang dalam satu kali makan, melainkan bagilah kentang menjadi beberapa porsi makanan.

Kedua cara ini dapat menjaga gula darah pasien agar tidak naik dengan cepat khususnya setelah makan.

Baca Juga: Mengenal Fibromyalgia, Kondisi Nyeri yang Menyebar ke Seluruh Tubuh

Itulah penjelasan mengenai manfaat jus kentang mentah untuk diabetes dan cara aman mengonsumsinya.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/labs/pmc/articles/PMC4764041/
  • https://www.researchgate.net/publication/226336282_Antioxidant_in_Potato
  • https://www.healthline.com/nutrition/foods/potatoes
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/323449
  • https://www.verywellhealth.com/sweet-potatoes-and-diabetes-5105171#

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb