Kesehatan

KESEHATAN
2 Maret 2021

9 Manfaat Minyak Bulus, Sebagai Obat dan Perawatan Kecantikan

Dipercaya dapat membantu mengencangkan payudara, ini manfaat minyak bulus lainnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dewi
Disunting oleh Intan Aprilia

Penelitian yang dilakukan oleh Europe PubMed Central mempelajari apa itu minyak bulus atau minyak penyu, komposisi yang terkandung di dalamnya, serta proses pembuatannya. Selain itu, didapatkan juga informasi tentang manfaat minyak bulus dari ini.

Sesuai namanya, minyak bulus sendiri merupakan konsentrat minyak yang berasal dari kura-kura atau penyu air tawar.

Ada beberapa proses yang dipakai untuk mendapatkan minyak ini, salah satunya dengan cara tradisional, memanaskan lemak bulus atau bagian tubuh lain, di bawah terik matahari, hingga menghasilkan minyak.

Di Indonesia sendiri, minyak bulus dipercaya dapat memperbesar ukuran payudara, tapi manfaat minyak bulus tidak hanya sampai di situ lho, Moms.

Baca Juga: Cara Memakai Minyak Bulus Sebelum Berhubungan, Simak Dads!

Manfaat Minyak Bulus

Sering melihatnya di pasaran, apa sih sebenarnya manfaat minyak bulus ini? Melansir dari Europe PubMed Central, ada beberapa manfaat minyak bulus, yang kebanyakan memang berkaitan dengan kesehatan Penasaran kan, Moms? Yuk cek daftar berikut ini:

1. Untuk Penyakit Kulit

manfaat minyak bulus 1.jpg

Foto: pexels.com

Minyak bulus punya aktivitas anti-inflamasi, anti-gargalestetik, dan analgesik yang memang erat kaitannya dengan kulit.

Anti-inflamasi sendiri bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang bisa meredakan nyeri dan menurunkan demam, atau psoriasis.

Sedangkan gargalesthetic atau gargalesthesia sendiri adalah sensasi rasa yang ditimbulkan dari gelitik. Biasanya ini terjadi di area tepat di bawah tulang rusuk.

Kalau analgesik, seperti pada umumnya obat yang mengandung bahan ini, adalah pereda nyeri tanpa menyebabkan hilangnya kesadaran seseorang.

Manfaat minyak bukus untuk mangatasi psoriosis dengan mengurangi peradangan ini yang akhirnya dipakai untuk mengobati beberapa penyakit kulit. Biasanya terjadi pembengkakan, kemerahan, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah mengelupas.

Biasanya radang pada kulit ini disertai rasa panas yang jika kelamaan dibiarkan akan menimbulkan infeksi, sampai terjadi demam.

Jika sudah separah itu, lebih baik Moms konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi minyak bulus.

2. Pengobatan Penyakit Jantung dan Stroke

Masih dari sebuah penelitian juga, manfaat minyak bulus salah satunya juga untuk pengobatan penyakit kardiovaskular. Penyakit ini terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah.

Ada dua penyakit kardiovaskular yang paling sering menyerang orang-orang, yaitu penyakit jantung dan stroke.

Selain dua penyakit itu, masih ada juga penyakit kardiovaskular yang lain, dan sama mematikannya.

Menurut penemuan ini, minyak bulus mengandung sejumlah besar asam lemak tak jenuh.

Oleh karena itu, minyak bulus dapat digunakan untuk mencagah dan/atau mengobati sistem kardiovaskular manusia, dan untuk meningkatkan suplai jaringan darah.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

3. Melindungi dari Radiasi UV

manfaat minyak bulus 2.jpg

Foto: pexels.com

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa manfaat minyak bulus salah satunya adalah sebagai pelindung kulit dari radiasi ultraviolet.

Ini berarti juga bahwa minyak bulus punya perlindungan terhadap sinar matahari dan bisa digunakan juga untuk reaksi kulit akibal radiasi matahari.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat minyak bulus yang lain adalah meningkatkan perkembangbiakan fibroblast manusia.

Firoblast merupakan sel yang umumnya ditemukan dalam tubuh manusia dan hewan, yang mengatur dan memelihara jaringan ikat.

Firoblast ini tersebar luas sebagai sel tetap pada berbagai jaringan ikat. Firoblas juga punya peranan penting dalam penyembuhan luka.

Dengan minyak bulus yang dapat meningkatkan perkembangbiakan sel ini, maka luka pun bisa lebih cepat sembuh.

5. Mengobati Luka Bakar

Pada tikus yang dijadikan bahan percobaan untuk kandungan ini, membuahkan hasil bahwa tikus dengan luka bakar tingkat dua setelah diolesi minyak bulus, secara signifikan dapat meningkatkan pengelupasan luka, mengurangi perasangan lokal, meningkatkan perbaikan epitel dan hiperplasia, mempercepat penyembuhan luka.

Bahkan secara signifikan bekas luka pada tikus penelitian itu pun juga berkurang. Efek tersebut lalu dijadikan bukti eksperimental untuk penggunaan manfaat minyak bulus sebagai pengobat luka bakar.

Baca Juga: Lakukan Cara ini Jika Anak Mengalami Luka Bakar!

6. Bahan Kosmetik

manfaat minyak bulus 3.jpg

Foto: pexels.com

Dalam penelitian yang sama, penemuan mereka berkaitan dengan komposisi farmasi, kosmetik, dan sanitasi yang mengandung minyak bulus.

Salah satu manfaat minyak bulus memang berkaitan dengan kosmetik. Namun meski ada bukti bahwa minyak bulus sudah digunakan untuk perawatan kulit oleh penduduk asli Amerika, minyak ini belum ditemukan dalam krim kulit barat sampai tahun 1930-an.

Penggunaan manfaat minyak bulus sebagai kosmetik tampaknya dimulai di Eropa yang kemungkinan berasal dari penelitian yang sama dari Jerman dan Prancis, tentang penggunaan serum dan ekstrak hewan, yang mengarah pada pengenalan hormon dan ekstrak jaringan lain dalam krim kulit.

Cosmetics and Skin menuliskan bahwa di masa itu produsen asing mengiklankan kosmetik hormon penyu dengan harga tinggi.

Kosmetik ini disinyalir mengandung zat aktif dari kulit penyu, dan disebut-sebut berfungsi sebagai peremajaan. Kemudian produsen lain segera mencba untuk meniru produk tersebut, dengan minyak bulus sebagai bahan aktif.

Dituliskan jga dalam artikel yang sama bahwa logika di balik penggunaan minyak bulus adalah mengingat penyu bisa hidup sampai usia tua, ini karena minyak di dalam tubuh mereka.

Jadi, jika krim yang mengandung minyak bulus dioleskan ke wajah, maka akan terjadi peremajaan kulit. Selain berumur panjang, penyu juga dianggap punya kekuatan penyembuhan kulit yang luar biasa.

7. Mengencangkan Payudara

manfaat minyak bulus 4.jpg

Foto: pexels.com

Masih belum ditemukan hasil penelitiannya, tapi mengingat manfaat minyak bulus untuk mengatasi kerutan di wajah, maka dipercaya juga minyak bulus bisa membantu mengencangkan payudara.

Pertama, Moms harus membersihkan payudara dulu dengan air hangat, untuk membuka pori-pori. Setelah itu, baru oleskan minya bulus secara merata pada payudara.

Pijat sesuai instruksi gambar yang mereka berikan, dan hindari terkena area puting. Moms harus memijat dari bawah ke atas, agar tidak kendur.

Pemijatan payudara dengan minyak bulus ini bisa dilakukan minimal 15 menit hingga setengah jam.

Setelah itu, biarkan minyak bulus meresap minimal satu jam, dan bilas jika memang perlu dibilas.

Namun, lebih baik digunakan sebelum tidur, agar minyak bertahan lebih lama pada kulit. Tentu saja pemakaian ini harus teratur jika ingin hasil yang maksimal.

Baca Juga: Olahraga Bantu Jaga Kesehatan Payudara, Ini Buktinya!

8. Mengatasi Impotensi

Selain manfaat minyak bulus untuk wanita sebagai produk mengencangkan payudara, ada juga manfaat minyak bulus untuk pria.

Masih belum ada penelitian yang jelas juga untuk manfaat minyak bulus sebagai suplemen anti-impotensi, tapi di Indonesia orang-orang juga pencaya akan manfaat ini.

Masih dilansir dari salah satu akun penjual minyak bulus, cara pemakaiannya pun tak jauh beda dengan pemakaian pada payudara.

Pertama, oleskan minyak bulus secara merata pada penis. Pastikan untuk mengoleskannya dari pangkal ke arah kepala penis, bukan mundur.

Lakukan gerakan ini minimal 15 menit hingga setengah jam. Setelah itu Dads bisa membiarkannya satu jam atau lebih sebelum membersihkannya.

9. Pengobatan Anemia

Sementara itu, beberapa artikel menyebutkan bahwa salah satu manfaat minyak bulus ada kaitannya juga dengan terapi pengobatan anemia aplastik.

Dalam sebuah penelitian dituliskan bahwa gelatin dari kura-kura atau bulus ini diresepkan dalam beberapa formula untuk pengobatan anemia aplastik.

Dalam penelitian ini melibatkan 300 pasien yang memang sudah dipilih dan direkrut selama periode 27 tahun.

Mereka yang diberi perawatan dengan cangkang kura-kura membaik secara signifikan. Namun untuk penyakit ini memang tingkat kesembuhannya relatif rendah.

Contoh lain penggunaan manfaat minyak bulus untuk anemia adalah dengan pemakaian Buxue Tang (Blood Nourishing Decoction) ditambah Buxue San (Blood Nourishing Powder) yang digunakan dalam studi pengobatan untuk anemia aplastik. Dalam ramuan tersebut juga terdapat cangkang kura-kura.

Dalam serbuk tersebut mengandung gelatin kulit kedelai dan tanduk rusa, ditambah dengan ginseng, eucommia, sanqi, dan gallus.

Diseduh dengan air rebusan, ramuan ini diminum dua kali sehari. Formula ini kaya akan gelatin dari empat hewan.

Dari penelitian penggunaan Buxue Tang dan Buxue San inim 25 pasien yang dirawat, dilaporkan 17 di antaranya sembuh, 5 dalam remisi, dan hanya 3 yang badannya tidak merespon apapun setelah menjalani terapi selama satu bulan.

Baca Juga: Anemia pada Ibu Hamil, Ini Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Cara Mencegah

Nah, itu tadi manfaat minyak bulus yang memang beragam. Ada manfaat minyak bulus untuk wanita, ada pula manfaat minyak bulus untuk wajah. Tertarik mencobanya?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait