Kesehatan

7 Juli 2021

13 Manfaat Vitamin B12 untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Meredakan Gejala COVID-19!

Cari tahu juga sumber vitamin B12 alami yuk Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, seberapa jauh mengenal tentang manfaat vitamin B12? Secara garis besar, vitamin B12 adalah nutrisi yang membantu menjaga kesehatan saraf dan memproduksi sel darah merah.

Vitamin ini juga membantu pembuatan DNA, materi genetik pada semua sel dalam tubuh. Ini menjadi salah satu dari delapan vitamin B, yang dikenal sebagai kobalamin.

Bahkan vitamin B12 diketahui memiliki peran penting dalam proses pemulihan akibat infeksi virus COVID-19, lho!

Mengutip studi klinis dalam Elsevier Public Health Emergency Collection yang dilakukan di Singapura, menunjukkan bahwa pasien COVID-19 yang diberi suplemen vitamin B12 (500 g), vitamin D (1000 IU) dan magnesium, dapat menurunkan tingkat keparahan gejala akibat COVID-19.

Dalam studi ini, suplemen tersebut secara signifikan mengurangi kebutuhan alat bantu pernapasan dan dukungan perawatan intensif.

Sehingga ini cukup penting untuk kita konsumsi dalam menjaga imunitas di era pandemi COVID-19 ini, Moms.

Lantas, apa saja manfaat lain vitamin B12 untuk kesehatan pria dan perempuan? Simak ulasan berikut ini, ya!

Baca Juga: Vitamin Apa Saja yang Bisa Membuat Cepat Hamil?

Manfaat Vitamin B12 untuk Perempuan

Ada banyak manfaat vitamin B12 yang bisa didapatkan oleh perempuan, di antaranya seperti berikut ini:

1. Membantu Membentuk Sel Darah Merah

membantu produksi sel darah merah

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari laman Measure Evaluation, perempuan lebih rentan mengalami anemia dibandingkan pria.

Selain itu, di antara wanita yang berada pada usia subur, remaja putri, dan wanita hamil, mereka yang paling berisiko mengalami anemia adalah wanita saat menstruasi dan wanita hamil.

Hal ini karena peningkatan volume darah sehingga rentan sebabkan anemia.

Manfaat vitamin B12 untuk perempuan mampu membentuk sel darah merah sehingga mencegah terjadinya anemia.

Meskipun ada alasan lain seseorang dapat mengalami anemia, seperti pendarahan yang berlebihan atau zat besi yang rendah, menjaga kadar vitamin B12 yang sehat adalah cara terbaik untuk mencegahnya.

Sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan di seluruh tubuh.

Mereka juga membawa karbon dioksida, produk sampingan toksik dari fungsi sel, dari jaringan itu kembali ke paru-paru.

Saat masa kehamilan juga penting untuk menerima asupan vitamin B12 yang cukup. Calon ibu yang meningkatkan kadar B12 mereka pada awal kehamilan sekitar delapan kali lebih mungkin memiliki bayi yang tidak menangis berlebihan.

"Vitamin B12 sangat berperan dalam produksi sel darah merah. Jika tingkat vitamin B12 terlalu rendah, produksi sel darah merah terganggu, sehingga dapat menyebabkan anemia megaloblastik," kata Dr. Vikram Tarugu, ahli gastroenterologi dan CEO Detox of South Florida.

2. Dapat Memperbaiki Suasana Hati

dapat memperbaiki suasana hati manfaat vitamin b12

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun masih ada perdebatan mengenai sejauh mana dampaknya, tetapi penelitian telah menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin B12 dan manifestasi neuropsikiatri.

Artinya, vitamin B12 dinilai mampu memperbaiki perubahan suasana hati dan mengurangi gejala depresi. Mengapa demikian?

Vitamin B12 dibutuhkan untuk perkembangan serotonin, yang merupakan bahan kimia yang mengontrol suasana hati.

Kaitan ini mendorong para peneliti untuk mendorong suplemen vitamin B12 sebagai bagian dari rencana pengobatan bagi mereka yang mengalami depresi.

Perlu dipahami juga, perempuan lebih rentan mengalami tingkat stres yang tinggi dan gejala dibandingkan pria. Asupan nutrisi yang kurang juga dapat memperparah gejala depresi yang muncul.

Menurut laman Food for the Brain, seseorang dengan kadar asam folat vitamin B yang rendah dalam darah, atau kadar asam amino homosistein dalam darah yang tinggi lebih mungkin mengalami depresi.

Maka dari itu, mulai dari sekarang cukupi asupan nutrisi yang baik bukan hanya untuk kesehatan fisik Moms melainkan juga kesehatan mental.

Suasana hati yang terkendali dengan baik akan menghasilkan kualitas hidup yang lebih baik pula.

Baca Juga: 10 Cara Cepat Menghilangkan Bad Mood

3. Baik untuk Ibu Menyusui

baik untuk ibu menyusui manfaat vitamin b12

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat vitamin B12 untuk perempuan sangagt terasa bagi ibu menyusui, lho.

Bagi Moms yang saat ini sedang menyusui ASI eksklusif, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Bayi yang lahir sampai usia 6 bulan harus mengkonsumsi 0,4 mcg vitamin B12 setiap hari, dan 0,5 mcg dari 7-12 bulan.

Sayangnya, jumlahnya sering kali kurang dari ASI.

Maka dari itu, Moms harus mengonsumsi vitamin B12 yang lebih banyak untuk diberikan pada Si Kecil.

Bagi Moms yang sedang menyusui dan mengikuti pola makan vegetarian atau vegan yang ketat, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter anak mengenai suplemen vitamin B12 yang tepat.

Baca Juga: Bolehkah Tetap Vegetarian Saat Hamil?

4. Menjaga Kesehatan Rambut, Kulit, dan Kuku

menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku

Foto: Orami Photo Stock

Setiap wanita pastinya menginginkan rambut, kulit, dan kuku yang sehat.

Nah, Moms bisa mendapatkannya dengan asupan vitamin B12 yang cukup. Manfaat vitamin B12 untuk perempuan ini dapat membantu pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku dengan menyediakan oksigen ke jaringan tersebut.

Seseorang yang kekurangan vitamin B12 berisiko mengalami vitiligo atau suatu kondisi di mana kulit memiliki bercak yang berubah warna, pertumbuhan rambut yang lebih lambat, atau hiperpigmentasi kulit.

Pada kasus ini, menambahkan vitamin B12 dalam makanan atau mengonsumsi suplemen dapat memperbaiki kondisi tersebut.

Baca Juga: Perhatikan, Begini Cara Memenuhi Asupan Vitamin A untuk Ibu Hamil

5. Mencegah Risiko Penyakit Alzheimer

mencegah risiko alzheimer manfaat vitamin b12

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa ternyata lebih banyak perempuan yang hidup dengan demensia dibandingkan pria? Ya, wanita lebih berisiko terkena penyakit Alzheimer dan gejala yang dialami juga lebih parah.

Secara umum, demensia memang rentan terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Namun, tidak ada salahnya untuk menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit tersebut, bukan?

Manfaat vitamin B12 untuk perempuan lainnya adalah memperlambat atrofi otak pada lansia.

Atrofi otak berarti penyusutan keseluruhan dalam volume otak dan hilangnya neuron, yang bisa menyebabkan penyakit seperti Parkinson dan Alzheimer.

“Vitamin B12 penting untuk otak dan sistem saraf yang berfungsi dengan baik. Perannya di otak penting sehingga penelitian menunjukkan bahwa vitamin B12 mungkin berperan dalam mencegah demensia,” kata Megan Wong, ahli diet terdaftar di AlgaeCal, perusahaan yang menyediakan informasi tentang kesehatan tulang.

Baca Juga: 3 Bahan Makanan Simpel Ini Ternyata Sehat dan Bergizi

6. Mencegah Terjadinya Cacat Lahir

manfaat-vitamin-b12-untuk-perempuan-hamil.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms manfaat vitamin B12 lainnya yakni juga penting untuk ibu hamil.

Sebuah studi menunjukkan bahwa otak dan sistem saraf janin membutuhkan kadar B12 yang cukup dari ibu untuk berkembang dengan baik.

Kekurangan vitamin B12 pada tahap awal kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir, seperti cacat tabung saraf.

Bahkan, menurut studi dalam National Center for Biotechnology and Information, kekurangan vitamin B12 pada ibu hamil dapat menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran.

Selain asam folat, tentu suplemen vitamin B12 selama kehamilan juga penting ya Moms!

7. Mencegah Penyakit Kuning

manfaat vitamin b12 untuk mencegah penyakit kuning

Foto: Orami Photo Stock

Orang dengan kekurangan B12 sering terlihat pucat atau memiliki sedikit warna kuning pada kulit mereka, juga dikenal sebagai penyakit kuning.

Gangguan dalam produksi sel darah merah tubuh memengaruhi ukuran dan kekuatan sel-sel ini.

Sehingga manfaat vitamin B12 untuk perempuan ini berperan dalam mencegah penyakit kuning.

"Jika sel terlalu rapuh, mereka dapat rusak dan menyebabkan kelebihan bilirubin, yang menghasilkan warna kulit oranye-kuning," terang Dana Greene, RD, seorang ahli gizi di Brookline, MA.

Manfaat Vitamin B12 untuk Pria

Selain pada perempuan, pria juga membutuhkan vitamin B12 untuk menunjang kesehatan mereka. Berikut ini manfaat vitamin B12 untuk kesehatan pria, antara lain:

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

meningkatkan kesehatan jantung

Foto: Orami Photo Stock

Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit yang mematikan dan mengkhawatirkan. Maka dari itu, sebaiknya mulai dari sekarang jaga kesehatan jantung dengan asupan nutrisi yang tepat.

Manfaat vitamin B12 dalam meningkatkan kesehatan jantung mungkin terlewatkan, tetapi itu penting sekali untuk pria.

“Vitamin B12, B6, dan asam folat bekerja sama membantu mengurangi homosistein, yang merupakan protein yang dapat menumpuk dalam darah dan merusak dinding arteri, sehingga berperan dalam penyakit jantung,” kata Liz Weinandy, RD, ahli diet di Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus, Ohio.

Ketika asupan vitamin B12 rendah, maka tidak dapat melakukan tugasnya secara efektif, yang berarti meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Lantas, apa lagi yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung?

Selalu rutin untuk mengontrol tekanan darah karena tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung.

Jaga kadar kolesterol dan trigliserida agar tetap terkendali. Selain itu, pertahankan berat badan yang ideal, rutin berolahraga, batasi pengonsumsian alkohol, hentikan kebiasaan merokok, dan kelola stres dengan baik.

Baca Juga: 7 Gaya Hidup untuk Menurunkan Kolesterol, Yuk Lakukan Perubahan!

9. Meningkatkan Vitalitas Tubuh

meningkatkan vitalitas tubuh manfaat vitamin b12

Foto: Orami Photo Stock

Pria dengan asupan vitamin B12 yang cukup baik dari sumber alami atau suplemen mampu mendapatkan energi yang lebih baik.

Salah satu manfaat vitamin B12 untuk pria yang paling menonjol adalah peningkatan energi.

Jika pasangan Moms sedang merasa lesu dan mudah merasa kelelahan, kemungkinan penyebabnya adalah kekurangan vitamin B12.

Vitamin yang larut dalam air ini membantu dalam pembentukan sel darah merah, yang mencegah seseorang merasa lemah dan lelah. Hal ini juga berkaitan dengan gejala anemia yaitu mudah merasa lelah.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Anemia pada Balita, Mudah!

10. Melindungi Sel dan Saraf

melindungi saraf

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat vitamin B12 untuk pria yang bisa dirasakan adalah menjaga sistem saraf secara langsung dan menjaganya dalam kondisi prima.

Ketika nutrisi ini kekurangan pasokan, maka dapat menimbulkan sensasi “kesemutan” yang mengganggu.

Gejala lainnya yang bisa terasa yaitu mati rasa atau kesemutan di tangan, tungkai, atau kaki. Vitamin B12 membantu menghasilkan selubung lemak (myelin) yang mengelilingi dan melindungi saraf.

Jika kamu kekurangan vitamin B12, maka sel saraf tidak dapat berfungsi dengan baik.

Moms, cobalah berikan beberapa sumber alami vitamin B12 yang dapat menunjang kebutuhan sehari-hari.

Di antaranya seperti dada ayam, telur, ikan tuna, salmon, daging sapi, susu low-fat, dan plain yoghurt.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dikonsumsi Pria untuk Meningkatkan Kesuburan

11. Menjaga Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat vitamin B12 untuk pria fungsi penting lainnya adalah kesehatan mata dan penglihatan.

Sebab, kekurangan vitamin B12 biasanya terkait dengan kerusakan sistem saraf yang memengaruhi saraf optik yang mengarah ke mata.

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari vitamin B12 adalah mencegah terjadinya degenerasi makula terkait usia. Penyakit ini rentan terjadi pada orang yang lebih tua.

Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan endapan di bagian belakang mata atau pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal.

12. Meningkatkan Kemampuan untuk Berjalan

meningkatkan kemampuan bergerak manfaat vitamin b12

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya itu, manfaat vitamin B12 untuk pria juga dirasakan dalam aktivitas kita sehari-hari, lho.

Kesemutan dan mati rasa dapat menjadi salah satu tanda pertama kerusakan saraf terkait vitamin B12, tetapi jika terus tidak teratasi.

Hal itu terkadang dapat memengaruhi keseimbangan dan membuat lebih sering terjatuh. Manfaat vitamin B12 untuk mencegah hal tersebut dan meningkatkan mobilitas dengan lebih baik.

13. Menjaga Fungsi Indra Perasa

Sariawan di lidah-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak gejala suatu penyakit yang dapat diungkapkan melalui indra perasa kita lho, yakni lidah.

Salah satunya yakni kekurangan B12 dapat memicu peradangan lidah (glossitis).

"Kondisi menyakitkan ini dapat memengaruhi cara kita makan dan berbicara," tambah Greene.

Gejala yang dirasakan mungkin lidah akan terlihat merah, bengkak atau terlihat mulus karena tonjolan kecil di sepanjang lidah yang berisi indra perasa meregang dan menghilang.

Segera konsultasi ke dokter apabila merasakan gejala seperti ini ya, Moms!

Ketahui Sumber Alami Vitamin B12

sumber alami vitamin B12

Foto: medlife.com

Melihat pentingnya fungsi dan manfaat vitamin B12, mungkin akan muncul pertanyaan, berapa banyak jumlah vitamin B12 yang dibutuhkan setiap harinya?

Nah, jumlah vitamin B12 ini tergantung pada usia, ya Moms.

Adapun jumlah rata-rata harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa, yaitu 2,4 mcg (mikrogram).

Lalu, sumber alami vitamin B12 bisa didapatkan dari mana saja?

Dilansir dari National Institute of Health (NIH), vitamin B12 ditemukan secara alami dalam berbagai macam makanan hewani.

Perlu dipahami, makanan nabati tidak memiliki vitamin B12 kecuali jika diperkaya.

Moms bisa mendapatkan jumlah vitamin B12 yang direkomendasikan dengan mengonsumsi makanan, seperti:

  • Hati sapi dan kerang, yang merupakan sumber vitamin B12 terbaik.
  • Ikan, daging, telur, susu, yoghurt, dan produk susu lainnya juga mengandung vitamin B12.
  • Beberapa sereal sarapan, ragi nutrisi, dan produk makanan lain yang diperkaya dengan vitamin B12. Cara mengetahui apakah vitamin B12 telah ditambahkan ke produk makanan, sebaiknya Moms rutin membaca label produk.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Vitamin Rambut yang Bagus Agar Rambut Lebih Sehat

Sumber alami vitamin B12 kebanyakan berasal produk hewani, lantas bagaimana dengan Moms yang mungkin saat ini tengah menjalani diet vegan? Bagaimana cara mencukupi asupan vitamin B12?

Menurut Medical News Today, vegan menghindari semua produk hewani, sehingga dapat bergantung pada makanan yang diperkaya vitamin B12, seperti sereal sarapan, susu non-sapi, selai khusus vegan, dan ragi nutrisi.

Makanan nabati tidak menghasilkan vitamin B12, jadi penting bagi vegan untuk mencari sumber alternatif vitamin B12 agar kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, tersedia juga suplemen vitamin B12 sebagai penambah nutrisi vitamin tersebut. Vitamin B12 dapat ditemukan dalam hampir semua multivitamin.

Suplemen makanan yang hanya mengandung vitamin B12, atau vitamin B12 dengan nutrisi seperti asam folat dan vitamin B lainnya juga tersedia.

Maka dari itu, sebaiknya periksa label untuk menentukan jumlah vitamin B12 yang tersedia.

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Vitamin D Bagi Kesehatan

Nah, itulah beberapa manfaat vitamin B12 untuk kesehatan. Yuk, cukupi asupan nutrisi vitamin B12 mulai dari sekarang, ya!

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7428453/

https://www.measureevaluation.org/prh/rh_indicators/womens-health/womens-nutrition/percent-of-women-of-reproductive-age-with-anemia

https://foodforthebrain.org/condition/depression/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18709885/

https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminB12-Consumer/

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait