Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
2 Februari 2021

Mendidik Anak di Era Digital, Ini yang Perlu Moms Tahu!

Mendidik anak di era digital menjadi tantangan sendiri untuk Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di era digital seperti saat ini, teknologi memang tidak bisa dijauhkan dari keseharian, termasuk anak-anak. Moms pasti merasa khawatir akan hal ini. Apalagi, anak-anak sangat mudah beradaptasi dengan teknologi terbaru yang hampir setiap harinya ada.

Perkembangan teknologi memang bagus, tetapi jika anak mulai ketergantungan, akan memberikan dampak negative pada penyesuaian dan keterampilan sosial si kecil. Hal ini tentu menjadi tantangan sendiri terhadap orangtua untuk mendidik anak di era digital.

Ajarkan Mengenai Ancaman di Dunia Maya

Berdasarkan artikel Paw Research Center, 95 persen remaja di Amerika memiliki smartphones dan menggunakannya setiap hari. Hal ini menunjukan bahwa, saat ini anak-anak sudah menjadi pengguna internet yang aktif. Mereka mencari komunikasi, informasi, hiburan dan hal lainnya.

Kebiasaan tersebut memang sekilas terlihat biasa saja bagi orang dewasa, tetapi berbeda dengan anak-anak. Mereka masih belum bisa menyadari akan adanya ancaman yang ada di dunia maya. Ini tentunya menjadi salah satu tantangan orangtua untuk mendidik anak di era digital.

Menjauhkan anak dari internet di rumah bisa dibilang bukan cara yang terbaik. Karena saat anak mulai bergaul, mereka mungkin akan mengetahui hal tersebut dari lingkungan atau teman-temannya. Jika si kecil sudah terlanjur mengetahui atau terbiasa dengan gadget, Moms bisa mendampinginya agar mereka tetap terkendali saat menggunakan teknologi. Hal ini dianggap sebagai cara yang baik untuk mendidik anak di era digital.

Baca Juga:Era Digital Hambat Interaksi Antara Orang Tua dan Anak, Lakukan 3 Hal ini untuk Memperbaikinya

Cara mendidik anak di era digital juga dapat dilakukan dengan 16 aturan simpe berselancar di dunia maya berikut, seperti dilansir dari edubirdie.com.

1. Gunakan Browser Ramah Anak

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Saat ini, sudah banyak browser yang dikembangkan khusus untuk anak-anak atau ramah untuk anak. Biasanya, browser tersebut akan memverifikasi usia pengguna untuk konten-konten tertentu.

Pendampingan merupakan salah satu cara ampuh dalam mendidik anak di era digital. Secara keseluruhan, orang tua harus memilih browser, yang memungkinkan mereka mengontrol data yang dapat diakses anak.

2. Periksa Riwayat Browser Sesekali

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Moms harus memberitahu si kecil, kalau akan memeriksa konten yang mereka lihat di dunia maya. Penting untuk menjelaskan kepada mereka bahwa ini bukan tentang mengganggu privasi mereka, tetapi tentang memastikan tidak ada yang mengancam keselamatan mereka.

Pastikan si kecil merasa Moms ada di pihak mereka. Jadi, hindari menghakimi mereka saat memeriksa riwayat browser.

3. Menyesuaikan Pengaturan Keamanan

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Penting untuk Moms memahami dasar-dasar pengaturan browser saat mendidik anak di era digital. Karena saat Moms mulai curiga terhadap bacaan atau tontonan online si kecil, Moms harus menyesuaikan pengaturan keamanannya.

Moms juga bisa menginstal program tidak hanya membatasi opsi penjelajahan ke situs yang disetujui saja, tetapi juga memberikan informasi kepada orang tua terkait dimana si anak. Namun, Moms tetap harus memberitahu kepada anak, karena kelalaian akan merusak kepercayaan mereka.

4. Kenalkan Bookmark sebagai Salah Satu Keamanan Saat Browsing

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Aturan mendidik anak di era digital yang lain, adalah Moms harus menyediakan waktu luang untuk mengajari anak-anak menjelajahi internet.

Sarankan penggunaan bookmark agar si anak hanya membuka situs yang biasa mereka kunjungi. Hal ini akan melindungi anak dari beberapa ancaman terkait keselamatan. Cara ini juga akan memudahkan Moms dalam memantau konten yang diihat si kecil melalui internet.

Baca Juga: Anak Tetap Aman Menggunakan Internet? Ini 5 Tipsnya!

5. Batasi Waktu Anak Berada di Depan Laptop atau Komputer

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Moms mungkin akan kesulitan untuk melakukan aturan mendidik anak di era digital yang satu ini. Karena hal ini pasti akan mendapat penolakan dari si kecil.

Italian Journal of Pediatrics menyarankan, waktu yang baik untuk anak-anak khususnya usia pra sekolah adalah kurang dari satu jam. Karena penelitian menunjukan bahwa terlalu lama berada di depan layar dapat mempengaruhi perkembangan anak-anak usia prasekolah.

Di sisi lain, pembatasan waktu di depan layar menjadi salah satu cara untuk memberitahi si kecil bahwa komunikasi online berbeda dengan kehidupan sosial secara langsung.

6. Aktif Memberitahu Kegiatan Selain Menonton TV atau Bermain Handphone

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Walaupun teknologi tidak dapat dijauhkan dari kegiatan si kecil, tetapi Moms bisa membantu mereka dengan aktif mengajak melakukan kegiatan lain, seperti berkemah, mengunjungi museum, menginap, piknik dan datang ke konser musik.

Kegiatan offline atau non internet yang sesuai dengan usia si kecil dapat menyelamatkan anak-anak dari ketergantungan terhadap teknologi. Moms harus rajin-rajin untuk menyiapkan kegiatan offline seperti bermain lego atau lainnya.

7. Komunikasi Antara Orangtua dan Anak

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Komunikasi antara orangtua dan anak merupakan salah satu cara mendidik anak di era digital. Hal ini sangat penting, karena dapat menghindari praktik bully di dunia maya.

Jelaskan kepada anak-anak Moms bahwa pelaku intimidasi sendiri sering menderita karena pengabaian. Jadi, alih-alih mencoba menyembunyikan kejadian seperti itu, anak-anak harus segera memberi tahu orang tua mengenai apapun yang mereka alami.

8. Membahas Pentingnya Privasi dengan Anak-anak

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Moms harus menjelaskan bahwa komunikasi online, seperti media sosial pada umumnya dapat menghilangkan privasi seseorang. Bahkan informasi yang dibagikan dalam komunikasi online dapat dengan mudah dilihat oleh banyak orang.

Membahas mengenai privasi merupakan cara terbaik untuk mendidik anak di era digital karena mereka akan tahu bahwa sesuatu yang pribadi jika dibagikan di dunia maya dapat mempengaruhi masa depan dan kehidupan pribadi mereka juga.

Baca Juga: 5 Tips Aman Berinternet untuk Anak dari Google Indonesia

9. Ajarkan Anak untuk Tidak Menggunakan WiFi Publik

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Penelitian menunjukan bahwa banyak pengguna wifi public adalah korban hacker. Oleh karena itu, anak-anak harus memperlakukan jaringan seperti itu dengan hati-hati, karena data pribadi dapat dengan mudah diretas melalui Wi-Fi publik.

10. Ajarkan Anak-anak untuk Meminta Izin untuk Mengistall Aplikasi atau Program Baru di Gadget

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Beberapa aplikasi dapat membahayakan privasi pengguna. Jadi, anak-anak dapat mengunduh atau menginstal apapun di komputer atau smartphone mereka hanya setelah berkonsultasi dengan orang tua.

11. Informasikan Mengenai Kemungkinan Ancaman yang Dapat Dihadapi di Dunia Maya

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Daripada hanya melarang anak-anak mengunjungi situs tertentu atau menginstal beberapa aplikasi, Moms harus menjelaskan mengapa mereka memberlakukan batasan tersebut.

Beri tahu anak-anak Anda tentang peretas dan predator, serta jelaskan bahwa informasi yang terlalu pribadi dapat digunakan untuk menghancurkan reputasi atau mengganggu ruang pribadi seseorang.

Baca Juga: Yuk, Kenalkan Sejarah Internet Pada Si Kecil

12. Anak-anak Harus Berinteraksi Online dengan Seseorang yang Sudah Dikenal Secara Pribadi

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Mengingat ada banyak predator yang online, lebih aman bagi anak-anak untuk berkomunikasi dengan orang yang mereka kenal. Tentu saja, saat bermain game online, anak-anak mungkin bertemu teman baru.

Jelaskan kepada anak-anak Moms bahwa teman online seperti itu dapat menipu mereka. Misalnya, seorang pria berusia 36 tahun dapat berpura-pura menjadi anak berusia 12 tahun hanya untuk bersenang-senang atau menyerang.

13. Jangan Biarkan Si Kecil Terlibat Cyberbullying

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Tidak peduli seberapa besar Moms mempercayai anak-anak, tetap tegakkan aturan ini. Moms harus menjelaskan kepada mereka bahwa tidak ada alasan yang cukup untuk membenarkan penindasan di dunia maya.

14. Tetap Harus Follow Orangtua di Sosial Media

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Berteman dengan anak di media sosial, bukan berarti Moms harus selalu berkomentar di setiap unggahan anak. Moms hanya perlu memantau, apa yang sedang mereka lakukan di dunia maya.

Moms juga dapat mengetahui, siapa saja yang diikuti oleh si kecil. Mendidik anak di era digital tentunya Moms juga harus melek terhadap teknologi.

15. Berhati-hari Saat Mengunggah Foto, Video atau Informasi Pribadi

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Anak-anak hanya boleh mengungkapkan fakta secara online kepada orang yang dikenal. Ahli merekomendasikan untuk Moms mengenalkan tiga orang tua, yaitu orangtua kandung, kepala sekolah dan guru spiritual.

Moms juga bisa mengajarkan si kecil untuk membatasi siapa saja yang dapat mengakses foto atau informasi pribadinya di media sosial.

16. Menjaga Keamanan Password

Mendidik Anak di Era Digital

foto: freepik.com

Kode sandi atau Password dari media sosial milik anak harus terjaga rahasianya. Moms harus ajarkan kepada si kecil agar tidak memberitahu orang lain, kecuali orangtua mengenai kode keamanan media sosial mereka. Ini adalah salah satu cara mendidik anak di era digital seperti saat ini.

Baca Juga: Tangkas Berinternet, Bantu Anak Jadi Bijak Menggunakan Internet

Dunia sudah berubah dan melarang untuk tidak menggunakan internet bukan cara yang baik untuk medidik anak di era digital seperti saat ini. Moms bisa mengajari mereka untuk menjaga privasi dan keamanan di dunia maya. Menerapkan aturan sederhana dan mengandalkan sumber daya modern, Moms dapat mempromosikan keberhasilan pendidikan dan profesional anak-anak mereka, mengubahnya menjadi pengguna Internet yang berpengalaman.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait