Pasca Melahirkan

15 April 2021

Obat Sakit Kepala untuk Ibu Menyusui Berbahan Kimia dan Alami yang Aman

Mengetahui obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang aman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Obat sakit kepala untuk ibu menyusui sangat dibutuhkan. Meski demikian, banyak orang yang belum tahu obat sakit kepala untuk ibu menyusui mana yang bisa dikonsumsi.

Apakah migrain atau sakit kepala membuat Moms merasa pusing dan letih ketika menyusui? Apakah Moms mengalami sakit kepala parah dan berkepanjangan saat menyusui bayi?

Menyusui bayi haruslah dalam keadaan yang aman dan nyaman, untuk ibu maupun si buah hati. Migrain biasanya terjadi pada ibu menyusui, selama tahap awal pasca kehamilan. Perubahan hormonal dalam tubuh kita dapat menyebabkan stres yang tidak semestinya, dan berujung pada migrain saat menyusui.

Ibu yang mengalami kepala mungkin ragu-ragu untuk minum obat sakit kepala untuk ibu menyusui, karena khawatir hal ini akan berdampak langsung pada Si Kecil.

Bagaimana cara menghilangkan migrain saat menyusui? Yuk ketahui obat sakit kepala untuk ibu menyusui!

Baca Juga: Nutrisi Penting untuk Ibu Menyusui

Obat Sakit Kepala untuk Ibu Menyusui

migrain saat menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Drweil.com berdasarkan pengamatan, para ahli migrain mengatakan aman bagi ibu menyusui untuk meminum acetaminophen (Tylenol), obat antiinflamasi tanpa resep seperti ibuprofen (Motrin) dan naproxen (Aleve), serta resep obat migrain sumatriptan (Imitrex) untuk menghilangkan migrain saat menyusui.

Moms bisa mendapatkan daftar lengkap obat migrain saat menyusui yang aman untuk dikonsumsi dan mana yang harus dihindari wanita menyusui di database online U.S. National Library of Medicine online database, yang bisa diakses oleh umum.

Mengatasi migrain saat menyusui, Moms juga bisa mengonsumsi beberapa obat yang digunakan untuk mencegah migrain, seperti beta blocker (juga digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi).

Jika Moms masih ragu, bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Namun, Moms juga dapat dengan aman mencoba beberapa suplemen sambil menyusui untuk melihat apakah mereka bekerja sebagai obat pencegah.

Menurut Dr. Andrew Weil, profesor klinis kedokteran dan profesor kesehatan Masyarakat, vitamin B2 (riboflavin) dapat membantu, seperti halnya magnesium dan ramuan feverfew, yang bisa dibeli di apotek.

Dosis riboflavin yang direkomendasikan adalah 400 mg setiap hari, dosis yang cukup tinggi, yang perlu diresepkan oleh dokter.

Dosis yang dianjurkan untuk magnesium adalah antara 400-600 mg setiap hari, kadang-kadang lebih tinggi. Dosis feverfew adalah 100-250 mg ekstrak yang distandarkan menjadi 0,7 persen parthenolides.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Migrain Tanpa Harus Minum Obat

Sebagian Besar Obat Sakit Kepala untuk Ibu Menyusui Aman Dikonsumsi

migrain saat menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Menurut kelompok dokter anak AS, Sebagian besar ibu menyusui dapat dengan aman minum obat dan vaksin yang mereka butuhkan, tanpa takut mereka akan membahayakan bayi.

American Academy of Pediatrics dalam konsultasi dengan Food and Drug Administration AS, menjelaskan perubahan pada label obat. Label baru akan menggantikan bagian "Ibu Menyusui" dengan "Laktasi," yang akan memberikan informasi lebih rinci tentang transfer obat ke ASI dan berpotensi membahayakan bayi yang disusui.

Perubahan ini sebagai wujud untuk mendorong pembuat obat mempelajari bagaimana obat-obatan dapat mempengaruhi pemberian ASI dan untuk mengkomunikasikan informasi tersebut dengan lebih baik kepada wanita atau dokter yang ikut membuat produk.

"Karena kita tahu bahwa menyusui memiliki manfaat perkembangan dan kesehatan untuk ibu dan bayinya, kami mendorong penelitian di bidang ini sehingga dokter dapat membuat keputusan tentang cara terbaik untuk merawat pasien mereka," kata Dr. Hari Cheryl Sachs, dokter anak dan pemimpin tim kesehatan anak dan ibu di dalam Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat FDA.

Jadi untuk ke depannya, Moms sudah tahu obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang aman? Namun bagi Moms yang memilih untuk mengonsumsi obat alami, Moms bisa mencoba untuk menghilangkan sakit kepala dengan bahan-bahan ini.

Baca Juga: Yuk, Perhatikan 3 Faktor Penting Ini Saat Menyusui Bayi Prematur

Obat Sakit Kepala untuk Ibu Menyusui dari Bahan Alami

Bagi Moms yang merasa masih khawatir dengan meminum obat kimia, Moms bisa mengonsumsi bahan alami sebagai obat sakit kepala untuk ibu menyusui.

Apa saja sih bahan yang bisa dijadikan obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang alami? Ini dia!

Baca Juga: Kafein Pengaruhi Kesuburan Pria? Yuk, Cari Tahu Faktanya

1. Minum Kopi

obat sakit kepala untuk ibu menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Sedari dulu, banyak orang yang menjadikan kopi sebagai obat sakit kepala. Namun apakah benar hal tersebut bisa terjadi?

Jawabannya adalah iya, Moms. Kopi mengandung kafein yang bila dikonsumsi dalam jumlah wajar, efek tersebut bisa menenangkan sistem saraf ketika Moms sedang sakit kepala.

Jadi, Moms bisa meminum kopi paling banyak dua gelas dalam satu hari sebagai obat sakit kepala untuk ibu menyusui yang alami.

Nah, ternyata manfaat kopi tidak sampai di sana nih, Moms. Sebuah penelitian dalam jurnal yang diterbitkan oleh National Library of Medicine mengemukakan bahwa kopi bisa menjadi kontributor terbesar dalam asupan antioksidan dan bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Meski kopi bisa menghilangkan sakit kepala, namun Moms perlu mengingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Kafein yang berlebih bisa membuat Moms sulit tidur atau bahkan jantung jadi berdebar lebih cepat.

Baca Juga: Inilah 7 Khasiat Jahe untuk Menjaga Kesehatan Balita Secara Alami

2. Minum Air Jahe

obat sakit kepala untuk ibu menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang manfaatnya sangat banyak untuk tubuh kita. Selain menghangatkan tubuh serta meredakan nyeri haid, mengonsumsi jahe juga bisa meredakan sakit kepala lho, Moms!

Beberapa studi menyebutkan bahwa jahe ini memiliki khasiat yang sama dengan salah satu jenis obat yang diperuntukkan menyembuhkan migrain.

Nah, Moms bisa banget nih menyeduh jahe dengan air panas dan meminumnya dalam keadaan hangat. Selain sakit kepala yang hilang, mengonsumsi jahe juga bisa membuat tubuh Moms menjadi lebih santai, lho!

3. Minum Air Putih yang Cukup

obat sakit kepala untuk ibu menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu obat sakit kepala untuk ibu menyusui dari bahan alami lainnya adalah air putih. Yup, meski kebutuhan cairan setiap orang berbeda, namun dokter menyarankan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas dalam satu hari.

Tahukah Moms, gejala dehidrasi adalah sakit kepala? Nah, mungkin saja saat menyusui Moms kurang memenuhi asupan cairan untuk tubuh.

Selain itu, Moms juga perlu memenuhi asupan cairan tubuh agar produksi ASI tetap lancar, lho! Jadi, jangan sampai kelupaan minum air putih ya!

Baca Juga: Ragam Manfaat dan Olahan Pisang untuk Bayi, Lezat dan Kaya akan Nutrisi

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium

obat sakit kepala untuk ibu menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi pisang bisa menjadi obat sakit kepala alami untuk ibu menyusui. Pisang mengandung magnesium yang dipercaya bisa menyembuhkan sakit kepala.

Bahkan, magnesium dipercaya bisa lebih ampuh untuk meredakan sakit kepala daripada obat yang mengandung bahan kimia. Bisa dicoba nih, Moms!

Pisang mengandung senyawa magnesium dan juga potasium yang tinggi. Jadi, ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk Moms yang mengalami sakit kepala ketika sedang menyusui.

Beberapa contoh makanan yang mengandung magnesium adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau seperti brokoli. Olahan susu, daging, dan cokelat juga termasuk di antaranya. Mudah dicari bukan?

Baca Juga: Bantal Hamil untuk Tidur Lebih Nyenyak, Yuk Simak Manfaat dan Jenisnya!

5. Istirahat yang Cukup

obat sakit kepala untuk ibu menyusui

Foto: Orami Photo Stock

Obat sakit kepala untuk ibu menyusui dari bahan alami tidak berfungsi atau memberikan efek sama sekali?

Jangan-jangan sakit kepala yang hadir diakibatkan Moms kurang istirahat? Tak bisa dipungkiri, jam tidur bisa berkurang drastis ketika seorang ibu mulai menyusui. Terlebih di masa Si Kecil baru saja lahir.

Cobalah untuk memerhatikan durasi serta kualitas tidur yang Moms miliki. Apakah cukup? Atau bahkan kurang sehingga badan Moms terasa lebih lelah?

Cobalah untuk mendapatkan waktu tidur sebanyak 7 hingga 8 jam dalam sehari. Jangan sampai terlalu lelah dan akhirnya jatuh sakit ya, Moms!

Nah, bagaimana Moms? Apakah sudah mengetahui obat sakit kepala untuk ibu menyusui? Moms bisa memilih mengenai penggunaan obat kimia atau mencoba untuk mengobatinya dengan cara yang alami nih! Semoga cepat sembuh ya, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait