29 Oktober 2023

21 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit dan Bergelambir

Ada yang bisa sambil rebahan, lho Moms!
21 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit dan Bergelambir

Moms, ingin tahu gerakan olahraga mengecilkan perut? Lemak perut perut memang jangan dianggap remeh!

Selain bikin Moms jadi kurang percaya diri, lemak perut ini ternyata punya dampak buruk bagi kesehatan.

Menurut American Association of Retired Persons (AARP), keberadaan lemak perut meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, strok, dan beberapa jenis kanker.

Jadi, mengurangi lemak perut bukan hanya masalah penampilan semata, tapi juga soal menjaga kesehatan tubuh Moms.

Namun, mengecilkan perut tidak semudah membalik telapak tangan. Konsistensi dan metode olahraga yang tepat adalah kuncinya agar dapat membakar lemak perut.

Nah, di bawah ini ada beberapa gerakan mengecilkan perut yang mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Dengan demikian, semakin dekat untuk Moms mendapatkan perut ideal yang diidamkan. Dicoba, yuk!

Baca Juga: Teknik Dasar Bola Voli: Servis, Smash, Blocking, dan Passing

Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut

Mendengar kata 'olahraga' mungkin membuat sebagian dari Moms berpikir tentang gym, keringat, dan rutinitas yang ketat.

Namun, tahukah Moms? Ada beberapa latihan sederhana yang berfokus pada kekuatan inti yang bisa membantu membakar lemak di seluruh tubuh.

Corey Phelps, seorang fitness trainer dan ahli nutrisi, menyatakan:

"Latihan ini tidak hanya membantu membentuk perut menjadi lebih rata, tetapi juga menguatkan bagian inti tubuh," seperti dikutip dari Prevention.

Dan kabar baiknya, banyak gerakan mengecilkan perut yang bisa Moms lakukan di rumah!

Mulai dari gerakan yoga yang menenangkan hingga latihan sit up yang energik.

Yuk, simak beberapa rekomendasi olahraga yang bisa membantu Moms menjaga bentuk tubuh sambil tetap produktif sebagai orang tua!

1. Crunches

Crunches - Olahraga Mengecilkan Perut
Foto: Crunches - Olahraga Mengecilkan Perut (Verywellfit.com)

Cara terbaik untuk membakar sedikit lemak ekstra di sekitar perut, adalah dengan melakukan crunches.

Gerakan mengecilkan perut ini dilakukan dengan berbaring di atas matras kemudian tekuk lutut dengan posisi kaki menapak matras.

Kaki harus terpisah selebar pinggul. Lalu, angkat tangan dan letakkan di belakang kepala, tetapi hindari mengaitkan jari-jari.

Tarik napas dalam-dalam di posisi ini. Perlahan angkat tubuh bagian atas dari lantai, buang napas sesudahnya.

Angkat tubuh sebanyak yang Moms bisa tanpa mengubah posisi bagian tubuh lainnya.

Kemudian, ketika kembali ke posisi berbaring, tarik napas saat menurunkan badan kembali ke matras.

Pemula dapat mencoba melakukan crunches 10 kali per set, dan melakukan setidaknya dua atau tiga set dalam sehari.

2. Reverse Crunch

Reverse Crunch - Olahraga Mengecilkan Perut
Foto: Reverse Crunch - Olahraga Mengecilkan Perut (Squatwolf.com)

Gerakan olahraga lain yang termasuk dalam yoga untuk mengecilkan perut selanjutnya adalah reverse crunch.

Reverse crunch berpengaruh pada perut transversal, yang merupakan otot terdalam di perut.

Cara ini adalah langkah paling membantu untuk membakar lemak perut bagian bawah, terutama bagi wanita.

Untuk melakukan reverse crunch, berbaringlah dalam posisi untuk crunch. Lalu, angkat kaki ke udara.

Buang napas saat mengangkat tubuh, dan tarik paha ke dada. Pastikan dagu tidak mendekat ke dada.

Hasil dari olahraga mengecilkan perut ini berbeda pada setiap orang, tergantung individu dan konsistensinya.

Agar segera mendapatkan hasilnya, disarankan untuk melakukannya secara rutin, Moms.

Baca Juga: Olahraga Anggar: Sejarah, Teknik Dasar Permainan, hingga Jenis Pedang yang Digunakan

3. Twist Crunch

Twist Crunch
Foto: Twist Crunch (Verywellfit.com)

Masih termasuk ke dalam yoga, gerakan olahraga mengecilkan perut lainnya yaitu twist crunch.

Cara melakukan twist crunch, Moms harus berbaring telentang di permukaan matras, dan tekuk kaki dengan posisi kaki menapak di tanah.

Posisi tangan mirip dengan gerakan sit-up, yaitu di bawah kepala. Kemudian, angkat bahu kanan dan arahkan ke bahu kiri.

Ulangi tindakan di sisi yang berlawanan, untuk menjadikannya satu putaran lengkap.

Lakukan olahraga ini secara rutin, ya Moms. Ingatlah bahwa hasil yang optimal membutuhkan waktu dan konsistensi.

4. Vertical Leg Crunch

Vertical Leg Crunch
Foto: Vertical Leg Crunch (Masterclass.com)

Vertical leg crunch mirip dengan crunch biasa, tapi merupakan gerakan khusus untuk mengecilkan perut.

Namun, gerakan olahraga mengecilkan perut ini mengharuskan Moms untuk menjaga kaki tetap lurus.

Gerakan inilah yang membuat otot perut akan bekerja lebih keras dan meningkatkan intensitas latihan.

Cara melakukannya yakni seperti berikut:

  1. Berbaring dengan tangan di belakang kepala.
  2. Taruh kaki lurus ke atas dengan lutut disilangkan.
  3. Flex abs untuk mengangkat kepala dan bahu dari lantai.
  4. Berbaring kembali.
  5. Jaga agar kaki terentang di udara sepanjang waktu.
  6. Embuskan napas saat Moms melenturkannya, tarik napas saat berbaring kembali.

Lakukan 1-3 set dengan 12-16 pengulangan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Latihan Ball Crunch

Latihan Ball Crunch
Foto: Latihan Ball Crunch (Popsugar.com)

Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut ini membutuhkan kestabilan banyak otot.

Gerakan ini membutuhkan gym ball. Cara melakukannya seperti berikut:

  1. Berbaring di atas bola sehingga punggung bawah kita tertopang dan kaki tertanam kuat di tanah.
  2. Letakkan tangan di depan dada atau di belakang kepala.
  3. Kontrak perut dan angkat tubuh kita ke atas dan ke depan.
  4. Turunkan kembali.
  5. Jaga agar bola tetap stabil selama setiap crunch.
  6. Embuskan napas saat melakukan crunch, tarik napas saat Moms menurunkan punggung.

Lakukan 1-3 set dengan 12-16 pengulangan untuk gerakan crunch ini.

Baca Juga: Olahraga Golf: Definisi, Sejarah, Cara Bermain, dan Istilah Pukulan dalam Golf

Latihan stomach vacuum ini lebih menekankan pada teknik pernapasan daripada meningkatkan detak...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb