Scroll untuk melanjutkan membaca

7 Manfaat Sit Up untuk Kesehatan dan Kekuatan Otot

Bermanfaat bila dilakukan dengan benar
7 Manfaat Sit Up untuk Kesehatan dan Kekuatan Otot

Selain push up, sit up adalah latihan dasar lain yang direkomendasikan untuk dapat membentuk serta menguatkan otot perut dan panggul.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak memahami cara sit up yang benar dan berisiko mengalami cedera.

Sit up adalah salah satu jenis olahraga yang cukup populer. Banyak orang melakukannya selepas lari pagi di akhir pekan.

Kegiatan itu memberikan manfaat lebih banyak apabila dilakukan secara rutin, setidaknya 10-20 kali dalam sehari.

Sit up adalah gerakan yang bertumpu pada pinggul dan pantat dengan lutut yang diangkat kearah atas dan dilakukan secara berulang-ulang.

Nah Moms, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka perlu tahu gerakan sit up yang benar. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Perut Rata Dengan 4 Langkah Killer Abs Workout Ini

Manfaat Gerakan Sit Up

sit-up.jpg

Foto: sit-up.jpg

Foto: ob-fit.com

Salah satu dari banyak alasan sit up selalu populer adalah karena mereka mudah dimodifikasi.

Sehingga Moms dapat memberikan challenge untuk diri sendiri, seiring dengan peningkatan kekuatan tubuh.

Namun, melakukan sit up juga harus disertai dengan pengetahuan dan pemahaman yang benar.

Karena jika tidak melakukannya dengan benar, Moms dapat melukai tulang belakang dan leher.

Melansir Pure Gym, manfaat dari gerakan sit up antara lain:

1. Memperindah Bentuk Otot Perut

Otot perut sixpacks adalah idaman bagi setiap orang yang mulai rajin work out bukan?

Nah, cara terbaik untuk mendapatkan otot perut sixpack salah satunya adalah dengan melakukan latihan sit up.

Untuk membakar lemak bagian perut, Moms dan Dads bisa melakukan jenis olahraga aerobik.

Sementara untuk memperkuat, membentuk, dan mengencangkan otot perut, sit up menjadi gerakan olahraga yang tepat.

2. Tubuh yang Bugar

Agar bisa memiliki tubuh yang bugar secara menyeluruh, lakukan latihan otot inti pada bagian perut.

Pilihan lain selain berlatih aerobik adalah dengan melakukan sit up.

3. Tidak Membutuhkan Biaya

Selain tidak membutuhkan budget untuk melakukannya, Moms juga bisa melakukan sit up di mana pun dan kapan pun.

Moms juga tidak membutuhkan peralatan seperti dumbbell dan lainnya. 

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Sebagai salah satu jenis latihan otot perut, sit up juga efektif untuk memperbaiki postur / bentuk tubuh, lho!

Sit up juga bisa membuat penampilan perut lebih indah. Manfaat ini dapat dirasakan oleh pria atau wanita.  

Untuk mendapatkan bentuk pinggul indah dan tidak terlihat berlemak ini dapat dilakukan dengan sit up secara rutin.

Sit up akan menjaga semua otot tubuh yang bekerja pada bagian perut, pinggul dan kaki menjadi lebih stabil.

Sit up juga akan menempatkan bentuk pinggul sehingga akan mencegah berbagai masalah tulang dan otot saat anda sudah lanjut usia

Namun umumnya banyak pria yang lebih ingin mendapatkan manfaat ini.

Selain itu, sit up juga bisa mengurangi sakit pinggang bawah dan cedera otot pasca latihan.

Dengan memiliki postur tubuh yang lebih baik maka dipastikan Moms akan lebih percaya diri dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: 6 Manfaat Push Up Tiap Hari, Dapat Memperbaiki Postur Tubuh

5. Membakar Banyak Kalori Tubuh

Melakukan sit up secara rutin bisa membantu tubuh dalam membangun otot perut sekaligus membakar kalori lebih banyak didalam tubuh.

Sebab secara tidak langsung, manfaat sit up bagi wanita bisa membantu menurunkan berat badan.

Jika dilakukan dengan teratur, sit up juga membantu membentuk otot.

6. Manjaga Keseimbangan Tubuh

Olahraga ini melibatkan gerakan pada otot panggul, punggul, dan punggung bawah.

Maka dari itu, sit up bisa memberikan efek menjaga dan memperbaiki keseimbangan tubuh.

7. Menjaga Sistem Metabolisme

Sistem metabolisme melibatkan berbagai jenis hormon seperti hormon pertumbuhan.

Sistem metabolisme yang kuat diperlukan untuk mengolah berbagai jenis zat asing yang masuk ke tubuh termasuk makanan.

Untuk itu, Moms perlu melakukan sit up agar sistem metabolisme berjalan lancar.

Bila dilakukan secara konsisten dan efektif, sit up akan membangun semua otot di bagian perut.

Ketika semua otot perut bekerja secara aktif maka pasokan oksigen untuk pembuluh darah akan terpenuhi.

Sehingga membuat darah bisa membantu sistem metabolisme pada tubuh

Baca Juga: 10 Minutes Workout to Strengthen Your Body

Cara Sit Up yang Tepat

Agar mendapatkan beragam manfaat di atas, tentu Moms harus memastikan gerakan sit up sudah dilakukan dengan benar.

Sebelum Moms mulai melakukan sit up ada baiknya mengetahui bagaimana cara yang benar dan tepat dalam melakukannya.

Ini ditujukan agar tidak timbul cedera pada leher dan punggung.

Melansir Healthline, ini dia cara sit up yang tepat. Yuk, ditiru!

1. Hands to Heels

Hands To Heels.jpg

Foto: Hands To Heels.jpg

Foto: line-today.com

Cara sit up yang benar nomor satu dengan teknik hands to heels. Berikut gerakan yang harus Moms lakukan:

  1. Berbaringlah di atas matras. Jaga agar lutut Moms tertekuk, kaki rata di lantai, dan kaki selebar pinggul.
  2. Rentangkan tangan Moms di atas kepala dan jaga agar selebar bahu. Pastikan punggung bagian bawah dalam posisi miring ke belakang.
  3. Buang napas dan dorong tubuh bagian atas ke atas. Secara bersamaan, ayunkan tangan Moms dari atas kepala ke sisi tumit Anda.
  4. Tarik napas dan kembali ke posisi awal.
  5. Pertahankan pandangan Moms secara diagonal ke atas di langit-langit.

2. Straight Leg Sit-ups

Straight-Leg-Sit-Up.jpg

Foto: Straight-Leg-Sit-Up.jpg

Foto: pop-sugar.com

Cara sit up yang benar nomor dua dengan teknik straight leg sit ups. Berikut gerakan yang harus Moms lakukan:

  1. Berbaringlah di lantai. Buka kaki selebar pinggul, dan tangan di atas kepala, dan lihat ke langit-langit. Ini adalah posisi awal.
  2. Buang napas dan tarik tubuh bagian atas ke atas ke posisi duduk. Jaga agar tangan Moms terulur di atas kepala.
  3. Tarik napas dan gulung kembali ke atas matras.

Baca Juga: HIIT Workout, Yuk Pelajari Lebih Jauh!

3. Butterfly Sit-ups

Butterfly Sit-ups.jpg

Foto: Butterfly Sit-ups.jpg

Foto: pop-sugar.com

Cara sit up yang benar nomor tiga dengan teknik butterfly sit ups. Berikut gerakan yang harus Moms lakukan:

  1. Duduklah di atas matras. Jaga agar lutut Moms tertekuk, dan telapak kaki rata di lantai.
  2. Buka paha Moms dan tempelkan telapak kaki kanan pada telapak kaki kiri.
  3. Berbaring dan rentangkan tangan Moms di atas kepala, dan lihat ke langit-langit. Ini adalah posisi awal.
  4. Buang napas dan tarik tubuh bagian atas pada posisi duduk. Secara bersamaan, ayunkan tangan Moms dari atas kepala hingga tepat di luar jari kaki.
  5. Tarik napas dan perlahan turun kembali ke posisi awal.

4. Weighted Sit-ups

Weighted Sit-ups.jpg

Foto: Weighted Sit-ups.jpg

Foto: pinterest.com

Cara sit up yang benar selanjutnya dengan teknik weighted sit ups. Berikut gerakan yang harus Moms lakukan:

  1. Moms dapat melakukan ini menggunakan dumbbell atau barbel.
  2. Duduklah di atas tikar. Jaga agar kaki Moms terbuka selebar pinggul, kaki rata di lantai, punggung lurus, dan bahu santai.
  3. Pegang beban dengan kedua tangan dan angkat tepat di atas kepala Moms. Pastikan siku Moms sedikit tertekuk.
  4. Gulung kembali perlahan. Pastikan tulang belakang Moms rata di lantai, dan tangan tepat di atas kepala. Ini adalah posisi awal.
  5. Buang napas dan duduk. Jangan mengangkat kaki Moms dari lantai dan jaga punggung lurus. Lihatlah secara diagonal ke langit-langit.
  6. Tarik napas dan kembali ke posisi awal.

Baca Juga: 5 Manfaat Olahraga Gymnastic Untuk Balita

5. V-Ups

V-Ups.jpg

Foto: V-Ups.jpg

Foto: pinterest.com

Cara sit up yang benar nomor lima dengan teknik V-Ups. Berikut gerakan yang harus Moms lakukan:

  1. Berbaringlah di atas matras. Pertahankan kedua kaki Moms, kedua tangan terulur di atas kepala, dan tulang belakang dalam posisi miring ke belakang.
  2. Angkat kedua kaki dan tubuh bagian atas secara bersamaan, sambil obalah menyentuh jari kaki. Pertahankan pandangan Moms secara diagonal ke atas di langit-langit.
  3. Tarik napas dan gulung kembali ke posisi awal.

6. Bent Leg Sit-ups

Bent Leg Sit-ups.jpg

Foto: Bent Leg Sit-ups.jpg

Foto: shutterstock.com

Cara sit up yang benar nomor 6 dengan teknik bent leg sit ups. Berikut gerakan yang harus Moms lakukan:

  1. Berbaringlah di lantai sembari lenturkan lutut Moms.
  2. Lalu letakkan kaki Moms rata di lantai dan tangan di atas kepala, sembari lihat ke langit-langit. Ini adalah posisi awal.
  3. Buang napas dan tarik tubuh bagian atas ke atas dalam posisi duduk. Tangan Moms harus tetap berada di atas kepala, ya.
  4. Tarik napas dan gulung kembali ke posisi awal.

Baca Juga: 10 Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Tips Saat Melakukan Latihan Sit Up

sit up.jpg

Foto: sit up.jpg

Foto: pinterest.com

Berikut adalah tips melakukan sit up. Tidak hanya menjaga gerakan agar sesuai, ternyata tempo juga sangat berpengaruh, Moms. Yuk, simak tipsnya!

1. Jumlah Set

Pemula harus mulai dengan 3 set 10 repetisi dan berkembang sesuai dengan itu.

Untuk meningkatkan rutinitas, tingkatkan jumlah pengulangan yang Moms lakukan.

2. Teknik Pernapasan

Kunci untuk membangun kekuatan inti adalah teknik pernapasan.

Ambil napas dalam-dalam dan jaga kecepatannya, benar-benar berkonsentrasi pada mengencangkan otot dan menahan posisi.

3. Perhatikan Posisi Awal

Mulailah dengan kaki 12-18 inci dari pantat dan terus lakukan curl up. Tapi saat Moms merasa tidak bisa melakukannya lagi, tambah jarak antara pantat dan kaki.

Sudut baru antara otot perut dan kaki ini akan membawa Moms melewati beberapa repetisi lagi.

Baca Juga: Variasi Gerakan Push Up yang Bisa Dicoba di Rumah

4. Efek Setelah Sit Up

Nyeri punggung bagian bawah adalah keluhan utama orang yang melakukan sit up.

Jika kecepatan gerakannya terlalu cepat, itu akan mengakibatkan sakit punggung bagian bawah yang parah.

Untuk menghindari rasa sakit, Moms bisa melakukan variasi yang tidak terlalu intens, dengan bola latihan untuk mengurangi ketegangan pada punggung bagian bawah.

5. Tambah Beban

Moms juga bisa menambahkan beban untuk menantang diri sendiri. Ambil saja sepasang dumbel dan pegang di tangan Moms.

Mengikuti tips ini akan memastikan Moms melakukan latihan dalam bentuk yang benar dan membantu menghindari cedera.

Baca Juga: Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Demikian Moms informasi seputar sit up. Semoga bermanfaat, ya! Jangan lupa olahraga, Moms.

  • https://www.healthline.com/health/sit-ups-benefits
  • https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/fitness/pros-and-cons-of-performing-sit-ups/photostory/75741375.cms
  • https://livefit.com/blogs/livefit/7-reasons-you-should-do-sit-ups-every-day
  • https://www.verywellfit.com/how-to-do-sit-ups-techniques-benefits-variations-5075764
  • https://www.puregym.com/exercises/abs/sit-up/