Scroll untuk melanjutkan membaca

Berhenti Rebahan! Lakukan Gerakan Crunch untuk Atasi Perut Buncit

Mudah dilakukan tanpa peralatan olahraga
Berhenti Rebahan! Lakukan Gerakan Crunch untuk Atasi Perut Buncit

Sedang mengalami perut buncit seperti ? Saatnya untuk berhenti rebahan dan melakukan gerakan crunch, Moms!

Jika sering berolahraga, gerakan ini cukup familiar terdapat dalam kardio atau latihan sejenisnya.

Daripada salah langkah, ketahui cara melakukan olahraga ini dan manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat Gerakan Crunch

manfaat gerakan crunch

Foto: manfaat gerakan crunch

Foto: verywellfit.com

Crunch adalah latihan inti yang berfokus pada kekuatan otot perut.

Tak hanya untuk bagian perut, gerakan crunch ini juga bermanfaat untuk mengencangkan bagian panggul, punggung bawah, dan bokong.

Kenali berbagai manfaat lain latihan crunch untuk tubuh, yakni:

1. Meningkatkan Keseimbangan

Seperti latihan inti lainnya, crunches menargetkan sejumlah otot di batang tengah tubuh.

Gerakan crunch membantu melatih otot-otot antar tubuh untuk bekerja sama lebih baik.

Manfaatnya yakni meningkatkan keseimbangan dan stabilitas tubuh.

Gerakan akan semakin lincah di setiap aktivitas, lho!

2. Perbaiki Postur Tubuh

gerakan crunch.jpg

Foto: gerakan crunch.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Otot-otot di inti adalah yang paling diandalkan tubuh selama aktivitas fisik.

Mulai dari duduk, berjalan, hingga berolahraga pun membutuhkan kekuatan otot.

Melansir livehealthy.com, manfaat gerakan crunch ini juga bisa memperbaiki postur tubuh saat duduk ataupun berdiri.

Secara tak langsung, bantu kurangi nyeri otot di bagian punggung akibat lama beraktivitas.

3. Perkuat Otot Perut

Memperkuat otot perut yaitu rutin melakukan gerakan crunch.

Rasakan sensasi hangat pada daerah perut setelah melakukan ini secara rutin ketika berolahraga.

Pada awalnya, akan terasa berat untuk mengulangi gerakan crunch.

Namun, lama kelamaan akan semakin enteng dan mudah untuk dijalani, lho!

Baca Juga: Cara Tepat Melakukan Bulking untuk Menambahkan Massa Otot

4. Kalori Terbakar Banyak

Cara membentuk otot perut dan dada.jpg

Foto: Cara membentuk otot perut dan dada.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ingin lemak dalam tubuh terbakar dengan instan?

Lakukan crunch untuk berat badan yang ideal, Moms.

Manfaat gerakan ini yakni bisa membakar kalori yang cukup signifikan.

Namun, ini tergantung pada sejumlah faktor, seperti usia, massa otot, dan tingkat kebugaran yang dimiliki.

Mungkin kalori yang terbakar tak akan sebanyak latihan kardio seperti berlari. Tapi tak ada salahnya dilakukan, bukan?

5. Tingkatkan Massa Otot

Sit-up perut dirancang untuk mengencangkan otot-otot inti tubuh.

Latihan ini membantu memperkuat otot inti, memperbaiki postur, meningkatkan mobilitas, dan fleksibilitas.

Tak heran jika sejumlah wanita menyukai gerakan ini untuk otot perut lebih terjaga.

6. Perut Lebih Ramping

olahraga mengecilkan perut

Foto: olahraga mengecilkan perut

Foto: Orami Photo Stock

Ada sejumlah gerakan olahraga untuk mengecilkan perut yang bisa dicoba di rumah.

Salah satunya adalah gerakan crunch!

Perut yang tampak besar memang terkadang bikin tak percaya diri.

Tenang saja, gerakan ini cukup mudah dilakukan.

Moms hanya membutuhkan latihan yang rutin dan perut akan semakin kecil dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Bolehkah Berenang Saat Haid? Ini Aturannya Menurut Ahli

7. Cocok untuk Pemula

Bayangkan saja, gerakan ini pun bisa dilakukan siapapun dari setiap kalangan usia.

Cocok untuk pemula karena dinilai praktis dan bisa dilakukan di mana saja.

Hanya membutuhkan matras olahraga dan tubuh yang siap.

Bisa dilakukan setelah bangun tidur di pagi hari sekalipun, lho.

Baca Juga: 6 Gerakan Yoga untuk Pemula, Cocok untuk Moms yang Baru Belajar Yoga!

Cara Melakukan Gerakan Crunch

gerakan crunch bagaimana melakukanya.jpg

Foto: gerakan crunch bagaimana melakukanya.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Yuk, beranjak dari kasur dan melakukan gerakan crunch sebagai pemula.

Melansir masterclass.com, untuk crunch, mulailah dengan melakukan 2-3 set dengan 10-15 pengulangan.

Pilih set dan repetisi berdasarkan kemampuan untuk mempertahankan teknik yang baik di setiap gerakan.

Beberapa tahapan untuk melakukan gerakan crunch, seperti:

1. Berbaring

Tak perlu khawatir kesusahan, gerakan ini tak membutuhkan peralatan olahraga yang rumit.

Cukup berbaring saja di lantai ataupun matras olahraga.

Berbaring telungkup di atas matras dengan lutut ditekuk dan kaki di lantai.

Pastikan kedua kaki berada sejajar dan tidak saling tumpang tindih.

2. Posisikan Tangan

Setelah itu, fokuslah pada posisi tangan ketika melakukan gerakan crunch.

Letakkan kedua tangan di belakang kepala tanpa mengaitkan jari-jari.

Tulang belakang dan panggul harus dalam posisi netral.

Buatlah posisi yang nyaman agar ketika bergerak tidak salah urat atau terasa nyeri.

3. Atur Panggul

gerakan crunch pemula

Foto: gerakan crunch pemula

Foto: freepik.com

Selipkan sedikit panggul, dan turunkan tulang rusuk sambil menarik inti perut.

Dagu harus tetap terselip sepanjang gerakan, seolah-olah sedang memegang 'telur' di bawahnya.

Ini adalah gerakan awalan bersiap dari setiap pengulangan nantinya.

Baca Juga: 10 Fakta Bokong Besar pada Wanita, Benarkah Berarti Subur?

4. Lakukan Gerakan

Setelah tubuh telah siap, lakukan gerakan ke atas dan bawah sambil perut ditahan.

Tekuk bahu dari lantai sambil menahan perut dengan napas.

Jeda di bagian ini setiap pengulangan gerakan.

Baca Juga: 8 Mitos Olahraga yang Perlu Diluruskan

5. Turunkan Kepala

Perlahan turunkan ke posisi awal sambil mempertahankan ketegangan pada perut.

Ulangi gerakan untuk jumlah latihan yang diinginkan.

Ingat, jangan memaksakan gerakan crunch jika dirasa tak sanggup untuk melanjutinya.

Memaksakan gerakan akan meningkatkan risiko cedera di sekitar leher dan pundak.

Itulah serba-serbi manfaat gerakan latihan crunch sebagai salah satu cara mengecilkan perut.

Tertarik untuk mencobanya di akhir pekan nanti, Moms?

  • https://www.livehealthily.com/exercises/crunches-benefits-variations-tips
  • https://www.masterclass.com/articles/crunches-exercise-guide#how-to-do-crunches-with-perfect-form
  • https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/how-to-do-crunches#pros-and-cons