Kesehatan

24 Agustus 2021

7 Cara Terbaik Memperbaiki Metabolisme Tubuh, Yuk Hidup Sehat!

Metabolisme tubuh yang baik akan membuat Moms makin sehat dan bugar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Rasanya sudah membatasi makanan tapi berat badan masih terus bertambah. Apa alasannya? Bisa jadi ada satu hal yang luput dari perhatian Moms, yaitu sistem metabolisme.

Melansir Mayo Clinic, metabolisme merupakan sejumlah reaksi dan proses biokimia yang terjadi di dalam setiap sel organisme hidup. Metabolisme menyesuaikan energi untuk proses vital dan membentuk energi baru.

Proses biokimia ini memungkinkan manusia untuk tumbuh, berkembang biak, memperbaiki kerusakan dan merespons lingkungan mereka.

Selama proses yang kompleks tersebut, kalori dalam makanan dan minuman digabungkan dengan oksigen untuk melepaskan energi yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi.

Tubuh membutuhkan energi agar bisa melakukan segalanya, mulai dari bergerak, berpikir, hingga bertumbuh. Ketika Moms sedang beristirahat, tubuh membutuhkan energi untuk bernapas, mengedarkan darah, menyesuaikan tingkat hormon dan menumbuhkan serta memperbaiki sel.

Berikut ini adalah informasi seputar metabolisme yang wajib Moms ketahui. Disimak yuk, Moms!

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Saat Bangun Tidur, Mudah Dilakukan!

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Metabolisme

metabolisme

Foto: Orami Photo Stock

Selama proses metabolisme yang kompleks ini, kalori dalam makanan dan minuman digabungkan dengan oksigen untuk melepaskan energi yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi.

Bahkan saat Moms beristirahat, tubuh membutuhkan energi untuk semua fungsi "tersembunyi", seperti bernapas, mengedarkan darah, menyesuaikan kadar hormon, serta menumbuhkan dan memperbaiki sel.

Jumlah kalori yang digunakan tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsi dasar ini dikenal sebagai tingkat metabolisme basal.

Melansir National Health Service, beberapa faktor menentukan metabolisme basal individu adalah:

  • Ukuran dan komposisi tubuh: Orang dengan tubuh yang lebih besar atau memiliki lebih banyak otot membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.
  • Perbedaan gender: Pria biasanya memiliki lebih sedikit lemak tubuh dan lebih banyak otot daripada wanita dengan usia dan berat yang sama, yang berarti pria membakar lebih banyak kalori.
  • Usia: Seiring bertambahnya usia, jumlah otot cenderung berkurang dan lemak menyumbang lebih banyak dari berat badan. Hasilnya, ini akan memperlambat pembakaran kalori.

Selain tingkat metabolisme basal, dua faktor lain menentukan berapa banyak kalori yang dibakar tubuh Moms setiap hari, yaitu:

  • Pengolahan makanan (termogenesis). Mencerna, menyerap, mengangkut dan menyimpan makanan yang Moms konsumsi juga membutuhkan kalori. Sekitar 10 persen kalori dari karbohidrat dan protein yang Moms makan, digunakan selama pencernaan dan penyerapan makanan dan nutrisi.
  • Aktivitas fisik. Aktivitas fisik dan olahraga, seperti bermain tenis, berjalan ke toko, mengejar anjing, dan gerakan lainnya sangat memperhitungkan sisa kalori yang dibakar tubuh setiap hari. Aktivitas fisik sejauh ini merupakan faktor paling bervariasi yang menentukan berapa banyak kalori yang tubuh Moms bakar setiap hari.

Para ilmuwan menyebut aktivitas yang Mom lakukan sepanjang hari itu sebagai latihan non-olahraga yang disengaja thermogenesis (NEAT). Kegiatan ini meliputi berjalan dari kamar ke kamar, kegiatan seperti berkebun dan bahkan gelisah. NEAT menyumbang sekitar 100 hingga 800 kalori yang digunakan setiap hari.

Baca Juga: Enak dan Sehat, Ini Dia 4 Minuman Peningkat Daya Tahan Tubuh

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Beberapa fungsi tubuh yang dipengaruhi oleh proses metabolisme adalah bernapas, mencerna makanan, mengalirkan darah, memperbaiki dan memperbarui sel, mengendalikan suhu tubuh, memicu kontraksi otot, menghilangkan limbah melalui urine dan feses, serta menjaga fungsi otak dan saraf.

Lalu, bagaimana cara mengaturnya agar metabolisme membaik dan tubuh jadi lebih sehat dan langsing?

Berikut trik yang bisa Moms coba:

1. Makan dengan Jumlah Kalori yang Tepat

screen shot 2019 02 15 at 13.44.43

Foto : Unsplash

Sebenarnya metabolisme adalah proses kimia tubuh yang mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi ‘bahan bakar’ untuk energI beraktivitas sehari-hari.

Basal Metabolic Rate atau BMR adalah jumlah kalori yang dibakar tubuh secara alami saat tidur. Jadi kesimpulannya adalah, Moms harus paham jumlah kalori yang harus dikonsumsi sehari-harinya untuk mempertahankan berat badan.

2. Jangan Melewatkan Jam Makan, Apalagi Sarapan

screen shot 2019 02 15 at 13.53.48

Foto : Unsplash

Pasti Moms sudah sering dengar kalau jangan melewatkan jam sarapan. Ini benar sekali, karena fungsi sarapan adalah menyiapkan metabolisme sepanjang hari, dan akan terus berjalan lancar, selama Moms makan rutin setiap tiga jam.

Menurut Shreya Katyal, Nutrisionist, Dietician, dan Founder of Health& U,jika Moms bangun tidur pagi sekali tapi baru sarapan menjelang siang hari, artinya Moms sudah melewatkan waktu terbaik buat membakar kalori. Setiap orang disarankan mengonsumsi makanan sekitar 5 kali sehari, dengan porsi yang disesuaikan. Dan sebaiknya jangan ada sesi yang terlewat.

Baca juga : Mulai Hidup Sehat di 2019, Ganti Menu dengan 7 Makanan dan Minuman Ini

3. Hitung Kalori Tubuh yang Terbakar

Untuk membakar kalori tentunya Moms tak bisa diam saja. Harus aktif bergerak. Ingin mengurangi bobot tubuh? Pangkas 500 kalori per hari dengan mengurangi porsi makan, lebih banyak berolahraga atau langsung lakukan keduanya.

Dengan begini, akan berkurang 0,5-1 kg per minggu dan membantu proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

4. Berolahragalah Lebih Rutin

screen shot 2019 02 15 at 13.44.56

Foto : Unsplash

Melakukan olahraga kardio tiga sampai lima kali dalam seminggu bisa menambah rate metabolisme tubuh. Maksudnya meskipun Moms tak sedang nge-gym saat itu, namun tubuh tetap membakar kalori.

Dan yang seru, Moms bisa meningkatkan rate ini dengan sistem Tabata. Proses latihannya adalah dalam empat menit, yaitu 20 detik latihan berat dan 10 detiknya untuk istirahat. Lakukan gerakan ini dalam berbagai variasi, seperti lompat tali, sprints, squat atau jogging.

Baca juga : Pilih Mana, Stroller Bayi Standar atau Jogging?

5. Mengonsumsi Makanan Berbumbu

Coba masak makanan Moms dengan bumbu cabe merah dan hijau, atau bubuk Tabasco, yang ternyata bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Mengapa? Karena di dalamnya ada kandungan capsaicin, yaitu salah satu kandungan yang ampuh memompa metabolisme.

6. Tidak Tidur Larut Malam

Man-Sleeping.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tubuh butuh tidur untuk mengembalikan fungsi dan kesehatannya. Penelitian membuktikan kalau orang yang jam tidurnya kurang dari 6-7 jam sehari akan lebih mudah merasa stres dan menimbun lebih banyak lemak.

Menurut Dr. Scott Kutscher, Assistant Professor of Sleep and Neurology at Vanderbilt University Medical Center, sama dengan olahraga dan pola makan, jam tidur juga wajib jadi prioritas karena memegang peranan penting dalam metabolisme.

7. Lebih Banyak Minum Air Dingin

Melansir Healthline, orang yang minum air putih daripada minuman manis lebih berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Ini karena minuman manis mengandung kalori, jadi menggantinya dengan air secara otomatis mengurangi kebutuhan asupan kalori tubuh.

Tidak hanya itu, rajin minum air juga dapat mempercepat metabolisme. Melansir National Library of Medicine Journal, sebuah studi telah menunjukkan bahwa minum 17 ons (0,5 liter) air meningkatkan metabolisme istirahat sebesar 10-30% selama sekitar satu jam.

Bahkan, efek pembakaran kalori mungkin lebih besar terjadi jika Moms minum air dingin. Ini karena tubuh menggunakan energi untuk memanaskannya hingga suhu tubuh.

Baca juga : Jadi Gemuk Usai Melahirkan, Ini Cara Agar Tubuh Ideal Kembali

Selamat mencoba trik untuk meningkatkan metabolisme di atas! Semoga tubuh makin bugar dan lancar beraktivitas setelahnya, ya Moms.

  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/metabolism/art-20046508
  • https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/metabolism-and-weight-loss/
  • https://www.healthline.com/nutrition/10-ways-to-boost-metabolism#TOC_TITLE_HDR_3
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21750519/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait