Kesehatan

6 Mei 2021

12 Makanan Penambah Berat Badan yang Enak dan Bernutrisi!

Inilah beberapa makanan penambah berat badan yang bisa dikonsumsi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Dilansir dari laman healthline.com, junk food, makanan manis, hingga minuman manis seperti soda dan minuman kaya gula lainnya merupakan makanan penambah berat badan tercepat.

Jika Moms merasa terlalu kurus dan ingin menambah berat badan, bukan berarti Moms bisa leluasa makan makanan yang telah disebutkan di atas.

Tapi, tentu saja makanan penambah berat badan tersebut tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Makan dan minuman itu akan membawa permasalahan baru jika dikosumsi dan dibiarkan menumpuk dalam tubuh.

Baca juga: 9 Makanan yang Tepat untuk Diet Pasca Melahirkan agar ASI Tidak Seret

Makanan Penambah Berat Badan dengan Nutrisi Baik

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Kita Cepat Kurus

Foto: Orami Photo Stock

Menurut laman healthline.com. seseorang yang memiliki berat badan kurang akan cenderung memengaruhi tingkat kesuburan, sistem imun tubuh yang lemah, osteoporosis, hingga malnutrisi.

Tentu saja Moms enggan bersinggungan dengan masalah tersebut.

Oke, setelah Moms mengetahui strategi pola makan untuk meningkatkan pola makan, Moms juga perlu mengetahui makanan penambah berat badan yang cocok dan bernutrisi bagi tubuh.

Simak beberapa makanan penambah berat badan menurut healthline.com berikut ini;

1. Daging Merah

steak daging

Foto: Orami Photo Stock

Bisa dikatanan, makanan penambah berat badan ini merupakan bahan makanan terbaik yang perlu Moms konsumsi untuk meningkatkan massa otot.

Setidaknya 170 gr daging steak memiliki kandungan 5 gram leucine. Leucine ini merupakan asam amino yang membantu tubuh untuk menstimulasi sintesa protein dalam otot dan membangun jaringan otot yang baru.

Selain itu, daging merah dengan ukuran di atas juga mengandung 456 kalori dan hampir 49 gr protein.

2. Salmon

Makanan penambah berat badan selanjutnya adalah ikan salmon. Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung banyak lemak sehat dan nutrisi penting lain. Sebut saja omega-3 dan protein.

Selain itu, ikan salmon juga memiliki banyak kalori. Pada 6 ons salmon tersimpan setidaknya 240 kalori!

3. Nasi Putih

Mengetahui Jumlah Kalori Nasi Putih, Apakah Benar Bisa Menambah Berat Badan?

Foto: Orami Photo Stock

Makanan penambah berat badan yang tak kalah penting Moms konsumsi adalah nasi. Setidaknya, 1 cup (158 gr) nasi putih mengandung 204 kalori, 44 gram karbohidrat, dan kandungan lemak.

Nasi pun bisa menjadi makanan yang bisa dikonsumsi dengan bahan protein lain untuk melengkapi kebutuhan makanan per waktu.

Untuk meningkatkan berat badan, Moms sebaiknya mengonsumsi nasi sehari tiga kali bersama dengan asupan makanan lain yang mengandung protein, lemak, dan berbagai nutrisi baik.

Baca juga: Kenali Bahaya dari 5 Makanan Berlemak Jenuh Tinggi Ini

4. Telur

Makanan penambah berat badan yang tak boleh dilewatkan adalah telur. Nutrisi protein dapat ditemukan dalam telur. Telur mengandung 6 gram protein, 5 gram emak, dan 70 kalori dalam setiap butirnya.

Selain protein, telur juga mengandung fosfor, zinc, dan kalsium. Seseorang yang mengonsumsi telur dapat membantu membangun otot-otot pertumbuhan pada tubuh sekaligus asupan energi. Hal ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, namun juga anak-anak.

Cara pengolahan telur pun bisa beraneka ragam, sesuai dengan keinginan Moms. Bisa dengan cara telur dadar, telur orak-arik, telur rebus, poached egg, hingga telur mata sapi atau telur ceplok.

Psst…tahukah Moms bahwa sebenarnya telur mata sapi (sunny side up) dan telur ceplok (fried egg) adalah dua cara masak yang berbeda?

Meski keduanya dimasak secara langsung di atas wajan dengan kuning telur dibiarkan bulat di tengah putih telur, ada perbedaan besar dilihat dari cara memasaknya.

Telur mata sapi atau sunny side up adalah telur yang tidak dibalik ketika dimasak. Sehingga hanya sisi bawahnya saja yang digoreng. Telur ceplok atau fried egg merupakan telur yang digoreng kedua sisinya.

Selain itu, dalam tata cara memasak telur, seluruh ahli masak mengenal beberapa istilah bahasa inggris terkait cara masak telur.

Sebut saja over easy (telur dibalik sebentar), over medium (telur dimasak kedua sisi dan kuning telurnya masih encer), over well (telur matang semua dan bagian kuningnya bulat), serta over hard (telur matang semua tapi kuning telurnya tidak bulat).

5. Kacang-kacangan

7 Resep dan Cara Menggoreng Kacang Mete yang Renyah, Anti Gosong!

Foto: Orami Photo Stock

Makanan penambah berat badan selanjutnya adalah kacang-kacangan. Segenggam kacang almond ( kurang lebih ¼ cup) memiliki 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 15 gram lemak sehat.

Moms dapat mencampurkan kacang-kacangan pada yoghurt, smoothies, dan crackers untuk mendapatkan camilan tinggi kalori.

Jangan lupa untuk mengonsumsi susu ya, Moms! Susu mengandung banyak vitamin, kalsium, lemak, karbohidrat, dan protein yang mampu membantu menambah berat badan.

Baca juga: Perbandingan Buang Air Besar: Bayi Minum ASI Eksklusif VS Susu Formula

Itulah beberapa sumber makanan penambah berat badan yang bisa dikonsumsi. Jika Moms sedang berusaha untuk menaikkan berat badan, coba praktikan dalam pola makan sehari-hari, yuk, Moms!

6. Dark Chocolate

Apakah Moms memiliki nafsu makan rendah tapi berniat ingin meningkatkan berat badan? Maka Moms bisa menambahkan makanan penambah berat badan yaitu dark chocolate sebagai camilan sehari-hari.

Dark chocolate merupakan sumber kalori yang juga kaya akan antioksidan serta mikronutrien. Untuk menambah berat badan, dark chocolate yang digadang-gadang mengandung mulai dari 65% cocoa (bahkan ada yang sampai 90%) cocok untuk Moms mencapai tujuan tersebut.

Dalam 100 gram dark chocolate, memiliki kandungan kalori yang tinggi, yaitu hingga 600 kalori.

Dark chocolate pun cocok untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Kentang dan Umbi-Umbian

manfaat-kentang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kentang dan umbi-umbian lain, bisa menjadi sumber kalori yang baik untuk tubuh.

Mengonsumsi kentang juga akan membuat kadar glikogen di otot meningkat. Glikogen inilah yang berguna sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik.

Moms bisa mengolah kentang atau umbi-umbian ini dengan cara mengukus, mengolahnya menjadi sambal goreng kentang, hingga kentang balado yang nikmat.

Mau sarapan lebih "berat"? Masak kentang menjadi pastel tutup yang lezat. Nyam!

8. Pisang

Tak hanya avokad, buah yang bisa menjadi makanan penambah berat badan berikutnya adalah pisang.

Pisang kaya akan potasium, vitamin C, B6, karbohidrat, serat, dan kalori membuat pisang sangat cocok untuk dijadikan menu makanan penambah berat badan. 

9. Roti Gandum

kalori-roti-gandum.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya enak dimakan bersama selai atau lelehan cokelat untuk sarapan, roti gandum memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Cocok menjadi makanan penambah berat badan. Sama seperti nasi dan kentang, roti gandum merupakan sumber energi yang cukup baik untuk tubuh.

Berbeda dengan roti tawar biasa lebih banyak mengandung gula, roti gandung mengandung kalori dan nutrisi yang dibutuhkan lebih banyak oleh tubuh.

Jadi dengan mengonsumsi roti gandum maka selain sehat, Moms juga dapat menambah berat badan.

Baca juga: Bikin Kenyang, Ini 5 Rekomendasi Roti Nogat yang Wajib Dicoba!

10. Yogurt

Yogurt sendiri digolongkan sebagai makanan probiotik.

Probiotik atau disebut juga sebagai “bakteri yang baik”, adalah organisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah sesuai akan memberikan manfaat kesehatan, khususnya bagi sistem pencernaan.

Pilih yogurt yang mengandung lemak (full fat yogurt) jika Moms ingin mengonsumsi yogurt sebagai makanan penambah berat badan.

Yogurt mengandung protein, lemak, dan karbohidrat sehingga cocok ditambahkan dalam asupan harian.

11. Keju

pisang-keju.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Keju adalah sumber protein yang sangat baik dan kaya akan lemak sehat. Sama seperti dark chocolate, keju juga tinggi kalori dan lemak.

Setidaknya dalam 28 gram keju cheddar terkandung kurang lebih memiliki 110 kalori dan 7 gram protein.

Jadi, selain sebagai penambah kalori dan rasa, tak ada salahnya menambahkan keju ke dalam salah satu menu camilan Moms dan Si Kecil.

12. Avokad

Makanan penambah berat badan selanjutnya adalah alpukat.

Buah ini kaya akan lemak sehat. Alpukat memiliki kalori yang padat sebagai makanan penambah berat badan yang sehat.

Dilansir dari International Journal of Food Science and Nutrition, avokad merupakan buah dengan nilai gizi yang tinggi.

Buah avokad mengandung protein, serat, vitamin A, B, C, dan E, juga dilengkapi dengan sumber kalium dan fosfor yang baik untuk pencegahan penyakit jantung.

Tak hanya itu saja, avokad juga kaya akan vitamin E yang membantu menjaga performa kulit Moms lebih kenyal, lembut, dan memikat.

Tambahkan avokad sebagai camilan tambahan yang bisa dimakan begitu saja dengan kental manis, bubuk cokelat, atau sajikan dengan omelet plus sandwich.

Itu dia Moms berbagai rekomendasi makanan penambah berat badan yang bisa dicoba di rumah.

  • http://www.foodsciencejournal.com/download/372/3-3-41-523.pdf
  • https://www.healthline.com/nutrition/10-highly-fattening-foods
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3151731/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22215165/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22215165/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait