Tren

14 Maret 2021

Sering Tertukar, Ini Perbedaan Soda Kue dan Baking Powder

Ssst, ternyata keduanya serupa tapi tak sama!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Amelia Puteri

Ketahui apa perbedaan soda kue dan baking powder berikut ini, Moms.

Baking soda atau yang juga dikenal sebagai soda kue, dan baking powder kerap tertukar karena memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda.

Namun, bila Moms salah dalam menggunakan bahan untuk memasak kue ini, tentu saja akan berpengaruh pada hasil akhir kuenya.

Moms tak perlu bingung lagi, karena ada masing-masing bahan tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan menghasilkan kue yang berbeda pula.

Meski keduanya sama sama pengembang yang bersifat kimiawi, yakni melepas gas karbondioksida sehingga tercipta gelembung, namun kedua bahan ini tidak bisa menggantikan satu sama lain.

Berikut adalah perbedaan soda kue dan baking powder.

Baca Juga: 6 Bahaya Soda Kue, Jangan Asal Pakai Ya Moms!

Perbedaan Soda Kue dan Baking Powder dari Kandungannya

kandungan baking soda dan baking powder berbeda

Foto: Orami Photo Stock

Perbedaan soda kue dan baking powder yang pertama adalah dari kandungan yang dimiliki. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Soda Kue

Soda kue merupakan bahan ragi yang digunakan dalam makanan yang dipanggang seperti kue, muffin, dan biskuit, dan hanya mengandung natrium bikarbonat. Secara alami, bahan ini bersifat basa.

Soda kue menjadi aktif jika dicampur dengan bahan asam dan cairan. Setelah bahannya aktif, karbon dioksida diproduksi, yang memungkinkan makanan yang dipanggang mengembang dan menjadi ringan.

Inilah sebabnya mengapa resep yang menyertakan soda kue juga akan mencantumkan bahan asam, seperti jus lemon atau buttermilk, menurut Journal of Dairy Science.

2. Baking Powder

Berbeda dari soda kue, baking powder adalah zat ragi lengkap, artinya mengandung basa (natrium bikarbonat) dan asam yang dibutuhkan agar produk mengembang.

Tepung jagung juga biasanya ditemukan dalam baking powder. Bahan ini ditambahkan sebagai penyangga untuk mencegah asam dan basa aktif selama penyimpanan.

Mirip dengan soda kue yang memberikan reaksi dengan air dan bahan asam, asam dalam baking powder bereaksi dengan natrium bikarbonat dan melepaskan karbon dioksida setelah dicampur dengan cairan, menurut jurnal Chemical Reviews.

Jika dalam sebuah resep meminta untuk memasukkan baking powder, kemungkinan besar itu mengacu pada jenis double-acting.

Ini berarti, bubuk tersebut menciptakan dua reaksi terpisah: pertama, reaksi saat digabungkan dengan cairan pada suhu kamar, dan kedua setelah campuran dipanaskan.

Dari perbedaan soda kue dan baking powder ini, diketahui bahwa soda kue cocok untuk panganan yang dipanggang atau kukus.

Sedangkan, baking powder seaiknya digunakan untuk kue yang tidak memiliki bahan asam. Meskipun keduanya memang sama-sama berfungsi untuk pengembang kue.

Baca Juga: 4 Tips Memasak yang Aman dan Menyenangkan Bersama Si Kecil

Perbedaan Soda Kue dan Baking Powder dari Penggunaannya

fungsi baking soda dan baking powder berbeda

Foto: Orami Photo Stock

Untuk perbedaan soda kue dan baking powder selanjutnya adalah dari jenis penggunaannya.

Soda kue sebaiknya dicampur dengan adonan yang mengandung bahan yang asam. Ini karena soda kue bersifat alkali dan aktif saat tercampur dengan bahan yang asam seperti buttermilk, cuka, sour ceam, air lemon bahkan madu.

Proses pengembangan adonan langsung terjadi saat soda kue bercampur dengan bahan asam tersebut, sehingga adonan sebaiknya langsung dibakar atau dikukus tanpa menunggu.

Jika adonan sempat ‘menunggu’, maka dapat dipastikan kue yang dihasilkan akan bantat karena proses pengembangannya sudah lewat.

Adapun baking powder sebaiknya digunakan pada kue yang tidak mengandung bahan asam, karena baking powder sudah mengandung cream of tar.

Baking powder terdiri dari dua jenis yakni double acting dan single acting. Pada double acting, proses pengembangan terjadi dua kali, jadi adonan bisa dibiarkan sebentar.

Ini yang menjadi inti dari perbedaan soda kue dan baking powder dalam proses pembuatan kue.

Selain itu, ada juga beberapa resep yang membutuhkan soda kue dan baking powder.

Resep-resep ini mengandung semacam asam (yogurt, gula merah, dll), namun karbon dioksida yang dihasilkan dari asam dan soda kue tidak cukup untuk meragi volume adonan dalam resep.

Itulah mengapa baking powder juga digunakan, karena untuk menambah daya angkat yang diperlukan.

Mengutip Sally's Baking Addiction, pada dasarnya, alasannya adalah karena terkadang Moms membutuhkan lebih banyak ragi daripada asam yang tersedia di resep.

Jadi, ini semua tentang keseimbangan pada bahan yang hendak digunakan di resep tersebut.

Alasan lain untuk menggunakan baking powder dan soda kue adalah karena keduanya memengaruhi pencoklatan pada adonan dan juga rasanya.

Baca Juga: 4 Minuman yang Tidak Boleh Diminum Setelah Kedaluwarsa

Soda Kue dan Baking Powder Bisa Kedaluwarsa

perbedaan soda kue dan baking powder

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms, bahwa soda kue dan baking powder ternyata bisa kedaluwarsa, lho! Jadi, untuk Moms yang hendak membuat kue, penting untuk memastikan kedua bahan ini dalam kondisi yang bagus.

Berikut ini cara menguji keefektifan baking powder dan soda kue sebelum digunakan.

1. Cara Menguji Baking Powder

Untuk menguji baking powder, tuangkan 3 sendok makan air hangat ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan 1/2 sendok teh baking powder. Aduk perlahan.

Campuran akan mengeluarkan sedikit desis jika bubuknya masih segar. Jika tidak ada reaksi, aduk baking powder dan beli kemasan baru.

2. Cara Menguji Baking Soda

Untuk menguji soda kue, tuangkan 3 sendok makan cuka putih ke dalam mangkuk kecil.

Tambahkan 1/2 sendok teh soda kue. Lalu, aduk perlahan. Campuran akan cepat menggelembung jika soda masih segar. Jika tidak ada reaksi, segera beli yang baru ya, Moms.

Baca Juga: Resep Kue Lapis alias Kue Pepe untuk Camilan WFH

Hasil Akhir pada Kue dengan Soda Kue dan Baking Powder

hasil akhir kue dengan baking powder dan soda kue

Foto: Orami Photo Stock

Kue dengan campuran soda kue, biasanya akan memiliki rasa akhir yang sedikit getir jika berlebihan.

Maka disarankan untuk mencampurkan dengan bahan asam selain untuk mengaktifkan pengembangnya juga untuk menutupi rasa getir yang dihasilkan.

Adapun baking powder, cenderung netral atau tidak memberikan pengaruh rasa pada kue yang dihasilkan. Hal ini terjadi karena baking powder sudah memiliki campuran bahan asam.

Kini Moms sudah yakin dengan perbedaan soda kue dan baking powder, dan tidak perlu lagi ragu untuk menggunakan soda kue ataupun baking powder untuk memasak kue.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait