Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perut Kembung dan Terasa Penuh Sering Jadi Pertanda Awal Hamil, Hindari 4 Makanan Berikut

Bagikan


4 Hal yang Perlu Moms Perhatikan Saat Menggunakan Essential Oil untuk Balita

Pada awal kehamilan, umumnya bumil merasa berbagai gejala yang khas. Apakah perut kembung dan terasa penuh termasuk tanda awal kehamilan?

Ya, seiring pertambahan usia kandungan, ibu hamil bisa mengalami gejala perut kembung.

Ketika kembung, Moms merasakan perut kencang dan penuh. Tak hanya itu, perut juga terasa lebih membesar. Alhasil, kondisi tersebut membuat Moms tak nyaman. Akibatnya, nafsu makan Moms menurun dan tak nyaman ketika hendak istirahat.

Baca Juga : Mengenal Kram Perut, Salah Satu Tanda Kehamilan Paling Umum

Lalu, apa penyebab perut kembung dan terasa penuh saat hamil?

Perut kembung bisa terjadi karena adanya gas berlebihan yang terdapat pada saluran pencernaan.

Gas yang terbentuk di dalam perut Moms ini tentu ada sebabnya. Ya, bakteri yang terdapat pada usus besar belum sampai tuntas mencerna atau mengolah sisa-sisa makanan.

Nah, ketika kembung karena banyak gas pada perut, efeknya adalah bumil jadi sering buang gas atau kentut.  

Baca Juga : Hamil atau Tidak? Cek 5 Tanda Kehamilan Ini

Selain itu, perut kembung yang dirasakan Moms bisa juga karena perkembangan janin dalam rahim. Si calon bayi ini menekan perut Moms. Ini pun bisa menyebabkan kerja sistem pencernaan melambat.

Kemudian, kembung juga bisa terjadi karena peningkatan hormonal selama kehamilan. Hormon yang dimaksud adalah progesteron. Hormon ini menimbulkan efek relaks pada otot, termasuk otot di saluran cerna sehingga kerjanya melambat.

Lalu, bagaimana cara menangani masalah perut kembung ini?

Yang pasti, batasi atau hindari makanan serta minuman yang bisa merangsang munculnya gas. Apa saja? Contohnya kacang-kacangan, kubis, brokoli, atau kembang kol.

Selain itu, makanan yang perlu Moms hindari adalah:

1. Makanan yang mengandung gula fruktosa

Bahan pangan yang banyak mengandung gula fruktosa bisa menyebabkan kembung. Misalnya, biji-bijian, daun bawang,a pir, apel dan makanan olahan

2. Makanan yang berlemak

Moms sebaiknya menghindari makanan mengandung lemak karena bisa membuat proses cerna melambat. Misalnya, gorengan atau minuman bersoda.

3. Makan dalam porsi kecil

Disarankan agar Moms makan dalam porsi kecil atau makan sedikit-sedikit.

Bila Moms makan dengan porsi terlalu banyak atau langsung makan banyak ketika perut kosong, justru berisiko menyebabkan perut kembung.

Baca Juga : Tebak Jenis Kelamin Janin Lewat Tanda Kehamilan

4. Minuman berkarbonasi dan pemanis buatan

Moms sebaiknya menghindari minuman berkarbonasi dan pemanis buatan. Bumil disarankan banyak mengonsumsi kalsium. Misalnya susu bebas laktosa.

Selain menghindari berbagai jenis makanan tersebut, hal yang penting Moms lakukan adalah tetap rutin berolahraga.

Ya, olah fisik membuat tubuh Moms sehat bugar.

Apa saja olahraganya? Cukup olahraga ringan seperti jalan santai. Olahraga dapat memperlancar saluran pencernaan sehingga masalah perut kembung dapat tertangani.  

Bila perut kembung dan rasa penuh masih terus Moms rasakan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk diketahui masalah dan solusinya yang tepat.

(HIL)

Sumber: mayoclinic.com, babycentre.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.