Kesehatan

KESEHATAN
19 Maret 2020

Rekomendasi Menu Sahur dan Berbuka Bagi Penderita Diabetes

Sayuran hijau cocok untuk olahan menu santap berbuka puasa dan sahur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Intan Aprilia

Bagi penderita diabetes, puasa memang diperbolehkan, tetapi harus memperhatikan pola makan selama menjalankan puasa.

Hal-hal yang perlu diperhatikan seperti jenis makanan, kalori yang masuk, dan jadwal makan untuk menjaga gula darah.

Menurut informasi dari laman Diabetes UK, sangat penting bagi penderita diabetes untuk mempertahankan pola makan seimbang ketika menjalani ibadah puasa.

Sangat perlu untuk memperhatikan pemilihan jenis makanan agar dapat mengisi dan menjaga kadar glukosa lebih banyak selama puasa.

Berikut ini adalah rekomendasi menu berbuka puasa dan sahur penderita diabetes:

Baca Juga: Berbuka Puasa dengan yang Manis, Ini Aturannya Untuk Penderita Diabetes

1. Olahan Masakan dengan Sayuran Hijau

pork dumpling soupaaa 1170x780

Foto: seasonsandsuppers.ca

Semua jenis sayuran hijau banyak mengandung vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi sayuran hijau mempunyai dampak minimal pada kadar gula darah.

Sayuran hijau dapat membantu penderita diabetes karena kandungan antioksidan yang tinggi dan enzim yang berguna untuk mencerna pati.

Sayuran hijau itu diantara lain seperti bayam, collard green, sawi, kale, kol, bok choy, dan brokoli.

Moms bisa mengolahnya menjadi sayur, sop, atau dibuat untuk salad. Tambah daging ayam atau tahu yang akan membuat santap sahur dan berbuka puasa semakin nikmat.

Baca Juga: Yuk Dicoba! Ini 3 Makanan Sehat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

2. Olahan Ikan yang Kaya Omega-3

shutterstock 719333500

Untuk lauk menu berbuka dan sahur bagi penderita diabetes, Moms bisa menyiapkan jenis ikan-ikanan yang kaya akan kandungan omega-3, seperti salmon, makerel, sarden, tuna, kerapu, dan herring. Jika Moms tidak suka ikan, bisa menggantinya dengan rumput laut dan spirulina.

Kandungan omega-3 sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh serta meningkatkan kesehatan jantung dan otak.

American Diabetes Association mengatakan kalau mengonsumsi ikan-ikan di atas dapat meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes.

Sebaiknya hidangkan dengan cara dipanggang atau dibakar, bukan digoreng untuk menghindari lemak jenuh dan lemak trans. Tambahkan sayuran untuk membuatnya lebih sehat.

3. Pengganti Nasi Putih yang Tepat

26recipehealth superjumbo

Foto: cooking.nytimes.com

Ganti nasi putih dengan biji-bijian utuh yang banyak mengandung serat dan nutrisi yang baik untuk penderita diabetes.

Apalagi makanan dengan serat tinggi sangat baik untuk memperlambat proses pencernaan, sehingga penyerapan nutrisi lebih lambat untuk membantu menjaga kadar gula darah agar lebih stabil.

Beras merah, roti gandum, pasta gandum, biji gandum, soba, quinoa, millet, adalah jenis biji-bijian yang cocok disantap untuk menu berbuka puasa dan sahur sebagai pengganti roti putih dan nasi putih.

Baca Juga: 6 Buah Terbaik Untuk Buka Puasa Yang Patut Dicoba

4. Camilan Sehat Penderita Diabetes

yogourt

Menu pendamping berbuka puasa atau sahur bagi penderita diabetes juga harus tetap menyehatkan, seperti walnut, buah jeruk, anggur, lemon, buah beri (blueberry, strawberry, blackberries, raspberries), chia seeds, dan probiotic yoghurt.

Nah, itu dia rekomendasi menu berbuka puasa dan sahur penderita diabetes. Berkonsultasi dengan dokter dapat juga bisa dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa.

Selain makanan dan nutrisi, Moms juga harus memerhatikan berbagai keperluan lain selama bulan puasa. Tenang saja Moms, karena Orami memiliki promo sahur yang menarik, lho. Moms pun jadi bisa belanja kebutuhan puasa dengan harga miring di waktu sahur sambil menunggu imsak. Yuk cek promo-promonya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait