Resep

30 Mei 2021

5 Resep Bakso Sapi Homemade yang Enak, Yuk Coba di Rumah Moms!

Bakso bukan hanya jajanan atau makanan untuk dewasa, terdapat pula resep bakso sapi sehat yang cocok untuk MPASI
placeholder

Foto: Orami Photo Stock

placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Di masa pandemi Covid-19 seperti ini, setiap orang wajib menjaga kebersihan disegala aspek termasuk makanan atau jajanan yang biasa dikonsumsi. Misalnya Moms yang biasa jajan bakso, kini dapat mencoba berbagai resep bakso sapi sesuai selera masing-masing.

Membuat bakso dengan mengikuti resep bakso sapi yang ada, wajib Moms coba karena makanan ini adalah salah satu frozen food yang harus terus tersediaa di lemari es Moms. Sayangnya, bakso sapi dan lemak adalah dua hal yang biasanya jalan beriringan, sehingga bakso sapi jarang diangap sebagai makanan sehat.

Namun Moms harus tahu bahwa bakso sapi sebenarnya juga merupakan sumber protein yang baik, selagi memang dinikmati secukupnya. Selain itu, kunci lain dari bakso sapi yang sehat adalah mencoba resep bakso sapi terbaik yang terbuat dari bahan-bahan rendah lemak.

Menurut US Department Agriculture (USDA), 3 ons bakso sapi mengandung 243 kalori bakso dan 18,9 gram lemak. Padahal, 30 persen kalori pada bakso berasal dari lemak. Dari total itu, 6,5 gram adalah lemak jenuh atau jenis yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jangan khawatir untuk mencoba resep bakso sapi sendiri di rumah, karena tidak semua bakso sapi dinilai buruk. Menurut Food and Drug Administration (FDA), bakso biasanya mengandung sebagian besar daging sapi dan daging sapi adalah sumber protein berkualitas tinggi, kaya, dan mengandung semua asam amino esensial.

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan kesehatan tulang, berkontribusi pada fungsi pencernaan yang sehat dan membantu pensinyalan sel.

Menurut National Academies of Sciences, pria harus mengonsumsi setidaknya 56 gram protein per hari dan wanita membutuhkan 46 gram. Perlu Moms ketahui bahwa satu porsi bakso sapi berukuran 3 ons menyediakan 12,2 gram protein.

Berikut ini adalah 5 resep bakso sapi yang bisa Moms coba sendiri di rumah. Dengan mempraktikkan resep bakso sapi di rumah, Moms bisa mengukur takarannya dengan baik atau perbandingan tepung dengan dagingnya yang sesuai, memilih daging terbaik yang rendah lemak, dan tentunya menjamin kebersihan dari bakso sapi yang Moms buat.

Baca Juga: Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan, Tak Terduga!

1. Resep Bakso Sapi Urat

bakso sapi urat

Foto: Instagram/Kumpulanresepmasak

Jika Moms suka membeli bakso dari pedagang kaki lima, Moms akan ditawarkan bakso sapi halus dan juga bakso sapi urat. Nah, rupanya resep bakso sapi urat ini tidak jauh berbeda dari resep bakso sapi lainnya.

Perbedaannya yaitu, Moms harus memilih daging yang sesuai yaitu bagian sengkel jika ingin mencoba resep bakso daging sapi urat. Resep yang dibagikan oleh Moms Reza ini, bahkan dikatakan menghasilkan tekstur yang lebih kenyal. Penasaran dengan hasilnya?

Bahan:

  • 500 gr Daging bagian sengkel dalam keadaan dingin ( potong kecil)
  • 100 gr Es batu
  • 100 gr Tepung sagu
  • 2 sdm Bawang merah goreng
  • 1 sdm Bawang putih goreng
  • 1 Butir putih telur ukuran besar
  • ½ sdt Garam
  • ½ sdt Lada bubuk
  • ½ sdt Kaldu bubuk
  • 1 sdt Baking powder

Cara Membuat:

  1. Panaskan air untuk kaldu, masukkan tetelan, bawang merah dan bawang putih goreng, lalu biarkan mendidih. Jangan lupa untuk memasak air kaldu minimum 1 jam sebelumnya dengan api keci.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam food processor, kecuali tepung, baking powder dan es batu. Giling sampai halus kemudian masukkan tepung dan es, lalu giling kembali. Adoanan harus seperti pasta.
  3. Remas-remas adoanan dengan tangan hingga muncul di sela ibu jari dan telunjuk. Gunakan sendok untuk mengambil adonan, kemudian masukkan ke panci kaldu yang airnya masih panas, tetapi dalam keadaan kompor mati. Lakukan sampai habis.
  4. Moms juga bisa menggunakan dua buah sendok untuk membulatkan bakso. Jika sendok lengket, cukup celupkan dalam air biasa
  5. Nyalakan kompor dengan api kecil, sampai bakso mengambang. Setelah selesai smua, didihkan sekali lagi.
  6. Ambil atau angkat bakso sapi urat, kemudian masukkan ke dalam wadah yang berisi air dan es batu untuk mendinginkan bakso.
  7. Bakso sapi urat siap digunakan dan masukkan seledri serta daun bawang ke panci kaldu.
  8. Jika Moms tidak suka bakso urat, Moms tetap dapat mengikuti resep bakso sapi ini, tetapi cukup ganti jenis dagingnya saja dan usahakan jangan pilih daging yang berlemak.

Baca Juga: Resep : Tahu Bakso

2. Resep Bakso Sapi Mozarella

bakso sapi mozarella

Foto: Instagram/hobimasak.id

Musim hujan memang paling enak menikmati bakso sapi hangat. Salah satunya resep bakso sapi yang menjadi idola dan banyak dicoba adalah resep bakso sapi mozarella dengan kuah kaldu tulang sapi.

Salah satu resep bakso sapi mozarella yang bisa Moms coba dan pasti disukai seluruh keluarga adalah resep dari Moms sebuah cooking online class Tungkuhitam. Yuks, Moms diintip dulu resep bakso sapi mozarella yang super gurih ini.

Bahan:

  • 500gr Daging sapi giling
  • 75gr Tepung tapioka atau sagu
  • 1 Putih telur
  • Garam
  • Lada
  • 3 Siung bawang putih (iris dan goreng)
  • 5 Siung bawang merah (iris dan goreng)

Bahan Isi:

Mozzarella potong dadu

Cara Membuat:

  1. Didihkan 2L air putih, lalu kecilkan api
  2. Campur semua bahan bakso dalam food processor. Bila tidak memiliki food processor, gunakan chopper atau apa saja yang bisa menyatukan semua adonan.
  3. Moms juga bisa mencampurnya dengan menggunakan tangan, selama dagingnya sudah dalam keadaan halus atau digiling serta bawang goreng yang juga sudah dihaluskan.
  4. Bentuk bulat-bulat lalu pipihkan setiap bulatan, masukkan keju atau isian, lalu bulatkan kembali. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Masukkan setiap bulatan bakso ke dalam air putih yang dimasak dengan api kecil tadi. Bila sudah mengapung, itu berarti Moms berhasil mempraktekkan resep bakso sapi mozarella karena baksonya sudah matang.
  6. Hidangkan bakso sapi mozarella dengan kuah kaldu, mi kuning atau bihun sesuai selera.

Baca Juga: Resep Bakso Kuah yang Bergizi untuk Camilan Anak

3. Bakso Sapi Kenyal Anti Gagal

bakso sapi kenyal

Foto: Instagram/Mayya Shobary

Jika Moms sering mencoba berbagai resep bakso sapi, tetapi kerap gagal, maka ini adalah resep bakso sapi kenyal anti gagal yang wajib Moms coba. Memang membuat atau mengikuti resep bakso sapi tidak semudah yang dibayangkan.

Beberapa orang yang mencoba resep bakso sapi, justru menghasilkan bakso yang terlalu lembek atau justru terlalu kenyal. Nah, berikut ini adalah resep bakso sapi kenyal anti gagal yang dibagikan Moms Maya Shobary dan juga resep andalan bisnisnya lho. Wah, bikin kita sangat penasaran ya Moms!

Bahan:

  • 500gr Daging giling⁣
  • 2 sdt garam⁣
  • 2 sdt merica bubuk⁣
  • 2 sdt Bawang Putih bubuk⁣
  • 1 sdt gula pasir⁣
  • 1 butir telur⁣
  • 3 sdm Bawang merah goreng⁣
  • 6 sdm tepung tapioka⁣
  • 6 cube es batu⁣
  • 1 sdt baking powder⁣
  • 2L air untuk merebus bakso⁣

Cara Membuat: ⁣

  1. Didihkan air, lalu matikan.⁣
  2. Campurkan daging, garam, gula, merica, telur, bawang putih, bawang merah goreng, dan baking powder.
  3. Gunakan food processor atau food chopper hingga tercampur merata. ⁣
  4. Masukkan es batu dan giling kembali hingga merata. ⁣
  5. Masukkan tapioka hingga kalis dan menyatu.
  6. Cetak bakso menggunakan sendok yang dicelupkan terlebih dahulu ke air rebusan. ⁣
  7. Setelah semua selesai, nyalakan api sedang dan masak bakso hingga matang dengan tanda bakso mengapung.⁣
  8. Angkat bakso dan masukkan ke dalam air es dan tiriskan.
  9. Simpan ditempat kedap udara. Masukkan ke dalam kulkas atau freezer.⁣

Baca Juga: Resep Bakso Goreng Ayam ala Julie Taslim

4. Resep Bakso Sapi Homemade

bakso sapi homemade

Foto: Instagram/Ginalarasati_bundaradithya

Resep bakso sapi yang ke-4 adalah resep bakso sapi homemade yang dibagikan oleh food vlogger terkenal Moms Ricke Indirani. Hasil bakso dari resep bakso sapi homemade ala Moms Ricke ini sudah banyak dicoba oleh Moms lainnya dan hasilnya sesuai ekspektasi yaitu bakso yang lembut dan kenyal.

Bahan:

  • 500 gram daging sapi tanpa lemak atau otot
  • 1 sendok makan bawang putih goreng, kemudian haluskan
  • 1 sendok makan bawang merah goreng, kemudian haluskan
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 butir putih telur
  • 100 gram tepung tapioka atau sagu tani
  • 1/2 sendok teh peres baking powder (opsional)
  • 150 gram es batu, lalu hancurkan

Cara Membuat:

  1. Potong daging supaya lebih mudah dihaluskan. Giling daging dengan menambahkan bawang putih goreng, bawang merah goreng dan sebagian es batu. Giling sampai daging halus dan lembut, warna daging setelah digiling masih tetap merah.
  2. Masukkan garam secukupnya, kemudian giling daging kembali. Daging akan terlihat lebih kesat dan kenyal.
  3. Masukkan gula pasir, merica bubuk, putih telur, tepung tapioka, dan baking powder. Lalu giling lagi daging sampai halus dengan menambahkan sisa es batu. Jaga agar daging tetap dingin. Hasil akhir adonan dari resep bakso sapi ini berwarna merah muda dan kemudian pindahkan ke wadah.
  4. Panaskan air di panci hingga mendidih dan matikan api.
  5. Bentuk bulatan bakso dan masukkan bakso ke dalam air panas dan lakukan hingga adonan habis.
  6. Nyalakan api sedang dan biarkan hingga bakso mengambang semua (jangan tutup panci)
  7. Rebus bakso hingga bakso terasa kenyal jika ditekan. Jika sudah matang, segera angkat bakso dan jangan merebusnya terlalu lama.
  8. Siapkan air es dalam baskom, masukkan bakso yang telah direbus tadi ke dalam air es dan biarkan hingga dingin, lalu tiriskan.
  9. Masukkan bakso ke dalam wadah tertutup, jika akan disimpan atau dibekukan.

Baca Juga: Moms, Ini Cara Membuat Bakso Ikan yang Empuk dan Gurih

5. Resep Bakso Sapi Sehat

bakso sapi sehat

Foto: Instagram/Duniampasi

Siapa bilang menu atau jajanan bakso tidak bisa dijadikan menu MPASI? Bakso sapi bisa dijadikan MPASI jika dibuat dengan bahan-bahan yang sehat dan bergizi. Bakso sapi ini boleh diberikan untuk Si Kecil yang berusia 17 bulan ke atas.

Salah satu resep bakso sapi sehat yang bisa dijadikan MPASI adalah resep dari Moms Astri Yuliana. Dengan rasa gurih bakso dan kuahnya yang hangat, tentunya resep bakso sehat ini bisa jadi andalan dapur Moms.

Bahan Bakso:

  • 500 gr Daging beku (wajib beku)
  • 120 gr Es batu
  • 1 sdm Bawang merah goreng
  • 2 sdt Bawang putih goreng
  • 1 sdt Gula pasir
  • 2 sdt Garam
  • ½ sdt Baking powder
  • ½ sdt Lada
  • ½ sdt Kaldu jamur / sapi
  • 4 sdm Sagu tani cap merbabu

Cara Membuat:

  1. Giling daging beku, bawang merah goreng, bawang putih goreng, dan es batu.
  2. Masukan bumbu seperti gula, garam, baking powder, lada, kaldu jamur, dan tepung sagu.
  3. Terakhir masukan satu butir putih telur.
  4. Setelah halus, masukan ke dalam freezer sebentar atau kurang lebih 10 menit.
  5. Setelah dingin, buat bakso dengan membulatkan dan memasukannya ke dalam air panas.

Itulah lima resep bakso sapi homemade kenyal dan sederhana. Berbagai resep bakso sapi ini bisa Moms buat untuk seluruh keluarga bahkan untuk Si Kecil di rumah.

  • https://www.livestrong.com/article/440954-are-meatballs-good-for-you/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait