Resep

RESEP
12 Januari 2021

3 Resep Kue Cucur yang Wajib Moms Coba di Rumah, Mudah Banget Bikinnya

Ciri khas kue ini ialah permukaan kue yang berserat dan pinggirnya yang berbentuk keriting.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Siapa yang tak mengenal jajanan kue cucur? Moms pastilah sudah tak asing dengan jajanan pasar khas Betawi yang satu ini, bukan?

Ciri khas kue ini ialah permukaan kue yang berserat dan pinggirnya yang berbentuk keriting. Jika dilihat sekilas, kue cucur ini bentuknya mirip bika Ambon.

Biasanya kue cucur dijadikan hidangan wajib di berbagai acara. Mulai dari pernikahan, syukuran, hingga sekadar kumpul keluarga. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal jadi salah satu alasan mengapa kue ini diminati oleh banyak orang.

Selain di Indonesia, keberadaan kue cucur ini juga bisa Moms temui di Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Srilanka, dan India, tentunya dengan sebutan yang berbeda. Ada banyak cerita dan sejarah yang tersebar di masyarakat mengenai asal usul kue cucur.

Baca Juga: Kenyal dan Nikmat, Ini Resep Choi Pan Rumahan yang Bisa Dicoba!

Menurut studi berjudul Representasi Makna Simbolik dalam Ritual Perahu Tradisional Sandeq Suku Mandar, kue cucur merupakan simbol harapan dan diletakkan di atas nampan sebagai salah satu menu sesajen ketika membuat perahu sadeq oleh Suku Mandar.

Sementara itu, banyak cerita mengatakan bahwa kue cucur berasal dari Betawi. Pembuatannya dengan cara meneteskan sejumlah adonan ke dalam loyang alias ngocor menjadi awal mula penemuan kue cucur.

Para pendatang yang seharusnya mengucapkan ngocor menjadi ngucur dan jadilah kue cucur. Di Betawi, kue cucur kerap jadi makanan wajib ketika upacara-upacara tradisional seperti memotong rambut bayi hingga pernikahan.

Penasaran ingin mencobanya di rumah? Yuk cek resep kue cucur di bawah ini!

1. Resep Kue Cucur Gula Merah

Resep Kue Cucur Gula Merah

Foto: shutterstock.com

Kue cucur gula merah merupakan salah satu varian resep kue cucur yang banyak ditemui di pasaran. Selain itu, cara membuatnya pun cukup mudah, Moms.

Moms bisa mencoba di rumah dan disantap saat sedang hangat. Berikut ini resep kue cucur gula merah.

Bahan-bahan

  • Tepung beras 250 gram
  • Tepung terigu 200 gram
  • Gula merah yang sudah disisir tipis 100 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Garam 1/4 sdt
  • Daun pandan 2 lembar
  • Air 450 ml
  • Minyak goreng secukupnya

Baca Juga: Resep Dorayaki, Kue Jepang Kesukaan Doraemon

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah

  1. Masak air bersamaan dengan gula merah, gula pasir, dan daun pandan hingga semua bahan tercampur dan mendidih. Jika sudah, angkat panci lalu saring dan biarkan hingga larutan berubah menjadi hangat.
  2. Siapkan wadah yang berbeda, campurkan tepung beras, tepung terigu dan garam hingga teraduk rata.
  3. Tuangkan 250 ml larutan gula yang sudah dimasak sebelumnya ke dalam campuran tepung sambil diuleni menggunakan tangan. Setelah adonan menggumpal, lanjutkan diuleni lagi selama 10 menit.
  4. Tuangkan sisa larutan gula sambil adonan diuleni. Hasilnya, adonan akan menjadi sedikit ecer. Kemudian, tepuk-tepuk adonan dengan telapak tangan selama 15 menit. Lalu, tutup adonan dengan wadah dan diamkan selama 2 jam.
  5. Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng secukupnya lalu panaskan.
  6. Ambil 1 sendok sayur adonan lalu tuang dan goreng adonan dalam minyak panas. Biarkan adonan mengembang kecoklatan hingga berbentuk serat pada permukaannya. Selanjutnya, angkat dan tiriskan. Kini kue cucur gula merah sudah siap disantap.

Tips Membuat Kue Cucur Gula Merah

Ada beberapa tips yang harus Moms lakukan agar kue cucur gula merah buatan Moms bisa matang sempurna berikut tipsnya:

  1. Saat menggoreng adonan kue cucur, pastikan minyak yang digunakan harus banyak dan adonan harus terendam dalam minyak saat digoreng.
  2. Pastikan minyak sudah panas ketika Moms menuangkan adonan ke dalam wajan dan saat adonan dicelupkan, adonan sudah berbentuk.
  3. Goyang-goyang perlahan bagian tengah kue dengan lidi sate agar bagian dalam kue yang belum matang bisa matang sempurna hingga membentuk renda keriting di pinggirannya.

Baca Juga: Resep Lumpia Jagung Keju, Pas untuk Camilan Keluarga!

2. Resep Kue Cucur Bersarang Rasa Kayu Manis

resep kue cucur

Foto: Instagram.com/judharmawan

Meskipun resep kue cucur terbilang sederhana, namun tak jarang saat membuat kue cucur hasilnya malah bantet dan tidak bersarang. Padahal kue cucur yang bersarang merupakan salah satu ciri khas kue cucur.

Selain itu, tak hanya kue cucur gula merah saja yang terkenal, varian rasa kue cucur lainnya seperti rasa kayu manis juga tak kalah lezat. Nah, berikut ini resep kue cucur bersarang rasa kayu manis yang bisa Moms coba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu
  • 130 gram gula merah
  • 200 ml air
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • bubuk kayu manis

Cara Membuat Kue Cucur Bersarang Rasa Kayu Manis

  1. Rebus gula merah, gula pasir, air, daun pandan, dan garam hingga larut dan mendidih. Setelah mendidih, angkat larutan gula kemudian saring dan diamkan hingga hangat suam-suam kuku atau hingga dingin. Agar kue tidak bantet, jangan mencampurkan larutan gula yang masih panas ke dalam adonan tepung ya, Moms. Inilah gunanya mendinginkan larutan terlebih dahulu sebelum masuk ke tahapan berikutnya.
  2. Campurkan adonan tepung terigu, bubuk kayu manis dan tepung beras ke dalam wadah terpisah. Setelah larutan gula dingin, campur larutan dan kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah selama 5 menit hingga semua adonan tercampur rata.
  3. Istirahatkan adonan yang sudah selama 15 menit. Kemudian aduk menggunakan whisk.
  4. Siapkan wajan cekung, tuangkan minyak dan panaskan. Jika minyak sudah panas, tuang satu sendok sayur adonan ke dalam wajan. Ingat ya Moms, sebelum memasukkan adonan ke wajan jangan lupa diaduk dulu.
  5. Setelah adonan dituangkan ke wajan, siram bagian atas adonan dengan minyak menggunakan spatula. Lalu, masak hingga matang.
  6. Tusuk-tusuk adonan dengan tusuk gigi agar adonan tidak lengket atau menempel ke tusuk gigi karena itu tandanya kue cucur sudah matang. Jangan lupa gunakan api kecil ketika menggoreng kue cucur ya, Moms agar matang dan bersarang.

Baca Juga: Resep Kue Talam Ubi Ungu, Lezat!

3. Resep Kue Cucur Rumahan Rasa Pandan

resep kue cucur

Foto: Instagram.com/trisulistijani.2908

Bagi Moms yang sedang belajar memasak dan membuat kue, resep kue cucur rumahan rasa pandan bisa jadi salah satu pilihan.

Selain pembuatannya yang mudah, bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapatkan di rumah. Berikut ini resep kue cucur rumahan.

Bahan-bahan:

  • Gula merah 100 gram
  • Gula putih 3 sdm
  • Daun pandan 2 helai
  • Air 300 ml
  • Garam 1/4 sdt
  • Tepung terigu 100 gram
  • Tepung beras 125 gram
  • Pasta pandan atau pewarna makanan rasa pandan

Cara Membuat Kue Cucur Rumahan

  1. Rebus gula merah, daun pandan, bersama 200 ml air hingga gula meleleh dan air mendidih. Kemudian diamkan hingga larutan dingin
  2. Campurkan tepung beras, tepung terigu, gula, garam, dan aduk hingga merata.
  3. Masukkan air rebusan gula merah ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk. Jika adonan dan air rebusan gula sudah dimasukkan semua, aduk adonan selama 15 menit dengan tangan. Jika menggunakan mixer, aduk selama 10 menit.
  4. Tambahkan air 100ml agar adonan tidak terlalu kental dan masukkan pasta pandan atau pewarna makanan lalu aduk hingga rata. Kemudian diamkan adonan hingga 20 menit dan tutup dengan kain atau plastik maupun piring.
  5. Panaskan wajan cekung dan masukkan minyak secukupnya lalu tunggu minyak panas dengan api kecil. Masukkan adonan sebanyak satu centong sayur dan goreng hingga warnanya kecoklatan lalu bolak balik agar matangnya merata. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

Baca Juga: 5+ Makanan Khas Lampung yang Tidak Boleh Dilewatkan

Itulah resep-resep kue cucur yang mudah dan anti gagal. Kira-kira resep kue cucur yang mana dulu nih yang ingin Moms coba di rumah?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait