Kesehatan

13 Mei 2021

Sering Mengalami Sakit Perut Bagian Atas? Ternyata Ini Penyebabnya!

Cari tahu juga cara mengatasinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sakit perut bagian atas kerap kali dialami semua orang. Rasanya tentu tidak nyaman sehingga dapat mengganggu aktivitas.

Keluhan ini bisa timbul karena berbagai faktor, dari yang ringan yang bisa diatasi sendiri hingga yang berat dan perlu pengobatan dokter.

Perut bagian atas memiliki beberapa struktur vital, termasuk usus bagian atas, kantong empedu, hati, dan pankreas. Sehingga, ada banyak kemungkinan masalah yang menyebabkan sakit perut bagian atas, seperti gas atau virus perut.

Baca Juga: Nyeri Perut Di Bagian Kanan Bawah, Hati-Hati Terkena Penyakit Ini!

Penyebab Nyeri Perut Bagian Atas

Diare dan kram perut adalah efek samping daun senna

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa kondisi bisa menyebabkan sakit perut bagian atas. Dalam banyak kasus, satu kondisi dapat menyebabkan kondisi lainnya. Misalnya, bisul dapat menyebabkan gangguan pencernaan, atau batu empedu dapat menyebabkan gangguan fungsi hati

Melansir National Health Service, berikut ini beberapa faktor penyebab sakit perut bagian atas yang bisa saja Moms atau Si Kecil dapatkan.

1. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Penyebab sakit perut bagian atas yang pertama adalah IBS. Ini adalah kelainan umum yang memengaruhi usus besar. Tanda dan gejala IBS, biasanya meliputi, kram, sakit perut, kembung, gas, dan diare atau sembelit, atau keduanya.

IBS adalah kondisi kronis yang harus Moms atasi dalam jangka panjang, lho.

Pemicu dari IBS bisa berasal dari alergi makanan yang belum dipahami. Walaupun belum ada kejelasan pasti akan hal ini, namun orang dengan alergi dapat memperparah IBS, terutama saat mengonsumsi buah asam, kacang-kacangan, susu, dan dairy products.

Mengutip Mayo Clinic, hanya sejumlah kecil orang dengan IBS yang memiliki tanda dan gejala parah. Karena IBS sebenarnya dapat dikontrol gejalanya dengan mengatur pola makan, gaya hidup, dan stres. Gejala yang lebih parah dapat diobati dengan pengobatan dan konseling.

2. Radang Pankreas

Penyebab sakit perut bagian atas berikutnya adalah radang pankreas atau biasa disebut dengan pankreatitis.

Dilansir melalui Medical News Today, ada dua jenis pankreatitis yang dapat menyebabkan sakit perut bagian atas, yaitu:

  • Pankreatitis akut: merupakan peradangan mendadak yang berlangsung dalam waktu singkat. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit yang luar biasa hingga mengancam nyawa. Penderita pankreatitis akut sembuh total setelah mendapatkan pengobatan yang tepat. Dalam kasus yang parah, pankreatitis akut dapat menyebabkan perdarahan, kerusakan jaringan yang serius, infeksi, dan kista. Pankreatitis yang parah juga dapat membahayakan organ vital lainnya seperti jantung, paru-paru, dan ginjal.
  • Pankreatitis kronis: adalah peradangan yang berlangsung lama. Ini paling sering terjadi setelah menderita pankreatitis akut. Penyebab utama lainnya adalah, minum banyak alkohol dalam jangka waktu yang lama. Kerusakan pankreas akibat penggunaan alkohol yang berlebihan mungkin tidak menimbulkan gejala selama bertahun-tahun, tetapi kemudian tiba-tiba terdiagnosis mengalami gejala pankreatitis yang parah.

Baca Juga: 4 Penyakit Ini Dapat Menyerang Pankreas, Hati-hati!


3. Gangguan Pencernaan

Gangguan pada sistem pencernaan memang tidak bisa dipisahan dari faktor penyebab sakit perut, ya Moms, apalagi sakit perut bagian atas. Permasalahan sistem pencernaan ini dapat berupa nyeri ringan hingga parah.

Permasalahan pada sistem pencernaan yang mungkin saja terjadi menurut Health Grades adalah:

  • Terlalu kenyang setelah makan.
  • Mengonsumsi makanan pedas dan berminyak.
  • Infeksi bakteri, parasit, atau virus, pada saluran pencernaan.
  • Celiac disease, yaitu penyakit kepekaan parah akan gluten dari gandum dan biji-bijian yang menyebabkan kerusakan usus.
  • Radang kantong abnormal di usus besar (divertikulitis).
  • Intoleransi pada beberapa jenis kandunga makanan seperti laktosa.
  • Penyakit kantung atau batu empedu.
  • Radang selaput perut (gastritis).
  • GERD.
  • Hepatitis.

Biasanya, selain sakit perut bagian atas, permasalahan pencernaan juga disertai dengan gejala nyeri ulu hati.

4. Kanker Lambung

Moms sudah sering mengalami sakit perut bagian atas? Sudah mencoba berbagai macam pengobatan di rumah tapi masih sering terjadi? Bisa aja ini merupakan pertanda dari kanker lambung, Moms.

Kanker lambung adalah pertumbuhan sel abnormal yang dimulai di perut. Jenis kanker ini dapat menyerang bagian perut mana pun. Di sebagian besar dunia, kanker perut terbentuk di bagian utama lambung (perut badan).

Mengutip Mayo Clinic, berikut ini adalah gejala dari kanker lambung:

  • Kesulitan untuk menelan.
  • Merasa kembung berlebih setelah makan.
  • Mudah merasa kenyang bahkan saat hanya makan dalam porsi sedikit.
  • Jantung terasa sesak seperti terbakar.
  • Sulit buang air besar.
  • Feses berdarah.
  • Sakit perut berlebih.
  • Berat badan turun drastis.
  • Muntah tak terkontrol.

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil?

5. Gas Berlebih

Gas merupakan udara yang tersebar di sistem pencernaan kita. Biasanya disebabkan oleh makanan dengan kandungan gas, atau makanan yang tidak sepenuhnya sampai ke usus besar.

Nah, saat semakin banyak makanan yang tidak tercerna dengan sempurna, maka akan semakin banyak gas yang diproduksi dan terperangkap dalam tubuh. Hasilnya, hal ini menyebabkan kembung dan sakit perut.

Gas yang berlebih juga bisa menjadi tanda gangguan pencernaan lain, seperti intoleransi laktosa hingga diabetes, lho, Moms. Untuk meredakannya, biasanya bersendawa dan kentut akan memberikan perasaan lega.

Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Atas

stomach-pain.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ketika sudah merasakan sakit perut bagian atas dari waktu ke waktu setelah makan atau minum. Kondisi ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan, dan seringkali mungkin untuk mengobati gejalanya bisa menggunakan pengobatan rumahan.

Moms bisa memanfaatkan bahan-bahan di dapur yang berkhasiat untuk meredakan nyeri, mengatasi kram perut, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, ini dia Moms beberapa cara mengatasi perut bagian atas menurut Medical News Today. Semoga dapat membantu, ya!

1. Minum Air yang Cukup

Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Sehingga, jika kekurangan air, dehidrasi akan membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif, yang meningkatkan kemungkinan sakit perut.

Secara umum, ahli merekomendasikan agar:

  • Wanita harus minum sekitar 2,7 liter (l), atau 91 ons (oz), air sehari.
  • Pria harus minum sekitar 3,7 liter, atau 125 ons, air sehari

Sekitar 20 persen di antaranya bisa berasal dari makanan dan sisanya dari minuman. Bagi kebanyakan orang, angka yang baik untuk minum adalah kira-kira 8 cangkir atau lebih air dalam sehari.

Bagi yang memiliki masalah pencernaan, sangat penting untuk tetap terhidrasi. Muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi dengan sangat cepat sehingga penderita gejala ini harus tetap minum air.

Baca Juga: Cegah Lemas Akibat Dehidrasi, Ikuti 4 Kiat Ampuh Agar Anak Moms Suka Minum Air Putih

2. Hindari Berbaring Terlentang

Saat tubuh dalam posisi horizontal, asam di perut lebih cenderung bergerak mundur dan naik, sehingga dapat menyebabkan mulas.

Orang dengan sakit perut bagian atas harus menghindari berbaring atau tidur setidaknya selama beberapa jam sampai sakitnya berlalu. Moms perlu berbaring harus menopang kepala, leher, dan dada bagian atas dengan bantal, idealnya pada sudut 30 derajat.

3. Jahe

Jahe adalah obat alami yang umum untuk sakit perut dan gangguan pencernaan. Nah, Moms bisa mengonsumsinya sebagai pereda sakit perut bagian atas.

Jahe mengandung bahan kimia yang disebut gingerol dan shogaols yang dapat membantu mempercepat kontraksi perut. Ini dapat memindahkan makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan melalui perut lebih cepat.

Bahan kimia dalam jahe juga dapat membantu mengurangi mual, muntah, dan diare.

Moms yang mengalami sakit perut bagian atas bisa mencoba menambahkan jahe ke makanan mereka atau meminumnya sebagai teh. Beberapa minuman jahe alami mungkin juga mengandung cukup jahe untuk meredakan sakit perut.

4. Mandi dengan Air Hangat

Kehangatan dapat mengendurkan otot yang tegang dan meredakan gangguan pencernaan, jadi mandi air hangat dapat membantu meringankan gejala sakit perut.

Setelah mandi, Moms juga bisa menggunakan minyak kayu putih ke bagian perut yang nyeri agar merasa lebih lega. Gunakan secara teratur hingga sakit perut mereda.

Baca Juga: Waspadai Kram Perut Selama Kehamilan!

5. Hindari Makanan yang Sulit Dicerna

Beberapa makanan memiliki sifat yang membuatnya lebih sulit dicerna daripada yang lain. Jenis makanan ini lah yang bisa meningkatkan risiko sakit perut. Jika Moms mengalami sakit perut, maka harus menghindari makanan yang:

  • Digoreng atau berlemak
  • Creamy
  • Asin atau diawetkan

6. Jintan

Moms punya jintan di dapur? Ternyata Moms bisa memanfaatkannya saat mengalami sakit pada perut bagian atas.

Biji jintan mengandung bahan aktif yang dapat membantu untuk:

  • Mengurangi gangguan pencernaan dan asam lambung berlebih
  • Penurunan gas
  • Mengurangi peradangan usus
  • Bertindak sebagai antimikroba

Moms bisa mencoba mencampurkan 1 atau 2 sdt jintan atau jintan bubuk ke dalam makanan. Sebagai alternatif, bisa juga menambahkan beberapa sendok teh biji jintan atau bubuk ke dalam air mendidih untuk membuat teh.

Beberapa pengobatan medis tradisional menyarankan mengunyah satu atau dua sejumput biji atau bubuk jinten mentah untuk meredakan mulas.

Itu tadi Moms informasi seputar penyebab dan cara mengatasi sakit perut bagian atas. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi dan minum air yang cukup.

  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/irritable-bowel-syndrome/symptoms-causes/syc-20360016
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/stomach-cancer/symptoms-causes/syc-20352438
  • https://www.healthgrades.com/right-care/symptoms-and-conditions/upper-abdominal-pain
  • https://www.webmd.com/digestive-disorders/digestive-diseases-pancreatitis
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/324591#_noHeaderPrefixedContent
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322047#Twenty-one-home-remedies
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait