Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN UMUM
22 Juli 2022

5 Cara Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Bantal, Bisa dengan Pijatan dan Peregangan!

Pastikan juga Moms tidur dalam posisi yang tepat dan nyaman di malam hari
5 Cara Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Bantal, Bisa dengan Pijatan dan Peregangan!

Moms pernah merasakan sakit leher bagian belakang saat baru bangun tidur? Mungkin Moms mengalami salah bantal saat tidur di malam harinya.

Rasa sakit, pegal, dan kaku di leher terutama saat digerakkan, bisa dikarenakan salah bantal selama tidur.

Bahkan, punggung pun bisa ikut terasa sakit karena posisi bantal yang kurang tepat.

Untuk itu, yuk cari tahu penyebab serta penanganan sakit leher akibat salah bantal!

Baca Juga: Bayi Ngorok saat Tidur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Salah Bantal

Penyebab Salah Bantal

Foto: Penyebab Salah Bantal (https://www.verywellhealth.com/top-health-benefits-of-a-good-nights-sleep-2223766)

Foto: Tidur (Orami Photo Stocks)

Pengertian salah bantal saat tidur sebenarnya merujuk pada penggunaan atau posisi bantal yang kurang tepat.

Pada akhirnya, hal itu memicu gejala yang tidak mengenakkan di area leher belakang dan bahu ketika kita bangun tidur.

Moms, Dads, maupun Si Kecil bisa salah bantal karena didasari oleh beberapa penyebab.

Mengutip dari Harvard Health Publishing, meski nyaman, pakai bantal yang terlalu lembut ternyata bisa membuat leher kita sakit.

Begitu pula bila pakai bantal yang terlalu keras, leher pun jadi tidak nyaman.

Selain pemilihan bantal yang kurang tepat, penyebab salah bantal lainnya juga bisa karena posisi kepala yang terlalu lama menghadap ke samping, sehingga membuat otot-otot di leher menjadi kaku.

Alhasil, leher pun terasa sakit saat Moms, Dads, dan Si Kecil bangun tidur.

Penting untuk diketahui juga bahwa tidur tengkurap dan telentang pakai bantal yang terlalu keras bisa membuat leher seolah terlalu tinggi ke depan (bila tidur telentang) dan terlalu naik ke belakang (bila tidur tengkurap).

Bukan hanya leher, punggung Moms juga bisa ikut jadi korbannya jika posisi dan pemilihan bantal untuk tidur kurang tepat.

Jadi, selain menggunakan kasur atau spring bed nyaman, pemilihan bantal juga tidak boleh luput dari perhatian, Moms.

Ini karena salah bantal tidak hanya membuat sakit leher dan punggung, tetapi juga bisa terasa tidak nyaman sampai ke kepala, bahu, dan lengan.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kaki Sakit dan Pegal, dan Cara Mengobatinya

Cara Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Bantal

Cara Mengatasi Sakit Leher karena Salah Bantal

Foto: Cara Mengatasi Sakit Leher karena Salah Bantal (dana.org)

Foto: Tidur Miring (Orami Photo Stocks)

Jika sudah terlanjur menggunakan bantal yang kurang tepat atau posisi bantal tidak sesuai dengan yang seharusnya, leher mungkin sewaktu bangun tidur.

Untuk mengatasi sakit leher akibat salah bantal ini, tips berikut mungkin bisa membantu Moms, Dads, dan Si Kecil.

1. Pilih Bantal yang Tepat dan Nyaman

Pastikan Pakai Bantal yang Nyaman

Foto: Pastikan Pakai Bantal yang Nyaman

Foto: Tidur Nyenyak (Orami Photo Stocks)

Cara utama untuk mengatasi dan mencegah sakit leher kembali karena salah bantal adalah dengan memilih bantal yang paling sesuai.

Ini karena bantal tidak hanya berpengaruh pada kualitas tidur Moms, Dads, serta Si Kecil, tetapi juga mengoptimalkan tidur kita.

Demi menjaga kesehatannya, penting untuk membiasakan Si Kecil menggunakan bantal yang sesuai dengan kebutuhan tidurnya.

Posisi tidur apa pun sebenarnya memberi tekanan pada tulang belakang, tetapi dengan cara yang berbeda-beda.

Tujuan pakai bantal yang tepat adalah untuk membantu menjaga agar posisi kepala tetap normal.

Artinya, posisi kepala tidak terlalu maju atau terlalu mundur sehingga membuat leher dan punggung sakit.

Moms bisa memilih bantal yang tepat sesuai dengan kenyamanan, kebutuhan, dan kebiasaan saat tidur.

Menurut Cleveland Clinic, menjaga postur tubuh yang baik selama beraktivitas dan memilih bantal yang paling sesuai kebutuhan saat tidur, bisa membantu mencegah dan mengatasi salah bantal.

Cara ini juga bisa membuat tidur Moms, Dads, dan Si Kecil jadi lebih nyenyak tanpa rasa sakit di leher maupun punggung.

Baca Juga: Mengenal Trigger Finger, Radang Sendi yang Bikin Jari Kaku

2. Ganti Posisi Tidur

Tahukah Moms kalau ternyata posisi tidur di malam hari bisa berpengaruh pada kondisi leher?

Bila Moms, Dads, atau Si Kecil terbiasa tidur dengan posisi tengkurap, leher bisa tegang untuk waktu yang lama.

Bukan itu saja, tidur tengkurap juga memaksa kepala untuk menghadap ke salah satu sisi selama berjam-jam. Itu sebabnya, saat bangun tidur, biasanya leher terasa sakit dan kaku.

Punggung bagian bawah dan perut biasanya juga ikut terasa nyeri bila tidur dengan posisi tengkurap.

Alangkah lebih baiknya untuk membiasakan diri tidur dengan posisi telentang, Moms. Atau jika ingin berganti posisi, Moms, Dads, dan Si Kecil bisa memiringkan tubuh ke samping kanan atau kiri.

Tidur dengan posisi telentang maupun miring bisa membantu mengurangi ketegangan pada leher ketimbang tidur tengkurap.

Agar lebih nyaman, Moms bisa menggunakan bantal yang dilengkapi dengan penyangga leher bila ingin tidur dalam posisi miring semalaman.

Baca Juga: Ciri-Ciri Benjolan Berbahaya di Leher dan Payudara

3. Lakukan Peregangan Leher

Peregangan dapat membantu meringankan rasa sakit dan kaku pada leher, punggung, serta anggota badan lainnya akibat salah bantal.

Namun, ingat Moms, usahakan untuk melakukan peregangan dengan perlahan-lahan.

Ini karena melakukan gerakan yang berlebihan, terutama saat leher dan punggung sedang nyeri, justru bisa semakin menambah rasa sakit hingga mengakibatkan cedera otot.

Agar lebih nyaman, Moms, Dads, dan Si Kecil bisa mengompres atau mandi air hangat sebelum melakukan peregangan.

Cara melakukan peregangan untuk mengatasi nyeri leher karena salah bantal yakni sebagai berikut:

  • Putar-putar bahu ke belakang, kemudian ke depan selama beberapa kali
  • Tekan tulang belikat (di punggung bagian atas), tahan selama beberapa detik, lepas, dan ulangi
  • Putar kepala secara bergantian ke kanan dan ke kiri secara perlahan

4. Pijat Leher

Selain melakukan peregangan di leher, Moms bisa memijat leher perlahan untuk membantu melemaskan otot-otot yang kaku karena salah bantal.

Moms juga bisa melakukan cara ini pada punggung jika terasa pegal dan nyeri.

Baca Juga: 6 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya, Yuk Simak!

5. Batasi Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Cara yang bisa dilakukan agar nyeri di leher dan punggung akibat salah bantal bisa segera sembuh, sebaiknya hindari dulu aktivitas fisik yang terlalu berat dan berlebihan ya, Moms.

Setidaknya, batasi aktivitas fisik yang terlalu berat ini perlu dilakukan sampai nyeri dan kaku di leher serta punggung mereda.

Jika dipaksa terus beraktivitas, otot leher dan punggung yang sakit bisa semakin memburuk dan tidak kunjung sembuh.

Kini Moms sudah tahu penyebab dan cara mengatasi salah bantal, bukan? Semoga kondisi ini tidak lagi terjadi, ya, Moms!

  • https://www.health.harvard.edu/pain/is-your-pillow-hurting-your-health
  • https://www.sleepmaker.com.au/sleep-guide/back-care/how-your-pillow-can-affect-back-pain/
  • https://www.lifehack.org/450958/warning-signs-your-pillow-is-damaging-your-brain-power-and-overall-health
  • https://health.clevelandclinic.org/is-your-pillow-hurting-your-neck-7-tips-for-better-sleep/