Kesehatan

8 Juli 2021

13 Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan

Sirih merah banyak digunakan sebagai campuran untuk pengobatan tradisional
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Adeline Wahyu

Sirih merah merupakan salah satu tanaman herbal yang digunakan dalam campuran berbagai pengobatan tradisional. Di Indonesia daun sirih merah telah digunakan secara turun temurun untuk mengobati berbagai penyakit.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Piper crocatum ini umumnya dikonsumsi dengan cara diseduh atau dimakan langsung. Selain itu, kandungan sirih merah juga dapat dijadikan suplemen yang baik untuk kesehatan.

Biasanya, daun sirih merah digunakan untuk menghentikan pendarahan pada mimisan. Namun, ternyata masih ada segudang manfaat daun sirih merah yang penting untuk Moms ketahui.

Baca juga: Deretan Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan yang Moms Wajib Tahu

Kandungan dalam Daun Sirih Merah

sirih merah

Foto: kutimculture.com

Sekitar 85-90% kandungan daun sirih adalah air, yang berarti memiliki kadar air yang tinggi dan jumlah kalori yang rendah. Sebanyak 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori. Termasuk di dalamnya adalah 0,4-1% lemak dan 3-3,5% protein, yang menjadikannya sumber rendah lemak dan sumber protein sedang.

Selain itu, daun sirih mengandung nutrisi esensial dalam jumlah sedang seperti yodium (3,4 mcg/ 100 gram), kalium (1,1-4,6%), vitamin A (1,9-2,9 mg/ 100 gram), vitamin B1 (13-70 mcg/ 100 gram), vitamin B2 (1,9-30 mcg/ 100 gram) dan asam nikotinat (0,63-0,89 mg/ 100 gram).

Dalam nutrisi tersebut daun sirih mengandung minyak atsiri dan komponen kimia seperti minyak sirih dan chavicol, betel phenol, eugenol, terpene dan campene. Komponen kimia ini memiliki sifat obat dan membantu dalam pengobatan dan pengelolaan berbagai penyakit dan gangguan.

Baca juga: Inilah Nutrisi Penting untuk Bantu Atasi Alergi pada Anak

Manfaat Daun Sirih Merah

sirih merah

Foto: unair.co.id

Mengutip dari buku Daun Ajaib Tumpas Penyakit, karya Lina Mardiana, dijelaskan bahwa masyarakat Keraton Yogyakarta sejak pada zaman dahulu, menggunakan daun sirih merah untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bagi Moms yang belum familiar, daun sirih merah memiliki bentuk hati dengan warna keperakan. Sedangkan batangnya berbentuk bulat berwarna hijau keunguan dan merupakan jenis tanaman rambat. Jika disobek, daun sirih merah akan mengeluarkan aroma wangi.

Selain itu, daun sirih merah mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, karvakol, dan eugenol yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nah, berikut ini manfaat daun sirih merah.

Baca juga: Dikenal Sebagai Penyedap Rasa, Simak Manfaat Tanaman Thyme untuk Kesehatan

1. Obat Batuk

Daun sirih merah efektif untuk mengobati batuk. Cara meraciknya pun mudah, Moms hanya perlu merendam 10 lembar daun sirih merah segar di dalam larutan alkohol 70% selama 30 menit agar bakterinya mati.

Selanjutnya, rebus daun sirih merah dengan 4 gelas air dan tambahkan 100 gram gula pasir. Rebus hingga airnya menyusut lalu minum dengan takaran 1 sdm sebanyak tiga kali sehari.

Baca juga: Mengenali Jenis Batuk Pada Bayi

2. Anti-diabetes

Berbagai obat anti diabetes memiliki efek samping pada hati dan ginjal dalam jangka panjang. Menurut Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical telah mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih kering memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa darah pada individu dengan diabetes mellitus tipe 2 yang baru didiagnosis dan obat herbal ini hadir tanpa efek samping.

Individu dengan diabetes menunjukkan tingkat stres oksidatif yang tinggi karena kadar glukosa darah tinggi yang terus menerus (hiperglikemia). Kadar glukosa darah yang begitu tinggi menghabiskan sistem pertahanan antioksidan dan selanjutnya menonaktifkan enzim antioksidan.

Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang melawan stres oksidatif dengan menangkal radikal bebas. Dengan demikian, daun sirih membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah tinggi dan membantu dalam pengelolaan diabetes mellitus.

Baca juga: 9 Manfaat Ketumbar untuk Jantung dan Kesehatan

3. Penyakit Jantung

Menurut buku berjudul Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat, daun sirih merah juga efektif untuk mengobati penyakit jantung. Moms hanya perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini:

  • Daun sirih merah segar berukuran sedang 3-4 lembar
  • Air 4 gelas atau 800 ml

Cuci bersih daun sirih merah lalu rebus dengan air mendidih, tunggu hingga air menyusut setengahnya. Kemudian, saring rebusan daun sirih merah dan minum air rebusan selagi hangat sebanyak dua kali sehari sebelum makan.

Baca juga: Mengenal Penyakit Kawasaki yang Bahayakan Jantung Bayi

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Dalam jurnal berjudul The effect of some Solanum steroidal alkaloids and glycoalkaloids on larvae of the red flour beetle, Tribolium castaneum, and the tobacco hornworm, Manduca sexta, telah menemukan bahwa daun sirih merah membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL).

Selain itu, juga membantu meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL). Efek penurun lipid seperti daun sirih merah dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus.

Lebih lanjut meningkatkan metabolisme kolesterol LDL "jahat". Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dimobilisasi dari plasma ke hati dan kemudian dieliminasi dalam bentuk asam empedu. Dengan demikian, melalui berbagai mekanisme daun sirih merah membantu menurunkan kadar lipid yang tinggi.

Baca juga: Ini Dia 12 Manfaat Pucuk Merah, Tak Hanya Bagus Dijadikan Tanaman Hias

5. Anti-kanker

Daun sirih merah bila dikonsumsi dengan tembakau dan buah pinang meningkatkan risiko kanker mulut. Namun, daun sirih merah sendiri merupakan reservoir senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan, anti-mutagenik, anti-proliferasi dan anti-bakteri.

Studi telah mengungkapkan potensi pencegahan kemo dari daun sirih merah terhadap berbagai jenis kanker. Selanjutnya, daun sirih merah mengandung berbagai fitokimia (bahan kimia tanaman yang mempromosikan kesehatan) yang memiliki manfaat melawan kanker.

Stres oksidatif memainkan peran besar dalam patofisiologi kanker. Daun sirih merah merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang menetralisir radikal bebas dan melawan stres oksidatif. Ini lebih lanjut menghambat pertumbuhan sel kanker dan penyebarannya ke berbagai organ tubuh.

Baca juga: 4 Selebritis yang Bertahan Hidup Melawan Kanker

6. Membantu dalam Penyembuhan Luka

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Airlangga berjudul Benefits of Red Betel Leaf Heal Wound, telah mengamati bahwa daun sirih merah membantu dalam proses penyembuhan luka. Lebih lanjut ditemukan bahwa ekstrak daun sirih merah memiliki efek yang sangat kuat pada penyembuhan luka pada kasus luka bakar.

Peningkatan kadar stres oksidatif menyebabkan keterlambatan penyembuhan luka. Daun sirih merah merupakan sumber antioksidan yang hebat. Antioksidan ini mengurangi stres oksidatif dan lebih lanjut membantu penyembuhan luka dengan cepat.

Dengan demikian, daun sirih merah berperan sebagai agen pelindung dalam penyembuhan luka dengan meningkatkan laju kontraksi luka dan kandungan protein total.

Baca juga: 7+ Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan, Bisa Atasi Batuk!

7. Membantu Mengatasi Depresi

Depresi merupakan gangguan kejiwaan yang mempengaruhi sekitar 5% penduduk dunia. Penelitian telah mengungkapkan bahwa selain obat antidepresan, obat herbal seperti mengunyah daun sirih merah telah digunakan sejak zaman kuno untuk aktivitas stimulan SSP (sistem saraf pusat).

Lebih lanjut ditemukan bahwa mengunyah daun sirih merah menghasilkan rasa nyaman, perasaan bahagia dan kewaspadaan yang meningkat. Selanjutnya, daun sirih merah mengandung senyawa fenolik aromatik yang merangsang pelepasan katekolamin. Oleh karena itu, mengunyah daun sirih merah adalah cara mudah untuk mencegah depresi.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Kenali 10 Gejala Depresi yang Dapat Dialami

8. Merawat Organ Intim Kewanitaan

Daun sirih merah juga dipercaya dapat mengatasi keputihan dan merawat organ intim wanita. Hal ini karena daun sirih merah memiliki sifat antiseptik yang dapat melindungi organ intim dari bakteri jahat.

Caranya, rebus 8 daun sirih merah yang sudah dipotong kecil-kecil dengan 800 ml air. Setelah mendidih, biarkan hingga dingin. Lalu, gunakan rebusan air daun sirih merah itu untuk membasuh organ intim sebanyak dua kali sehari.

Baca juga: 9+ Manfaat Tanaman Krokot, Ternyata Tinggi Nutrisi!

9. Radang Mata

Ternyata, daun sirih merah juga berkhasiat mengobati radang mata lho, Moms. Caranya, siapkan 4 lembar daun sirih merah, lalu cuci dengan dua gelas air sampai mendidih hingga air menyusut. Kemudian dinginkan. Gunakan air rendaman tersebut untuk merendam mata yang sakit. Meski begitu, sebelum melakukannya, lebih baik konsultasikan dulu hal ini ke dokter. Sebab, setiap orang memiliki gejala dan penanganan yang berbeda.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Sakit Mata pada Anak yang Wajib Diwaspadai

10. Mengobati Asma

Asma diakui sebagai kondisi peradangan. Daun sirih merah memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan dengan demikian, membantu dalam pengobatan dan pengelolaan asma. Histamin merupakan mediator inflamasi yang berperan besar dalam menyebabkan asma.

Histamin menyebabkan bronkokonstriksi, tanda asma di mana saluran udara di paru-paru menyempit karena pengetatan otot polos. Penelitian telah menemukan bahwa aktivitas antihistamin daun sirih merah dapat menjadi agen penyebab dalam menurunkan kasus asma bronkial. Selanjutnya, minyak sirih dan polifenol yang ada dalam daun sirih merah memiliki sifat anti-inflamasi yang selanjutnya membantu menurunkan kasus asma.

Baca juga: Terapi Tanaman untuk Kesehatan Mental

11. Meningkatkan Kesehatan

Mulut Patogen yang ada di mulut bertanggung jawab atas infeksi gigi dan karies gigi. Penelitian telah mengamati bahwa mengunyah daun sirih merah dapat menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri.

Daun sirih merah sangat populer sebagai penyegar mulut dan dapat digunakan sebagai pengganti obat yang digunakan untuk mengobati infeksi mulut atau gigi. Ketika makanan dan minuman tinggi gula dikonsumsi, asam bereaksi dengan bakteri yang ada dalam biofilm gigi. Daun sirih merah melindungi terhadap karies gigi dengan menghambat asam yang dihasilkan oleh bakteri saliva.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Yoghurt Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

12. Mengobati Tukak Lambung

Penelitian telah menemukan bahwa mengunyah daun sirih merah adalah obat tradisional kuno yang digunakan untuk mengobati tukak lambung. Agen yang menyebabkan maag merusak lapisan dalam usus, mengurangi produksi lendir lambung dan meningkatkan tingkat stres oksidatif.

Daun sirih merah menghambat pembentukan lesi lambung, meningkatkan produksi lendir lambung (faktor penting yang melindungi terhadap agen penyebab maag) dan mengurangi volume sekresi asam lambung. Fitokimia dan polifenol hadir dalam daun sirih merah memiliki sifat antioksidan dan anti-ulserogenik. Mereka melindungi lapisan dalam usus terhadap racun dan iritasi lainnya dan dengan demikian mengurangi kerusakan secara keseluruhan.

Baca juga: Selain Daun Katuk, Ketahui 7 Makanan Pelancar ASI Ini

13. Obat Malaria

Studi telah menemukan bahwa pada zaman kuno di daerah pedesaan Malaysia daun sirih merah digunakan sebagai obat anti-malaria. Terpen, senyawa yang mempromosikan kesehatan hadir dalam daun sirih merah memiliki sifat anti-malaria. Flavonoid hadir dalam daun sirih merah memiliki aktivitas anti-parasit yang signifikan terhadap strain parasit malaria yang berbeda. Dengan demikian, daun sirih merah mengandung senyawa anti-malaria baru yang dapat digunakan dalam memerangi malaria.

Itulah 13 manfaat daun sirih merah untuk kesehatan. Apakah Moms tertarik mencoba atau menanamnya di rumah?

  • https://www.indiatoday.in/lifestyle/story/5-health-reasons-nobody-told-you-about-chewing-paan-or-betel-leaves-tobacco-areca-nuts-317369-2016-04-11
  • https://www.medindia.net/dietandnutrition/top-10-medicinal-benefits-of-betel-leaves.htm
  • http://news.unair.ac.id/en/2019/08/19/benefits-of-red-betel-leaf-heal-wound/
  • https://www.neliti.com/id/publications/236652/the-benefits-of-red-betel-leaf-extract-for-perineal-wound-healing-in-bpm-rini-di
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait