Kesehatan

6 Juli 2021

12 Tanaman Apotik Hidup dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Cocok Ditanam Di Rumah

Yuk, mulai berkebun di rumah dengan menanam apotik hidup!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Buat Moms dan Dads yang memulai hobi berkebun, tanaman apotik hidup bisa menjadi salah satu pilihan untuk ditanam di rumah, lho. Selain bisa dijadikan sebagai tanaman hias, jenis tanaman ini juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Ya, sesuai banget dengan namanya, apotik hidup. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai tanaman herbal atau tanaman obat keluarga.

Dengan tanah Indonesia yang subur dan iklim yang mendukung, tanaman jenis ini dapat tumbuh sepanjang tahun dan tidak terlalu sulit untuk merawatnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Harus Moms Tahu

Jenis-Jenis Tanaman Apotik Hidup dan Manfaatnya

Selain Jadi Hobi, Ini 5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental 01.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak jenis tanaman apotik hidup dengan manfaat kesehatan yang beragam bisa Moms tanam di pekarangan rumah.

Selain bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keluhan ringan seperti sakit perut, batuk ataupun demam, menurut jurnal Pubmed, beberapa tanaman tertentu bahkan efektif untuk mencegah penyakit berat seperti jantung, kanker hingga diabetes, lho.

Nah, dari sekian banyak tanaman apotik hidup, 12 tanaman berikut bisa jadi pilihan untuk ditanam di halaman ataupun kebun di rumah. Apa saja ya, Moms?

Baca Juga: Sering Dianggap Sebagai Tanaman Liar Biasa, Tapak Liman Ternyata Kaya Manfaat

1. Temulawak

3 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Tanaman apotik hidup yang mudah didapatkan salah satunya adalah temulawak. Sekilas temulawak hampir mirip dengan kunyit, tetapi kalau dilihat lebih jelas kamu pasti tahu bedanya.

Manfaat temulawak sebagai bahan obat sudah teruji secara ilmiah, sehingga sering digunakan sebagai kandungan obat-obatan maupun suplemen. Mengandung senyawa kurkumin, temulawak memberi manfaat seperti menambah nafsu makan, mengobati sembelit, masuk angin dan penyakit yang berhubungan dengan ginjal.

Baca Juga: 3 Manfaat Temulawak, Salah Satu Bahan Jamu Empon-Empon Anti Corona, untuk Kesehatan

2. Daun Pegagan

manfaat-daun-pegagan-yang-berpotensi-mengatasi-depresi-1572604041.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Daun pegagan bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh hingga menurunkan demam. Beberapa orang juga menggunakan tanaman apotik hidup ini untuk menghentikan pendarahan pada luka, terutama luka jatuh atau tergores.

Kandungan anti-inflamasi di dalamnya berperan penting untuk mengatasi jerawat. Meski sering ditemukan tumbuh liar, namun daun pegagan punya banyak manfaat baik.

3. Tanaman Puring

tanaman puring

Foto: Orami Photo Stock

Selain tergolong tanaman apotik hidup, tanaman puring juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias untuk mempercantik pekarangan rumah. Tanaman puring tertentu mengandung zat alkaloids dan flavonoid yang berkhasiat untuk meredakan kesulitan BAB, diare dan demam.

Perlu diingat kalau tidak semua jenis tanaman puring memiliki manfaat yang baik, ada puring tertentu yang beracun dan berbahaya jika tertelan terutama oleh anak-anak. Jadi, pilih jenis puring yang aman untuk ditanam di rumah ya.

4. Lidah Buaya

Tips Menghilangkan Ketombe selama Masa Kehamilan - 02 LIDAH BUAYA.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tanaman apotik hidup yang tak kalah bermanfaat adalah lidah buaya atau aloe vera. Mengutip Medical News Today, lidah buaya memiliki sifat anti bakteri, anti virus dan anti septik. Mengandung zat antioksidan disebut polifenol, tanaman ini berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Selain itu, lidah buaya bisa digunakan sebagai obat topikal dengan cara mengoleskannya pada kulit. Itulah kenapa, lidah buaya sering dimanfaatkan untuk penyembuhan luka bakar.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 11 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Tomat

Tomat-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tomat termasuk tanaman yang wajib ditanam di rumah karena sering dikonsumsi setiap hari. Dijadikan sebagai lalapan, bahan masakan, jus maupun untuk salad. Tomat kaya akan vitamin dan mineral sehingga memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Manfaatnya antara lain menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah dan mencegah sembelit. Bagi perempuan, tomat berkhasiat menjaga kesehatan kulit karena tinggi kandungan vitamin C.

6. Jahe

Cara menanam jahe

Foto: Orami Photo Stock

Jahe sering diramu sebagai minuman karena manfaatnya untuk menghangatkan tubuh. Manfaat jahe bukan itu saja, tanaman asal Asia Tenggara ini juga bisa digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan.

Khasiatnya juga dirasakan ibu hamil terutama pada trimester pertama karena efektif meredakan morning sickness.

Baca Juga: Cara Menanam Jahe di Rumah dan Manfaatnya

7. Jeruk Nipis

Terapi Jeruk Nipis Ala Dewi Yull, Benarkah Bisa Tingkatkan Peluang Hamil? 2

Foto: Orami Photo Stock

Tanaman jeruk nipis cocok untuk ditanam di rumah karena banyak bagiannya yang bermanfaat.

Daun jeruk nipis dapat digunakan untuk menambah aroma masakan, dan buahnya kaya akan antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan berkhasiat untuk meredakan batuk.

8. Kumis Kucing

13+ Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

Foto: Orami Photo Stock

Tanaman kumis kucing selain sebagai penghias rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman apotik hidup. Beberapa manfaat tanaman kumis kucing adalah menurunkan kadar gula darah, membantu meredakan rematik dan masuk angin. Meramunya menjadi obat herbal cukup mudah. Ambil beberapa helai daun kumis kucing, kemudian rebus, dan minum air rebusannya 3 kali sehari.

9. Sereh

10 Manfaat Daun Sereh -1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain menambah aroma pada masakan, sereh juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa penelitian menemukan kalau sereh memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur.

Beberapa manfaat sereh di antaranya membantu mengatasi gangguan pencernaan, memberikan efek antioksidan dengan mengeluarkan racun dalam tubuh, hingga mengontrol tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Sereh mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sereh, Bisa Meringankan Gejala PMS Lho!

10. Daun Pandan

manfaat daun pandan untuk rambut.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tak banyak yang tahu kalau daun pandan ternyata memiliki khasiat penting bagi kesehatan. Selama ini kita hanya menggunakan daun pandan untuk memasak, tanpa tahu manfaat baiknya yang lain.

Mengutip Healthline, daun pandan kaya akan beta karoten dan zat besi. Beta karoten berperan penting untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuh. Sedangkan, zat besi untuk mencegah anemia atau kurang darah.

Temuan lain mengungkapkan bahwa kandungan daun pandan juga bisa mengatasi rasa nyeri dan membantu mengelola kadar gula dalam darah. Wah, tak disangka manfaatnya banyak juga ya!

11. Melati

tanaman pembawa hoki - melati.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tanaman apotik hidup lainnya yang tak kalah bermanfaat adalah melati. Selama ini bunga melati sering dikaitkan dengan hal mistis dan sering digunakan untuk ritual kecantikan. Lebih daripada itu, melati bagus bagi kesehatan mental karena aromanya yang wangi membantu kita lebih rileks. Bunga melati juga memiliki sifat anti-septik untuk menyembuhkan luka.

Untuk orang-orang yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia, dapat memanfaatkan bunga melati dengan diramu menjadi teh dan diminum secara rutin. Senyawa penenang dalam melati dipercaya menenangkan saraf dan memperbaiki pola tidur yang tidak teratur.

Tertarik untuk mencobanya?

12. Begonia

begonia.png

Foto: Orami Photo Stock

Bunga begonia memiliki kandungan zat seperti alkaloid, vitamin C dan asam karbolik yang diyakini bermanfaat untuk mengobati penyakit ringan seperti flu dan gangguan pencernaan. Tanaman apotik hidup yang satu ini juga bisa membantu mengurangi nyeri haid dan mengatasi keputihan.

Bagian batang begonia dapat dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu, dan sering menjadi bahan makanan bagi orang-orang yang bertualang di hutan.

Baca Juga: 9+ Manfaat Tanaman Krokot, Ternyata Tinggi Nutrisi!

Well, itulah jenis-jenis tanaman apotik hidup yang bermanfaat untuk kesehatan. Tak hanya memberi manfaat yang baik bagi tubuh, tanaman-tanaman di atas juga bisa mempercantik pekarangan rumah dan bisa pula menjadi bahan masakan.

Yuk, tanam di rumah, Moms!

  • http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/8762
  • https://www.healthline.com/nutrition/turmeric-and-ginger#_noHeaderPrefixedContent
  • https://www.healthline.com/nutrition/pandan#benefits
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/318591#antioxidant-and-antibacterial-effects
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17022438/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait