Pernikahan & Seks

18 Januari 2021

9 Cara Minta Maaf Kepada Suami, Tidak Perlu Gengsi Moms!

Harus dilakukan dengan tulus ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pertengkaran merupakan hal lumrah yang terjadi dalam sebuah pernikahan, apalagi jika terjadi perbedaan pendapat. Nah, jika sudah begitu, pasangan akan saling diam dan marah.

Tidak ada satupun yang mau meminta maaf terlebih dahulu karena masing-masing merasa pendapatnya adalah yang paling benar. Padahal, minta maaf adalah salah satu kunci untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

Minta maaf memang terdengar mudah ya Moms, namun, ternyata minta maaf tidak sesederhana itu, lho.

Maaf memang mudah diucapkan, tapi cukup sulit dipraktikan. Moms tidak perlu gengsi untuk minta maaf, terutama jika memang kesalahan ada pada Moms.

Lantas bagaimana cara minta maaf kepada suami atau pasangan untuk memperbaiki kehamornisan keluarga? Mari simak cara minta maaf kepada suami yang dapat diterapkan, yuk coba!

Cara Minta Maaf Kepada Suami

Cara minta maaf kepada suami, apa saja?

Foto: Orami Photo Stock

Cara minta maaf kepada suami adalah salah upaya untuk mengembalikan kondisi tidak sedap di dalam keluarga. Meskipun kita sebagai individu merasa pendapat kita adalah yang paling benar, namun minta maaf tidak ada salahnya lho.

Mungkin pasangan lupa tanggal penting, seperti hari ulang tahun, atau mengatakan sesuatu yang menyakitkan. Apa pun kesalahan yang dibuat, mengetahui cara minta maaf kepada suami dengan tulus adalah langkah pertama untuk memperbaiki hubungan dan mengembalikan semuanya ke jalur yang benar.

Berikut ini cara minta maaf kepada suami dengan tulus, coba ya Moms!

1. Akui Kesalahan

Mengakui kesalahan adalah langkah pertama cara minta maaf kepada suami yang harus dilakukan. Meskipun Moms bingung kesalahan apa yang diperbuat, coba renungkan kembali dan coba akui kesalahan sebagai cara minta maaf kepada suami dengan tulus.

"Saya minta maaf karena bertindak seperti seperti tadi," atau "Ayah tidak seharusnya merasa seperti itu, maafkan saya," adalah salah satu cara minta maaf kepada suami yang bisa diterapkan.

Meskipun terlihat klasik, cara minta maaf kepada suami ini bisa meluluhkan kerasnya hati suami ketika sedang mengalami perselisihan.

Sampai akhirnya Moms mengakui kesalahan, ini akan menjadi titik terang membawah hubungan harmonis ke lebih baik.

2. Tunjukan Rasa Penyesalan

Rasa penyesalan harusnya diungkapkan dengan jujur dan tulus, bukan sekadar kata-kata untuk menyenangkan pasangan.

Cara minta maaf kepada suami ini untuk memperlihatkan bahwa kita ikhlas dan niat untuk memperbaiki kondisi yang sedang runyam. Permintaan maaf yang tulus akan menumbuhkan kepercayaan dan memperkuat pernikahan.

Dengan Moms menunjukkan rasa penyesalan sebagai cara meminta maaf kepada suami, boleh menggunakan cara masing-masing yang biasa dilakukan. Ini akan membuat Moms terasa nyaman dan tidak keliru.

3. Bersikap Rendah Hati Saat Meminta maaf

Sikap rendah hati penting dimiliki untuk cara minta maaf kepada suami. Rendah hati menunjukan kualitas diri Moms dalam mengendalikan diri dan emosi.

Mengendalikan amarah dan emosi ketika sedang bertengkar memang sulit dilakukan, namun ini dapat diterapkan dengan bertahap. Berusaha untuk bersikap rendah hati saat berkomunikasi dengan suami, serta meminta maaf dengan ikhlas dapat mengembalikan keharmonisan dalam keluarga.

Kalau dalam hati Moms masih merasa menjadi yang paling benar, tentunya Moms tidak akan menjadi pribadi yang lebih baik. Maka dari itu, terapkan cara minta maaf kepada suami ini, ya Moms!

Baca Juga: Kalau Mengalami 6 Hal Ini, Tandanya Kita Sudah Merasa Bahagia dengan Pasangan

4. Maafkan Diri Sendiri

Terkadang, kesalahan yang Moms perbuat terlalu menyakitkan sehingga sulit sekali untuk memaafkan diri sendiri.

Tapi ini adalah langkah penting sebelum menerapkan cara minta maaf kepada suami, yang harus Moms lakukan. Menerima dan mengakui kesalahan serta memaafkan diri sendiri akan membuat diri menjadi lebih dewasa.

Ketika Moms telah memaafkan diri sendiri, ini akan membuka jalan untuk dapat menerima kesalahan dan permintaan maaf dari pasangan.

Selain mengetahui cara minta maaf kepada suami, memperhatikan diri sendiri juga tak kalah penting dalam menjalin hubungan pernikahan.

5. Buat Rencana

Tunjukkan pada pasangan bahwa Moms tidak akan melakukan kesalahan serupa.

Jika perlu, paparkan langkah-langkah yang akan Moms lakukan untuk menghindari kesalahan itu sebagai cara minta maaf kepada suami yang bisa dicoba. Jangan lupa minta pendapat pasangan dan terbuka terhadap semua kemungkinan baru.

Dengan ini, pasangan akan merasa dihargai dan hubungan pernikahan akan semakin membaik.

Baca Juga: Anti Bosan, Ini 6 Tips Pernikahan Langgeng Hingga Tua

6. Praktikan Rencana

Jangan hanya teori, lakukan juga rencana tersebut sebagai bagian dari cara minta maaf kepada suami. Jika bisa menjalaninya dengan baik, pasangan akan bisa menaruh kepercayaan lagi pada Moms.

Diskusikan dengan pasangan apakah rencana yang telah dilakukan sejalan dengan suami atau tidak. Jika salah satu merasa tidak cocok, cari jalan tengah agar tidak menimbulkan permasalahan baru.

7. Sentuhan Fisik

Cara minta maaf kepada suami lainnya dapat melalui sentuhan fisik, lho!

Sentuhan fisik seperti pelukan atau ciuman dapat menenangkan emosi seseorang yang sedang tinggi-tingginya.

Peluk pasangan dan katakan dengan lembut permintaan maaf yang ikhlas. Seorang suami yang baik, ia akan luluh ketika merasakan kehangatan dan ketulusan hati ketika Moms mencoba menerapkan cara minta maaf kepada suami.

8. Komitmen Tidak Mengulanginya

Permintaan maaf terbaik tidak akan membuat perbedaan sedikit pun jika kita terus membuat kesalahan yang sama. Jadi buatlah komitmen untuk mencegah hal itu terjadi.

Misalnya, jika Moms lupa mengurus tugas penting, coba atur pengingat untuk diri sendiri agar hal itu tidak terjadi lagi.

Ini akan menunjukkan kepada pasangan bahwa Moms menanggapi perasaan suami dengan serius dan berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Ini merupakan cara minta maaf kepada suami yang ampuh untuk dicoba.

9. Berikan Waktu

Ini adalah langkah lain dari cara minta maaf kepada suami untuk mengembalikan suasana dalam keluarga. Memberikan waktu sendiri kepada diri sendiri dan suami adalah cara yang tepat, lho!

Manusia membutuhkan waktu untuk merenungkan kesalahan dan mencari jalan untuk memperbaiki hubungan.

Jika Moms ingin hubungan pernikahan kembali tentram, berikan waktu untuk diri sendiri dan keluarga, ya!

Baca Juga: Sabar Moms, Ini 4 Cara Menghadapi Suami yang Pemarah

Itulah langkah-langkah cara minta maaf kepada suami yang bisa Moms lakukan sedang bertengkar dengan pasangan. Semoga berhasil!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait