Resep

RESEP
31 Desember 2020

Ingin Camilan Enak? Coba Buat Varian Resep Kue Sagu Berikut Ini, Moms!

Salah satu kuliner berbahan dasar sagu yang populer di kalangan masyarakat adalah kue sagu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Kue sagu menjadi salah satu camilan yang banyak dibuat. Moms mungkin ingin mencari tahu apa resep kue sagu, dan dari mana asal muasal kue ini.

Seperti yang diketahui, masyarakat Indonesia Timur tak hanya mengonsumsi beras sebagai makanan pokok, namun juga sagu. Mulai dari Maluku, Papua, hingga Nusa Tenggara mengenal sagu sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Umumnya, pohon sagu tumbuh di tepian sungai atau wilayah dengan pasokan air yang tinggi seperti rawa-rawa.

Menurut buku berjudul 'Sagu dan Olahannya' yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pohon sagu memiliki nama latin metroxylon sp dan masih satu keluarga dengan pohon kelapa.

Pohon sagu masuk dalam tumbuhan monokotil atau berbiji keping satu dari keluarga Palmae, Marga (genus) Metroxylon dari ordo Spadiciflorae. Pohon sagu bisa tumbuh hingga ketinggian 20 meter.

Baca Juga: Resep Colorful Cookie Bar, Kue Kering Kekinian Untuk Sajian Lebaran

Dalam satu pohon sagu dengan tinggi lebih dari 20 meter, dapat menghasilkan 150-300 kg tepung sagu.

Salah satu kelebihan sagu dibandingkan makanan pokok lainnya seperti nasi adalah kadar karbohidratnya yang tinggi namun rendah gula sehingga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sudah lanjut usia atau penderita diabetes.

Seiring berkembangnya zaman, sagu tak hanya dijadikan makanan pokok, namun ada berbagai varian kuliner lainnya. Salah satu kuliner berbahan dasar sagu yang populer di kalangan masyarakat adalah kue sagu.

Meskipun sagu pertama kali dikenal dari Indonesia Timur, tapi kepopuleran kue sagu sudah sampai ke seluruh penjuru Indonesia.

Bahkan setiap daerah memiliki ciri khas kue sagu. Pembuatannya yang mudah dan rasanya yang lezat sebagai teman minum teh dan kopi, menjadikan kue sagu sebagai salah satu camilan favorit banyak orang.

Tak hanya itu, tekstur kue sagu yang lembut dan lumer di mulut juga jadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai si kue sagu.

Nah, Moms juga bisa lho membuat kue sagu sendiri di rumah dengan berbagai pilihan resep kue sagu yang dapat disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan. Apakah Moms tertarik mencobanya di rumah?

Baca Juga: Mudah Dibuat dan Lezat, Ikuti Resep Kue Natal Orange Choco Financier Ini

1. Resep Kue Sagu Keju

resep kue sagu

Foto: Instagram.com/fatmahbahalwan

Selain dijadikan camilan di pagi hari sambil ditemani dengan secangkir teh atau kopi, kue sagu termasuk dalam jajaran kue kering yang wajib dihidangkan ketika acara-acara spesial, seperti lebaran, Hari Natal, hingga acara keluarga lainnya.

Salah satu kue sagu yang memiliki rasa unik dan nikmat ialah kue sagu keju. Meskipun kue sagu keju banyak dijual di pasaran, namun tak ada salahnya Moms mencoba membuat kue ini di rumah. Berikut ini resep kue sagu keju.

Baca Juga: Resep Kue Kering Nastar untuk Natal, Enak!

Bahan-bahan:

  • 430 gram tepung sagu
  • 5 lembar daun pandan
  • 1 sachet susu bubuk
  • 150 gram margarin
  • 50 gram butter Wijsman
  • 150 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 60 ml santan kental
  • 150 gram keju parut

Baca Juga: 3 Resep Kue Kering Berbahan Sayur untuk Balita

Cara Membuat:

  1. Sangrai tepung sagu bersama daun pandan di atas wajan dengan api kecil. Tunggu hingga daun pandan mengering. Lalu, masukkan susu bubuk, kemudian aduk hingga merata dan matikan kompor. Selanjutnya, angkat dan sisihkan.
  2. Masukkan gula halus, margarin, butter wijsman, ke dalam wadah dan aduk menggunakan mixer selama 5 menit hingga teksturnya berubah menjadi halus.
  3. Berikutnya, masukkan dua kuning telur dan aduk hingga merata. Lalu, masukkan santan kental, aduk lagi sampai semua adonan tercampur rata. Terakhir, masukkan parutan keju dan aduk.
  4. Setelah semua adonan tercampur dengan rata, campurkan adonan dengan tepung sagu yang sudah disangrai dan aduk hingga merata.
  5. Lalu, masukkan adonan ke dalam plastik piping bag, siapkan juga spuit. Lalu tekan adonan di atas loyang yang beralas kertas roti supaya tidak lengket.
  6. Masukkan adonan yang siap dipanggang ke dalam oven yang telah dipanaskan. Kemudian, masak selama 25-30 menit dengan api sedang hingga matang merata dan garing. Hal penting yang perlu diperhatikan ketika memanggang kue sagu keju ialah waktu dan temperatur atau suhu oven agar kue tidak gosong.
  7. Setelah matang diamkan hingga dingin lalu masukkan ke dalam toples. Pastikan uap panas kue sudah hilang sebelum dimasukkan ke dalam toples ya, Moms.

Kini resep kue sagu keju sudah siap disantap untuk menemani kegiatan Moms di rumah.

Baca Juga: Resep Nagasari, Kue Tradisional Berbahan Pisang

2. Resep Kue Sagu Anti Gagal

resep kue sagu

Foto: Instagram.com/resep_kuekeringku

Bagi Moms yang belum terbiasa atau ingin menjajal membuat kue-kue kering di rumah, tentu ada perasaan takut gagal dan tidak percaya diri.

Jika ya, maka resep kue sagu bisa jadi salah satu alternatif resep kue yang bisa Moms coba di rumah.

Sebab, pembuatannya mudah, bahan-bahannya pun bisa didapatkan di mana saja sehingga sangat mudah dipraktikan bagi Moms yang baru belajar membuat kue kering. Berikut ini resep kue sagu anti gagal dan lumer di mulut.

Baca Juga: Resep Bublanina, Kue Buah Asal Ceko

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung sagu
  • 150 gram mentega
  • 150 gram gula halus
  • 1 butir kuning telur
  • 60 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat:

  1. Sangrai tepung sagu dan pandan menggunakan api kecil hingga daun pandan berubah menjadi kecokelatan dan kering. Selanjutnya, angkat dan diamkan hingga dingin.
  2. Kocok mentega hingga halus, kemudian tambahkan gula halus dan aduk hingga merata. Selanjutnya, tambahkan kuning telur dan kocok sampai semua bahan tercampur.
  3. Masukkan tepung sagu yang sudah disangrai secara bertahap lalu aduk hingga merata. Setelah rata, tambahkan santan kental dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  4. Setelah adonan kue sagu siap, kini saatnya memasukkan adonan ke dalam plastik segitiga. Lalu tekan adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti. bentuk adonan sesuai selera. Setelah selesai, jangan lupa diolesi mentega.
  5. Langkah berikutnya, panggang oven dengan suhu 120 derajat selama 25 menit. Atau apabila dirasa kurang panas, Moms bisa menyesuaikan sendiri ya suhu dan waktunya. Pastikan kue sagu matang sempurna dan tidak gosong.

Itulah resep kue sagu keju dan kue sagu anti gagal yang bisa Moms coba di rumah. Apabila Moms tidak suka keju, bisa mengganti isiannya dengan berbagai topping seperti meses, sprinkle, chocolate chips, dan cokelat parut.

Artikel Terkait