Tren

13 Maret 2018

6 Pekerjaan Ini Cocok untuk Orang Introvert

Introvert bukan berarti anti sosial.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Seperti yang kita tahu, dalam dunia psikologi, terdapat dua pengelompokan kepribadian manusia, yaitu ekstraversi (ekstrovert) dan introversi (introvert). Beberapa anggapan yang menyebutkan bahwa orang-orang dengan kepribadian introvert cenderung bersikap pemalu dan penyendiri, itu sebenarnya kurang tepat.

Para introvert terlihat pendiam karena mereka lebih banyak melalui proses berpikir sebelum bertindak atau berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan berpikir dengan matang inilah yang justru membuat mereka cocok melakukan beberapa pekerjaan berikut.

1. Akuntan

Pekerjaan akuntan menuntut seseorang untuk banyak berdiam di balik meja kerjanya. Seorang akuntan ahli dalam menghitung dan mengolah angka-angka.

Nah, orang-orang introvert yang cenderung lebih senang tidak bertemu dengan banyak orang, akan menikmati pekerjaan yang membutuhkan banyak berpikir dan ekstra fokus.

2. Editor

Editor atau penyunting buku terbiasa bekerja dengan fokus yang tinggi dalam mengolah kata-kata. Mereka bisa menghabiskan waktu yang lama di balik meja untuk menyunting naskah sehingga lebih mudah dibaca.

Pekerjaan seperti editor atau penulis cocok untuk para introvert yang gemar menyelam dalam imajinasi dan merangkainya ke dalam kata-kata.

Baca juga: 4 Cara Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Kantor

3. Social Media Manager

Meskipun para introvert lebih suka bekerja sendiri, bukan berarti mereka anti sosial. Ada kalanya orang-orang introvert menikmati interaksi dengan orang lain.

Menjadi social media manager misalnya, karena pekerjaan ini memungkinkan para introvert untuk tetap berhubungan dengan orang lain tanpa bertemu langsung.

Mereka juga bisa lebih matang dalam memikirkan strategi pemasaran melalui sosial media.

4. Desainer Grafis

Seorang desainer grafis banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja dengan perangkat gambar miliknya. Mereka membutuhkan fokus yang lebih besar dalam menyelesaikan sebuah ilustrasi.

Tidak sedikit desainer grafis yang memilih waktu tenang tanpa diganggu banyak orang ketika bekerja. Para introvert akan menikmati kenyamanan dalam bekerja menjadi seorang desainer grafis.

Baca juga: 5 Tanda yang Kita Perlu Cuti Sejenak dari Aktivitas Kantor

5. Peneliti

Para peneliti mengandalkan kemampuan berpikir dalam bekerja. Mereka terbiasa mempersiapkan segala sesuatunya dengan detail sebelum mulai meneliti. Pekerjaan yang membutuhkan banyak berpikir ini sangat cocok untuk para introvert.

Sebelum para peneliti berinteraksi dengan banyak orang untuk wawancara mengenai suatu hal, mereka menuliskan poin-poin penting yang menjadi pokok pembicaraan. Cara seperti ini juga sering dilakukan seorang yang introvert.

6. Penerjemah

Seperti seorang penulis, penerjemah juga berkutat dengan kata-kata dalam bekerja. Mereka tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain.

Kemampuan berpikir introvert dapat dipakai dalam menemukan kata-kata yang sesuai dalam menerjemahkan suatu tulisan. Seorang introvert akan semakin berkembang jika melakukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya.

Nah, apakah Moms memiliki kepribadian yang introvert? Salah satu dari profesi di atas mungkin bisa menjadi pilihan jika ingin berkarir.

(OMI)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait