ADVERTISEMENT

GIZI
29 November 2021

5 Vitamin untuk Mengencangkan Payudara selain dengan Berolahraga

Vitamin E memiliki efek signifikan pada payudara lho Moms!

Foto: freepik.com/ViDIstudio

Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sebagai aset untuk kaum hawa, payudara harus terus dirawat. Selain lewat olah raga dan makanan, ada juga vitamin untuk mengencangkan payudara yang bisa dikonsumai.

Sebab, perempuan akan mengalami perubahan pada payudara di tahun-tahun reproduksinya. Payudara akan terasa berkerut, tidak terlalu kenyal, bergelombang, dan tidak lagi kencang.

Baca Juga: Alami Payudara Gatal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Perubahan pada Payudara

Foto: Ketahui Mengenai Perubahan Payudara Saat Hamil 3.jpg (https://parent24.com/)

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum menikah dan memiliki anak, perubahan payudara akan terasa saat sebelum dan setelah menstruasi.

ADVERTISEMENT

Vitamin tertentu dapat membantu dalam mengurangi gejala perubahan payudara yang membuat tidak nyaman.

Setelah melahirkan dan menyusui, perubahan pada payudara akan jelas terjadi. Sebab, saat menyusui payudara akan diisi oleh ASI yang dibutuhkan oleh bayi.

Setelah menyapih, payudara akan kembali ke ukuran semula namun tidak lagi kencang. Ini yang menyebabkan kaum hawa kurang percaya diri dengan penampilannya setelah menyusui.

ADVERTISEMENT

Mengkonsumsi nutrisi yang tepat adalah tips terbaik untuk mengencangkan payudara, karena payudara terdiri dari kelenjar susu dan jaringan lemak.

Areola adalah bagian gelap dari payudara yang mengelilingi puting. Genetika, hormon, kehamilan, dan nutrisi dapat mengubah ukuran payudara.

Berbagai makanan dan vitamin untuk mengencangkan payudara dipercaya dapat melindungi payudara dari kerusakan dan meningkatkan ukuran dan kekencangan payudara.

Baca Juga: Tak Perlu Minder, Pahami Penyebab Wanita Memiliki Payudara Kecil

ADVERTISEMENT

Vitamin untuk Mengencangkan Payudara

Foto: Vitamin-and-minerals-resized.jpg (unlockfood.ca)

Foto: Orami Photo Stock

Banyak Moms yang mengkonsumsi vitamin utnuk mengencangkan payudara karena ingin mempertahankan ukuran dan bentuknya, karena dapat juga menunjang penampilan.

Selain itu, pemberian vitamin juga dikaitkan dengan bagian dari merawat kesehatan payudara yang harus dilakukan oleh seluruh perempuan.

Sebelum mengonsumsi vitamin untuk mengencangkan payudara, konsultasikan dulu dengan dokter untuk diagnosis yang tepat dan rencana perawatan yang lebih baik. Beberapa vitamin tersebut yakni:

1. Vitamin E

ADVERTISEMENT

Vitamin E dapat menjadi vitamin untuk mengencangkan payudara yang pertama. Menurut Dr. Tori Hudson, seorang dokter naturopati dan penulis ‘Women's Encyclopedia of Natural Medicine’, vitamin E dapat mengobati penyakit payudara yang jinak atau non-kanker.

“Meski tidak semua penelitian menunjukkan bahwa vitamin E memiliki efek signifikan pada payudara, tetapi beberapa telah menunjukkan kelegaan dari nyeri payudara atau nyeri tekan yang terkait dengan perubahan fibrokistik,” jelasnya.

Dr. Tori juga merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin E setidaknya selama dua bulan untuk mengevaluasi kemanjurannya.

Vitamin E memiliki delapan bentuk antioksidan yang berbeda, dan bentuk yang paling dipertahankan dalam tubuh adalah bentuk alami, yakni alpha tocopherol.

D-alpha tokoferol tersedia sebagai suplemen, dan juga dapat ditemukan dalam minyak nabati kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran berdaun hijau, menurut Micronutrient Information Center.

2 . Vitamin A

Vitamin A telah menunjukkan harapan dalam mengurangi gejala perubahan payudara. Dr. Tori mengatakan bahwa jaringan payudara mengandung reseptor vitamin A yang mempengaruhi DNA dan mengurangi risiko perubahan payudara, baik yang jinak maupun yang berbahaya.

“Tampaknya vitamin A dosis tinggi mungkin diperlukan untuk mengurangi gejala payudara fibrokistik, dan ini mungkin tidak praktis untuk semua perempuan,” jelasnya.

Meski begitu, tingginya kadar vitamin A dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit kepala dan kekeringan pada kulit dan mulut. Juga, vitamin A tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan.

ADVERTISEMENT

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi payudara dari radikal bebas yang merusak dan dapat menunda pertumbuhan payudara.

Beta-karoten adalah alternatif lain, karena menyediakan vitamin A tetapi tampaknya tidak memiliki efek samping yang negatif.

Beta-karoten dapat ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye. Sumber makanan lain dari vitamin A termasuk minyak ikan cod telur, mentega dan susu.

Vitamin A juga tersedia sebagai suplemen, baik dalam bentuk retinil palmitat, retinil asetat dan beta-karoten.

Baca Juga: Waspada Moms, Ini 3 Makanan Penyebab Kanker Payudara

3. Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki tiga bentuk: pyridoxal, pyridoxine dan pyridoxamine. Piridoksal 5'-fosfat yang merupakan bentuk koenzim utama vitamin B6 sangat penting untuk sejumlah besar reaksi kimia dalam tubuh.

Vitamin B6 penting untuk fungsi otak, saraf, jantung, sel darah merah, sistem kekebalan tubuh dan hormon.

ADVERTISEMENT

Perubahan payudara dapat disebabkan oleh faktor pencernaan dan hormonal, dan vitamin B6 membantu mengatur sistem ini.

Sebagai vitamin untuk mengencangkan payudara, Vitamin B6 tersedia sebagai suplemen, baik sendiri atau sebagai bagian dari B-kompleks.

Selain itu, Vitamin B6 juga terdapat pada beberapa makanan yang dapat dengan mudah ditemui, seperti buah pisang, salmon, kalkun, ayam, kentang dan bayam.

4. Vitamin C

Sebagai salah satu vitamin untuk mengencangkan payudara, vitamin C merupakan salah satu antioksidan larut air yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat melindungi payudara dari radikal bebas berbahaya yang dapat mengganggu pertumbuhan payudara.

5. Vitamin D

Ini adalah vitamin yang larut dalam lemak yang membantu pengkodean genetik mendorong pertumbuhan payudara.

Ini juga dapat meningkatkan tonus otot, membantu penyerapan kalsium, memperbaiki jaringan yang rusak, dan menurunkan risiko kanker payudara.

Vitamin untuk mengencangkan payudara ini banyak yang sudah berbentuk suplemen, sehingga akan memudahkan Moms untuk mengkonsumsinya.

https://www.livestrong.com/article/475278-the-effect-of-vitamin-e-on-breast-lumps/

https://lpi.oregonstate.edu/mic/vitamins/vitamin-E

https://www.inlifehealthcare.com/breast-growth-foods/#:~:text=Vitamin%20D%20is%20a%20fat,the%20risk%20of%20breast%20cancer.

Sebelumnya

7 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak!
Floria Zulvi • 29 Nov 2021

Selanjutnya

Kenalan dengan Konyaku, Cocok untuk Turunkan Berat Badan!
Rizky • 01 Des 2021

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT