Program Hamil

28 Juni 2021

7 Aplikasi Menghitung Masa Subur Gratis, Bisa untuk Program Hamil dan KB!

Malas membuat kalender masa subur sendiri? Santai, coba saja beberapa aplikasi di bawah ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Aplikasi menghitung masa subur perlu untuk Moms miliki di telepon genggam ataupun di gadget lainnya. Lewat aplikasi mengitung waktu subur Moms bisa mengetahui masa subur dan atau saat-saat masa menstruasi.

Di era digital hari ini, banyak aplikasi yang bisa membantu kita dalam melakukan banyak hal. Termasuk, membantu menentukan masa subur wanita.

Aplikasi menghitung masa kesuburan sangat berguna bagi Moms yang sedang menjalani program hamil, atau yang berpikir untuk menunda memiliki buah hati. Berbagai manfaat dan pengetahuan mengenai persiapan kehamilan, perhitungan siklus menstruasi atau masa subur biasanya juga tersedia pada aplikasi tersebut.

Baca Juga: 9+ Tips Berhubungan Seks saat Ovulasi agar Cepat Hamil, Yuk Coba!

"Teknologi baru, dan khususnya pelacakan diri, mengubah cara kita memandang tubuh dan kesehatan kita. Aplikasi memberikan informasi yang berharga mengenai perubahan hormon dan masa ovulasi dalam skala waktu yang tepat," ungkap Laura Symul peneliti yang berkerja di Lab Epidemiologi Digital EPFL.

Oh ya, ada fitur-fitur yang membantu Moms menjadwalkan kapan melakukan hubungan seksual. Atau untuk mencatat data kapan terakhir kali Moms dan pasangan menggunakan pengaman saat berhubungan.

Mau tahu, aplikasi menghitung masa subur mana saja yang bisa Moms manfaatkan? Simak daftarnya!

Baca juga: Berapa Kali Frekuensi Ideal Hubungan Seksual?

Aplikasi Menghitung Masa Subur

Ada beberapa aplikasi menghitung masa subur yang bisa Moms pilih untuk membantu Moms yang sedang melakukan program hamil. Aplikasi menghitung masa subur ini pun bisa menjadi alat bantu Moms yang sedang menjalani program KB alami.

1. Period Tracker

Aplikasi Periodtrackter 3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Aplikasi menghitung masa subur yang pertama adalah Period Tracker. Aplikasi ini membantu menghitung siklus menstruasi dengan tepat. Tinggal isi data tanggal kapan Moms terakhir menstruasi dan berapa lama menstruasi terjadi. Ketika data sudah dicantumkan, aplikasi akan memberikan notifikasi di jadwal menstruasi bulan selanjutnya.

2. Ovulation Calculator

Aplikasi Ovulation Calculator 5.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Aplikasi menghitung masa subur yang selanjutnya adalah Ovulation Calculator. Aplikasi ini memiliki fitur ovulation tracker untuk mengetahui kapan masa subur terjadi. Hal ini sangat penting untuk Moms yang menjalani program hamil. Karena dapat mengetahui kapan ovulasi dan peluang pembuahan di waktu yang tepat.

Baca juga: 5 Masalah Sistem Reproduksi Ini Bisa Menghambat Kesuburan

3. Kalkulator Masa Subur dan Kehamilan

Aplikasi Kalkulator Masa Subur dan Kehamilan 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Aplikasi ini berbahasa Indonesia, sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta downloader. Aplikasi ini akurasinya dapat diandalkan. Bahkan, bisa membantu menentukan masa subur untuk wanita yang haidnya tidak teratur.

4. Ovulation Calendar

aplikasi menghitung masa subur

Foto: Google Play

Aplikasi ini membantu pengguna mengetahui saat paling subur berdasarkan perhitungan siklus haid. Aplikasi ini juga memberikan prediksi jenis kelamin anak berdasarkan waktu subur dan saat terjadinya pembuahan. Aplikasi ini memberikan jaminan, dengan panduannya Moms bisa hamil 3 kali lebih cepat. Benar atau tidak, silakan dicoba sendiri!

Baca juga: Kenali 5 Penyebab Masalah Kesuburan Pria Berikut Ini Yuk, Moms

5. Flo

aplikasi menghitung masa subur

Foto: Flo Health

Salah satu aplikasi menghitung masa subur lain adalah Flo. Aplikasi ini bisa melacak jadwal menstruasi, kalkulator kesuburan, serta kalender menstruasi.

Moms bisa menggunakan aplikasi Flo dengan gratis. Kendati demikian, ada beberapa fitur yang hadir dengan membuka fitur berbayarnya. Fitur berbayarnya pun bisa membantu Moms dalam memahami siklus dan kondisi kesehatan Moms lebih baik.

Aplikasi ini pun bisa melacak seberapa jauh Moms berjalan hari ini untuk melacak kesehatan Moms.

Moms juga bisa mengisi gejala sebelum hamil atau menstruasi ke dalam aplikasi ini agar hasil yang ditunjukkan semakin akurat.

Moms pun bisa menambahkan kapan terakhir melakukan hubungan seksual dengan Dads dengan atau tanpa pengaman untuk menunjukkan hasil kemungkinan kehamilan. Praktis banget ya, Moms!

Baca Juga: Program Hamil untuk Anak Laki-laki? Ketahui Hal-hal Berikut Ini

6. Ovia Fertility and Cycle Tracker

aplikasi menghitung masa subur

Foto: Google Play

Salah satu aplikasi menghitung masa kesuburan yang paling efektif dan bisa membantu Moms adalah Ovia. Aplikasi ini bsia membantu Moms dengan data seperti emperatur basal dan posisi leher rahim.

Sama seperti aplikasi lainnya, Ovia Fertility and Cycle Tracker pun bisa membantu Moms untuk memprediksi waktu menstruasi selanjutnya berdasarkan data yang sudah Moms masukan.

Tidak sampai situ, Moms! Aplikasi ini pun menyediakan saran tentang hal yang bisa Moms lakukan agar peluang kehamilan pun menjadi lebih besar seperti menu makan harian.

Baca Juga: Adakah Kemungkinan Hamil Pada Masa Tidak Subur? Simak Penjelasannya

6. Glow

aplikasi menghitung masa subur

Foto: Google Play

Glow pun adalah salah satu aplikasi menghitung masa subur nih, Moms. Aplikasi ini akanmembantu Moms menentukan masa subur dengan tujuan membantu kehamilan terjadi.

Menariknya lagi, Moms bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis walau tentu ada beberapa fitur yang menguntungkan jika Moms membuka fitur berbayar.

Moms bisa menggunakan fitur meditasi untuk mengurangi stres dan membandingkan gejala yang terjadi pada tubuh dengan orang lain yang mengalami gejala serupa.

Nah, bukan hanya untuk para perempyan nih! Glow adalah aplikasi mengitung masa subur yang bisa digunakan oleh para Dads! Dads pun bisa ikut memasukkan data untuk mengetahui masa subur.

Jadi, usaha untuk program kehamilan pun bisa dilakukan dengan lebih maksimal nih!

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Masalah Kesuburan Pria Berikut Ini Yuk, Moms

7. Clue

aplikasi menghitung masa subur

Foto: Clue Apps

Clue adalah aplikasi menghitung masa subur yang hadir untuk pengguna produk Apple dan juga Android nih, Moms! Sama seperti aplikasi yang disebutkan, aplikasi ini pun bisa mengetahui jadwal menstruasi.

Clue pun akan menyediakan sederet informasi mengenai gejala PMS, hormon seks, kondisi psikologis, emosi hingga cairan yang keluar dari vagina.

Nah itu dia Moms beberapa apkikasi menghitung masa subur yang bisa Moms unduh dan manfaatkan untuk program kehamilan atau KB alami.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait