Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Keamanan Bayi | Jun 22, 2018

Bayi Jatuh dan Terbentur, Ini 8 Tanda Harus Segera Dibawa ke Dokter

Bagikan


Bayi Jatuh dan Terbentur, Ini 8 Tanda Harus Segera Dibawa ke Dokter

Melihat bayi terjatuh dan terbentur cukup keras, seperti jatuh dari meja ganti atau ranjang, bisa sangat menakutkan bagi orang tua. Naluri pertama Moms setelah melihatnya mengalami kecelakaan tentu memastikan apakah ia baik-baik saja.

Mengetahui tanda-tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan Si Kecil setelah jatuh yang serius sangat penting dalam menghadapi situasi ini.

Semakin cepat Moms menentukan ada sesuatu yang salah, semakin cepat pula Moms bisa mendapatkan bantuan yang diperlukan untuk memastikan ia dapat mengalami pemulihan secara optimal. 

Baca Juga : Bayi Jatuh dari Tempat Tidur, Hal Mengerikan Ini Terjadi

Pertolongan Pertama Menangani Bayi yang Terjatuh dan Terbentur

Menurut HealthLine, terjatuh mungkin membuat Si Kecil kehilangan kesadaran, tampak pincang atau terluka, lalu biasanya kembali sadar dan tampak baik-baik saja tidak lama kemudian.

Bagaimanapun, dalam kondisi darurat medis kenali jika Si Kecil mengalami cedera kepala serius, seperti tanda-tanda pendarahan atau tidak sadarkan diri, hubungi layanan darurat setempat sesegera mungkin.

Jangan pindahkan anak dalam kondsii ini kecuali jika ia berisiko terkena cedera lebih lanjut. Namun, jika bayi muntah setelah jatuh atau tampak mengalami kejang, putar dari sisi ia jatuh, jaga agar leher tetap lurus.

Jika Moms melihat pendarahan, usap dan tekan dengan lembut menggunakan kain kasa, handuk bersih, atau kain halus sampai bantuan tiba. 

Tapi, jika tidak tampak terluka parah, lepaskan dengan lembut dan hibur Si Kecil. Ia mungkin merasa takut dan khawatir. Sambil menghiburnya, periksa apakah kepalanya menunjukkan tanda-tanda cedera. Moms harus menghubungi dokter setelah ia jatuh dari tempat tidur jika usianya kurang dari 1 tahun.

Saat Moms tidak segera menemukan tanda-tanda cedera, letakkan Si Kecil dengan nyaman. Begitu ia tenang, Moms bisa memeriksa tubuhnya untuk menemukan luka atau memar.

Baca Juga : 7 Tips Menghindari Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

Hubungi Dokter Jika Si Kecil Menunjukkan Cedera Serius

Jika Si Kecil kehilangan kesadaran atau tidak bernapas, mulailah resusitasi jantung kardiopulmoner (CPR) dan hubungi layanan darurat untuk mendapatkan bantuan. NewKidsCenter menyarankan perawatan medis harus segera dilakukan jika muncul tanda bahaya bayi terjatuh meliputi:

  1. Kejang
  2. Pendarahan yang tidak berhenti setelah ditekan
  3. Si kecil bernapas tetapi tidak responsif atau Moms tidak bisa membangunkannya saat ia pingsan
  4. Tanda-tanda patah tulang seperti tungkai duduk pada sudut yang canggung
  5. Tanda-tanda cedera otak seperti pergerakan mata yang tidak biasa atau perubahan ukuran pupil
  6. Tanda-tanda patah tulang tengkorak (area bengkak dan lembut di kulit kepala bayi, ditemukan darah pada pupil mata, darah atau cairan pink yang deras dari telinga atau mata)
  7. Tanda-tanda gegar otak seperti kantuk berlebihan, muntah, perubahan pada cara merangkak atau berjalan, sakit kepala, pusing, kebingungan, lemah, bermasalah dengan penglihatan, keterampilan motorik atau kemampuan bicara
  8. Berteriak atau menangis berkepanjangan yang bisa menandakan adanya luka dalam

Baca Juga : Fatal Akibatnya, Ini Alasan Bayi Cuma Boleh Menggunakan Car Seat Paling Lama 2 Jam!

Bertindak cepat dan memeriksa Si Kecil dapat membantu Moms mengurangi risiko bahaya bayi terjatuh lebih lanjut. Moms mungkin perlu terus memperhatikananak  selama satu bulan untuk memastikan efek jangka panjang dari cedera otak belum terjadi.

Terlibat dalam pencegahan bayi kembali terjatuh dapat membantu memastikan bahwa Moms tidak perlu khawatir dan panik karena Si Kecil terjatuh dan terbentur di lain kesempatan.

(RGW)

Sumber: babycenter.com, healthline.com, newkidscenter.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.