Resep

3 Juni 2021

9+ Cabe Terpedas di Dunia, Berani Coba Moms?

Berbagai cabe pedas yang kita temui sehari-hari adalah hanya sebagian kecil dari jajaran cabe terpedas di dunia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika Moms pernah merasa bahwa cabe yang biasa Moms temui di pasar seperti cabe domba adalah cabe terpedas di dunia, maka itu adalah tanda bahwa Moms harus mencoba rasa cabe lainnya. Moms harus tahu bahwa terdapat beberapa daftar cabe terpedas di dunia.

Cabe terpedas di dunia terus berubah dan berevolusi. Setiap tahun, varian cabe baru dibuat atau ditemukan oleh para petani. Jadi jika Moms tertarik pada daftar cabe terpedas di dunia, maka Moms harus sering memeriksa atau melihat kembali apa jenis cabe terpedas di dunia.

Dikutip dari Chili Pepper Madness, terdapat banyak sekali artikel berita pada 2017 yang menunjukan informasi cabe terpedas di dunia. Misalnya Dragon’s Breath Pepper dan Pepper X yang sangat luar biasa rasanya.

Cabe terpedas di duni bisa dinilai dari Scoville Heat Unit (SHU) yang menggambarkan ukuran kepedasan. SHU adalah cara mengukur seberapa pedas cabe dengan melihat konsentrasi capsaicinoid. Capsaicin adalah bahan kimia yang bertanggung jawab atas sensasi pedas di dalam cabe.

Baca Juga: 4 Bumbu Pedas yang Baik bagi Kesehatan

Daftar Cabe Terpedas di Dunia

Bukan cabe sembarangan yang mudah Moms temui, berikut ini adalah daftar cabe terpedas di dunia hingga saat ini atau 2021. Semuanya disusun dari cabe yang terpedas di dunia, hingga yang paling ringan.

1. Carolina Reaper: 2.200.000 SHU

carolina reaper

Foto: livescience.com

Juara dunia sebelumnya ini kembali hadir sebagai pemenang secara resmi sebagai The Worlds Hottest Pepper atau cabe terpedas di dunia. Carolina Reaper mulai diberi peringkat sebagai cabe terpedas di dunia pada tahun 2013.

Setelah itu Reaper diuji lagi pada tahun 2018 dan menunjukan SHU yang 71.000 lebih tinggi. Ini menjadi awal kembali bagi Carolina Reaper sebagai cabe terpedas di dunia.

Dikutip dari Papper Head, Carolina Reaper dibiakkan untuk menjadi lebih pedas dengan SHU rata-rata 1.641.000 SHU dan puncaknya yaitu pada 2,2 Juta SHU.

Carolina Reaper memiliki ekor penyengat unik yang tidak seperti cabe lainnya. Cabe ini menjadi cabe terpedas di dunia yang gila karena menjadi persilangan antara Ghost Pepper dan Red Habanero.  Anehnya, cabe ini tidak hanya memiliki pedas yang panas, tetapi juga rasa buah yang luar biasa.

2. Trinidad Scorpion Moruga: 2.009.231 SHU

Trinidad Moruga Scorpion

Foto: pepperscale.com

Masuk dalam jajaran terpedas di dunia, Trinidad Scorpion Moruga bagaikan panasnya neraka. Cabe terpedas di dunia ini adalah cabe langka yang dicari dan baru saja ditemukan.

Sesuai namanya, cabe terpedas di dunia urutan kedua ini, berasal dari tanah Moruga di Trinidad dan Tobago. Begitu Moms menggigit cabe yang luar biasa ini, panasnya tidak pernah berhenti menumpuk.

Cabe ini mungkin tidak menyengat seperti cabe terpedas nomor urut satu sebelumnya, tetapi jangan sampai Moms menganggapnya itu tidak terlalu penting. Moruga Scorpion sama panasnya dengan Carolina Reaper.

Baca Juga: Buat yang Suka Pedas, Berani Coba 5 Kuliner Pedas Ini?

3. 7 Pot Douglah: 1.853.936 SHU

7 pot douglah

Foto: 7 pot douglah

Terkenal di komunitas cabe, 7 Pot Douglah adalah  salah satu cabe terpedas di dunia dengan rasa terbaik. 7 Pot Douglah adalah cabe terpedas di dunia yang tidak berwarna merah.

Cabe “super pedas” terpedas di dunia, secara tradisional biasanya berwarna merah. Akan tetapi, Douglah menentang peluang tersebut dengan menjadi warna cokelat yang memiliki rasa pedas yang terik.

Moms tidak boleh salah dengan Douglah segar, kering, atau bubuk pada makanan apa pun. Cabe terpedas ketiga ini juga dikenal sebagai 7 Pod Douglah, Chocolate 7 Pod atau 7 Pot Brown.

4. 7 Pot Primo:  1.469.000 SHU

7-Pot-Primo.jpg

Foto: chilipeppermadness.com

Cabe terpedas di dunia nomor empat ini sangat khas dengan 'ekor' kurusnya yang panjang. 7 Pot Primo dibuat oleh ahli hortikultura Troy Primeaux.

Beberapa pembudidaya cabe atau paprika telah mencoba meniru tampilan Primo dengan mengembangbiakkan paprika sendiri agar memiliki sengatan pedas yang panjang.

Ketika Moms melihat cabe ini, Moms akan tahu bahwa Primo akan menjadi sangat pedas dan masuk dalam jajaran cabe terpedas di dunia. Primo juga secara kebetulan terlihat sangat mirip dengan The Carolina Reaper.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Makanan Makan Pedas, Baik untuk Kulit dan Diet!

5. Trinidad Scorpion “Butch T”: 1.463.700 SHU

cabe terpedas di dunia

Foto: chilipeppermadness.com

Trinidad Scorpion Butch T adalah Guinness World Record Holder atau pemegang rekor dunia Guinness sebelumnya (2011) dari Australia. Masuk dalam daftar cabe terpedas di dunia nomor lima, pastinya cabe ini pedasnya luar biasa, meskipun ada cabe terpedas di dunia yang lain atau terbukti lebih pedas.

Nama ini menggambarkan sengatan kalajengking pada ujung cabe yang diciptakan Butch Taylor tersebut. Rasa terbakar dari lada ini tidak seperti yang lainnya. Cabe terpedas dunia Trinidad Scorpion Butch T memiliki rasa terbakar seperti menelan 1.000 matahari.

6. Naga Viper: 1.349.000 SHU

cabe terpedas di dunia

Foto: chilipeppermadness.com

Naga Viper adalah cabe terpedas di dunia yang sangat langka dan dibudidayakan di Inggris. Hibrida dari banyak paprika yang berbeda dan tahun penyerbukan silang, sehingga menciptakan varietas cabe “Super HOT” ini.

Baca Juga: Ini 7 Saus Sambal Terpedas di Dunia, Berani Coba?

7. Ghost Pepper (Bhut Jolokia): 1.041.427 SHU

cabe terpedas di dunia

Foto: chilipeppermadness.com

The Ghost Pepper adalah cabe terpedas di dunia nomor 7 dan paling terkenal karena jumlah pemberitaan yang diterimanya di masa lalu. Popularitasnya meledak di YouTube dan media sosial lainnya di mana ada beberapa orang memakan cabe terpedas di dunia atau Ghost Peppers sebagai bagian dari tantangan.

Ghost Peppers adalah cabe terpedas di dunia yang pertama dan secara ilmiah menunjukan lebih dari 1 juta SHU. Banyak yang keliru atau percaya bahwa Ghost Peppers masih merupakan cabe terpedas di dunia jajaran atas. Padahal, daftar ini menunjukkan bahwa Ghost Peppers masih jauh dari itu.

8. 7 Pot Barrackpore: ​​1.000.000 SHU

cabe terpedas di dunia

Foto: chilipeppermadness.com

7 Pot Barrackpore adalah salah satu cabe terpedas di dunia. Barrackpore berasal dari Kota Chaguanas di Trinidad dan Tobago. Banyak cabe terpedas di dunia ini berasal dari wilayah tersebut.

Baca Juga: Ternyata Hobi Makan Makanan Pedas Bisa Memperpanjang Usia Lho!

9. 7 Pot Merah (Giant): 1.000.000 SHU

cabe terpedas di dunia

Foto: thehippyseedcompany.com/

7 Pot diberi nama berdasarkan kemampuannya untuk yang mampu membakar 7 pot rebusan dan ternyata benar! Ada 100 varietas yang dibuat dari persilangan jenis ini dengan cabe lainnya. Beberapa varietas termasuk 7 Pot Yunus, 7 Pot Yellow, 7 Pot Katie, 7 Pot Barrackpore dan banyak lagi lainnya.

10. Red Savina Habanero : 500.000 SHU

cabe terpedas di dunia

Foto: chilipeppermadness.com

Kembali di tahun-tahun awal cabe terpedas di dunia, Red Savina Habanero adalah RAJA cabe terpedas di dunia dari semua yang ada. Savina Habanero memegang gelar cabe terpedas di dunia dari tahun 1994 hingga 2006 atau selama 12 tahun.

Namun setelah itu, Red Savina lengser dan banyak cabe baru telah melewati SHU Red Savina. Namun,  sampai hari ini Red Savina adalah salah satu cave favorit untuk dikembangbiakkan karena tumbuh dengan keseimbangan yang sempurna antara panas dan rasanya.

Baca Juga:Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas?

Bahaya Cabe Terpedas di Dunia

cabe terpedas di dunia

Foto: mirror.co.uk

Apakah seseorang boleh mengkonsumsi cabe terpedas di dunia seperti ghost pepper, naga vipper, atau yang sejenisnya? Cabe terpedas di dunia sebenarnya dapat membunuh seseorang, tetapi mungkin juga tidak.

Beberapa orang menyukai jalapeños atau cabe terpedas di dunia seperti ghost pepper, baik disajikan mentah atau dijadikan asinan, pada hampir semua jenis makanan, kapan saja, dan sepanjang hari.

Setiap kali seseorang mengunyah cabe, maka dia harus mengeluarkan panas pedas yang mencapai 2.500 - 5.000 SHU. Namun, memakan cabe terpedas di dunia akan membawa seseorang ke tingkat pedas dan panas yang menyakitkan.

Saat seseorang menggigit cabe terpedas di dunia seperti ghost pepper, mulut akan terasa panas dengan cara yang sangat ekstrim. Reseptor lidah  mencatat intensitas cabe dan menyampaikan informasi itu ke otak, lalu menafsirkan cabe sebagai penyela yang membakar dan menimbulkan rasa sakit.

Hal ini menyebabkan reaksi berantai di tubuh saat capsaicin dalam ghost pepper memicu peradangan jaringan yang meluas dan mulai merusak ujung saraf seseorang. Cabe terpedas di dunia ini juga akan melebarkan pembuluh darah dan membuat seseorang merasa panas di sekujur tubuh.

Baca Juga:Kapan Sebaiknya anak Diperkenalkan dengan Rasa Pedas?

Tubuh seseorang akan melakukan protes dengan rasa menyakitkan tersebut. Akan tetapi, sampai sejauh mana? Bisakah makan cabe terpedas di dunia menyebabkan kematian?

Dikutip dari How Stuff Works, dikatakan bahwa seseorang bisa mati karena menelan cabe terpedas di dunia. Faktanya, para peneliti telah menetapkan bahwa orang seberat 68 kilogram yang makan 1,3 kilogram cabe kering dan cabe bubuk kaya capsaicin seperti ghost pepper, bisa menyebabkan kematian.

Dikutip dari penelitian ini, para peneliti mendasarkan temuan tersebut pada hasil yang diekstrapolasi dari penelitian serupa yang mengukur efek toksik capsaicin pada hewan.

Namun kabar baik bagi pecinta rempah-rempah seperti cabe terpedas di dunia ini adalah tubuh seseorang akan menyerah jauh sebelum mencapai tingkat konsumsi capsaicin yang mematikan. Rasa sakit dan peradangan yang dihasilkan, biasanya terlalu berat untuk ditanggung.

Capsaicin melemahkan mata dan saluran udara, itulah mengapa semprotan merica merupakan senjata pertahanan yang efektif. Pada cabe dengan 2 juta SHU, semprotan cabe terpedas di dunia ini dapat menghentikan penyerang tindak kejahatan.

Di India, negara asal ghost pepper, Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan, bahkan pernah membuat granat dengan ghost pepper yang kuat. Namun, hal itu harus diberhentikan karena bubuk cabe rentan terhadap pembusukan jamur.

Baca Juga: Tak Disangka, Ternyata 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Meredakan Pedas!

Itulah 10 jenis cabe terpedas di dunia dan juga bahaya atau dampak yang bisa ditimbulkan dari cabe terpedas di dunia tersebut. Apakah Moms tertarik untuk mencobanya?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait