Fashion & Beauty

27 Agustus 2021

9 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami, Yuk Coba!

Cari tahu cara menghilangkan kerutan di wajah berikut ini, yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Penuaan kulit adalah hal yang tidak bisa dihindari baik pria maupun wanita. Seiring bertambahnya usia, seseorang pasti akan mengalami penuaan kulit sehingga Moms perlu tahu cara menghilangkan kerutan di wajah agar bisa tampil awet muda.

Karena masalah penuaan tentu saja menjadi kekhawatiran tersendiri bagi wanita karena berhubungan dengan penampilan.

Jurnal Dermato-Endocrinology mengungkapkan, penuaan kulit adalah bagian alami manusia yang terjadi karena perubahan berbagai organ, jaringan, dan sel seiring waktu.

Penuaan kulit bisa dilihat jelas dari kerutan di wajah, yang biasanya dimulai dari area sekitar mata.

Namun, kabar baiknya adalah kerutan di wajah bisa dicegah dengan perawatan kulit yang tepat.

Ada beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah yang Moms dapat ikuti di rumah. Cara alami ini mudah untuk dilakukan dan umumnya minim efek samping.

Baca Juga: Mengenal Retinol, Kandungan dalam Skincare untuk Mengatasi Kerutan di Kulit

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami

Moms, biasanya tanda-tanda awal kerutan di wajah akan mulai terlihat saat berusia 35 tahun atau bisa juga kurang dari itu.

Maka dari itu, ada baiknya Moms mulai menerapkan cara alami menghilangkan kerutan di wajah mulai dari sekarang.

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Memiliki Kualitas Tidur yang Cukup Bisa Mencegah Kerutan

Memiliki Kualitas Tidur yang Cukup

Foto: Orami Photo Stock

Cara paling mudah dan alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerutan di wajah adalah memiliki kualitas tidur yang cukup.

Tidur yang cukup ternyata membantu kulit tetap elastis dan lebih kecil kemungkinannya untuk muncul keriput. Mengapa demikian?

“Ketika Anda tidak cukup tidur, tubuh memproduksi kortisol berlebih, hormon yang memecah sel kulit. Istirahat yang cukup menghasilkan lebih banyak HGH atau hormon pertumbuhan manusia untuk menjaga kesehatan kulit,” ungkap Dr. Yale Nicholas Perricone, ahli kulit, dikutip dari laman WebMD.

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa Moms ikuti juga, yaitu tidur tanpa menggunakan bantal. Nah, apa hubungannya tidur tanpa bantal dengan menghilangkan kerutan di wajah?

Saat tidur menggunakan bantal, banyak orang yang memiliki kebiasaan tidur dengan menempelkan salah satu sisi wajah ke bantal.

Kebiasaan ini memungkinkan Moms memiliki kerutan karena tekanan kepala di bantal sepanjang malam.

Selain itu, bantal bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Jika Moms tidur dengan satu sisi wajah, bakteri yang bersarang pada sarung bantal mungkin dapat berpindah ke wajah, dan menyebabkan jerawat.

Baca Juga: 6 Manfaat Suntik DNA Salmon, Solusi Singkat Menunda Penuaan

2. Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Minyak Zaitun

Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Minyak Zaitun

Foto: Orami Photo Stock

Minyak zaitun sudah terbukti memiliki banyak manfaatnya untuk kecantikan, mulai dari kulit wajah, rambut, hingga kuku.

Sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah, minyak zaitun dapat secara alami membantu kulit Moms untuk tetap lembut dan kenyal.

"Minyak zaitun mengandung antioksidan yang memerangi kerusakan akibat radikal bebas dan terdapat kandungan squalene, yang sangat melembapkan," ujar Paul Lorenc, MD, ahli kulit di Manhattan, New York.

Nah, bagaimana cara menggunakan minyak zaitun sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Sebelum tidur, teteskan minyak zaitun pada wajah dan pijat dengan lembut ke seluruh area wajah. Jangan lupa untuk membilasnya dengan handuk terlebih dahulu.
  • Moms juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih wajah dan pengganti produk cleanser yang biasanya digunakan untuk menghapus riasan di wajah.
  • Moms dapat mengoleskan sedikit minyak zaitun di bawah area mata sebelum tidur. Tujuannya untuk menghasilkan kulit lembut di sekitar mata dan menyamarkan garis-garis halus.
  • Pemilik wajah kering bisa menggunakan masker minyak zaitun. Caranya, campurkan minyak zaitun dengan putih telur, madu atau oat. Masker ini bisa dipakai sebelum waktu tidur. Tujuannya untuk menghasilkan kulit wajah yang lembut dan lebih lembap.
  • Campuran minyak zaitun dan garam laut bisa dijadikan perpaduan yang tepat untuk mengeksfoliasi wajah. Untuk pengelupasan wajah, mengangkat sel-sel kulit mati di wajah, dan merawat area kulit yang terasa kering. Scrub minyak zaitun dan garam laut ini juga bisa digunakan ke area tubuh lainnya.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi, Penting Konsumsi Makanan Seimbang!

Itulah beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah dengan menggunakan minyak zaitun. Saat sudah melakukan perawatan dengan minyak zaitun, kulit Moms akan terlihat lembut dan sehat.

3. Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Putih Telur

Putih Telur untuk Bahan Alami Menghilangkan Kerutan di Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Bahan alami lainnya yang bisa Moms coba adalah putih telur. Hal ini karena kandungan albumin yang terdapat pada putih telur.

Manfaat dari albumin tersebut, yaitu mampu menyempitkan pembuluh darah di bawah permukaan kulit.

Hasilnya, peredaran aliran darah lebih lancar, pori-pori akan terlihat lebih mengecil, dan wajah juga terasa lebih lembap dan kencang. Putih telur juga kaya vitamin E yang bekerja meremajakan kulit.

Maka dari itu, putih telur sering disebut cocok digunakan untuk pemilik wajah yang berminyak.

Nah, masker putih telur juga menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa Moms coba.

Cara membuatnya juga mudah sekali, lho, Moms! Pertama, pisahkan putih dari kuning telur dan kocok putih telur hingga berbusa. Kemudian, oleskan dengan kuas pada wajah Moms dengan mengarah ke bagian atas.

Biarkan mengering selama sekitar 15 sampai 20 menit. Terakhi, bilas wajah sampai bersih dengan air hangat.

Selain masker putih telur, Moms bisa mencampurkan putih telur dan yoghurt sebagai bahan alami untuk membersihkan pori-pori di wajah. Tentunya, saat pori-pori wajah lebih bersih, maka kulit semakin lembap dan kerutan juga akan tersamarkan.

“Campuran putih telur dan yoghurt mampu membersihkan kotoran di pori-pori dengan lebih maksimal. Asam laktat dalam yogurt melepaskan kotoran di pori-pori, sedangkan putih telur akan mengeringkannya,” ujar Dr. Ava Shamban, ahli kulit dan pendiri SKINxFIVE.

Baca Juga: Berikut Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata yang Dapat Moms Coba

4. Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Lidah Buaya

Lidah Buaya, Bahan Alami Menghilangkan Kerutan di Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Lidah buaya juga menjadi bahan alami yang dikenal banyak manfaatnya untuk kecantikan wajah.

Masker lidah buaya juga bisa menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah. Moms bisa menggunakan masker lidah buaya untuk membantu melembapkan dan menyamarkan kerutan di wajah.

Masker lidah buaya ini membantu mengunci kelembapan ke dalam kulit, dan bertindak sebagai lem yang membuat lapisan atas sel kulit saling menempel.

Pada akhirnya, gel lidah buaya akan menghaluskan dan melembutkan kulit.

Manfaat gel jernih yang terdapat dalam lidah buaya juga mampu menenangkan kulit. Khasiatnya mampu menyembuhkan luka dan memberikan efek menenangkan ketika diaplikasikan pada kulit, terutama setelah berjemur.

Perlu Moms ketahui, kulit yang terbakar akan menciptakan keriput yang semakin cepat. Jadi, cara tercepat untuk mencegahnya adalah antiinflamasi yang dapat diperoleh dari lidah buaya.

Baca Juga: Senam Wajah, Efektif untuk Dilakukan atau Tidak?

5. Masker Pisang untuk Samarkan Kerutan di Wajah

Masker Pisang untuk Samarkan Kerutan di Wajah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan kerutan di wajah berikutnya adalah masker pisang.

Ya, pisang tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi, namun juga memiliki manfaat saat dijadikan masker. Caranya mudah sekali untuk diikuti.

Haluskan sebuah pisang, lalu campur dengan satu sendok teh jus buah jeruk dan satu sendok teh yoghurt polos, lalu biarkan selama 15 hingga 20 menit. Kemudian, bilas sampai benar-benar bersih.

Vitamin A membantu memudarkan noda gelap, sedangkan vitamin B mencegah penuaan serta kaliumnya akan melembapkan sel-sel kulit.

Vitamin E juga dikenal melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas dan memperkuat daya tahan kulit terhadap kerusakan akibat sinar UV.

Baca Juga: 6 Skincare Korea Terbaik yang Harus Dicoba, Bikin Kulit Glowing!

6. Vitamin C Topikal yang Dioleskan pada Bagian Wajah

skincare vitamin c

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan kerutan di wajah selanjutnya adalah dengan vitamin C topikal.

Vitamin C topikal yang dioleskan langsung pada bagian wajah juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kerutan. Moms bisa mendapatkan manfaat vitamin C ini dari skincare yang digunakan, baik pelembap, toner, atau serum wajah.

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu membuat kolagen di kulit. Vitamin ini dapat ditemukan secara alami di banyak buah dan sayuran, seperti rosehip, cabai, jambu biji, dan kangkung.

Mengoleskan gel topikal yang mengandung vitamin C dapat membantu memperbaiki munculnya keriput dan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari lainnya pada kulit.

Dalam satu studi kecil tahun 2008 yang dikutip dari laman Wiley Online Library melibatkan 10 orang yang mengoleskan gel vitamin C ke satu sisi wajah mereka dan gel yang tidak mengandung bahan tambahan di sisi lain.

Semua orang dalam penelitian ini menunjukkan lebih sedikit kerutan dan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari di sisi wajah mereka yang diobati dengan gel vitamin C. Gel vitamin C dapat menghidrasi kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi peradangan.

Baca Juga: 9 Vitamin untuk Kulit Kering dan Kusam, Wajib Coba!

7. Konsumsi Probiotik dan Yogurt dapat Mengurangi Kerutan

probiotik dan yogurt

Foto: Orami Photo Stock

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik secara teratur, seperti yang ditemukan dalam yoghurt atau dijual sebagai suplemen, dapat mengurangi munculnya kerutan dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Public Library of Science pada hewan, tikus yang lebih tua yang diberi makan yoghurt probiotik mengembangkan kulit dan bulu yang lebih sehat daripada tikus yang tidak.

Sementara dalam penelitian oleh Wageningen Academic Publisher yang dilakukan pada manusia, para peneliti telah memperhatikan penerapan probiotik pada kulit membantu membuatnya lebih kuat melawan stresor seperti sinar matahari.

Dengan konsumsi yang cukup dan tak berlebihan, Moms dapat merasakan manfaat hebat dari yoghurt sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah.

Baca Juga: 9+ Bahan Skincare untuk Kulit Kering, Terbukti Melembapkan dan Menutrisi!

8. Minyak Esensial untuk Menghilangkan Penuaan Dini

minyak esensial untuk mengatasi kerutan

Foto: Orami Photo Stock

Mengoleskan minyak esensial yang dicampur dengan minyak pembawa pada bagian kerutan di wajah juga dapat menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah.

Minyak esensial dapat dioleskan dengan menggunakan minyak pelarut khusus sebagai kombinasi sehingga mampu menyembuhkan kulit tanpa menyebabkan iritasi, asalkan diencerkan dengan minyak lain.

Beberapa minyak esensial yang dapat membantu memperbaiki tampilan kerutan saat digunakan dalam kombinasi yang berbeda dengan pelarut meliputi:

  • minyak argan
  • minyak biji wortel
  • minyak biji anggur
  • minyak jojoba
  • minyak lavender
  • minyak neroli
  • minyak delima
  • minyak mawar
  • minyak rosemary
  • minyak kayu cendana
  • minyak kenanga atau ylang-ylang

Beberapa orang sensitif terhadap minyak esensial, yang sangat terkonsentrasi. Sebelum menggunakan minyak esensial, lakukan uji tempel (patch test) dengan cara:

  • Oleskan sedikit minyak esensial ke bagian dalam pergelangan tangan dan tunggu 24 jam.
  • Hindari menggunakannya jika Moms mengalami kemerahan atau sensasi terbakar.
  • Selalu gunakan minyak pembawa sebagai campuran atau pelarut.

Baca Juga: Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Apa Itu Exfoliating Toner

9. Hindari Paparan Sinar Ultraviolet untuk Mencegah Kerutan

menghindari sinar ultraviolet dengan menggunakan sunscreen

Foto: Orami Photo Stock

Sinar ultraviolet adalah penyebab utama sebagian besar kerutan di wajah, leher, lengan, dan tangan. Sinar yang cukup berbahaya ini terdapat pada sinar matahari.

Meski tidak dapat dihindari sepenuhnya, Moms bisa mengurangi paparan sinar ultraviolet dengan cara selalu menggunakan sunscreen saat beraktivitas di dalam maupun luar ruangan atau ketika berjemur, serta mengenakan pakaian panjang dan topi saat beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: 5 Penyebab Kanker Kulit dan Gejalanya yang Sering Diabaikan, Wajib Diwaspadai!

Itulah cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa Moms ikuti. Tertarik untuk mencobanya?

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3583892/
  • https://www.webmd.com/beauty/features/23-ways-to-reduce-wrinkles#1
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-wrinkles
  • https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-wrinkles
  • https://www.wageningenacademic.com/doi/abs/10.3920/BM2013.0040
  • https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0053867
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1046/j.1524-4725.2002.01129.x
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait