Kesehatan Umum

28 Mei 2021

Bukan Cuma Pewarna, Inilah 6 Manfaat Daun Kunyit yang Luar Biasa

Sudah tahukah manfaat daun kunyit berikut ini?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Adeline Wahyu

Jika mendengar kata kunyit, yang terlintas dipikiran Moms dan Dads pastinya membayangkan rempah berwarna kuning cerah yang digunakan untuk obat ataupun bahan masakan. Tapi tahukah bahwa ternyata daun kunyit juga punya manfaat dan khasiat, lho! Yuk cari tahu apa saja manfaatnya!

Daun Kunyit

Sangat sedikit dari kita yang menyimpan kunyit dalam bentuk akarnya dan bahkan lebih sedikit lagi yang menyimpan serta menggunakan daun kunyit.

Ternyata, manfaat daun kunyit tidak kalah dari rimpangnya, terutama bagi kesehatan, kecantikan, dan pengobatan.

Kunyit, yang memiliki nama biologis Curcuma longa, telah lama digunakan di India sebagai bagian dari pengobatan Ayurveda, juga dalam pengobatan Tiongkok selama ribuan tahun, untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan.

Daun kunyit dibudidayakan dan digunakan secara luas di Asia Selatan. Khasiat daun ini terkenal dengan zat antiseptik dan antikarsinogeniknya.

Tetapi Moms and Dads harus tahu kapan harus membatasi penggunaannya, karena jika dikonsumsi berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping.

Daun kunyit berukuran kecil hingga sedang dan berbentuk lonjong atau lanset, rata-rata memiliki panjang 80-115 cm dan lebar 30-48 cm. Daunnya berwarna hijau muda yang halus, tumbuh dari batang hijau yang tegak dan tebal yang terhubung ke akar.

Daun ini memiliki aroma netral saat masih segar, lalu setelah dipotong, ditumbuk, atau dikunyah, akan melepaskan rasa asam yang khas dengan aroma rumput dan mint. Saat dimasak, daun ini memberikan rasa bunga, pedas, dan jahe dengan sedikit rasa pahit.

Baca Juga: 5 Manfaat Kunyit Dalam Melancarkan Haid

Sama seperti versi bubuknya, bahan aktif yang terdapat dalam daun ini adalah kurkumin yang merupakan zat antioksidan kuat.

Merujuk pada jurnal berjudul Discovery of Curcumin, a Component of the Golden Spice, and Its Miraculous Biological Activities, disebutkan bahwa kurkumin merupakan bahan aktif dari kunyit dan telah dikonsumsi untuk tujuan pengobatan dimulai sejak ribuan tahun lalu.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kurkumin berfungsi untuk banyak sekali persinyalan molekul, seperti untuk menjaga kelangsungan hidup sel, pengatur siklus sel, dan masih banyak lagi.

Dalam jurnal berjudul “Curcumin: A Review of Its Effects on Human Health” disebutkan aktivitas kurkumin sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas telah dibuktikan dari beberapa penelitian terhadap hewan.

Kurkumin juga memiliki aktivitas antimikroba. Misalnya, dalam penelitian terbaru terhadap 14 jenis jamur Candida, kurkumin menunjukkan sifat antijamur terhadap semua jenis yang diuji.

Dalam studi lain, kurkumin terbukti meningkatkan aktivitas antijamur azole dan polyene. Dalam beberapa sistem kultur sel, kurkumin telah terbukti memiliki aktivitas anti-virus.

Baca Juga: Cara Menanam Kunyit di Rumah untuk Dijadikan Obat Tradisional

Manfaat Daun Kunyit

Setelah dijelaskan di atas bahwa daun kunyit mengandung senyawa aktif kurkumin, maka ada beberapa manfaat daun yang harus Moms and Dad ketahui. Beberapa manfaat daun ini, yaitu:

1. Bahan dan Bumbu Masakan

Daun kunyit sebagai bumbu masak

Foto: Freepik.com

Daun kunyit yang dikenal juga sebagai daun haldi, digunakan secara luas sebagai ramuan aromatik dalam masakan India, Thailand, Malaysia, dan juga Indonesia.

Daunnya yang segar dapat langsung digunakan utuh dan daun kunyit kering direndam dalam air, lalu ekstraknya yang digunakan untuk memasak.

Daun ini juga digunakan sebagai pewarna makanan dan sebagai bahan dasar bubuk kari.

Daun kunyit konon dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi gas dan kembung.

Jika Moms and Dads kehabisan kunyit, tenang saja, karena ekstrak daun kunyit kering yang direndam dalam air memiliki kegunaan yang sama.

Ekstrak daunnya akan memberikan warna kuning keemasan yang sama seperti kunyit pada masakan.

Di Indonesia, daun kunyit biasanya digunakan sebagai pengharum sebuah masakan. Namun, tidak jarang juga digunakan sebagai pengganti kunyit dalam masakan.

2. Untuk Kecantikan

Manfaat daun kunyit juga berkhasiat untuk kecantikan. Kurkumin, senyawa utama daun kunyit bisa menjadi salah satu solusi alternatif untuk masalah kulit dan kecantikan.

Daun kunyit bisa dihancurkan menjadi pasta dan dioleskan ke kulit. Pasta daun kunyit ini akan membantu menjaga kulit tetap lembut, halus dan bercahaya.

Daun kunyit juga akan membantu menghilangkan bintik hitam atau noda di kulit. Dalam pengobatan Ayurveda, daun kunyit dipercaya dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan halus, membuat kulit bersinar, menghasilkan warna kulit yang lebih cerah, dan dapat meringankan kondisi kulit seperti eksim,

Khasiat daun kunyit untuk kulit juga dapat digunakan untuk antiseptik sebagai pengobatan luka dan luka bakar.

Baca Juga: 3 Manfaat Temulawak, Salah Satu Bahan Jamu Empon-Empon Anti Corona, untuk Kesehatan

3. Membantu Melancarkan Pencernaan

Daun kunyit membantu pencernaan

Foto: Freepik.com

Khasiat daun kunyit yang dihancurkan dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi masalah gas di perut dan kembung.

Kurkumin dipercaya dapat memicu produksi cairan empedu, yang merupakan salah satu komponen utama dalam proses pencernaan. Peningkatan sekresi cairan empedu membantu pencernaan lebih lancar.

Jadi, Moms and Dads yang punya masalah pencernaan bisa mencoba mengonsumsi daun kunyit secara rutin.

4. Sebagai Obat Antiinflamasi

Karena sifat kurkumin sebagai antiinflamasi atau anti-peradangan, khasiat daun kunyit terbukti bermanfaat bagi penderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Menurut para ahli, senyawa bioaktif kurkumin dapat membantu meringankan rasa sakit.

Uji klinis menunjukkan kurkumin berpotensi sebagai agen terapeutik pada penyakit seperti radang usus, pankreatitis, radang sendi, dan uveitis anterior kronis (salah satu penyakit mata), serta jenis kanker tertentu.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Kunyit untuk Ibu Hamil, Sudah Tahu?

5. Sebagai Antiseptik

Daun kunyit sebagai antiseptik

Foto: Freepik.com

Khasiat daun kunyit juga sebagai zat antiseptik. Kurkumin yang merupakan komponen bioaktif dari kunyit juga dikemas dengan sifat antiinflamasi, antibakteri dan antivirus yang meningkatkan penyembuhan.

Untuk menggunakannya sebagai antiseptik, ambil beberapa lembar daun kunyit, hancurkan, tambahkan sedikit air secara bertahap dan hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta ini pada luka bakar ringan, luka gores, dan luka kecil lainnya untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi.

6. Pengobatan Sindrom Iritasi Usus Besar

Dalam penelitian lainnya, khasiat daun kunyit juga mungkin berpotensi mengobati sindrom iritasi usus besar.

Saat ini bukti menunjukkan bahwa kurkumin memiliki efek positif, meskipun tidak signifikan secara statistik, pada gejala sindrom iritasi usus besar, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas hidup pada pasien dengan tingkat keparahan sedang.

Kurkumin juga diprediksi aman dan dapat ditoleransi dengan baik, tanpa efek samping serius yang dilaporkan dalam uji coba mana pun yang ditinjau.

Baca Juga: Cari Tahu 12 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Salah Satunya Bantu Melindungi Jantung

Manfaat daun kunyit sebagai obat tradisional di Asia memang telah digunakan secara turun temurun. Apakah Moms dan Dads juga pernah mencoba pengobatan dengan daun kunyit?

  • https://www.livestrong.com/article/405988-what-are-the-benefits-of-turmeric-leaves/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3288651/
  • https://specialtyproduce.com/produce/Turmeric_Leaves_11168.php
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5664031/
  • https://food.ndtv.com/food-drinks/5-incredible-benefits-of-turmeric-leaves-you-must-know-1812254
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait