Jalan-jalan

14 Juli 2021

Jangan Lupa Coba 14 Makanan Khas Thailand Ini Saat Menyambanginya!

Cita rasanya cocok dengan lidah orang Indonesia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Widya Citra Andini

Sama seperti Indonesia, Thailand juga surganya para wisatawan. Bukan hanya tempat-tempat wisata dan panorama alamnya, tapi juga kulinernya. Maka, jangan sampai lewatkan untuk mencoba makanan khas Thailand jika berkunjung ke negara Gajah Putih tersebut.

Kelezatan makanan khas Thailand sudah begitu tersohor di dunia. Cita rasanya juga pas dengan lidah orang Indonesia. Hal ini lumrah saja mengingat kebanyakan masakan khas Thailand dibuat dengan bumbu rempah-rempah hampir mirip dengan makanan nusantara.

Walau dibuat dengan bumbu rempah-rempah, makanan khas Thailand punya cita rasa yang unik karena Moms bisa menikmati rasa asam, pedas, dan manis.

Ada beberapa makanan khas Thailand yang tidak boleh terlewat saat berkunjung ke sana. Apa saja? Berikut daftarnya!

Baca Juga: 5 Resep Singkong Thailand yang Manis dan Gurih, Yuk Coba!

Makanan Khas Thailand yang Wajib Dicoba

1. Tom Yum Goong

shutterstock 378677578

Foto: Orami Photo Stock

Tom yum goong menjadi makanan khas Thailand terfavorit dan tersohor di dunia.Tom yum goong merupakan sup asam pedas yang bahan utamanya adalah udang.

Hampir semua orang dipastikan kenal dengan makanan khas Thailand yang satu ini. Nah Moms, pasti bertanya-tanya, apa yang membedakan Tom yum goong dan tom yum yang sering kita tahu.

Ternyata, masakan tom yum ini punya beberapa varian, tergantung dari bahan-bahan dasar yang digunakan.

Tom yum goong untuk tom yum yang menggunakan udang, tom yum pla berisi ikan, atau tom yum taek berisi berbagai macam makanan laut.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, masakan khas Thailand cenderung memiliki cita rasa pedas, jadi Moms harus memastikan kembali level kepedasannya sebelum memesan.

2. Pad Thai

shutterstock 366360143

Foto: Orami Photo Stock

Pad thai merupakan mie goreng khas Thailand. Seperti mi goreng di Indonesia, pad thai juga banyak dijual di pinggir jalan.

Phad thai adalah makanan khas Thailand yang melegenda karena sudah ada sejak zaman kerajaan Ayutthaya dan dipercaya sebagai kuliner yang berasal dari Vietnam atau China.

Hidangan phad thai terdiri dari mie yang digoreng dan sering dijumpai di restoran serta dijual di pinggir jalan. Mie yang digunakan dalam phad thai terbuat dari beras.

Selain mi, kuliner khas Thailand juga berisi telur, tahu, asam, bawang putih, saus ikan, cabai, kacang kedelai, dan gula.

Kadang Moms juga bisa memilih untuk menambahkan irisan daging ayam, sapi, atau seafood.

Baca Juga: Resep Mie Goreng Terasi

3. Gai Med Ma Moung (Ayam Mete)

shutterstock 565917643

Foto: Orami Photo Stock

Tumis ayam kacang mete ini salah satu menu favorit bagi pecinta makanan khas Thailand.

Hidangan ini juga bercita rasa pedas seperti halnya kebanyakan hidangan Thailand.

Kombinasi tumis ayam dan kacang metenya begitu pas, karena memberikan rasa gurih yang sedap. Cocok sekali disantap dengan nasi hangat!

Baca Juga: Resep Ayam Pandan Thailand yang Wangi Gurih

4. Kaeng Khiao Wan

shutterstock 539995729

Foto: Orami Photo Stock

Indonesia punya kari, begitu juga Thailand. Satu hal spesial dari makanan khas Thailand ini adalah karinya berwarna hijau dan bercita rasa pedas.

Sebenarnya ada beragam isi kari Thailand yang bisa dipilih, salah satu yang menjadi favorit adalah ayam dan sayuran.

Warna hijau pada kaeng khiao wan berasal dari cabai hijau, cita rasa nya lebih pedas dibandingkan dengan kari merah.

Selain cabai hijau, bahan yang digunakan yaitu berupa santan, gula aren, pasta kari hijau, dan saus ikan, terkadang terong bahkan buah juga sering disertakan.

Sedangkan untuk pasta kari hijau sendiri dibuat dari racikan bumbu-bumbu, biji jintan, pasta udang, dan garam, yang digoreng dengan krim kelapa.

Kaeng khiao wan biasa disajikan bersama nasi, mie, daging ayam atau sapi maupun roti.

5. Sweet Cassava

shutterstock 779967667

Foto: Orami Photo Stock

Singkong Thailand adalah salah satu makanan khas Thailand yang cocok untuk dessert.

Terbuat dari potongan singkong yang direbus yang dilumuri dengan saus santan, hidangan ini memberikan rasa manis gurih nan legit yang dijamin bikin nagih!

Rasa singkong yang manis karena direbus bersama gula dipadukan dengan gurihnya saus santan yang kental.

6. Mango Sticky Rice

shutterstock 1092379166

Foto: Orami Photo Stock

Hidangan penutup mulut satu ini memang sangat menggoda.

Mango sticky rice alias ketan mangga merupakan kombinasi sempurna buah mangga yang manis, ketan, dan santan kental. Siapa sih yang tidak kenal makanan khas Thailand ini?

Mango sticky rice dibuat dengan terlebih dahulu beras ketan dikukus dan kemudian dicampur bersama santan, gula aren, dan garam, selanjutnya ditambahkan irisan buah mangga.

Variasi yang digunakan dalam hidangan ini adalah ketan ungu yaitu campuran ketan putih dan ketan hitam khas Thailand atau bisa juga mengganti mangga dengan buah durian.

Cita rasanya begitu unik yaitu campuran dari gurih, manis, sedikit asam dan segar buah mangga.

Baca Juga: 7 Resep Puding Mangga Enak dan Simpel, Cocok untuk Takjil Berbuka Puasa!

7. Banana Pancake

shutterstock 500245081

Foto: Orami Photo Stock

Banana pancake alias martabak pisang ini jadi salah salah satu jajan favorit para backpacker yang berkunjung ke Thailand. Jadi pastikan untuk mencoba makanan khas Thailand ini ya, Moms!

Martabak pisang ini punya aneka topping dan isian menggoda, seperti pisang dengan krimer kental manis dan pisang dengan coklat.

8. Khaeng Phet

kaeng_phet.jpg

Foto: pinterest.com

Varian kari yang merupakan makanan khas Thailand berikutnya adalah kaeng phet atau kari merah.

Kaeng phet dibuat dari campuran bumbu kari merah, santan, dan daging seperti daging ayam, sapi, atau babi.

Bumbu kari merah secara tradisonal dibuat dengan dihaluskan dan ditumbuk dengan menggunakan ulekan atau cobek.

Bumbu kari merah biasanya terdiri dari campuran cabai merah kering, bawang putih dan merah, lengkuas, terasi, garam, jintan putih, lada, dan sebagainya.

Sementara untuk pengolahannya, setelah ditumbuk halus kemudian dimasak dalam wajan dengan minyak goreng dan santan kelapa.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Ampuh

9. Khao Pad

khaopad.jpg

Foto: takeaway.com

Makanan khas Thailand selanjutnya adalah Khao pad atau nasi goreng. Walau terlihat sederhana, Moms tetap akan bisa merasakan cita rasa khas Thailand saat menyantapnya.

Nasi goreng khas Thailand ini dibuat dengan memasak nasi yang dicampur dengan telur, bawang putih, saus tiram, garam, gula, serta saus kecap.

Setelah matang, khao pad disajikan dengan irisan timun, selada, tomat, serta jeruk.

Terdapat banyak variasi untuk nasi goreng khas Thailand ini, tapi umumnya khao pad disajikan dengan tambahan irisan daging ayam, sapi, babi, atau pun seafood.

10. Guay Teow Rhua

Guay Teow Rhua.jpg

Foto: finedininglovers.com

Makanan olahan mie yang juga cukup populer di Thailand adalah guay teow rhua yang berarti bakmie perahu.

Dinamakan bakmie perahu atau guay teow rhua, karena makanan khas Thailand ini pada jaman dahulu banyak yang menjualnya di atas perahu.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan guay teow rhua adalah darah babi.

Tentu saja dengan campuran mie seperti mie biasa, mie kwetiaw, sampai mie bihun, dan di dalamnya digunakan daging babi atau sapi, jeron babi, serta bumbu-bumbu lainnya.

11. Kari Massaman

Massaman Curry.jpg

Foto: seriouseats.com

Kari massaman merupakan jenis makanan khas Thailand yang sudah dikenal sejak abad 17. Makanan lezat ini biasanya disajikan dengan isian daging sapi atau potongan ayam.

Tidak ketinggalan beberapa bahan pelengkap lain seperti wortel, kentang, kayu manis, kapulaga, jintan putih dan rempah-rempah lainnya.

Kari masssaman cocok dihidangkan sebagai teman makan nasi. Rasanya yang kaya rempah dijamin membuat Moms tidak bisa berhenti untuk menyantap makanan ini.

Baca Juga: Ini Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya!

12. Khao Tom

Khao Tom.jpg

Foto: seriouseats.com

Mungkin di Indonesia kita dapat dengan mudah menemukan bubur ayam sebagai menu sarapan, Jangan salah lho, Thailand juga memiliki sajian bubur lezat yang bernama khao tom.

Makanan khas Thailand satu ini dimasak dengan aneka seafood atau irisan daging babi.

Namun, Moms juga bisa menikmati khao tom goong dengan isian udang dan khao tom pla yang biasa disajikan dengan ikan segar.

Apapun pilihannya, Moms wajib mencicipi menu makanan ini sebagai teman sarapan untuk memulai aktivitas saat mengunjungi tempat wisata Thailand.

13. Gai Yang

Gai Yang.jpg

Foto: themeatwave.com

Kai yang atau gai yang secara harfiah berarti ayam bakar, merupakan hidangan yang berasal dari daerah Indochina termasuk Thailand.

Makanan khas Thailand ini sering kali dijajakan pada street food, dan biasa dipasang-kan dengan salad pepaya hijau dan nasi ketan, sayuran mentah maupun dicelupkan ke dalam saus pedas jaew bong.

Berbahan dasar ayam utuh yang dibelah dua dan ditumbuk rata bersama bumbu-bumbu khas, gai yang kemudian diolah dengan diasinkan dan kemudian dipanggang di atas api arang untuk waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Dekat Indonesia, Coba Kunjungi 6 Tempat Wisata di Malaysia Ini

13. Tod Man Pla

tod_man_pla.jpg

Foto: pinterest.com

Tod man pla adalah makanan khas Thailand yang berbentuk mirip dengan kroket yang memiliki arti kue ikan.

Berbahan dasar ikan atau makanan laut dan dibungkus dengan adonan kentang yang kadang dilapisi remah roti, serta diolah dengan cara digoreng.

Ikan yang digunakan sebagai isian adalah ikan kod, ikan haddock, atau ikan salmon.

Selain itu, adonannya juga bervariasi mulai dari penggunaan telur, putih telur, atau tanpa telur, penggunaan susu atau air, dan penggunaan tepung atau kentang rebus.

Tod man pla biasanya disajikan dengan saus cabai manis dan pasta kari merah dengan cita rasa yang gurih, pedas, dan agak manis.

14. Nai Mong Hoy Tod

hoy_tod.jpg

Foto: pinterest.com

Nai mong hoy tod adalah restoran terkenal di Thailand yang menyediakan menu hoy tod atau hoi tod yaitu olahan tiram berbentuk telur dadar tiram.

Ada dua versi yaitu awula yang renyah atau versi original-nya dan versi awsuan yang sedikit lengket.

Hoy tod bisa berbahan dasar tiram maupun kerang yang diolah dengan cara dipanggang menggunakan wajan besi di atas tungku pembakaran arang.

Minyak yang digunakan adalah lemak babi dan disajikan bersama saus tomat.

Dijamin, Moms akan merasakan renyah dan gurih yang membuat ketagihan ketika mencoba makanan khas Thailand satu ini.

Baca Juga: Resep Som Tam, Salad Pepaya Mentah dari Thailand

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Thailand yang wajib dicoba. Selamat liburan, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait