Karier & Keuangan

30 Agustus 2021

5 Ide Jualan Makanan Online yang Laris Manis!

Dari hobi bisa jadi pundi-pundi Rupiah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Memasak mungkin menjadi hobi banyak Moms di rumah, bukan? Daripada memendam bakat tersebut, Moms bisa mengembangkan ide jualan makanan online, lho!

Usaha makanan online kini banyak dipilih karena mudah dan tidak memerlukan biaya untuk menyewa kios. Moms cukup memasak di rumah, memasarkannya melalui media sosial, dan memanfaatkan jasa ojek online maupun ekspedisi.

Ide jualan makanan online juga sangat beragam. Mulai dari lauk, snack, hingga makanan satu porsi.

Jika Moms masih bingung menentukan makanan apa yang ingin dipasarkan, berikut ini ide jualan makanan online yang bisa dijadikan referensi!

Selain banyak peminatnya, tentu aman untuk pengiriman jarak jauh sehingga Moms bisa mencakup pasar seluruh Indonesia. Disimak yuk, Moms!

Baca Juga: 6 Tips Berjualan Makanan yang Mendatangkan Keuntungan Besar

Ide Jualan Makanan Online

Ada banyak pilihan untuk ide jualan makanan online Moms di rumah. Yang paling penting, adalah menentukan target pasar dan kemasannya.

Jika Moms menjual makanan basah, ada baiknya menggunakan pengemasan kedap udara dan membatasi penjualan dalam kota atau kota-kota sekitar yang bisa sampai dalam kurun satu hari.

Namun untuk makanan kering, Moms bisa lebih bebas dalam pengirimannya. Asalkan jangan lupa menambah bubblewrap agar masakan tidak pecah saat sampai di tangan konsumen.

1. Keripik

ide jualan makanan online

Foto: Orami Photo Stock

Makanan ringan ini begitu banyak jenisnya dan bisa dibuat dari apa saja. Mulai dari manis, gurih, asin, pedas, keripik selalu diminati banyak orang. Karena banyak penyukanya, ini bisa jadi ide jualan makanan onlineyang menjanjikan.

Keripik bisa dikemas dalam plastik kecil berukuran beberapa ons atau langsung dijual perkilo. Orang-orang menjadikan keripik sebagai camilan saat nonton film atau bekerja. Tak jarang, keripik juga dijadikan makanan suguhan untuk para tamu.

Beberapa ide keripik yang bisa Moms jadikan bisnis adalah keripik tempe, keripik buah-buahan, keripik tahu, keripik melinjo (emping), keripik singkong, dan keripik kentang.

Jangan lupa tambahkan berbagai bumbu olahan sendiri, agar nyemil keripik semakin nikmat.

Moms bisa berkreasi dengan bermacam bumbu, disesuaikan dengan jenis keripiknya seperti, balado, coklat, keju, sapi panggang, jagung bakar, moka, dan masih banyak lagi.

Walau keripik termasuk ide jualan makanan online yang awet, namun keripik tidak akan bisa dinikmati saat ada kebocoran pada kemasannya sehingga angin bisa masuk. Pastikan kemasan yang Moms gunakan memiliki kualitas yang baik, ya!

Baca Juga: Pekerjaan yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

2. Dessert Box

ide jualan makanan online

Foto: Orami Photo Stock

Akhir-akhir ini, dessert box menjadi ide jualan makanan online yang banyak digemari.

Rasanya beragam, serta terdapat banyak layer takstur dalam satu kotaknya, membuat siapapun ketagihan menyantap makanan kekinian satu ini.

Dessert box yang digemari adalah dessert box dengan rasa-rasa unik, seperti red velvet, nutella, regal biscuit, lotus biscuit, salted caramel, dan bahkan boba.

Selain itu, dessert box juga hadir dengan tampilan kemasan yang cantik dan beragam. Tentunya hal ini juga menjadi cara baru bagi Moms yang di rumah aja dengan menjalankan bisnis makanan kekinian, untuk tetap bisa berkirim hantaran kudapan atau pun bingkisan ulang tahun kepada anggota keluarga lain maupun teman-teman.

Namun perlu Moms perhatikan, dessert box adalah cake basah yang tidak memiliki daya tahan lama. Pastikan untuk memasarkannya dengan ice thermal dan pengirimannya terbatas hanya di dalam kota.

3. Sambal

ide jualan makanan online

Foto: Orami Photo Stock

Orang Indonesia sangat menyukai makanan pedas, dan inilah alasan mengapa sambal begitu laris di pasaran dan bisa jadi ide jualan makanan online yang menjanjikan. 

Meskipun banyak orang bisa membuat sambal sendiri di rumah, tapi sambal kemasan tetap saja diminati. Selain karena praktis, sambal kemasan seringkali menawarkan rasa yang khas dan tidak bisa ditiru. 

Tak hanya itu, sambal kemasan biasanya juga menawarkan bahan-bahan yang tak selalu ditemukan atau diolah dengan mudah. 

Sebut saja sambal peda, sambal cumi yang menggunakan cumi kering, dan sambal bawang yang juga mengeluarkan aroma udang. Ada juga sambal keju, sambal bajak teri, sambal terasi, dan masih banyak lagi.

Kalau olahan sambal kemasan Moms enak, maka nyaris dipastikan akan laris. Jika sambal buatan Moms ternyata punya cita rasa yang khas, konsumen akan ketagihan.

Titik kritis pengolahan sambal agar awet ada pada proses masak dan kemasan. Masak dengan minyak yang cukup (cenderung banyak) agar matang sempurna. Kemas dengan teknologi pengemasan yang aman agar tidak basi.

Jangan lupa, sebelum melakukan proses pengiriman dengan ekspedisi, pastikan packing sudah aman dan tidak bocor di jalan.

Baca Juga: 11 Begini Cara Mendapat Uang dari Internet, Coba Yuk!

4. Frozen Food

ide jualan makanan online

Foto: Orami Photo Stock

Makanan beku atau frozen food di Indonesia sudah sangat berkembang saat ini. Makanan ini biasanya terbuat dari olahan daging ayam, sapi ataupun ikan yang dibekukan lalu di vakum.

Ide jualan makanan online frozen food ini sudah mulai cukup familiar di Indonesia. Contoh dari frozen food ini adalah sosis, nugget, siomay, kentang goreng, dan lain-lain.

Kini, frozen food pun terdapat berbagai macam varian rasa dan olahan. Salah satunya adalah bisa dicampur dengan sayuran. Ada pula frozen food yang mulai merambah ke snack manis, seperti donat, roti goreng, churros, dan masih banyak lagi.

Untuk membuka jenis usaha makanan rumahan tersebut salah satu modalnya, Moms harus memiliki lemari es agar makanan tetap beku dan sesuai dengan tenggang waktu kadaluarsanya.

Sama seperti dessert box yang harus tetap dingin, maka Moms hanya memiliki cakupan pasar di dalam kota saja, ya.

5. Katering Diet

ide jualan makanan online

Foto: Orami Photo Stock

Katering diet atau katering sehat tidak hanya melulu berkaitan dengan menurunkan berat badan. Katering diet biasanya berkaitan dengan kondisi spesifik seseorang. Maka, bisa jadi menu makanan antara satu orang dan lainnya sangat berbeda.

Dalam ide jualan makanan online satu ini, Moms tidak bisa sembarangan. Moms perlu melibatkan ahli gizi yang bisa menentukan menu dan takaran yang tepat untuk orang dengan jenis kesehatan tertentu. Misalnya orang yang diabetes, kurang gizi, obesitas, dan sebagainya. 

Katering diet juga biasanya melayani menu untuk metode diet tertentu, seperti misalnya diet mayo, diet keto, dan jenis diet lainnya. Namun tentu saja harus dengan pengawasan ahli kesehatan. 

Bisnis katering diet online ini saat ini juga banyak peminatnya. Terutama pekerja kantoran atau seniman yang perlu makanan sehat dengan kondisi tertentu, tapi tidak sempat menyiapkannya sendiri.

Baca Juga: 10 Aplikasi Edit Foto untuk Jualan yang Gratis, Pakai Sekarang!

Itu dia Moms macam-macam ide jualan makanan online yang bisa Moms jadikan inspirasi!

  • https://www.harmony.co.id/blog/ide-bisnis-makanan-online-rumahan-yang-bisa-anda-jalani-untuk-pemula
  • https://blog.halosis.co.id/15-ide-jualan-makanan-online-untuk-pemula/
  • https://www.qoala.app/id/blog/inspirasi/ide-bisnis-makanan-kekinian/
  • https://www.hubster.co.id/blog/tips-bisnis-makanan-online-untuk-pemula
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait